Selain Promosi, Ini Dia Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis

Anisa Fitri Maulida

•

01 November 2023

•

597

Image Banner

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, mengubah cara kita berinteraksi, berbagi informasi, dan berbisnis. Selain promosi, ternyata ada banyak manfaat media sosial untuk bisnis.


Melalui artikel ini, MinDi akan sebutkan satu persatu manfaat umum yang mungkin kamu sadari maupun tidak sadari sebagai pebisnis atau pemegang sosial media untuk perusahaan. Siap? Yuk, kita cari tahu!


Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis


Banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai ranah komunikasi dan bisnis. Padahal, mereka bisa dapat manfaat lebih dari sekadar dua tujuan tadi, lho!


1. Meningkatkan Brand Awareness


Menggunakan Media sosial  bisa membuat bisnis lebih bisa dijangkau oleh khalayak yang lebih luas, dengan meningkatkan kesadaran akan merek (brand awareness) mereka. 


Dengan membangun kehadiran yang kuat di platform-platform media sosial besar, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, kemungkinan bisnis  dikenali dan diingat oleh pelanggan pun akan semakin besar.


Contoh, ketika kamu melihat logo 'apel digigit' atau 'apel setengah', apa yang ada di dalam pikiran kamu? Jika kamu memikirkan logo 'IPhone', maka IPhone berhasil menanamkan brand awareness padamu.


2. Membangun Kepercayaan dan Reputasi


Media sosial memberikan para pebisnis kesempatan untuk membangun kepercayaan pelanggan. Caranya adalah melalui ulasan positif, testimoni, dan konten bermanfaat. Dengan konten tersebut, sebuah bisnis dapat membangun reputasi yang solid di mata konsumen atas dasar kepercayaan mereka.


3. Meningkatnya Penjualan Melalui Media Sosial


Dengan strategi pemasaran yang tepat, media sosial dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Promosi produk, penawaran khusus, dan kampanye diskon dapat dengan mudah disebarkan kepada pelanggan melalui media ini. Dengan kata-kata yang tepat, kamu bisa mendorong mereka untuk berbelanja.


4. Meningkatkan Traffic Website


Dengan berbagi konten yang relevan dan menarik, media sosial bisa menjadi jembatan yang bisa kamu gunakan untuk mengarahkan khalayak memasuki situs web bisnis. 


Caranya, masukan link website pada setiap konten yang kamu buat. Jangan lupa gunakan kata yang menarik perhatian juga, Sobat MinDi!


5. Memahami Pasar yang Lebih Baik


Melalui analisis data yang diberikan oleh media sosial, kamu bisa memahami perilaku pelanggan mereka dengan lebih baik. Informasi ini dapat digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan pasar.


Namun, untuk mengakses data dan menganalisisnya dengan benar. Kamu membutuhkan karyawan yang pandai dalam bidang tersebut. Karyawan ini biasanya pernah berpengalaman sebagai Digital Marketing, Social Media Analyst dan Social Media Marketer.


Jika kamu tidak memilikinya dan mau belajar sendiri, kamu bisa mencari kurikulumnya lewat internet. Tapi, akan lebih mudah mempelajari kurikulum tersebut bila kamu menggunakan bantuan yang lebih ahli seperti guru atau mentor.


Berbicara soal mentor, MinDi punya saran nih buat kamu yang bingung harus cari mentor di mana. Kamu bisa mengikuti Bootcamp Digital Marketing yang diadakan oleh dibimbing.id!


Di sana kamu akan ditempatkan dalam satu kelas, bersama teman-teman baru lainnya. Sambil bersosialisasi dengan kawan baru, kamu juga bisa mempelajari banyak hal tentang media sosial dan mempraktekannya dalam beberapa project atau tugas khusus.


Kelasnya akan diadakan setiap weekend, lho! Jadi, kamu tidak perlu takut bentrok dengan jadwal pribadi yang lain. 


Baca Juga: Pertanyaan Sebelum Memilih Bootcamp yang Tepat - dibimbing.id


Media Sosial yang Sering Digunakan Untuk Bisnis


Seperti yang kita ketahui sebelumnya, media sosial saat ini tidak hanya berperan sebagai wadah berkomunikasi, tapi berbisnis. Pertanyaannya, media sosial mana saja yang sering digunakan untuk bisnis?


Instagram


Instagram merupakan platform audio-visual yang sangat populer, terutama di kalangan generasi muda. Bahkan sampai saat ini, Instagram masuk sebagai media sosial yang paling sering digunakan.


Kamu dapat memanfaatkan Instagram untuk membagikan gambar produk, video tutorial, dan konten kreatif lainnya. 


Fitur seperti Instagram Stories, IGTV, dan Instagram Shopping bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggan, menyediakan konten video yang menarik.


Facebook


Facebook adalah salah satu platform media sosial tertua dan paling populer di dunia. Di sini, kamu dapat membuat halaman bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa.


Facebook bisa kamu gunakan, untuk berbagi teks, foto, dan video dengan khalayak. Kamu juga bisa membuat acara, mengadakan jajak pendapat, dan menjual produk melalui Facebook Marketplace.


Twitter (Sekarang X)


Twitter (Sekarang X) adalah platform media sosial yang cepat dan dinamis. Di sana, kamu bisa mengirim pesan pendek yang disebut "tweet". 


Twitter atau X sendiri adalah tempat yang baik untuk berinteraksi dengan pelanggan, mengikuti tren terkini, dan membagikan berita atau promosi bisnis kamu. Dengan menggunakan hashtag dan retweet, konten bisnismu bisa cepat mendapatkan perhatian orang.


TikTok


Walau usianya terbilang masih muda, TikTok berhasil menjadi media sosial yang diakses banyak orang di dunia. Konten yang digunakan bisa berbentuk video pendek atau foto saja.


Algoritma-nya pun terbilang unik dan memudahkan para pebisnis untuk mendapat viewers dengan cepat. Pastinya, itu jadi keuntungan besar bagi kamu untuk bisa promosi di sana.


Coba untuk buat konten yang menarik, agar para pengguna TikTok betah melihat kontenmu sampai habis.


Baca Juga: Pengertian dan Contoh Content Pillar Social Media


Media sosial adalah platform yang kompleks. Tapi, dibalik semua itu ada banyak manfaat media sosial untuk bisnis yang berpotensi meraup keuntungan besar. Asalkan kamu bisa menggunakan media tersebut dengan baik.


Alasan itulah yang membuat profesi baru seperti Digital Marketing, Social Media Analysist, dan lainnya ada dan banyak dicari. Jika kamu tertarik mempelajarinya, kamu bisa belajar dengan mentor yang berpengalaman lewat Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id.


Rasakan manfaat media sosial untuk bisnismu dan raih banyak cuan mulai dari sekarang!



Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!