Inilah Perbedaan dan Contoh SEO On Page dan Off Page

Muhammad Fazer Mileneo

10 August 2023

767

Image Banner

Dalam era digital yang penuh persaingan, Sobat MinDi juga dapat melakukan optimasi SEO untuk pemasaran digital. Yang mana, hal ini terdiri atas SEO on-page dan SEO off-page. Namun, Sobat MinDi mungkin masih bingung dengan contoh SEO on page dan off page?

Kalau begitu, tenang saja. MinDi sudah merangkum pengertian SEO on page dan pengertian SEO off page beserta dengan contohnya. Simak artikel ini hingga selesai ya!

Apa itu SEO On Page

Sebelum kita berangkat ke contoh dan perbedaan, mari kita pahami lebih dalam apa yang dimaksud dengan SEO On-Page.

Secara sederhana, SEO On-Page adalah proses mengoptimalkan semua elemen di dalam website untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian mesin pencari.

Hal ini melibatkan penggunaan strategi dan teknik yang berfokus pada halaman dan konten website itu sendiri. Jadi, mesin pencari dapat memahami dengan lebih baik topik dan relevansi dari halaman tersebut.

Manfaat SEO On-Page

Ada  beberapa manfaat dari penerapan SEO on-page:

1.Meningkatkan peringkat website di hasil mesin pencari

SEO on-page dapat membantu meningkatkan peringkat situs web di hasil mesin pencari untuk kata kunci dan frasa yang relevan dengan bisnis. Ini akan membantu mendapatkan lebih banyak traffic ke situs web dan meningkatkan brand awareness.

  1. Mendorong lebih banyak konversi

Ketika situs web lebih tinggi di hasil mesin pencari, lebih banyak orang akan melihatnya. Ini dapat mendorong lebih banyak konversi, seperti penjualan, pendaftaran, atau panggilan.

  1. Meningkatkan kepuasan pengguna

Bila website mudah dinavigasi dan kaya informasi, pengguna akan lebih puas. Ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendorong mereka untuk kembali ke situs web tersebut.

  1. Meningkatkan nilai website

SEO on-page dapat membantu meningkatkan nilai situs web. Ini karena situs web yang dioptimalkan untuk SEO lebih mungkin menarik perhatian calon pelanggan dan investor.

Komponen SEO On Page

Berikut ini adalah komponen SEO on-page yang paling penting:

  • Title tag: Teks yang muncul di atas judul situs web di hasil mesin pencari. Pastikan judul tag relevan dengan konten halaman dan dioptimalkan untuk kata kunci yang ingin peringkatkan.

  • Deskripsi meta: Deskripsi meta adalah teks yang muncul di bawah judul situs web di hasil mesin pencari. Ini memberikan ringkasan konten halaman dan dapat membantu meningkatkan click through rate (CTR).

  • Konten: Konten adalah faktor peringkat terpenting. Pastikan konten relevan dengan kata kunci yang targetkan, dan ditulis dengan baik dan informatif.

  • Kata kunci: Gunakan kata kunci yang relevan dengan konten di seluruh situs web. Kata kunci dapat digunakan dalam title tag, deskripsi meta, konten halaman, dan elemen lain dari situs web.

  • Struktur situs web: Struktur situs web penting untuk SEO. Pastikan situs web mudah dinavigasi, dan halaman dioptimalkan untuk kata kunci yang relevan.

  • Link internal: Link internal adalah tautan dari satu halaman di situs web ke halaman lain. Link internal dapat membantu meningkatkan peringkat halaman di hasil mesin pencari.

  • Kecepatan situs web: Pastikan situs web bisa memuat dengan cepat, sehingga pengunjung bisa nyaman dan mudah mengaksesnya.

  • Keamanan: Keamanan situs web penting untuk SEO agar pengunjung merasa aman bila membuka laman web.

Contoh SEO On Page

Contoh SEO On Page

Berikut adalah contoh dari aspek SEO on-page : 

1.Penelitian Kata Kunci yang Akurat dan Relevan

Sebagai perusahaan teknologi yang berusaha mendapatkan peringkat lebih tinggi, penelitian kata kunci menjadi langkah awal yang kritis.

Misalnya, jika Sobat MinDI punya website tentang teknologi AI, kata kunci seperti "apa itu AI", "aplikasi kecerdasan buatan", atau "perkembangan terbaru AI" dapat menjadi fokus perhatian.

Menggunakan kata kunci yang akurat dan relevan akan membantu website muncul di hasil pencarian ketika pengguna mencari informasi terkait.

  1. Optimasi Konten dengan Kata Kunci Utama

Setelah kata kunci utama teridentifikasi, langkah berikutnya adalah mengoptimalkan konten di website.

