Apa Itu SEO Off Page? Definisi, Cara Optimasi, & Contohnya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

21 April 2024

•

5904

Image Banner

Apa sih SEO Off Page itu? Di artikel ini MinDi akan menjelaskan dengan lengkap apa itu SEO Off Page. SEO Off Page merupakan aspek penting yang perlu dikuasai jika kamu ingin menjadi seorang SEO Specialist.


Hal ini yang berkaitan dengan upaya di luar situs web untuk meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian. Dalam artikel ini, Sobat MinDi akan mempelajari pengertian, manfaat, dan contoh konkret dari SEO Off Page.



Pengertian SEO Off Page



Sumber: Freepik


SEO Off Page adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan di luar halaman suatu situs web dengan tujuan meningkatkan otoritas, kepercayaan, dan peringkat situs tersebut di mesin pencari.


Ini melibatkan interaksi situs dengan sumber-sumber eksternal seperti backlink, menciptakan sitasi (referensi), dan kehadiran yang kuat di media sosial.



SEO Off Page Meliputi Apa Saja?



Sumber: Freepik


Sebelumnya, terdapat beberapa contoh hal-hal yang termasuk SEO Off Page. Kalau Sobat MinDi masih belum paham, berikut adalah penjelasannya : 


Teknik SEO Off Page melibatkan strategi di luar situs web untuk meningkatkan otoritas, reputasi, dan peringkat Sobat MinDi di mesin pencari. Di bawah ini adalah beberapa teknik SEO Off Page yang dapat Sobat MinDi manfaatkan:


1. Backlink


Backlink merujuk pada tautan yang mengarah ke situs Sobat MinDi dari sumber-sumber eksternal.


Backlink yang berkualitas tinggi berasal dari situs-situs yang memiliki otoritas dan relevansi yang tinggi sangat berharga dalam strategi SEO Off Page.


Backlink ini bertindak sebagai vote yang memberikan bobot pada situs website kamu karena dianggap sebagai sumber yang terpercaya.



2. Penciptaan dan Penyebaran Konten Berkualitas


Konten yang bermutu tinggi dan relevan memiliki potensi untuk mendapatkan backlink secara alami.


Sobat MinDi dapat membuat berbagai jenis konten seperti artikel, panduan, infografis, atau video yang memiliki nilai tambah bagi audiens target.


Pastikan untuk mempromosikan konten tersebut di berbagai platform media sosial dan situs berbagi konten.



3. Partisipasi dalam Forum dan Komunitas


Terlibat dalam forum industri dan komunitas online dapat membantu membangun koneksi dan mendapatkan backlink.


Sobat MinDi dapat memberikan komentar bermanfaat atau menjawab pertanyaan yang relevan dengan bidangnya, serta menyertakan tautan kembali ke situsnya dalam profil atau kamu tangan.



4. Penulisan sebagai Tamu (Guest Posting)


Menulis artikel sebagai tamu untuk situs-situs yang memiliki relevansi dengan industri Sobat MinDi adalah cara efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas.


Dalam artikel ini, Sobat MinDi dapat menyertakan backlink yang relevan ke konten di situsnya sendiri.



5. Berbagi Konten di Media Sosial


Aktivitas yang konsisten di platform media sosial membantu membangun kesadaran merek dan menarik perhatian audiens.


Sobat MinDi dapat berbagi konten bermanfaat, berinteraksi dengan pengikut, dan menggunakan fitur-fitur seperti live streaming untuk terhubung langsung dengan audiens.



6. Pembuatan Sitasi


Citations atau sitasi mengacu pada informasi bisnis Sobat MinDi seperti nama, alamat, dan nomor telepon (NAP) yang terdaftar di berbagai direktori bisnis online.


Pastikan informasi ini konsisten di seluruh platform untuk membangun kepercayaan mesin pencari.



7. Pemanfaatan Media Visual


Menggunakan gambar dan video dalam konten dapat membuatnya lebih menarik dan mudah dibagikan di media sosial.


Konten visual yang menarik dapat menarik perhatian lebih banyak orang dan berpotensi mendapatkan backlink.



8. Pemantauan dan Analisis


Melakukan pemantauan kinerja backlink dan konten yang dibagikan membantu Sobat MinDi mengidentifikasi teknik yang efektif dan membuat penyesuaian jika diperlukan.


Analisis rutin membantu dalam mengukur dampak teknik SEO Off Page dan melakukan perubahan strategi jika diperlukan.





Perbedaan SEO On Page dan Off Page

Sumber: Freepik


SEO on page dan off page adalah dua pilar penting dalam optimasi mesin pencari, namun fokus dan tekniknya berbeda. Berikut adalah tiga perbedaan utama antara SEO on page dan SEO off page:


1. Lokasi Optimasi


Perbedaan pertama bisa dilihat dari segi area yang dioptimasi. Berikut penjelasannya:


  • SEO On Page: Fokus utamanya adalah pada elemen di dalam situs web itu sendiri. Ini mencakup pengoptimalan konten, tag judul, tag meta, penggunaan kata kunci, struktur URL, kecepatan situs, atau pengalaman pengguna.

  • SEO Off Page: Fokus pada aktivitas di luar situs webmu untuk meningkatkan reputasi dan otoritas situs. Ini meliputi pembuatan backlink dari situs lain, kehadiran di media sosial, atau brand awareness.



