Engagement Twitter: Pengertian, Fungsi, Jenis, & Cara Hitung

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi
•
09 January 2024
•
1865

Di media sosial, engagement adalah alat ukur utama untuk melihat keberhasilan suatu konten. Engagement Twitter adalah konsep penting untuk melihat keterlibatan audiens dalam akunmu di platform tersebut.
Dengan engagement Twitter, kamu bisa mengetahui bagaimana kontenmu diterima oleh audiens. Oleh sebab itu, pemahaman mengenai engagement Twitter adalah hal penting dalam pemasaran digital.
Untuk mengembangkan pengetahuanmu tentang engagement Twitter, simak artikel ini sampai habis ya!
Apa yang Dimaksud Engagement Twitter?
Secara umum, Engagement Twitter adalah konsep yang merujuk pada interaksi antara pengguna dengan konten dalam platform tersebut.
Oleh sebab itu, engagement Twitter dapat dikatakan sebagai alat ukur keterlibatan audiens dengan tweet yang kamu buat. Lebih tepatnya, engagement Twitter adalah elemen yang menggambarkan efektivitas konten dalam mengundang reaksi audiens.
Sementara itu, untuk merek dan bisnis, engagement Twitter adalah indikator efektivitas pemasaran digital mereka.
Fungsi Engagement Twitter
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, engagement Twitter adalah kunci keberhasilan strategi media sosial. Tidak hanya untuk meningkatkan popularitas akun, engagement Twitter juga berfungsi untuk mencapai tujuan bisnis.
Berikut adalah beberapa fungsi utama engagement Twitter dalam pemasaran digital:
1. Meningkatkan Visibilitas Akun
Pertama, fungsi engagement Twitter adalah meningkatkan visibilitas akun. Pasalnya, tweet yang menerima banyak likes, retweets, atau replies berpotensi untuk dipromosikan algoritma ke audiens yang lebih luas.
Algoritma Twitter tidak hanya membagikan tweet kepada pengikutmu namun juga ke audiens yang lebih besar melalui fitur ‘For You’ atau topik terkait.
Tentunya dengan hal tersebut eksistensi akun bisnismu bisa diketahui oleh audiens yang lebih luas lagi. Dengan begitu, visibilitas merek atau usahamu juga akan meningkat.
Baca Juga: Engagement Instagram Adalah: Fungsi, Strategi, & Cara Hitung
2. Membangun Hubungan dengan Audiens
Kedua, fungsi engagement Twitter adalah membangun dan memelihara hubungan dengan audiens. Hal ini bisa dicapai dengan interaksi berupa balasan dan mentions.
Dengan kedua hal itu, akun bisnis bisa terlibat dalam diskusi bersama pengikut. Ini bisa berdampak pada loyalitas konsumen atau audiens.
Dengan loyalitas tersebut, bisnismu akan dipercaya dan bertahan dalam jangka panjang.
3. Alat Ukur Efektivitas Strategi Media Sosial
Berikutnya, fungsi engagement Twitter adalah sebagai alat ukur efektivitas strategi media sosial. Pasalnya, engagement seperti jumlah likes, retweets, dan jenis interaksi lainnya bisa memberikan wawasan tentang konten yang paling disukai.
Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan strategi konten sesuai dengan preferensi audiensmu.
4. Mendorong Konversi dan Penjualan
Terakhir, fungsi engagement Twitter adalah untuk mendorong konversi dan penjualan. Pasalnya, engagement tinggi dalam akun bisnis seringkali berkaitan dengan kesadaran merek dan loyalitas konsumen.
Sehingga, ketika konten direspon dengan baik, kamu tidak hanya memperluas jangkauan audiens, namun juga meningkatkan peluang bagi konsumen untuk mengambil tindakan lanjut.
Hal ini bisa berupa kunjungan pada situs web, pendaftaran ke newsletter, dan bahkan pembelian produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Jenis - Jenis Engagement Twitter
Seperti yang dijelaskan di atas engagement Twitter adalah bentuk interaksi audiens dengan akunmu. Berikut adalah beberapa jenis engagement Twitter yang paling umum:
1. Likes (Suka) dari Audiens
Pertama, jenis engagement Twitter adalah likes (suka). Hal tersebut merupakan indikator bahwa kontenmu dianggap menarik dan relevan. Ini juga bisa menjadi indikator untuk mengukur popularitas kontenmu.
2. Retweets oleh Pengguna Lain
Kedua, jenis engagement Twitter adalah retweets oleh pengguna lain. Hal ini biasa terjadi ketika audiens membagikan kontenmu kepada pengikut mereka.
Retweets tidak hanya meningkatkan visibilitas konten, namun juga memperluas jangkauan akun ke jaringan sosial pengguna lain.
Baca Juga: Strategi Social Media Marketing: Pengertian, Contoh, dan Tips
3. Replies (Balasan) dari Audiens
Berikutnya adalah replies. Elemen ini merupakan bentuk engagement yang lebih interaktif. Pasalnya, komentar yang diberikan audiens bisa menjadi media bagimu untuk memulai percakapan dengan pengikut.
4. Quotes (Kutipan) oleh Pengguna Lain
Selanjutnya, ada quotes sebagai salah satu bentuk engagement Twitter. Hal ini bisa menjadi indikator keterlibatan audiens dengan kontenmu. Selain itu, quotes juga bisa meningkatkan komunikasi dengan audiens serta visibilitas konten.
