10 Langkah Praktis Cara Belajar Coding Pemula

Suci Wulandari

13 August 2023

4541

Image Banner

Coding atau pemrograman telah menjadi salah satu keterampilan yang sangat dicari di era digital saat ini. Banyak pekerjaan dan peluang karir yang melibatkan pemrograman. Belajar coding tidak hanya bermanfaat bagi para programmer profesional, tetapi juga untuk pemula yang ingin memahami dasar-dasar teknologi. 


Jika Sobat MinDi termasuk seorang pemula yang tertarik untuk belajar coding, artikel ini akan membahas 10 cara belajar coding pemula yang efektif dan efisien. Tidak hanya itu, di artikel ini juga akan dijelaskan manfaat belajar coding, prospek kerjanya, serta tips untuk para pemula dalam belajar coding. Simak artikelnya sampai selesai ya!

10 Cara Belajar Coding Pemula

Cara belajar coding untuk pemula tidak serumit yang dibayangkan. Belajar coding bukan hanya tentang mempelajari bahasa pemrograman, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir komputasional, pemecahan masalah, dan kreativitas. Nah, bagi Sobat MinDi yang ingin mempelajari cara belajar coding pemula dengan efisien bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tentukan Tujuan Belajar Coding

Sebelum mulai belajar coding secara spesifik, kamu perlu menentukan terlebih dulu tujuannya. Apakah Sobat MinDi ingin menjadi seorang developer web, aplikasi mobile, data scientist, atau mungkin hanya ingin memahami dasar-dasar pemrograman? Mengetahui tujuan belajar akan membantu Sobat MinDi memudahkan pilihan bahasa pemrograman yang sesuai dan alur belajar lebih efektif. 

Pilih Bahasa Pemrograman yang Tepat

Pilih Bahasa Pemrograman yang Tepat

Langkah kedua dalam belajar coding adalah memilih bahasa pemrograman yang ingin Sobat MinDi pelajari. Ada banyak bahasa pemrograman yang berbeda, seperti Python, JavaScript, C++, dan banyak lagi. Untuk pemula, disarankan untuk memulai dengan bahasa pemrograman yang lebih mudah dipelajari seperti Python atau JavaScript. Bahasa-bahasa ini lebih ramah pemula dan memiliki sintaks yang lebih mudah dipahami.


Rencanakan Kurikulum Belajar 

Setelah Sobat MinDi memilih bahasa pemrograman, langkah selanjutnya adalah merencanakan kurikulum belajar Anda. Ada banyak sumber daya belajar online yang tersedia, seperti tutorial, buku, video tutorial, dan platform belajar interaktif. Tentukan topik apa yang ingin dipelajari terlebih dahulu. Misalnya kurikulum belajar dimulai dari dasar-dasar pemrograman, struktur data, atau pengembangan web, kemudian buatlah jadwal belajar yang konsisten.

Mulai dengan Konsep Dasar

Saat memulai belajar coding, penting untuk memahami konsep dasar. Pelajari tentang variabel, tipe data, operator, struktur kontrol, dan fungsi dasar dalam bahasa pemrograman yang dipilih. Pahami bagaimana kode dieksekusi dan bagaimana memecahkan masalah menggunakan algoritma. Memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep dasar akan membantu Sobat MinDi dalam memahami konsep yang lebih kompleks nantinya.

Praktek dengan Proyek Kecil

Selain mempelajari teori, praktik adalah kunci dalam belajar coding. Setelah Sobat MinDi memahami konsep dasar, cobalah mengerjakan proyek kecil. Pilihlah proyek yang relevan sesuai minat, seperti membuat aplikasi sederhana, situs web statis, atau permainan sederhana. Praktik ini akan membantu mengasah keterampilan pemrograman bagi pemula dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep yang telah dipelajari.

Bergabung dengan Komunitas dan Forum Online

Bergabung dengan Komunitas dan Forum Online

Dibimbing.id - Bergabung dengan Komunitas

Bergabung dengan komunitas dan forum online adalah langkah yang sangat penting dalam belajar coding. Komunitas ini dapat memberikan dukungan, saran, dan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dengan sesama pemula dan programmer yang lebih berpengalaman. Dengan berpartisipasi dalam diskusi dan proyek kolaboratif, Sobat MinDi dapat memperluas jaringan, mendapatkan umpan balik, dan terus memperbaiki keterampilan pemrograman yang sudah dimiliki.


Analisis dan Perbaiki Kode

Saat Sobat MinDi mulai menulis kode yang lebih kompleks, penting untuk dapat menganalisis dan memperbaiki kode sendiri. Saat menghadapi masalah atau bug dalam kode, ambil waktu untuk memahami apa yang salah dan bagaimana cara memperbaikinya. 


