Kuasai 9 Skill Ini Jika Kamu Ingin Jadi Front End Web Developer

Dibimbing.id

29 August 2022

6034

Image Banner

Mengikuti perkembangan digital yang semakin pesat, sekarang yang namanya website bakal sangat dibutuhkan buat setiap company. Adanya website juga membuat company tersebut lebih kredibel dan keliatan profesional. Tapi kira-kira Sobat MinDi tau gak sih siapa yang berperan penting dibalik pembuatan website tiap company?

Pembuatan website kan bakalan sangat berkaitan sama yang namanya pemrograman dan pengkodingan, nah profesi yang sangat berperan penting tak lain dan tak bukan adalah Front End Web Developer. Kehadirannya benar-benar dibutuhkan lho  buat menu dan tampilan sebuah website. 

Nah buat Sobat MinDi yang senang berkecimpung di dunia pemrograman, profesi Front End Web Developer ini bisa jadi profesi yang cocok buat kamu. Di artikel kali ini MinDi bakal bisikin skill apa aja yang wajib kamu kuasai agar bisa jadi profesional. Yuk simak sampai akhir, ya! 

9 Skill yang Wajib Kamu Kuasai Untuk Jadi Front End Web Developer

Beberapa bahasa pemrograman juga harus kamu kuasai

  1. Bahasa pemrograman HTML/CSS

Mulai dari hal yang paling mendasar, ketika kamu berkecimpung dalam dunia pemrograman pasti kamu sudah kenal baik dengan namanya HTML/CSS bukan? Nah untuk menyelami lebih dalam terkait profesi Front End Web Developer ini, Sobat MinDi harus udah tau betul tentang HTML/CSS. 

Kenapa dua hal ini penting? Karena kebanyakan pembuatan website memanfaatkan HTML/CSS, karena kedua bahasa pemrograman ini mudah buat diaplikasikan untuk membuat halaman website. Jadi bakalan bersahabat banget buat kamu yang masih pemula.

  1. Preprocessor CSS

CSS merupakan bahasa pemrograman paling dasar, namun bisa dibilang bahasa pemrograman ini masih belum sempurna. Karenanya dibutuhkan tool penunjang yaitu, preprocessor CSS. Tool ini wajib banget kamu kuasai karena bisa mempercepat proses coding CSS. 

Selain itu, preprocessor CSS ini juga bisa meningkatkan fungsional CSS, sehingga bisa menjadi lebih scalable dan gampang untuk dimodifikasi. Adanya tool ini, Sobat MInDi bisa memproses kode yang ada sebelum akhirnya akan di publish ke website. Jadi format tampilan website juga bisa lebih rapi dan user friendly

  1. JavaScript dan Framework (CSS dan JavaScript)

Di poin sebelumnya MinDi membahas bahwa HTML/CSS bisa digunakan untuk membuat website dan bahasa pemrograman tersebut merupakan bahasa yang mudah buat diaplikasikan. Tapi sayangnya kedua bahasa pemrograman tersebut agak kurang interaktif. Jadi buat Sobat MinDi yang ingin memperdalam Front End Web Developer wajib banget untuk menguasai Java Script. 

Bahasa pemrograman ini bisa bikin website kamu jadi lebih menarik, kamu bisa menambahkan elemen-elemen yang lebih interaktif, seperti video, animasi, game, dan audio. 

Nah, agar Javascript bisa bekerja secara maksimal, harus dibarengi dengan eksistensi tambahan berna Framework CSS. Adanya framework ini bakal membantu kamu buat meringkas baris kode menjadi satu baris saja. 

  1. Responsive dan mobile design

Sobat MinDi pasti tau kan kalau tampilan website di layar laptop atau komputer akan berbeda ketika kita melihatnya di layar smartphone. Nah, penting banget buat kamu menguasai prinsip-prinsip responsive design. Kenapa? Agar kamu bisa menyesuaikan tampilan website di berbagai device. 

Sebuah tampilan dari website kan bisa saja jadi ‘wajah’ dari perusahaan, kalau tampilannya berbeda di setiap device, bisa aja itu juga merubah ‘wajah’ dari perusahaan tersebut. Atau dengan kata lain, Sobat MinDi harus bisa membuat design yang semirip mungkin, baik di laptop maupun di smartphone dengan mempertahankan karakteristik utama perusahaan. 

  1. Optimasi website

Menjadi Front End Web Developer profesional juga harus memahami tentang SEO

Sobat MinDi udah tau tentang SEO? SEO atau Search Engine Optimization ternyata juga harus dikuasai lho biar kamu jadi Front End Web Developer yang andal. Tujuannya apa? Jelas untuk mengoptimasi website kamu, mulai dari memperhatikan penulisan kode HTML/CSS dan Javascript dengan lebih ringkas dan efisien. 

Jadi website kamu juga bakal bekerja secara lebih ringan dan cepat. Sobat MinDi juga bisa memanfaatkan program Gulp dan Grunt buat mendukung optimasi website ini. 

