Blog

/

Digital Marketing

/

Cara Menentukan Teknik Promosi Media Sosial yang Cocok

Cara Menentukan Teknik Promosi Media Sosial yang Cocok

Anisa Fitri Maulida

02 November 2023

6045

Image Banner

Dalam era digital ini, media sosial telah menjadi salah satu kunci sukses bagi pebisnis dalam upaya mempromosikan produk atau layanan mereka. Dengan begitu banyaknya media sosial yang tersedia, penting bagi pebisnis untuk memahami berbagai teknik promosi media sosial yang efektif bagi perusahaan.


Ya, perlu Sobat MinDi ketahui bahwa teknik promosi media sosial itu ada banyak dan bisa bertambah seiring berkembangnya teknologi. Sayangnya, tidak semua teknik cocok dan memberikan hasil efektif. Lantas, bagaimana cara memilih teknik promosi yang cocok?


Teknik Promosi Media Sosial


Sebelum kita mengetahui seperti apa cara menemukan teknik promosi media sosial yang cocok, mari kita ketahui beberapa teknik yang umum digunakan oleh banyak perusahaan.


1. Pemasaran Berbasis Cerita


Pertama-tama, mari kita bicarakan tentang kekuatan cerita. Cerita adalah jendela ke dalam emosi manusia. Dengan meramu cerita yang menyentuh hati, kamu bisa membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. 


Ada banyak cerita yang bisa kamu ceritakan kepada audiens, sambil mempromosikan produk. Seperti, menceritakan perjalanan bisnis atau kisah-kisah kecil yang menggugah hati.


2. Penggunaan Hashtag dan Trending Topik


Hashtag bukan hanya sekadar simbol di depan kata-kata. Melainkan, alat untuk meningkatkan visibilitas konten yang kamu buat. Pilihlah hashtag yang relevan dengan bisnismu dan jangan ragu memanfaatkan trending topik. Dengan begitu, konten kamu bisa lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari hal serupa.


3. Kerjasama dengan Influencer


Percaya atau tidak, influencer memiliki kekuatan besar di media sosial. Mereka punya audiens yang setia dan percaya pada mereka. Jalinlah kerjasama dengan influencer yang sesuai dengan bidang bisnismu. Dengan endorse dari mereka, bisnismu bisa meroket tinggi.


4. Menggunakan Iklan


Jangan remehkan kekuatan iklan berbayar. Dengan iklan yang tepat sasaran, bisnismu bisa tampil di depan mata audiens yang benar-benar tertarik pada produk atau layanan yang kamu tawarkan.


5. Berinteraksi dengan Pengguna


Media sosial adalah dua arah. Jangan hanya berbicara, tapi juga dengarkan mereka yang berkomentar. Jangan lupa untuk tanggapi komentar, jawab pertanyaan, dan hargai umpan balik yang mereka berikan. Interaksi yang baik dengan pengguna bisa membangun loyalitas yang kuat.


Berikut di atas adalah macam-macam teknik promosi media sosial, yang umum digunakan oleh banyak perusahaan. MinDi pun yakin, bahwa Sobat MinDi juga sudah pernah melihat teknik-teknik di atas sebelumnya. Kamu juga bisa lho mengikuti teknik di atas, dengan catatan kamu perlu memperhatikan beberapa hal ini sebelum promosi.


Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Promosi


Sebelum kamu meluncurkan konten-konten baru untuk promosi, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dengan seksama.


Strategi Penggunaan Platform


Sobat MinDi! Kita semua pastinya tahu bahwa media sosial saat ini sudah beragam sekali. Semakin banyak media sosial yang digunakan saat ini, maka semakin besar juga peluang kita untuk berbisnis dan menghasilkan cuan juga di sana. Tapi, kamu harus perhatikan ini!


Sebelum memulai promosi di media sosial, penting untuk memahami karakteristik dan demografis pengguna setiap platform. Misalnya, Facebook lebih cocok untuk bisnis dengan target audiens yang lebih dewasa, sementara Instagram dan TikTok lebih populer di kalangan remaja dan millennial. 


Maka dari itu, kamu harus pilih platform yang sesuai dengan profil mayoritas audiens yang menggunakannya. Dari sana, kamu bisa menentukan mana konten yang dirasa cocok untuk audiens.