Pelajari Konsep Lanjutan

Setelah merasa nyaman dengan konsep dasar, cobalah untuk mempelajari konsep pemrograman yang lebih lanjut. Konsep lanjutan tersebut termasuk pemrograman berorientasi objek, penggunaan database, atau pengembangan web. 

Praktik dengan Proyek Besar

Saat sudah semakin percaya diri, cobalah untuk menyelesaikan proyek yang lebih ambisius. Beberapa proyek yang bisa dicoba misalnya aplikasi web sederhana, permainan sederhana, atau proyek open source. Meskipun akan ada tantangan di sepanjang jalan, mengatasi proyek-proyek ini akan membantu Sobat MinDi tumbuh dan terus mengasah keterampilan.


Tetap Konsisten dan Bersabar

Belajar coding adalah perjalanan yang memerlukan ketekunan dan kesabaran. Jangan menyerah jika menghadapi kesulitan atau mengalami kegagalan. Tetap konsisten dalam belajar dan selalu ingat bahwa menjadi seorang pemrogram memerlukan waktu dan dedikasi.


5 Bahasa Pemrograman Populer untuk Belajar Coding


Bahasa pemrograman mempunyai banyak sekali jenisnya, Dilansir dari artikel Diagnosa Statistik dijelaskan beberapa bahasa pemrograman yang populer. Simak sampai habis yaa.


1. PHP



Source : Wikipedia.com


Kalau kamu ingin menjadi web developer, PHP adalah bahasa pemrograman yang harus kamu pelajari karena biasanya digunakan untuk mendukung fungsi pengembangan website, seperti:


  • Menjalankan fungsi sistem file, seperti membuat, membuka, menulis, dan menutup file. 

  • Mengatur form, seperti mengambil data dari suatu file, menyimpannya ke suatu file, dan mengirimkannya melalui email.

  • Mengontrol database situs web, melakukan tindakan seperti menambahkan, menghapus, dan memodifikasi data.

  • Konfigurasi cookie program website.

  • Melarang pengguna mengunjungi halaman tertentu di web.

  • Enkripsi informasi program web



2. JavaScript



Source: Github.com


JavaScript adalah bahasa pemrograman yang cocok buat kamu yang ingin belajar membuat program website yang memiliki konten dan tampilan yang selalu berubah.


Dengan kata lain, bahasa pemrograman JavaScript untuk coding memungkinkan Anda membuat konten bergerak tanpa perlu mereload halaman.


seperti meningkatkan jumlah retweet dan likes di aplikasi Twitter yang ditampilkan secara langsung


Selain itu, kamu juga dapat membuat website dengan pengisian poling, gambar animasi, dan slideshow foto.



3. Python



Source: Wikipedia.com



Python adalah bahasa pemrograman yang harus kamu pelajari karena sangat mudah untuk pemula, kode sintaksnya sederhana, dan hampir mirip dengan bahasa Inggris.


Jumlah pengguna Python terus meningkat karena kemudahan sintaksnya. Tingkat popularitasnya meningkat 2% dari tahun 2020 menjadi 11% pada 2021.


Python ini sangat fleksibel meskipun tampak sederhana. Seringkali digunakan untuk pengembangan perangkat lunak dan manajemen server web.



4. Java


Source: Wikipedia.com





Java adalah bahasa pemrograman yang harus dipelajari untuk membangun aplikasi mobile dan desktop.


Ada beberapa alasan mengapa Java tetap relevan hingga saat ini, yaitu:


  • User Friendly - Bahasa pemrograman ini cukup sederhana untuk digunakan. Karena kode sintaksnya sederhana dan sebanding dengan kode bahasa Inggris. Hal ini memudahkan pemula untuk mempelajari dasar-dasar Java dan beralih ke Java yang lebih maju. 

  • Portable - Java adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan di berbagai platform. Ini berarti bahwa Java akan tetap kompatibel di berbagai platform. 

  • Lengkap - Oleh karena itu, sumber daya pembelajarannya cukup banyak dan gratis. Contohnya seperti Google Guava, Maven, dan JHipster.



5. CSS



Source: Wikipedia.com



Dengan menggunakan CSS untuk mendesain halaman depan, penulisan kode akan lebih cepat karena CSS menyederhanakan proses pembuatan website dengan mengatur elemen yang ditulis dalam bahasa markup.


Faktor-faktor seperti warna teks, jenis font, baris antar paragraf, ukuran kolom, dan jenis background juga diatur oleh CSS saat mendesain halaman depan atau tampilan web.



Kenapa Perlu Belajar Coding?