  1. Content management system

Penggunaan CMS bakal berguna banget untuk kamu. Dengan CMS, kamu bisa membangun website secara lebih cepat dan efisien. Misalnya seperti di WordPress, tersedia banyak fitur, ploggin,  drag and drop. Lewat fitur-fitur ini, ketika kamu perlu mengedit kodenya pun bisa dilakukan dalam waktu yang sangat cepat. 

  1. Version control system/Git

Version Control System (VCS)  dapat membantu kamu mengatasi kesalahan dengan kontrol perubahan-perubahan yang udah kamu buat. Secara sederhananya, seperti kamu bisa melakukan undo/redo dengan menggunakan VCS ini. Jadi kamu tidak perlu takut harus mengulang dari awal kalau tiba-tiba melakukan kesalahan. Nah salah satu VCS yang paling terkenal dan wajib kamu pelajari adalah Git. 

  1. Testing dan debugging

Testing dan debugging wajib banget Sobat MinDi lakukan agar meminimalisir error setelah website dipublikasi. Atau dengan kata lain, Sobat MinDi harus melakukan cek secara mendetail apakah ada masalah-masalah yang muncul dalam website kamu. Jika ya, kamu harus segera mengatasi permasalahan tersebut. 

  1. Memahami command line

Ketika Sobat MinDi lagi membangun website, biasanya kamu bakal memanfaatkan Graphic User Interface (GUI). Tapi ternyata gak semua developer tools menggunakan GUI. Maka dari itu, kamu juga harus ngerti nih tentang command line. Fitur-fiturnya yang jauh lebih fleksibel ini bakal membantu kamu memperbaiki kekurangan dari GUI. 

Nah itu dia 9 skill yang wajib dikuasai Sobat MinDi kalau ingin jadi Front End Web Developer profesional. Profesi ini juga menawarkan gaji yang fantastis, lho Sobat MinDi. Gak heran kalau profesi ini banyak dicari banyak orang. 

Maka dari itu, kamu harus terus mengembangkan diri dengan meningkatkan skill kamu ya. Nah buat Sobat MinDi yang memang lagi mau belajar Front End Web Developer secara lebih serius, MinDi bisikin sesuatu yang menarik nih! 

Yaitu Bootcamp Web Development yang diadakan oleh dibimbing.id. Bootcamp ini cocok banget buat Sobat MinDi yang baru mulai ingin belajar maupun ingin memperdalam terkait web development. Melalui bootcamp ini, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk belajar web development secara intensif bersama expert

“MinDi, benefit yang bakalan aku dapetin apa aja ya setelah daftar bootcamp ini?”

Banyak. Benefit yang bakal didapetin Sobat MinDi setelah daftar bootcamp ini banyak banget. Mulai dari live class via zoom selama 50+ pertemuan, practical exercises, final project, hingga tambahan business english bersertifikat untuk persiapan kerja kamu. 

Gak sampai disitu aja nih, Sobat MinDi juga bisa konsultasi pribadi dengan mentor yang berpengalaman lho. Sttt, ada penyaluran kerja juga! 

Nah tunggu apalagi, yuk daftar segera Bootcamp Front-End Web Development!


Referensi:

10 skill Yang Harus Dimiliki front end developer. (2022, March 16). Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/skill-front-end-developer/

Front end developers: 10+ skill Wajib Dikuasai. (2021, 13). Blog | Alterra Academy. https://academy.alterra.id/blog/skill-front-end-developers/


Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

Contoh Use Case Diagram Berikut Ini Mudah Dipelajari dan Dipahami, Lho!

Web Development

Contoh Use Case Diagram Berikut Ini Mudah Dipelajari dan Di...

Berbagai contoh use case diagram berikut ini akan membantu pemahaman Sobat MinDi. Penerapan use cas...

Image Author

Suci Wulandari

29 May 2023

10 Jenis Tipe Data Pemrograman Paling Populer 2024

Web Development

10 Jenis Tipe Data Pemrograman Paling Populer 2024

Di artikel ini, MinDi akan membahas tentang 10 jenis tipe data pemrograman yang paling sering digun...

Image Author

Suci Wulandari

01 August 2023

10 Cara Membuat Biodata di HTML

Web Development

10 Cara Membuat Biodata di HTML

Membuat biodata yang menarik dan informatif di HTML dapat membantu meningkatkan kesan profesional, ...

Image Author

Suci Wulandari

21 September 2023

Cara Membuat Form Input PHP: Panduan Lengkap

Web Development

Cara Membuat Form Input PHP: Panduan Lengkap

Form input adalah cara utama untuk berinteraksi dengan pengguna di situs web. Artikel ini akan memb...

Image Author

Suci Wulandari

25 September 2023

Virtual Machine (VM):  Definisi, Fungsi, Jenis, & Cara Kerja

Web Development

Virtual Machine (VM): Definisi, Fungsi, Jenis, & Cara Kerja

Virtual machine atau VM artinya adalah emulasi hardware komputer yang berkaitan dengan pelaksanaan ...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

02 February 2024

5 Contoh Gerbang Logika dalam Aplikasi Nyata, Yuk Lihat

Web Development

5 Contoh Gerbang Logika dalam Aplikasi Nyata, Yuk Lihat

Aplikasi gerbang logika bisa ditemukan di berbagai aspek dari elektronik digital hingga sistem komp...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

08 February 2024