Apa itu Guest Posting? Ini Pengertian, Manfaat, & Panduannya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi
•
16 January 2024
•
333

Di pemasaran digital, visibilitas online dan kesadaran merek adalah kunci utama untuk membangun dan mempertahankan kesuksesan bisnis. Guest posting adalah strategi efektif untuk mencapai hal tersebut.
Lebih lanjut, guest posting adalah game changer dalam strategi pemasaran. Agar lebih paham mengenai apa itu guest posting, yuk simak penjelasannya di bawah ini!
Apa itu Guest Posting?
Guest posting adalah sebuah strategi yang seringkali digunakan dalam pemasaran digital dan pembangunan merek. Lebih lengkapnya, guest posting merupakan praktik di mana seseorang menulis dan menerbitkan artikel di blog atau website orang lain.
Secara keseluruhan, guest posting adalah alat pemasaran yang efektif yang membantu pembangunan merek, meningkatkan visibilitas online, serta membangun hubungan profesional dalam industri tertentu.
Manfaat Guest Posting
Seperti yang disebutkan sebelumnya, guest posting merupakan upaya dari pemasaran digital guna tingkatkan visibilitas merek. Adapun manfaat guest posting dalam pemasaran digital antara lain:
1. Meningkatkan Kesadaran Merek dan Visibilitas Online
Pertama manfaatnya adalah untuk meningkatkan kesadaran merek serta visibilitas online. Pasalnya, guest posting yang dilakukan di situs dengan audiens relevan dapat menjadi media untuk memperkenalkan merek kepada kelompok baru.
Hal ini bisa membantu memperluas jangkauan audiens. Dengan menyajikan konten bernilai, kamu bisa menarik perhatian dan kemungkinan pembaca mengunjungi situs web.
Secara bertahap, proses tersebut berguna untuk memperkuat visibilitas online dan membuat merek lebih dikenal oleh audiens yang lebih luas.
2. Membangun Tautan Berkualitas (Backlinking)
Kedua, manfaat guest posting adalah untuk tautan balik yang berkualitas. Jika backlinking didapatkan dari situs web dengan otoritas tinggi, konten yang dimiliki bisa dianggap bernilai dan relevan oleh Google.
Pada akhirnya, hal tersebut bisa meningkatkan kepercayaan dan otoritas domain milikmu. Oleh sebab itu, memilih situs yang relevan dan baik menjadi hal penting dalam guest posting.
Baca Juga: Ketahui Apa Itu SEO Off Page dan Contohnya
3. Meningkatkan Kredibilitas dan Otoritas
Berikutnya, manfaatnya adalah untuk meningkatkan kredibilitas dan otoritas. Sebab, guest posting bisa menjadi media bagi bisnismu untuk menunjukkan expertise pada bidang tertentu.
Hal tersebut menjadi alat untuk membantu membangun reputasi dan otoritas pada industri bisnis milikmu.
4. Mengarahkan Trafik yang Relevan
Terakhir, manfaat guest posting adalah untuk mengarahkan trafik yang relevan. Apabila konten yang dibuat untuk guest posting dianggap menarik, pengguna cenderung akan klik tautan yang mengarah pada situs web milikmu.
Trafik semacam ini cenderung memiliki tingkat konversi lebih tinggi. Sebab, audiens sudah tertarik dengan topik yang dibahas.
Panduan untuk Melakukan Guest Posting
Setelah memahami apa itu guest posting serta manfaatnya, berikutnya MinDi akan jelaskan bagaimana cara melakukannya. Berikut adalah panduan untuk melakukan guest posting:
1. Identifikasi Situs Target
Langkah pertama untuk guest posting adalah untuk identifikasi situs target. Dalam menentukan situs, kamu harus pilih laman yang sesuai dengan niche dan industri. Pastikan juga untuk melihat audiens yang mereka miliki.
Untuk mengidentifikasi situs target, kamu bisa gunakan alat seperti MOZ’s Domain authority untuk menilai kekuatan laman.
Selain itu, periksa jenis konten yang mereka terbitkan. Lalu, pastikan bahwa gaya dan topiknya sesuai dengan bisnismu.
2. Riset Konten dan Audiens
Kedua adalah melakukan riset konten dan audiens. Hal ini dilakukan untuk memahami topik populer, gaya penulisan, dan jenis konten yang paling banyak mendapatkan respons dari pembaca.
Selain itu, pemahaman ini akan membantu kamu dalam menyusun konten yang tidak hanya relevan tapi juga menarik bagi audiens.
Baca Juga: 10 Cara Membuat Artikel SEO Untuk Pemula, Yuk Coba!
3. Buat Ide Konten Unik
Langkah berikutnya adalah membuat ide konten unik dan menarik. Pastikan untuk mencari ide yang menambahkan nilai bagi situs tuan rumah dan audiensnya. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa siapkan beberapa topik yang berbeda pada pemilik situs.
4. Hubungi Pemilik Blog/Situs
Setelah menyiapkan ide, langkah berikutnya adalah menghubungi pemilik blog atau situs. Gunakan pendekatan yang profesional dan personal.
Kamu bisa jelaskan siapa kamu, keahlianmu, dan bagaimana konten yang akan dibuat menambahkan nilai pada situs mereka. Pastikan juga untuk mengikuti pedoman pengajuan yang mereka tetapkan untuk situsnya.
5. Tulis Konten Berkualitas Tinggi
Jika ide diterima, langkah berikutnya untuk melakukan guest posting adalah menulis konten berkualitas tinggi. Pastikan konten yang dibuat informatif, menarik, dan sesuai dengan standar gaya situs tuan rumah.
Konten yang dibuat harus orisinal, bebas dari kesalahan tata bahasa, dan menyediakan informasi atau wawasan berguna bagi pembaca.
6. Optimasi SEO
Berikutnya adalah melakukan optimasi SEO dalam penulisan konten. Untuk melakukan ini gunakan kata kunci yang relevan secara alami di seluruh artikel.
7. Sertakan Tautan yang Relevan
Langkah berikutnya dalam melakukan guest posting adalah menyertakan tautan yang relevan. Ini bisa berupa tautan ke postingan blog, halaman beranda, atau laman lainnya dari situs milikmu.
Dalam melakukan ini, pastikan bahwa tautan ini relevan dengan konten. Pastikan juga tautan yang dimasukkan tidak terlalu banyak.
8. Kirim dan Tunggu Persetujuan
Terakhir adalah mengirim konten dan menunggu persetujuan dari situs tuan rumah yang dipilih. Kamu bisa melakukan ini melalui email atau media lain yang sudah ditetapkan mereka. Setelah itu, kamu hanya perlu bersabar dalam menunggu tanggapan.
Belajar Digital Marketing Lewat Dibimbing.id
Demikian beberapa hal yang perlu kamu tahu soal guest posting. Dari penjelasan di atas, guest posting adalah upaya yang dilakukan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran merek.
Selain guest posting, ada beberapa hal lain yang juga harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan pemasaran digital. Di antaranya adalah email marketing, iklan berbayar, ataupun social media marketing.
Apabila kamu tertarik untuk memperdalam ilmu dalam pemasaran digital, Sobat MinDi bisa ikuti Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id. Lewat program ini, kamu bisa dapatkan materi terupdate di industri dengan lifetime access.
Kamu juga akan dapatkan hands-on experience lewat real-case project yang diberikan semasa pembelajaran. Di samping itu, kamu juga terjamin akan dapat pekerjaan lewat job-connection yang terhubung ke 500+ companies.
Yuk, segera daftar dan kembangkan pengetahuanmu di pemasaran digital bareng Dibimbing.id!
Tags

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi
Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.