Meski belum ingin menjadi seorang profesional, belajar coding tidak ada ruginya, kok! Manfaat belajar coding sangat beragam dan meluas. Beberapa manfaat utama belajar coding yaitu:

  • Peluang karir luas sebab permintaan akan programmer dan software developer terus meningkat.

  • Meningkatkan kreativitas dan inovasi sebab Sobat MinDi bisa membuat aplikasi, permainan, dan solusi teknologi yang dapat mempengaruhi cara orang hidup, bekerja, dan berinteraksi.

  • Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dengan pemikiran logis dan analitis.

  • Bisa memperbaiki masalah di perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan.

  • Mengikuti perkembangan teknologi secara lebih masif. 

  • Mengasah keterampilan kritis sebab proses belajar coding melibatkan pemikiran logis, pemecahan masalah, pemodelan, dan pengujian. 

  • Bisa menciptakan proyek pribadi, seperti aplikasi seluler, situs web, atau game.


Tips Belajar Coding bagi Pemula

Meski terasa sulit di awal, Sobat MinDi sebaiknya terus mencoba dan tidak menyerah saat belajar coding. Bagi pemula, tentu progres kemampuan tidak akan sepesat para profesional. Akan tetapi, jika sudah bisa membuat program sederhana nantinya, Sobat MinDi pasti akan semakin termotivasi untuk belajar coding. Berikut ini terdapat beberapa tips belajar coding bagi pemula yang bisa diterapkan.

  • Belajar dengan kesabaran serta hindari terlalu keras pada diri sendiri terutama saat mengalami kesulitan. 

  • Manfaatkan sumber daya belajar yang beragam seperti buku, tutorial online, video tutorial, dan kursus online. Pilihlah sumber yang paling sesuai dengan gaya belajar Sobat MinDi.

  • Kerjakan proyek nyata atau open source sehingga dapat membantu memperluas keterampilan dan juga bisa praktek secara langsung.

  • Berlatih secara teratur dan konsisten setiap hari meski durasinya tidak terlalu lama.

  • Gunakan platform belajar interaktif terutama yang dirancang khusus untuk pemula. Biasanya, platform tersebut menawarkan latihan interaktif dan tantangan pemrograman yang dapat membantu pemula belajar coding dengan lebih efektif.

  • Jangan takut untuk membuat kesalahan atau menciptakan bug karena dari situlah pemula mendapat kesempatan untuk tumbuh dan meningkatkan pemahamannya.

  • Amati dan ikuti tren terbaru dalam industri dengan cara mengikuti blog, podcast, dan berlangganan buletin teknologi untuk tetap terkini dengan perkembangan terbaru.


Prospek Kerja dengan Skill Coding

Prospek Kerja dengan Skill Coding

Dibimbing.id - Prospek Kerja dengan Skill Coding

Ada banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan keterampilan coding. Beberapa bidang tersebut antara lain:

  • Pengembangan perangkat lunak biasanya menciptakan aplikasi dan program untuk berbagai tujuan, seperti aplikasi seluler, perangkat lunak bisnis, permainan, dan banyak lagi.

  • Pengembangan web melibatkan pembuatan situs web dan aplikasi web. Pengembang web menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript untuk merancang tampilan, membuat interaksi, dan mengelola database.

  • Ilmu data dan analisis Para ilmuwan data menggunakan coding untuk mengolah, menganalisis, dan menginterpretasi data. Mereka menggunakan bahasa pemrograman seperti Python atau R untuk melakukan manipulasi data, membangun model prediktif, dan mengekstrak wawasan dari data.

  • Keamanan cyber membutuhkan spesialis yang mampu melindungi sistem dan data dari serangan dan ancaman keamanan. 

  • Internet of Things (IoT) yaitu konsep di mana perangkat fisik seperti kendaraan, peralatan rumah tangga, dan sensor dihubungkan ke internet. Pemrograman diperlukan untuk menghubungkan, mengendalikan, dan mengolah data dari perangkat IoT.


Belajar coding bagi pemula memang membutuhkan komitmen dan ketekunan. Dengan langkah-langkah yang tepat dan tips yang diberikan di atas, semoga Sobat MinDi merasa terbantu. Jangan takut mencoba dan terus berlatih adalah kunci utamanya. 


Selain itu, belajar coding dengan mengikuti bootcamp online dari Dibimbing.id tentu lebih fun dan terarah! Kamu akan dibimbing oleh mentor berpengalaman serta mendapat materi bertahap yang cocok untuk para pemula. Tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu untuk ikut bootcamp online Dibimbing.id di sini, ya! Jangan sampai kehabisan kuota.


Referensi : 

1. Diagnosa Statistik Pemetaan Pemahaman Bahasa Pemrograman Sebagai Acuan Untuk Mempersiapkan Penelitian Mahasiswa - Buka

Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!