5 Teknik Pemasaran TikTok: Cocok Untuk Tingkatkan Keuntungan

Anisa Fitri Maulida

•

02 November 2023

•

2484

Image Banner

Siapa di sini yang menggunakan TikTok? MinDi yakin bahwa hampir semua Sobat MinDi di sini, pernah menggunakan TikTok walau sekali saja. Menurut Databoks, Indonesia menempati peringkat dua dengan jumlah user TikTok terbanyak di dunia. Tidak mengherankan, sebab TikTok adalah aplikasi multifungsi yang bisa digunakan untuk hiburan bahkan berbisnis. Asalkan, kita tahu teknik pemasaran TikTok yang efektif. 


Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi teknik pemasaran TikTok yang dapat digunakan oleh para pebisnis, serta tips untuk meningkatkan efisiensi kampanye pemasaran mereka. Mari kita mulai!


Teknik Pemasaran TikTok yang Bisa Digunakan Para Pebisnis


Di dunia pemasaran digital yang cepat berubah, penting bagi kita para pebisnis untuk terus berinovasi dan mengikuti tren terkini. TikTok merupakan salah satu inovasi digital, yang menawarkan banyak fitur untuk memasarkan produk dan meningkatkan keuntungan bisnis.


Kita sebagai pebisnis pun harus bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat teknik pemasaran TikTok yang efektif. Seperti apa teknik pemasaran TikTok yang sebenarnya?


1. Konten Kreatif


Penciptaan konten yang kreatif dan unik adalah salah satu kunci untuk menarik perhatian pengguna TikTok. Buatlah video yang tidak hanya informatif, tetapi juga menghibur dan memikat mereka. Kamu bisa mencoba berbagai format video, seperti video lucu, tutorial atau cerita singkat yang menceritakan tentang produk atau layanan.


2. Pemanfaatan Hashtag


Sama seperti Instagram, hashtag adalah fitur yang sangat penting di TikTok. Karena dari sana, para pengguna bisa mencari video-video yang sedang viral. Walau hashtag digunakan untuk melihat video viral, kamu harus tetap bijak dengan memilih hashtag yang relevan dengan bisnismu. 


Jangan ragu untuk membuat hashtag khusus yang terkait dengan produk kamu. Dengan cara ini, kontenmu akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari topik serupa.


3. Kerja Sama dengan Influencer


Influencer dan media sosial adalah dua hal yang pasti akan terus berkaitan. Bahkan kalau kamu perhatikan, setiap media sosial pasti punya influencer-nya sendiri. Misalnya, influencer TikTok, influencer Instagram, dan lainnya.


Jika anggaran kamu memungkinkan, kamu bisa pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan influencer TikTok tersebut! Kerja sama ini dapat membantu kamu mendapatkan eksposur yang lebih besar untuk bisnismu. 


Walau begitu, kamu juga harus memilih pengguna yang memiliki nilai-nilai yang sesuai dengan merekmu. Sebab, kebanyakan followers pasti mengikuti influencer karena kontennya yang sesuai dengan niche kesukaan mereka. 


Maka, semakin sesuai barangmu di promosikan kepada followers, maka kemungkinan orang-orang membeli barangmu akan semakin besar juga. Tentunya, hal tersebut akan sangat menguntungkan bisnismu, bukan?


4. Kampanye Perlombaan


Sehebat-hebatnya teknik pemasaran di media sosial, tetap saja yang paling ampuh adalah dengan berinteraksi dengan para pengguna. Tapi, akan lebih baik jika kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan cara membuat kampanye yang seru. 


Mengapa? Sebab, kampanye perlombaan merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengajak pengguna TikTok berpartisipasi dalam promosi bisnismu. Caranya, buat tantangan kreatif yang melibatkan pengguna dalam cara yang positif. Contohnya, lomba make-up menggunakan produk buatanmu.


Setelah mengadakan perlombaan tersebut, pastikan kamu memberikan hadiah yang menarik untuk pemenangnya. Sehingga, kampanyemu akan menarik lebih banyak perhatian dan kemungkinan lebih banyak juga orang yang akan ikut serta.


5. Iklan TikTok


Apakah kamu pernah mendengar ‘TikTok For Business’? Itu adalah wadah yang dibuat oleh TikTok, khusus untuk kamu para pebisnis yang ingin berjualan di sana. Salah satu fitur yang diunggulkan adalah fitur iklan mereka.


Jika anggaran kamu memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan fitur iklan TikTok. Kamu dapat menargetkan iklanmu kepada audiens yang sesuai dengan usia, lokasi, minat, dan lainnya. 


Dengan fitur yang tersedia dan bantuan influencer yang sesuai dengan niche atau tema produkmu, kamu dapat membuat bisnismu lebih dikenal oleh lebih banyak orang. Tetapi, meluncurkan teknik pemasaran saja tidaklah cukup, Sobat MinDi! Kamu juga harus tahu cara meningkatkan efisiensi pemasaran TikTokmu untuk mencapai hasil terbaik.


Baca Juga: Panduan dan Tips Cara Membuat Digital Marketing Plan


Bagaimana Cara Meningkatkan Efisiensi Teknik Pemasaran TikTok?


Meningkatkan efisiensi teknik pemasaran TikTok adalah langkah krusial dalam meraih hasil yang optimal. Dalam upaya mencapai hal ini, kamu perlu memperhatikan beberapa aspek penting:


1. Analisis Data


Salah satu kunci untuk meningkatkan efisiensi teknik pemasaran adalah melalui pemahaman yang mendalam tentang performa kontenmu di TikTok. Manfaatkan data analitik TikTok untuk melihat seberapa baik video-video kamu berperforma.


