Pertanyaan Sebelum Memilih Bootcamp yang Tepat - dibimbing.id

Kezia Margaretha

24 November 2022

1040

Image Banner

Halo Sobat MinDi? Di zaman yang menuntut hustle culture, kita wajib memiliki berbagai skill untuk memperoleh karir yang kita inginkan. Salah satu skill yang sangat dibutuhkan saat ini adalah skill di dalam dunia digital seperti Data Science, Digital Marketing, UI/UX Design, dan masih banyak lagi. Untuk memperoleh hal tersebut, terdapat berbagai cara yang dapat kamu tempuh dimana salah satu solusinya adalah dengan mengikuti bootcamp.


Tapi, kamu tentunya juga ga bisa ngikutin sembarang bootcamp bukan? Nah, oleh karena itu, kali ini MinDi telah menyajikan berbagai pertanyaan yang perlu kamu jawab agar dapat memilih bootcamp yang tepat. 


  1. Udah tau tujuanmu belum? Kalo udah, apa tujuanmu?

Pertanyaan pertama ini merupakan pertanyaan yang perlu kamu jawab sebelum memilih bootcamp yang tepat. Apakah kamu memiliki tujuan tertentu? Jika ya, kamu harus memastikan bootcamp pilihanmu memiliki kurikulum dan materi yang sejalan dengan tujuanmu.


Sebelum itu, kamu juga perlu memastikan apakah tujuan kamu memang tepat atau hanya keinginan semata. Terlebih lagi, dalam kondisi dunia digital yang semakin berubah-ubah, tujuan kamu membutuhkan konsistensi agar tidak mudah berubah terbawa arus. Sebaiknya juga, kamu memiliki tujuan yang dapat sejalan dengan perubahan-perubahan dunia digital di masa depan sebelum memilih bootcamp yang tepat. 


  1. Skill digital apa yang ingin kamu pelajari? 

Setelah tau tujuan karirmu, kamu tentunya perlu mencari dan melakukan riset lebih dalam terhadap cara mencapai tujuanmu. Dengan demikian, nantinya kamu dapat mengetahui skill digital apa yang perlu kamu pelajari, sehingga dapat memilih bootcamp yang tepat.


Hal tersebut tentunya sangat mudah ditentukan ketika kamu telah memiliki karir yang kamu inginkan. Namun, bayangkan apabila kamu masih belum memiliki tujuan karir? 


Tenang saja, jangan khawatir! Kamu dapat menentukan terlebih dahulu skill digital yang ingin kamu dapatkan dari bootcamp. Kamu juga bisa menentukannya sesuai dengan passion dan keahlianmu. 


Selain dari skill digital yang dapat kamu peroleh dari bootcamp, MinDi juga punya sedikit tips agar kamu juga mempelajari skill di luar tersebut untuk lebih memaksimalkan kualitasmu. 


  1. Pengen bootcamp yang gimana? Gimana metode belajar dan mentor yang kamu ingini? 

Pemilihan jenis bootcamp merupakan kunci terpenting dalam memilih bootcamp yang tepat. Kamu harus mengetahui lika liku dari bootcamp yang ingin kamu ikuti, mulai dari materi dan kurikulum yang diajarkan, metode belajar, tools penunjang, mentor, hasil karya student-nya dan bahkan testimoni dari alumninya. 


Dengan mengetahui semua informasi dari bootcamp tersebut, kamu dapat memilih bootcamp yang tepat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan-mu. 


Untuk memilih bootcamp yang tepat, kamu dapat menggunakan berbagai cara mulai dari mengecek sosial medianya, website resmi, dan bahkan bertanya langsung dengan para pesertanya. 


  1. Udah tentuin budget? Berapa biaya yang kamu miliki? 

Saat ini tersedia luas bootcamp dengan range harga yang sangat beragam. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan budget-mu ketika harus memilih bootcamp yang tepat. Kamu perlu melihat apakah kualitas dari bootcamp tersebut pantas dengan biaya yang ditawarkan. 


Bagi kamu yang budgetnya minim, namun tetap ingin memilih bootcamp yang tepat. Jangan khawatir! Sekarang terdapat banyak sekali pilihan bootcamp dengan harga yang tergolong cukup murah. Tetapi, ingat pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, kamu perlu menyesuaikan bootcamp tersebut dengan tujuanmu. 


Sebaiknya kamu jangan tergiur dengan iming-iming bootcamp murah yang tidak sesuai dengan tujuanmu. Saat ini, juga terdapat opsi lain yang dapat membantumu untuk mendapatkan bootcamp impianmu. Kamu dapat menunggu bootcamp tersebut diskon di hari-hari spesial atau kamu dapat menggunakan fasilitas cicilan yang ditawarkan oleh bootcamp tersebut.  


