Blog

/

Product Management

/

Produk Dijamin Efektif, Ini Fungsi Product Management

Produk Dijamin Efektif, Ini Fungsi Product Management

Dibimbing.id

•

08 September 2022

•

1302

Image Banner

Kalau kamu tertarik sama dunia startup mungkin udah gak asing dengan pengembangan produk. Ketika membangun sebuah bisnis atau startup, inovasi dalam pengembangan produk itu harus selalu dilakukan dan berkelanjutan. Selain untuk menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin timbul, pengembangan produk juga bisa membantu memaksimalkan keuntungan yang akan kamu dapatkan lho. 

Nah kira-kira apa sih yang bisa dilakukan untuk mengatur pengembangan produk? Yuk cari tahu bareng MinDi tentang product management, solusi yang tepat agar produk efektif dan efisien. Simak baik-baik ya, Sobat MinDi. 

Apa Itu Product Management

Product management adalah bagian terpenting dari perusahan yang berkaitan dengan pengembangan produk baru, perencanaan, pengembangan bisnis, verifikasi, penetapan harga, peluncuran produk, hingga akhirnya dilakukan pemasaran produk. Gampangnya, kalau berurusan soal produk dari perusahaan, maka itu bagian fungsi dari product management

Product management juga mencakup keputusan dan strategi-strategi yang efektif dalam merencanakan sebuah bisnis. Proses pengerjaannya ini meliputi beberapa komponen. Biasanya juga berkaitan dengan marketing team. Agar marketing bisnis berjalan baik, antara product manager dan marketing team harus bersinergi. Kenapa? Karena percuma kalau sudah bikin produk dengan bagus, eh marketingnya gak maksimal. Kan kalau begitu sayang ya. 

Elemen Product Management

Lalu apa aja sih elemen-elemen product management yang bisa membuat produk jadi lebih efektif dan efisien? Pastikan kamu terapkan elemen-elemen ini ya, agar keuntungan yang didapatkan company juga lebih besar. 

  1. Manajemen ide

Hal pertama yang dapat memaksimalkan sebuah produk adalah penyusunan ide. Dalam hal ini, kamu bisa memasukkan ide-ide kamu ke dalam produk backlog untuk pengembangan lebih lanjut. Apa aja sih yang perlu dikembangkan? Bisa mulai dari design, spesifikasi, manfaat, dan inovasi-inovasi lainnya yang dapat menjawab kebutuhan pasar. Dengan melakukan pengembangan produk yang lebih sesuai dengan pasar, nantinya produk kamu bakalan lebih dicari-cari oleh banyak orang. 

  1. Spesifikasi dan design produk

Nah seperti yang udah MinDi bahas di point sebelumnya, spesifikasi dan design produk juga perlu kamu kembangkan lho. Spesifikasi disini maksudnya adalah penyempurnaan fitur-fitur dan manfaat yang ditawarkan sama produk kamu. Lalu design, untuk kamu yang memiliki produk fisik, design bakalan sangat berpengaruh sama minat orang lho. Kembangkan design yang simple tapi useful ya, Sobat MinDi.

  1. Pengujian produk

Nah sebelum akhirnya memasarkan produk yang kamu kembangkan, sebaiknya kamu melakukan pengujian lebih dulu. Salah satu pengujian yang bisa kamu lakukan adalah dengan A/B testing. Pengujian ini biasanya dilakukan dengan memberikan beberapa versi produk yang udah kamu kembangkan, lalu dimanakah di antara versi-versi tersebut yang lebih disukai sama pelanggan kamu. 

Pengujian dengan A/B testing bisa dibilang efektif karena langsung mendapatkan pendapat dari pelanggan kamu. 

  1. Pemasaran produk

Nah setelah melakukan pengujian, kamu bisa menentukan nih, kira-kira produk mana yang bakalan kamu pasarkan. Apakah dari testing yang sebelumnya dilakukan ada masukan-masukan dari pelanggan kamu? Atau adakah hal-hal yang ingin kamu kembangkan lagi? Setelah semuanya benar-benar selesai, kamu bisa langsung melakukan marketing

Pastikan kamu melakukan kolaborasi yang oke dengan marketing team ya! 

  1. Feedback pelanggan

Salah satu kunci agar bisnis kamu terus berkembang adalah untuk gak cepat puas. Jadi, setelah kamu berhasil mengembangkan dan menciptakan inovasi di produk kamu, jangan buru-buru merasa puas ya. Kamu bisa lihat bagaimana feedback yang diberikan oleh pelanggan kamu. Apakah ada masalah dengan inovasi kamu? Atau mungkin ada masukan dari pelanggan kamu? 

Feedback itu bisa kamu gunakan untuk mengambil keputusan dalam menyusun strategi pengembangan di waktu selanjutnya. Dengan memperhatikan feedback yang diberikan oleh pelanggan, artinya kamu juga berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, sehingga mereka tidak akan mudah untuk berpindah hati dari produk kamu. 

Nah ternyata product management itu penting banget ya, Sobat MinDi. Sekarang juga banyak lho startup yang lagi mencari-cari product manager. Rata-rata gajinya juga cukup tinggi, kira-kira kamu tertarik gak nih buat menjadi product manager?

“Aku tertarik nih MinDi, tapi belum punya skill sama sekali.”

Tenang Sobat MinDi, sekarang dibimbing menyediakan Bootcamp Product Management lho! Dengan mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bakalan mendapatkan materi seputar product management, seperti product design, market research, agile methodology, dan masih banyak lagi. Tentunya kamu bakalan belajar bersama mentor yang udah expert ya! 

Hanya butuh 4,5 bulan, skill untuk product manager udah ada di genggaman kamu. Gimana? Kamu tertarik buat daftar? Kalo iya, buruan klik disini ya! 

Referensi: 

Pengertian product management Dan Elemen Yang ada Di Dalamnya. (2021, May 7). Accurate Online. https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-product-management/ 

Eka, R. (2017, July 11). Seri Pengembangan Produk #1: Tentang product management Dan product manager. DailySocial.id - Situs Berita Startup, Digitalisasi UMKM, dan Inovasi Teknologi di Indonesia. | Dailysocial. https://dailysocial.id/post/tentang-product-management-dan-product-manager 

Pelajari Agility Dalam Membangun Digital Product yang Sukses Menjawab Kebutuhan Customer!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait