10 Cara Membuat Artikel SEO Untuk Pemula, Yuk Coba!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

14 January 2024

•

212

Image Banner

Sebagai salah satu strategi digital marketing, artikel SEO adalah jenis pemasaran yang relatif murah. Oleh sebab itu, mengerti cara membuat artikel SEO yang baik menjadi hal penting untuk kesuksesan pemasaran.


Dengan menerapkan cara membuat artikel SEO yang baik, kamu bisa tingkatkan trafik organik tanpa perlu membayar iklan. Tertarik untuk belajar? Yuk, simak 10 cara membuat artikel SEO untuk pemula di bawah ini!


Cara Membuat Artikel SEO untuk Pemula


Seperti yang disebutkan sebelumnya, artikel SEO memegang peran penting di kesuksesan pemasaran konten lewat situs web. Sebab, SEO bukan hanya tentang memahami mesin pencari. Namun, SEO juga mengenai bagaimana konten beresonansi dengan audiens.


Sebagai pemula yang ingin memulai pemasaran konten lewat situs web, berikut adalah cara cara membuat artikel SEO yang bisa diterapkan:


1. Memahami Audiens dan Riset Kata Kunci


Cara membuat artikel SEO yang pertama adalah dengan memahami audiens dan riset kata kunci. Pasalnya, pemahaman yang kuat tentang target audiens adalah fondasi dari setiap kesuksesan artikel SEO.


Langkah pertama adalah menentukan siapa audiens yang sesuai dengan produk atau jasa bisnismu. Lalu, kamu bisa mulai cari apa yang mereka ingin tahu dan butuhkan.


Sembari mencari hal tersebut, kamu juga bisa tentukan kata kunci apa yang sesuai dengan topik-topik tersebut. Saat melakukan riset kata kunci, kamu bisa gunakan keyword generator tools seperti SEMrush, Ahrefs, MOZ, dan lain sebagainya. 


Pastikan untuk memilih kata kunci yang benar benar sesuai dengan topik artikelmu. Sebab, kata kunci ini akan membantu artikelmu muncul di hasil pencarian.


2. Membuat Judul Menarik dan SEO-friendly


Berikutnya adalah dengan membuat judul menarik dan SEO-friendly. Judul artikel adalah hal pertama yang akan dilihat audiens dan mesin pencari. Oleh sebab itu, kamu harus buat judul menarik dan pada intinya.


Jangan lupa untuk menyertakan kata kunci utama dalam judul. Lalu, buatlah judul dengan jumlah karakter maksimal 60. 


Selain itu, judul efektif tidak hanya menarik perhatian pembaca tapi juga memberi tahu mesin pencari tentang topik utama artikelmu.


Baca Juga: 14 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik dan Contohnya


3. Optimasi Meta Description


Selanjutnya, cara membuat artikel SEO adalah dengan optimasi meta description. Secara umum, meta description adalah ringkasan singkat dari artikel yang muncul di bawah judul. 


Meski tidak langsung memengaruhi peringkat di search engine, meta description bisa meningkatkan click-through-rate


Untuk mengoptimasi meta description, pastikan untuk menyertakan kata kunci utama dan buat deskripsi menarik serta informatif. Lalu, buatlah deskripsi dengan jumlah karakter maksimal 160.


4. Menciptakan Konten Berkualitas dan Relevan


Berikutnya, cara membuat artikel SEO yang baik adalah dengan menciptakan konten berkualitas dan relevan. Untuk membuat konten berkualitas, kamu harus menulis konten yang informatif, akurat, dan relevan dengan kata kunci.


Pastikal artikel mudah dibaca dan menarik. Gunakan paragraf pendek, bahasa yang jelas, dan subjudul rapih. Konten yang ditulis dengan baik tidak hanya memuaskan pembaca tapi juga membantu mesin pencari memahami dan mengindeks artikel dengan baik.


5. Melakukan Optimasi Kata Kunci


Lalu, kamu juga harus melakukan optimasi kata kunci. Langkah ini melibatkan penggunaan kata kunci target dengan alami dan tidak berlebihan. Sebar kata kunci secara strategis di seluruh artikel.


Kata kunci bisa diletakkan di paragraf awal, judul, subjudul, dan kesimpulan. Hindari pengulangan berlebihan atau penggunaan yang tidak alami. Sebab, itu bisa dianggap sebagai keyword stuffing dan berdampak negatif pada SEO.


Baca Juga: Panduan Belajar SEO WordPress yang Bermanfaat Untukmu!


6. Sertakan Gambar dan Alt Text


Berikutnya adalah dengan menyertakan gambar dan alt text.  Gambar dalam konten tidak hanya membuat artikel menjadi menarik, tetapi juga meningkatkan performa SEO. 


Pastikan untuk menambah alt text untuk tiap gambar yang kamu cantumkan. Lalu, buat alt text yang mendeskripsikan gambar tersebut. 


Alt text ini membantu search engine memahami konten gambar dan berguna untuk aksesibilitas. Pastikan untuk menyertakan kata kunci dalam alt text jika relevan.


7. Masukkan Link Internal dan Eksternal


Setelah itu, cara membuat artikel SEO yang bisa kamu terapkan adalah masukkan link internal dan eksternal. Link internal ke konten lain di situs web bisa membantu pembaca menjelajahi topik terkait dan meningkatkan waktu yang mereka habiskan di situs.


Sementara itu, link eksternal ke sumber yang relevan dan terpercaya dapat meningkatkan kredibilitas dan membantu mesin pencari memahami konteks artikelmu. Gunakan anchor text yang relevan untuk kedua jenis link ini.


8. Gunakan Responsive Design


Berikutnya adalah menggunakan responsive design. Desain responsif memastikan bahwa situs web menyesuaikan tampilannya berdasarkan ukuran layar perangkat pengguna. Pastikan artikel bisa dibaca di semua perangkat, termasuk desktop, tablet, dan ponsel.


9. Lakukan Analisis dan Perbaikan


Berikutnya adalah dengan melakukan analisis dan perbaikan. Hal ini bisa kamu lakukan setelah artikel SEO telah dipublikasikan. 


Kamu bisa gunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk memantau metrik seperti jumlah kunjungan, bounce rate, dan durasi rata-rata kunjungan di halaman artikel.


Dari data tersebut, kamu bisa mempelajari bagian mana paling menarik perhatian pembaca dan aspek mana yang kurang efektif. Misalnya, jika salah satu bagian memiliki bounce rate tinggi, kamu bisa pertimbangkan untuk edit bagian itu.


Selain itu, perhatikan kata kunci yang membawa trafik terbanyak dan pertimbangkan untuk mengoptimalkannya dalam artikel lain. Proses ini tidak hanya membantu tingkatkan kinerja artikel tapi juga untuk wawasan strategi konten kedepan.


Baca Juga: 17 Teknik Optimasi SEO Terbaru yang Perlu Kamu Coba


10. Konsisten Membuat dan Memperbarui Konten


Terakhir adalah dengan membuat dan memperbarui konten secara konsisten. Konsistensi dalam membuat dan memperbarui konten adalah strategi penting untuk SEO jangka panjang.


Search engine seperti Google menghargai situs yang terus menerus memperbarui konten dengan informasi relevan dan terkini. Hal ini mencakup produksi konten baru serta memperbarui konten lama.


Dengan cara ini, kamu bisa mempertahankan peringkat mesin pencari yang baik tapi juga membangun hubungan kuat dengan pembaca.


Yuk, Kembangkan Keahlianmu di Pemasaran Digital dengan Dibimbing.id


Demikian cara membuat artikel SEO yang bisa kamu terapkan apabila ingin meraih hasil terbaik di search engine. Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa penerapan cara membuat artikel SEO yang baik bisa membawa kesuksesan pada pemasaran merek.


Pasalnya, strategi pemasaran konten ini relatif murah dan membawa banyak keuntungan bagi bisnis. Namun, selain artikel SEO ada lebih banyak lagi strategi pemasaran digital yang bisa diterapkan untuk kesuksesan bisnis?


Tertarik untuk mempelajarinya? Sobat MinDi bisa ikuti Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id. Lewat program ini kamu akan dapatkan materi terupdate dengan lifetime access.



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!