Tools untuk Membuat Konten Marketing TikTok - dibimbing.id

Kezia Margaretha

•

18 November 2022

•

1185

Image Banner


If we never try, how would we know? Lagu populer di TikTok satu ini ngegambarin banget nih sama artikel hari ini. Melihat semakin populernya TikTok saat ini, banyak banget nih perusahaan-perusahaan yang berlomba-lomba untuk menerapkan marketingnya melalui TikTok. TikTok sendiri juga terbukti telah memberikan dampak yang signifikan bagi kenaikan penjualan beberapa perusahaan. Namun, bagi kamu yang baru mau memulai marketing di TikTok, mungkin kamu akan sedikit kesulitan dan membutuhkan bantuan. Nah, berikut beberapa tools TikTok yang bisa kamu coba untuk menjalankan konten marketing perusahaanmu. 




1. Upfluence 


Tools TikTok Upfluence

Tools TikTok Upfluence

Salah satu tools yang bisa kamu gunakan adalah Upfluence. Tools TikTok satu ini bisa membantu kamu untuk menemukan influencer-influencer yang tepat untuk perusahaan kamu. Tools ini dapat melacak influencer-influencer yang diikuti oleh para pengguna kamu melalui mesin pencarian berbasis data. Mereka juga dapat membantu kamu untuk menemukan influencer yang tepat berdasarkan pada hasil data yang mereka peroleh. Kamu juga dapat mengirimkan email massal kepada influencer-influencer secara otomatis dan membantu kamu untuk mengukur ROI 


Tools TikTok satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai industri karena fiturnya yang sangat beragam. Kamu dapat melihat data sosial dari pengikut maupun pengunjungmu serta mencari influencer dari negara manapun dengan topik apapun. 


Untuk menggunakan jasa dari Upfluence, terdapat biaya yang perlu dibayarkan. Biaya ini nantinya juga disesuaikan sesuai dengan penggunaanmu. 



2. Loomly 



Tools TikTok Loomly


Tools TikTok Loomly


Tools tiktok yang kedua ini membantumu untuk memposting konten di sosial media. Kamu dapat menjadwalkan postingan konten-konten dengan menggunakan tools ini. Loomly juga telah terhubung dengan akun TikTok, sehingga jadwal postinganmu dapat lebih teratur dan juga dapat menghindari terjadinya keterlambatan. Selain itu, kamu juga akan diberi tahu kapan waktu yang tepat untuk mempublikasikan konten-konten. 


Melalui tools TikTok satu ini, kamu juga bisa berkolaborasi serta mengukur hasil dari marketing sosial mediamu menggunakan platform yang sama.


Untuk kamu yang masih suka kebingungan dalam menentukan konten yang tepat untuk teknik pemasaran, tools Tiktok ini juga dapat menawarkan berbagai ide untuk posting, tips pengoptimalan konten, serta memiliki kumpulan tips-tips konten yang dapat kamu akses. 


Tools TikTok satu ini juga sangat tepat bagi kamu yang bekerja dalam tim. Terdapat fitur yang dapat membantu kamu dalam melihat proses kerja dari anggota tim lainnya. Kamu dapat melihat komentar anggota tim lainnya yang terhubung dengan email, push, Slack, dan juga Microsoft Teams. 


Sayangnya, tools ini juga memiliki kekurangan dimana seringkali ada bot yang dapat mengganggu kelancaran pekerjaanmu. 


Seperti Upfluence, tools TikTok satu ini juga mengharuskanmu membayarkan biaya bulanan untuk mengaksesnya. Harganya sendiri dibandrol $25 dollar AS per bulannya apabila kamu membayarnya tahunan. 



3. SocialPilot 



Tools SocialPilot

Tools TikTok SocialPilot


Tools TikTok satu ini sangat terkenal di dunia perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknik marketing untuk TikTok. Sudah lebih dari 115.000 perusahaan yang menggunakan SocialPilot untuk membantu mereka dalam mengelola sosial media mereka, menjadwalkan postingan, menaikkan engagement, dan bahkan menganalisa hasil dari teknik marketing mereka. 


Apabila perusahaan-mu memiliki banyak akun, SocialPilot dapat menjadi tools yang tepat untuk menjadwalkan postingan TikTok kamu dengan lebih efisien. Mereka juga akan memberikan berbagai pengingat agar kamu tidak pernah lupa dalam memposting konten. 