Pastikan untuk menyertakan kata kunci tersebut secara strategis dalam judul halaman, meta deskripsi, heading, dan paragraf. Namun, ingatlah untuk tetap menjaga kelancaran dan kualitas bacaan konten.

Jangan melakukan keyword stuffing, yaitu penggunaan kata kunci secara berlebihan, karena hal ini dapat menyebabkan pengurangan peringkat dan merusak pengalaman pengguna.

  1. Struktur URL yang Ramah SEO

Penting untuk memiliki URL yang bersahabat dengan mesin pencari. Pastikan URL halaman mencerminkan judul dan isi konten.

Misalnya, jika memiliki halaman tentang "Teknologi AI dalam Pengenalan Wajah", gunakan URL seperti www.contoh.com/teknologi-ai-pengenalan-wajah. 

URL yang bersih dan informatif akan membantu mesin pencari dan pengguna memahami konten halaman tanpa kesulitan.

  1. Optimisasi Gambar dan Media Lainnya

Selain teks, gambar dan media lainnya juga perlu dioptimalkan untuk SEO. Berikan deskripsi dan atribut alt pada setiap gambar dengan menggunakan kata kunci yang relevan.

Ini membantu mesin pencari memahami isi gambar dan meningkatkan kemungkinan gambar muncul di hasil pencarian gambar.

  1. Kecepatan dan Responsivitas Website

Kecepatan website adalah faktor penting dalam SEO On-Page. Pastikan website memiliki waktu loading yang cepat, karena pengguna cenderung meninggalkan situs yang lambat.

Selain itu, pastikan website responsif dan dioptimalkan untuk tampilan di berbagai perangkat, termasuk ponsel dan tablet. Mesin pencari juga memberikan peringkat lebih tinggi bagi website yang responsif karena penggunaan ponsel telah meningkat pesat.

Lalu, Apa Itu Off-Page SEO?

SEO Off-Page adalah strategi yang dilakukan di luar optimasi website untuk meningkatkan otoritas dan popularitasnya di mata mesin pencari. 

engan membangun tautan berkualitas, berkolaborasi dengan influencer, serta memanfaatkan media sosial dan platform lainnya, SEO Off-Page bertujuan untuk meningkatkan peringkat dan meningkatkan eksistensi dari suatu situs web.

Contoh SEO Off Page

Supaya Sobat MinDi bisa semakin paham, berikut adalah beberapa contoh dari SEO off-page : 

Perbedaan SEO On Page dan Off Page

Jadi, apakah Sobat MinDi sudah memahami perbedaan antara keduanya?

SIngkatnya, perbedaan utama antara SEO On-Page dan SEO Off-Page adalah fokus dan tempat penerapannya. SEO on-page berfokus pada optimisasi elemen di dalam situs web, sementara SEO off-page berfokus pada tindakan di luar website untuk meningkatkan otoritas dan popularitas.

Belajar SEO On-Page dan SEO Off-Page Lebih Jauh

Sebelum melakukan strategi SEO On-Page dan SEO Off-Page lebih jauh, ada baiknya agar Sobat MinDi mempelajari digital marketing lebih mendalam agar strateginya bisa maksimal.

Sobat MinDi bisa mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. Program ini akan membantu untuk belajar tentang berbagai aspek digital marketing, seperti SEO, SEM, social media marketing, email marketing, dan lain-lain.

Tentunya, Sobat MinDi akan mendapatkan bimbingan dari mentor berpengalaman yang dapat membantu memahami konsep dan praktik digital marketing.

Sekian artikel dari MinDi soal pengertian dan contoh SEO On Page dan Off Page. Ayo segera mendaftar dan mulai perjalanan Sobat MinDi untuk menjadi ahli digital marketing!




Sobat MinDi bisa mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id

Share

Author Image

Muhammad Fazer Mileneo

Buruh tulis digital fleksibel. Sekali-sekali main kamera, sekali-sekali ke sana kemari.

Artikel Terkait

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Digital Marketing

Product Management

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

11 November 2022

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Digital Marketing

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Masih bingung tentang perbedaan SEO dan SEM? Artikel ini akan kupas tuntas seluk beluk dari SEO dan...

Image Author

Nadia L Kamila

05 October 2023

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Digital Marketing

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Job desk copywriter adalah tanggung jawab yang melibatkan pengembangan konten kreatif dan persuasi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

16 January 2024

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

Digital Marketing

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

CPC AdSense adalh model periklanan yang digunakan oleh google dengan sistem pembayaran per klik. P...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

23 February 2024

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

Digital Marketing

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

User experience adalah komponen penting dalam pengembangan produk, sistem, atau layanan digital. Pe...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

05 April 2024

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Digital Marketing

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Green marketing adalah pendekatan pemasaran dengan fokus aspek ramah lingkungan dari suatu produk/l...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

13 May 2024