Konten Menarik


Menyambung dengan poin sebelumnya. Sebelum memulai promosi, pastikan kontenmu menarik perhatian dan relevan dengan audiens target. Kamu bisa gunakan foto berkualitas tinggi, video kreatif, dan teks yang menginspirasi. 


Konten yang berkualitas tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga membangun reputasi positif bagi bisnismu. Jika memungkinkan, investasikan uangmu untuk merekrut karyawan posisi desainer grafis atau fotografer profesional untuk meningkatkan kualitas visual konten.


Penjadwalan Posting yang Tepat


Waktu penayangan sangat penting di media sosial. Pelajari kapan audiensmu aktif online. Posting konten di waktu-waktu yang strategis dapat meningkatkan tingkat interaksi dan keterlibatan pengguna. Gunakan alat analisis media sosial untuk menentukan jam-jam paling efektif untuk memposting konten promosionalmu.


Monitor dan Evaluasi


Sebelum memulai promosi besar-besaran, lakukan uji coba dengan membuat konten yang lebih sedikit. Lalu, pastikan setiap konten itu bisa diambil datanya. Data yang bisa kamu ambil adalah jumlah tautan yang diklik, interaksi, dan konversi untuk mengukur kesuksesan konten tersebut. Dari data ini, kamu dapat mengidentifikasi strategi yang paling efektif dan mengoreksi kelemahan yang mungkin ada dalam pendekatan promosimu.


Untuk mengambil atau menganalisis data, biasanya seorang pebisnis akan membutuhkan Digital Marketing yang jelas lebih ahli dalam hal ini. Tapi, jika kamu ingin mempelajarinya sendiri alias ingin menjadi Digital Marketer untuk usahamu sendiri, juga tidak masalah!


Asalkan, kamu bisa mempelajari skill-skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Digital Marketer. Untuk mempermudah proses pembelajaran, MinDi sarankan untuk mengikuti kelas seperti Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. 


Di sana, kamu akan mempelajari berbagai materi yang sudah disusun secara sistematis, dalam sebuah kurikulum yang menyesuaikan dengan permasalahan bisnis saat ini. Tidak hanya belajar, kamu juga akan didampingi oleh mentor untuk mengerjakan studi kasus yang sesuai dengan materi yang ada.


Jadi, kamu tidak hanya belajar, tapi langsung praktek untuk memperluas serta memperdalam wawasanmu tentang Digital Marketing.


Mengambil berbagai pertimbangan sebelum memulai promosi di media sosial bisa terasa rumit. Tapi,, memperhitungkan semua faktor tersebut akan membantu kamu menghemat energi, waktu, dan uang yang mungkin akan terbuang percuma saat mendistribusikan konten. Selain itu, kamu perlu mencari teknik yang sesuai dengan citra brand  perusahaan.


Baca Juga: Panduan dan Contoh Portofolio Social Media Specialist


Cara Menentukan Teknik Promosi Media Sosial yang Tepat


Sebelumnya kita sudah lihat bahwa ada banyak teknik promosi media sosial, yang bisa kita coba untuk meningkatkan keuntungan. Tapi, perlu kamu ketahui juga kalau tidak semua teknik promosi media sosial cocok untuk perusahaanmu. 


Terkadang, kamu juga harus mencari satu teknik yang menjadi signature atau khas perusahaan, untuk meningkatkan brand awareness, menekan budget, dan lain sebagainya. Begini cara menentukannya:


Kenali Audiens Targetmu dengan Baik


Sebelum memilih teknik promosi, pahami siapa audiens target bisnismu. Siapa mereka? Apa kebutuhan, keinginan, dan preferensi mereka? Di platform mana mereka lebih aktif? Pemahaman mendalam tentang audiens membantu kamu memilih teknik promosi yang paling efektif.


Tentukan Tujuan Promosimu


Apa yang ingin kamu capai dengan melakukan promosi di media sosial? Apakah kamu ingin peningkatan penjualan, brand awareness, atau hanya sekadar berinteraksi dengan pelanggan? Menentukan tujuan yang jelas membantu memilih teknik promosi yang dapat menghasilkan hasil yang diinginkan.