5. Mentions (Sebutan) oleh Audiens
Berikutnya, jenis engagement Twitter adalah mentions. Hal ini biasa terjadi ketika audiens menyebutkan akunmu dalam tweet mereka.
Mentions yang dibuat oleh audiens bisa berupa pujian, pertanyaan, atau bahkan kritik. Elemen ini tentu bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas akun serta kesempatan berkomunikasi langsung dengan audiens.
6. Hashtag Engagement
Lalu, ada hashtag engagement sebagai jenis engagement Twitter berikutnya. Penggunaan hashtag dalam tweet bermanfaat untuk menjangkau audiens yang sesuai dengan targetmu.
7. Profile Clicks
Setelah itu, jenis engagement Twitter adalah profile clicks. Hal ini bisa dijadikan sebagai indikator ketertarikan audiens pada akunmu.
Pasalnya, profile clicks merupakan engagement yang dipicu oleh rasa ingin tahu audiens terhadap akunmu atau konten lainnya yang sudah kamu unggah di Twitter.
8. Link Clicks
Selanjutnya adalah link clicks. Hal ini biasa terjadi jika tweet berisi link eksternal. Bentuk engagement ini bisa menjadi indikator bahwa audiens cukup tertarik untuk eksplor konten lebih lanjut.
9. Video Views
Terakhir, jenis engagement TwItter adalah video views. Elemen ini menjadi alat ukur untuk mengetahui berapa kali video telah ditonton pengikutmu. Ini juga bisa menjadi indikator untuk melihat ketertarikan audiens pada konten visual yang kamu bagikan.
Baca Juga: Selain Promosi, Ini Dia Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis
Cara Hitung Engagement Rate Berdasarkan Jumlah Pengikut (Followers)
Ada tiga langkah yang bisa dilakukan untuk menghitung engagement rate berdasarkan followers. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:
1. Kumpulkan Data Engagement
Pertama, hitung total engagement untuk tweet yang sudah kamu buat. Total engagement ini meliputi likes, retweets, replies, mentions, dan klik pada link eksternal (jika ada).
2. Lihat jumlah pengikut (followers)
Setelah menghitung total engagement, pastikan untuk melihat jumlah pengikut yang kamu punya saat ini.
3. Aplikasikan Rumus Engagement Rate Berdasarkan Pengikut
Untuk mendapatkan engagement rate, kamu bisa gunakan rumus ini dengan memasukkan angka total engagement dan jumlah pengikutmu. Berikut rumusnya:
Contoh Perhitungan:
Misalnya, kamu memiliki 1000 pengikut dan tweet yang dibagikan mendapatkan 50 likes, 30 retweets, dan 20 replies. Maka, total engagement kamu adalah 100. Dengan begitu, hasil perhitungan engagement rate-nya adalah sebagai berikut:
Baca Juga: Cara Menentukan Teknik Promosi Media Sosial yang Cocok
Cara Hitung Engagement Rate Berdasarkan Jumlah Tayangan (Impressions)
Selanjutnya, kamu juga bisa menghitung engagement rate berdasarkan jumlah tayangan (impressions). Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Hitung Total Engagement
Sama seperti metode sebelumnya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghitung semua likes, retweets, replies, metions, dan klik link eksternal (jika ada) pada tweet yang dibuat.
2. Gunakan Data Impressions dari Twitter Analytics
Untuk melihat jumlah tayangan dari tweet yang dibagikan, kamu bisa melihatnya menggunakan Twitter Analytics. Jumlah tayangan tersebut mengacu pada berapa kali tweet dilihat oleh followers dan audiens yang tidak mengikuti akunmu.
3. Hitung Engagement Rate
Setelah melakukan langkah di atas, kamu bisa aplikasikan rumus berikut untuk menghitung engagement rate. Berikut rumusnya:
Contoh perhitungan:
Misalkan tweet memiliki 5000 tayangan dengan total engagement sebesar 250, maka rate-nya adalah sebagai berikut:
Itulah penjelasan mengenai engagement Twitter mulai dari pengertian, fungsi, jenis, dan metodenya. Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa engagement TwItter adalah kunci keberhasilan pemasaran digital lewat platform media sosial.
Jika ingin bangun engagement Twitter yang baik untuk memasarkan bisnismu, namun kamu belum mengerti bagaimana menerapkan strategi digital marketing yang baik. Kamu nggak perlu khawatir!
MinDi punya solusi buat kamu! Bagi Sobat MinDi yang mau belajar digital marketing atau berkarir di industri ini, kamu bisa ikuti Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id.
Lewat program ini, kamu bisa belajar semua hal tentang digital marketing dengan materi ter-update. Tidak hanya itu, kamu juga bisa dapat lifetime access ke semua materinya.
Terlebih lagi, di program ini kamu juga akan mendapatkan layanan job connection ke 500+ companies.
Tunggu apa lagi? Yuk daftar sekarang dan kembangkan keahlianmu bersama Dibimbing.id!
Tags

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi
Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.