Perhatikan jumlah tampilan, komentar, likes, dan pembagian ulang (share). Dari sana, kamu dapat mengidentifikasi pola-pola apa yang berhasil dan memperbaiki yang tidak.


Pekerjaan yang menyangkut tentang analisis data ini biasanya dilakukan oleh TikTok Specialist atau Digital Marketing. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu mulai mempertimbangkan untuk merekrut karyawan yang berpengalaman dalam bidang tersebut. Tapi, jika kamu mau mempelajarinya sendiri, juga tidak masalah!


Asalkan, kamu bisa mempelajarinya dengan benar agar hasil analisis data juga sesuai dengan yang seharusnya. Maka dari itu, MinDi sarankan kamu untuk mencari kelas khusus yang dapat mengajarimu teknik analisis data dan berbagai skill lainnya yang dimiliki seorang TikTok Specialist atau Digital Marketer lainnya.


Jika saat ini kamu sedang tidak punya opsi, maka Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id bisa jadi pilihan yang tepat. Di sana, kamu akan mendapatkan bimbingan serta kesempatan untuk belajar bersama mentor yang memiliki pengalaman luas di bidang ini.


Tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan teoritis, kamu juga akan diberikan tugas proyek khusus yang akan membantu kamu dalam memahami lebih dalam ilmu yang diperlukan untuk meningkatkan skill yang biasanya dimiliki oleh Digital Marketer lainnya.


Selain itu, di Bootcamp ini, kamu juga bisa berdiskusi mengenai bisnismu dengan para mentor. Mereka dengan senang hati akan memberikan pandangan dan saran yang berguna untuk perkembangan bisnismu yang lebih baik.


2. Berinteraksi dengan Followers


Jangan cuman posting konten saja, Sobat MinDi! Kamu juga harus aktif berinteraksi dengan followers-mu di TikTok. Kamu bisa melakukannya dengan cara, membalas komentar, berikan respons terhadap pertanyaan yang didapatkan, dan terlibat dalam percakapan yang terkait dengan kontenmu. 


Selain bisa mempererat hubungan kamu dengan para followers, TikTok juga akan menganggap kamu sebagai akun yang aktif. Biasanya, akun yang aktif memiliki ‘perlakuan’ yang berbeda dibandingkan akun yang tidak aktif.


3. Konsistensi


Apapun tekniknya, konsistensi adalah kunci keberhasilan di TikTok yang tidak bisa dilewatkan. Buatlah jadwal posting yang teratur sehingga pengikutmu tahu kapan mereka bisa mengharapkan konten baru. Dengan konsistensi ini, kamu membangun ekspektasi positif di antara pengguna dan menjaga mereka terlibat secara berkelanjutan.


4. Eksperimen Konten


Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. TikTok adalah platform yang berubah dengan cepat dan apa yang berhasil beberapa bulan lalu mungkin tidak lagi efektif sekarang. Cobalah berbagai jenis konten, teknik editing yang berbeda, dan gaya storytelling yang unik untuk melihat apa yang paling resonan dengan audiensmu.


Baca Juga: Tools untuk Membuat Konten Marketing TikTok - dibimbing.id


Bagaimana Sobat MinDi? Apakah kamu sudah mulai menemukan mana teknik pemasaran TikTok yang cocok untuk bisnismu? Perlu kamu ketahui bahwa menemukan teknik yang sesuai, bukanlah hal mudah. Tapi, sebagai seorang pebisnis tentu kamu tidak boleh menyerah begitu saja.


Kamu harus kuat mencoba beberapa teknik, meningkatkan efisiensi tekniknya, dan mempelajari hal-hal baru mengingat TikTok adalah media sosial yang dinamis. Mengenal audiens pun tentunya bukan hal yang mudah, maka dari itu kamu juga membutuhkan data untuk mengetahui apa yang mereka suka.


Kamu bisa mengetahuinya dengan cara mempelajari analisis data TikTok dari Bootcamp Digital Marketing. Jangan sungkan juga untuk berdiskusi di sana, bila kamu mengalami kebuntuan. Sebab kamu akan ditemani oleh mentor yang bisa menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan pengalamannya.



Social Media Bootcamp

Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Artikel Terkait

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Digital Marketing

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Yuk, pelajari cara membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress kamu sendiri dengan mengikuti langkah-...

Image Author

Raniah Fatimah

•

07 June 2023

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Digital Marketing

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Cara mengatasi duplicate meta descriptions pada blog bisa kamu lakukan dengan mengedit template. Yu...

Image Author

Raniah Fatimah

•

23 June 2023

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Digital Marketing

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Bahas tuntas soal sepuluh tips dan strategi SEO untuk toko online e-commerce sebagai solusi untuk h...

Image Author

Nadia L Kamila

•

06 October 2023

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Digital Marketing

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Kamu mau berkarir sebagai Social Media Marketing? Ternyata segini gaji Social Media Marketing tahun...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

01 November 2023

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruhinya

Digital Marketing

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruh...

Bagi seseorang yang bekerja di bidang pembuatan konten, profesi content manager merupakan pekerjaan...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

19 March 2024

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Digital Marketing

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Bagaimana tips mengisis linkedin untuk mahasiswa? Yuk simak caranya dan pastikan profil mu jadi leb...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

27 April 2024