Blog

/

Digital Marketing

/

9 Skill PPC Specialist, Wajib Dimiliki untuk Kampanye Sukses

9 Skill PPC Specialist, Wajib Dimiliki untuk Kampanye Sukses

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

03 April 2024

60

Image Banner

Kemampuan untuk menjalankan kampanye pay-per-click (PPC) yang efektif adalah kunci utama dalam strategi pemasaran online. Oleh karena itu, skill PPC specialist sangat dibutuhkan untuk keberhasilan sebuah bisnis.


Dari analisis data hingga penyesuaian strategi pemasaran secara real-time, keahlian profesional ini sangat dibutuhkan. Tertarik untuk mempelajarinya? Baca artikel ini sampai habis ya!



Apa Saja Skill PPC Specialist yang Paling penting?




Menjadi PPC specialist membutuhkan kombinasi dari kemampuan analitis, kreativitas, dan pengetahuan tentang tren pemasaran digital dan platform-nya.


Berikut adalah 9 skill PPC specialist yang paling utama dan wajib dimiliki:



1. Pemahaman tentang Platform PPC


Skill PPC specialist pertama yang penting adalah pemahaman tentang platform iklannya. Hal ini penting karena setiap platform PPC memiliki karakteristik, audiens, dan potensi yang berbeda. 


Pemahaman mendalam tentang berbagai platform ini memungkinkan spesialis PPC untuk menyesuaikan strategi dan memaksimalkan efektivitas kampanye di setiap platform.


Beberapa pemahaman yang harus dimiliki antara lain:


  • Alat optimisasi yang tersedia di setiap platform

  • demografi pengguna dan perilaku di setiap platform.



2. Analisis dan Interpretasi Data


Berikutnya adalah kemampuan analisis dan interpretasi data. Pasalnya, data memberikan insight konkret tentang efektivitas kampanye. Hal ini memungkinkan penyesuaian strategi berdasarkan kinerja aktual. Ini adalah kunci untuk mengoptimalkan ROI.


Pemahaman yang harus dimiliki untuk keahlian ini antara lain: 


  • Kemampuan untuk menggunakan alat analisis data.

  • Memahami metrik kunci.

  • Memahami cara melakukan A/B testing

  • Paham cara menarik kesimpulan yang dapat diaksi dari kumpulan data besar.



3. Pengetahuan tentang SEO


Skill PPC specialist lainnya adalah pengetahuan tentang SEO. Pasalnya, SEO dan PPC sering bekerja bersama untuk memaksimalkan visibilitas dalam pencarian. Pengetahuan SEO memperkuat pemilihan kata kunci dan strategi konten dalam PPC.


Pemahaman yang harus dikuasai antara lain:




4. Kreativitas dalam Penulisan Iklan


Berikutnya adalah kreativitas dalam penulisan iklan. Hal ini dikarenakan iklan yang kreatif menarik perhatian, memicu emosi, dan mendorong tindakan. Pada akhirnya, hal tersebut akan meningkatkan CTR dan konversi.


Pemahaman yang harus dikuasai untuk keahlian ini antara lain:



Baca Juga: Memahami Cara Kerja PPC Sebagai Strategi Pemasaran Digital





5. Pengelolaan Anggaran


Cara selanjutnya adalah mengelola anggaran. Pengelolaan anggaran yang efektif memastikan bahwa pengeluaran iklan menghasilkan ROI terbaik dan mencegah pemborosan sumber daya.


Beberapa pemahaman yang harus dimiliki terkait keahlian ini antara lain:




6. Strategi Penargetan


Berikutnya adalah strategi penargetan. Skill PPC specialist ini penting karena penargetan yang tepat meningkatkan relevansi iklan, meningkatkan CTR, dan konversi. Ini memastikan iklan ditampilkan kepada pengguna yang paling mungkin tertarik.


Pemahaman yang harus dimiliki antara lain fitur penargetan lanjutan seperti penargetan geografis, demografi, perilaku, dan remarketing.



7. Pemahaman tentang UX (User Experience)


Skill PPC specialist berikutnya adalah pemahaman tentang UX experience yang baik pada landing page. Hal ini bisa meningkatkan kemungkinan konversi, memperkuat nilai iklan, dan mempengaruhi skor kualitas.


Pemahaman yang harus dimiliki terkait ini adalah:



Baca Juga: Contoh Pay Per Click, Solusi Efektif untuk Pemasaran Digital



8. Analitik Web


Skill PPC specialist lain yang penting adalah pemahaman analitik web. Ini memungkinkan spesialis PPC untuk melacak kinerja kampanye secara akurat, mengidentifikasi area untuk perbaikan, dan memahami perilaku pengunjung.


Pemahaman yang harus dimiliki antara lain:


  • Cara menggunakan Google Analytics atau alat serupa.

  • Memahami funnel konversi.

  • Melakukan segmentasi audiens untuk analisis lebih lanjut.



9. Pembaruan Konstan


Skill PPC specialist berikutnya adalah melakukan pembaruan secara konstan. Dunia pemasaran digital berubah dengan cepat. Terus-menerus memperbarui pengetahuan memastikan bahwa strategi tetap relevan dan efektif.


Pemahaman yang harus dimiliki antara lain:




Itulah beberapa skill PPC specialist yang wajib dikuasai. pakah kamu mulai tertarik untuk berkarir sebagai PPC specialist?


Jika iya, pastikan kamu telah menguasai berbagai strategi pemasaran digital. Jika belum, kamu bisa ikuti Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id untuk pemahaman dan keahlian yang lebih komprehensif.


Bukan hanya strategi PPC, kamu bisa belajar berbagai metode pemasaran digital lainnya. Mulai dari media sosial hingga email marketing.


Selain itu, pembelajarannya dirancang dengan kurikulum beginner-friendly. Jadi, ini cocok banget buat para pemula atau career-switcher.


Jadi, jangan tunda-tunda lagi! Segera daftarkan dirimu dan tingkatkan karirmu dengan belajar digital marketing di Dibimbing.id!




bootcamp digital marketing

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

A writer with a passion for linguistics and crafting words into interesting writing. Explore my writing and share your thoughts on it.

Artikel Terkait

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Digital Marketing

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Sobat MinDi yang lagi belajar copywriting, pasti udah tau deh kalau formula copywriting itu ada ban...

Image Author

Dibimbing.id

25 February 2022

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Digital Marketing

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Siapa sih, yang gak tau Instagram? MinDi yakin deh, kalau 90% dari Sobat MinDi yang lagi baca artik...

Image Author

Dibimbing.id

25 February 2022

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus Kamu Ketahui

Digital Marketing

Career Development

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus ...

Ada dua profesi tulis menulis yang sangat penting dalam dunia marketing. Yaitu, copywriting dan con...

Image Author

Dibimbing.id

17 June 2022

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Ketahui

Digital Marketing

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Keta...

TikTok Shop menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin melihat suatu produk dan langsung membelinya ...

Image Author

Aulia Putri Andrika

27 July 2022

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Digital Marketing

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Mau buat design thinking tapi bingung harus mulai dari mana? Sini MinDi bisikin 5 tahapan penting s...

Image Author

Dibimbing.id

29 July 2022

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Digital Marketing

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Instagram SEO adalah sebuah proses optimasi konten Instagram. Tujuannya untuk meningkatkan peringka...

Image Author

Aulia Putri Andrika

10 August 2022