Evaluasi Teknik Promosi yang Tersedia


Seperti yang kita bahas sebelumnya, ada begitu banyak teknik promosi media sosial yang bisa kamu coba. Dari semua percobaan tersebut, evaluasi setiap teknik berdasarkan kecocokan dengan audiens dan tujuan bisnismu. 


Kamu bisa mengambil data untuk melihat mana konten yang paling diminati oleh audiens, dengan cara melihat siapa yang menyukainya, berapa banyak yang berkomentar, siapa saja yang membagikan kontenmu, berapa lama dan berapa kali mereka melihat konten tersebut dan lain-lain.


Semakin besar angka yang didapat, maka semakin besar kemungkinan bahwa teknik promosi itulah yang paling cocok untuk kamu kembangkan lebih lanjut.


Pantau Tren dan Perubahan Algoritma


Dunia media sosial terus berubah. Pantau tren dan perubahan algoritma di platform-platform yang kamu gunakan. Pengetahuan tentang tren terbaru dan perubahan algoritma dapat membantumu mengoptimalkan strategi promosimu agar tetap relevan dan efektif.


Lakukan Evaluasi Berdasarkan Feedback


Feedback dari audiens adalah pelajar yang sangat berharga. Maka dari itu, cobalah untuk terbuka dengan cara dengarkan feedback tersebut dan evaluasikan semua feedback yang ada. 


Kamu bisa renungi, apakah mereka menyukai konten yang dibagikan? Apakah promosi tersebut membantu mereka memahami produk atau layananmu dengan lebih baik? Dan lain sebagainya.


Baca Juga: Contoh Social Media Campaign dan Tipsnya


Dengan memahami audiens, tujuan, platform, dan teknik promosi media sosial yang sesuai, kamu dapat mengembangkan strategi promosi media sosial yang efektif. Pesan MinDi, jangan pernah takut mencoba banyak teknik promosi untuk mendapatkan satu teknik terbaik. Sebagai pebisnis, kamu wajib mempelajari banyak hal termasuk bagaimana media sosial bekerja.


Masih ingat dengan topik ‘Digital Marketing’ yang kita bahas sebelumnya? Nah, menjadi Digital Marketer adalah salah satu cara untuk mengenal media sosial dengan baik. Untuk mempelajarinya, kamu bisa sesuaikan materi pembelajaran dengan skill yang dibutuhkan oleh seorang Digital Marketer saat ini. 


Bila kamu membutuhkan kelas atau mentor yang ahli dalam teknik promosi media sosial dan analisis data lainnya, Bootcamp Digital Marketing adalah solusi yang bisa kamu pertimbangkan. Karena, kamu bisa belajar sekaligus berdiskusi dengan para mentor yang merupakan Digital Marketer berpengalaman di perusahaan terkenal. 


Manfaatkan kesempatan tersebut, untuk mengetahui teknik promosi media sosial yang mereka gunakan dan carilah insight sebanyak-banyaknya agar promosi bisnis berjalan lancar dan sukses!



Social Media Bootcamp

Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Selain menulis, dia juga suka merenung dan menangis.

Artikel Terkait

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Digital Marketing

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Sobat MinDi yang lagi belajar copywriting, pasti udah tau deh kalau formula copywriting itu ada ban...

Image Author

Dibimbing.id

25 February 2022

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Digital Marketing

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Siapa sih, yang gak tau Instagram? MinDi yakin deh, kalau 90% dari Sobat MinDi yang lagi baca artik...

Image Author

Dibimbing.id

25 February 2022

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus Kamu Ketahui

Digital Marketing

Career Development

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus ...

Ada dua profesi tulis menulis yang sangat penting dalam dunia marketing. Yaitu, copywriting dan con...

Image Author

Dibimbing.id

17 June 2022

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Ketahui

Digital Marketing

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Keta...

TikTok Shop menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin melihat suatu produk dan langsung membelinya ...

Image Author

Aulia Putri Andrika

27 July 2022

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Digital Marketing

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Mau buat design thinking tapi bingung harus mulai dari mana? Sini MinDi bisikin 5 tahapan penting s...

Image Author

Dibimbing.id

29 July 2022

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Digital Marketing

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Instagram SEO adalah sebuah proses optimasi konten Instagram. Tujuannya untuk meningkatkan peringka...

Image Author

Aulia Putri Andrika

10 August 2022