Sebelumnya, kamu juga sebaiknya mencari informasi mengenai biaya dari bootcamp yang ingin kamu ikuti dan tidak ada salahnya menabung untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 


  1. Apakah kamu yakin dapat berkomitmen dan berdedikasi terhadap bootcamp yang kamu ikuti? 

Pertanyaan satu ini sangat penting agar kamu dapat memilih bootcamp yang tepat. Bootcamp seringkali terlihat lebih remeh dibandingkan dengan pendidikan formal yang telah kamu tempuh. Meskipun demikian, kamu tetap membutuhkan komitmen dan dedikasi untuk menyelesaikan bootcamp


Bootcamp juga dapat dikatakan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kamu perlu meluangkan waktu bahkan akhir pekanmu untuk mengikuti program bootcamp. Bahkan, kamu harus menyesuaikan jadwal mu sesuai dengan bootcamp yang kamu ikuti.  


Bagi kamu yang juga bekerja atau memiliki kegiatan lain, kamu mungkin dapat mempertimbangkan opsi bootcamp video course, sehingga kamu dapat menontonnya kapan saja. Meskipun demikian, kamu juga perlu mengumpulkan niat dan meluangkan waktumu untuk menyelesaikan video tersebut. 


Melihat dari pertimbangan-pertimbangan diatas, sebelum memilih bootcamp yang tepat, sebaiknya kamu perlu yakin terlebih dahulu apakah dirimu mampu menyelesaikannya dan berkomitmen didalamnya. Dengan mengikuti bootcamp kamu telah mengeluarkan uang dan sebagian dari tenagamu, untuk itu jangan sia-siakan hal tersebut karena kurangnya komitmen dalam dirimu. 


  1. Apakah lokasi bootcamp offline tersebut sesuai dengan sumber dayamu? Bagaimana dengan bootcamp online?

Lokasi merupakan salah satu aspek penting yang perlu menjadi pertimbanganmu ketika memilih bootcamp yang tepat. Sebaiknya kamu memilih bootcamp yang memiliki jarak tempuh yang dekat dan masih masuk akal dari lokasimu untuk menghemat waktu, uang, dan tenagamu. Kamu juga perlu memikirkan apakah kamu memiliki transportasi yang memadai untuk pergi ke lokasi tersebut. 


Sebelum benar-benar resmi tergabung sebagai peserta bootcamp, mungkin kamu dapat mengunjugi lokasi bootcamp tersebut untuk mengetahui bagaimana situasinya. 


Bagi kamu yang mungkin tidak memiliki waktu atau tenaga untuk pergi ke lokasi bootcamp, opsi online dapat menjadi salah satu solusi yang paling tepat. Kamu dapat mengikuti bootcamp tersebut melalui rumah dan tidak perlu mengeluarkan sumber daya yang lebih banyak. 


Saat ini juga tersedia sekali banyak bootcamp online yang menawarkan kualitas yang tidak kalah bagusnya dari bootcamp offline. Metode belajar online yang diterapkan juga sangat baik dan memadai. Kamu juga mendapatkan banyak kemudahan serta fleksibilitas yang tidak didapatkan dari bootcamp offline. 


Gimana nih Sobat MinDi, apakah kamu telah menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas dan menemukan jawaban untuk memilih bootcamp yang tepat? Jika ya, selamat! 


Di artikel kali ini, MinDi juga ga akan ngebiarin kamu cuman tau cara memilih bootcamp yang tepat. MinDi bakal kasih tau kalian satu bootcamp yang tepat bagi kalian. 


Rekomendasi bootcamp yang tepat Dibimbing.id

Rekomendasi bootcamp yang tepat Dibimbing.id


Jrengjrenggg… MinDi persembahin nih bootcamp dari Dibimbing.id. Saat ini, Dibimbing.id telah menyediakan berbagai bootcamp yang mempelajari skill digital mulai dari Data Science, Digital Marketing, Business Intelligence, Product Management, dan masih banyak lagi. 


Sabar! Bukan cuman sampai situ. Dibimbing.id juga punya kiprah yang ga bisa diragukan lagi dalam dunia per bootcamp-an. Hingga saat ini, Dibimbing.id telah membantu lebih dari 1200 career shift sejak pandemi. 


Dibimbing.id juga memiliki 515+ hiring partners yang dapat menjadi salah satu pilihan karirmu selanjutnya. Sedikit bocoran.. Nantinya setelah lulus dari bootcamp Dibimbing.id juga ada penyaluran kerja lho!


Kamu juga akan ditemani dan dibimbing oleh mentor-mentor berpengalaman yang kinerjanya udah ga main-main. Kabarnya mereka semua juga merupakan expertise dari top tech companies yang mungkin perusahaan impianmu, lho. 


Bagi kamu yang masih bingung dan pengen tau lebih lanjut gimana bootcamp dari Dibimbing.id, kamu dapat mengecek informasi-informasi yang lebih mendetail seperti metode belajar, tools penunjang, kurikulum, testimoni alumni, dan yang lainnya disini. Selain itu, terdapat juga layanan konsultasi sebagai bantuan arahan untuk memilih bootcamp yang tepat. 


Untuk apa berlama-lama lagi, yuk segara daftarkan dirimu dan kami tunggu kehadiranmu segera!


Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!