SocialPilot juga dapat membantu kamu dalam membuat dan menjadwalkan berbagai macam video Tiktok yang sesuai dengan audiens sosial mediamu, sehingga konten tersebut dapat dipastikan dilihat oleh pengikutmu dan bahkan muncul di fyp. 


Tools TikTok ini juga memiliki fitur yang sangat keren dimana kamu dapat menyingkat URL sehingga URL milikmu tidak akan kalah keren dari video yang telah kamu buat. 


Seperti tools lainnya, tools ini juga memiliki berbagai kekurangan dimana interfacenya terlihat usang dan fitur-fiturnya masih belum terlalu modern. Selain itu, kamu juga tidak dapat menandai akun-akun yang bukan termasuk dalam business pages


Sama dengan Loomly, SocialPilot mengharuskan kamu membayarkan biaya sebesar $25 dollar AS per bulannya. 



4. Viamaker 



Tools TikTok Viamaker

Tools TikTok Viamaker


Untuk membuat konten TikTok yang menarik, video yang kamu sajikan tentunya harus memikat para pengguna. Kamu dapat menggunakan tools TikTok satu ini yaitu Viamaker untuk membuat konten video TikTok yang menarik. 


Viamaker merupakan aplikasi editing yang sangat mudah digunakan bagi pemula. Kamu dapat memotong, memutar ulang, dan bahkan menambah efek kecepatan di video TikTok kamu tanpa kesulitan apapun. Tools satu ini juga menyajikan fitur-fitur lainnya yang dapat membantumu untuk eksplorasi kreativitas kamu dalam video TikTok. 


Tanpa lagu-lagu yang menarik, video TikTok tentunya akan terlihat hambar dan sangat membosankan. Oleh karena itu, tools TikTok ini juga memiliki music library yang sangat lengkap, sehingga kamu dapat memasukkan lagu ke dalam video TikTok untuk menggaet para penonton. 


Tools ini juga menyajikan stiker-stiker lucu dan menggemaskan serta custom TikTok fonts sehingga tampilan dari videomu dapat lebih baik dibandingkan dengan video-video sejenis lainnya. 


Untuk mengakses Via Maker, kamu tidak harus membayar sepeserpun. Ini merupakan berita baik bagimu, karena sekarang kamu dapat membuat konten marketing TikTok berkualitas tanpa harus mengeluarkan modal apapun. 



5. Analisa 


Tools TikTok Analisa

Tools TikTok Analisa


Bagi kamu yang membutuhkan tools untuk analisa, Analisa dapat menjadi tools yang menjadi solusi untukmu. Analisa sudah sangat terkenal sebagai salah satu tools TikTok yang paling populer bagi para agensi, influencer, dan juga perusahaan. 


Penggunaan Analisa juga sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan profil TikTok-mu dan kamu dapat segera menganalisa aktivitas sosialmu. Selain itu, kamu juga dapat menganalisa TikTok hashtags


Kamu dapat mengukur aktivitas engagement, aktivitas posting, dan juga aktivitas dari para audiens di TikTok. Tools TikTok ini juga dapat membantumu untuk mengidentifikasi waktu yang tepat untuk memposting video konten. 


Semua hasil dari laporanmu juga dapat di export dalam bentuk CSV, sehingga kamu tetap dapat memperbaharui dan mengaturnya kembali. 


Untuk biaya yang perlu dibayarkan, tools TikTok satu ini mengharuskanmu untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Kamu perlu membayar $60 dollar AS per bulannya agar dapat mengakses fitur-fitur analisa tersebut. 


Berikut 5 tools TikTok yang dapat berguna bagi kamu yang ingin menerapkan teknik strategi marketing melalui TikTok. Yuk, segera coba-coba aplikasi tersebut untuk tahu seberapa manfaatnya bagi kontenmu. Ingat lagu satu ini, if we never try, how would we know. 


Bagi kamu yang ingin belajar teknik-teknik Digital Marketing lainnya, kamu dapat mengikuti bootcamp Digital Marketing bersama Dibimbing.id.


Nantinya, kamu akan diajak untuk mempelajari strategi-strategi Digital Marketing selain TikTok, yang dapat berguna bagi kelangsungan perusahaan dan peningkatan penjualan barang.


Yuk, segera ikuti program bootcamp tanpa berlama-lama lagi! Kami tunggu kehadiran kamu!

Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!

Internal server error