2. Pengaruh terhadap Peringkat


Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari segi pengaruhnya terhadap peringkat di SERP. Berikut uraiannya:


  • SEO On Page: Langsung mempengaruhi bagaimana mesin pencari memahami isi situs dan relevansinya terhadap kata kunci atau topik tertentu. 

  • SEO Off Page: Memperkuat otoritas dan kepercayaan situsmu di mata mesin pencari melalui pengaruh dan relasi dengan situs lain. 



3. Teknik dan Strategi


Terakhir adalah perbedaan dari segi teknik dan strateginya. Berikut penjelasannya:


  • SEO On Page: Melibatkan penyesuaian teknis pada situs web dan pengoptimalan konten

  • SEO Off Page: Biasanya melibatkan pembuatan dan penyebaran konten di luar situs, pembuatan link, dan teknik pembangunan reputasi.


Dengan memahami konsep dasar, strategi, dan manfaat dari SEO Off Page, Sobat MinDi dapat membuat situs web menuju visibilitas yang lebih besar di dunia digital. Menggabungkan upaya SEO On Page dan Off Page adalah kuncinya.


Untuk mendalami hal ini, sobat MinDi bisa mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. Apalagi saat ini perusahaan juga membutuhkan para ahli SEO. Alumni bootcamp dibimbing.id sendiri 94 persennya sudah berhasil mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.



Peran Penting dan Manfaat SEO Off Page



Sumber: Freepik


SEO Off Page memiliki peran penting dalam strategi pemasaran digital. Sebab, ini membantu meningkatkan visibilitas serta peringkat sebuah situs web di mesin pencari. Berikut adalah beberapa peran penting dan manfaat dari SEO Off Page:


  • Meningkatkan Peringkat Mesin Pencari: Backlinks berkualitas meningkatkan kepercayaan dan otoritas situs. Hal ini membantu meningkatkan peringkat di hasil pencarian.

  • Membangun Kredibilitas: Backlinks dari situs terpercaya menunjukkan endorsement yang memperkuat kredibilitas situsmu.

  • Peningkatan Trafik Referral: Tautan dari situs lain tidak hanya membantu SEO tetapi juga mengarahkan pengunjung langsung ke situs.

  • Ekspansi Jangkauan dan Visibilitas: Aktivitas di media sosial dan forum membantu menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas online.

  • Mengembangkan Kemitraan dan Hubungan: Melalui kolaborasi seperti guest blogging, kamu dapat membangun hubungan profesional dan kemitraan bisnis.

  • Pengenalan Merek yang Lebih Baik: SEO Off Page membantu meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek di pasar.



Faktor Penentu Kualitas Strategi SEO Off Page



Sumber: Freepik


Link building atau membangun backlink merupakan hal penting dalam SEO Off Page. Kualitas backlink dapat diukur berdasarkan sejumlah faktor. Berikut adalah beberapa faktor utama yang menentukan kualitas suatu backlink:


1. Otoritas dan Reputasi Domain (Domain Authority)


Backlink dari situs web yang memiliki otoritas dan reputasi tinggi cenderung memberikan lebih banyak nilai dalam hal peringkat SEO. Domain Authority adalah metrik yang mencerminkan seberapa kuat otoritas suatu domain dalam mesin pencari.



2. Relevansi Konten


Backlink yang berasal dari situs web atau konten yang memiliki relevansi langsung dengan topik atau industri kamu lebih berharga. Backlink dari sumber yang relevan memberikan indikasi bahwa situs kamu memiliki otoritas di bidang tertentu.



3. Teks Anchor yang Relevan


Teks yang digunakan sebagai anchor untuk backlink kamu harus relevan dengan konten halaman yang ditautkan. Ini membantu mesin pencari memahami konteks dan topik yang dihubungkan.



4. Diversifikasi Sumber


Mendapatkan backlink dari berbagai jenis sumber, seperti situs web, blog, direktori industri, dan media sosial, memberikan profil backlink yang lebih alami dan kuat.



5. Backlink dari Situs Berkualitas Tinggi


Backlink dari situs-situs ternama, seperti situs berita terkenal, universitas, atau lembaga pemerintah, memiliki dampak lebih besar pada peringkat SEO daripada backlink dari situs yang kurang dikenal.



6. Kecepatan Perolehan Backlink


Perolehan backlink yang terlalu cepat atau tiba-tiba dapat memicu peringatan dari mesin pencari. Lebih baik mendapatkan backlink secara alami dari waktu ke waktu.



7. Perbandingan Tautan Masuk dan Keluar (Link Ratio)


Situs yang memiliki lebih banyak backlink keluar daripada backlink masuk bisa dianggap kurang berkualitas



Contoh SEO Off Page



Sumber: Freepik


Contoh SEO Off Page bisa beragam, mulai dari backlick hingga melalui media sosial. Beberapa upaya yang merupakan strategi SEO Off Page antara lain:


1. Backlink


Backlink merupakan salah satu contoh SEO off page. Ini adalah tautan yang mengarah ke situs milikmu dari situs web lain. Backlink berkualitas tinggi dari situs yang relevan dan terpercaya dapat meningkatkan otoritas domain.


Pada akhirnya, ini akan membantu meningkatkan peringkat situs di mesin pencari. Penting untuk fokus pada kualitas backlink daripada jumlahnya. Pastikan juga untuk mendapatkan tautan dari sumber yang berbeda dan berotoritas tinggi.



2. Social Mentions


Sebutan sosial terjadi ketika merek atau situs web milikmu disebut dalam media sosial. Ini bisa berupa teks, tag, atau konten yang dibagikan. 


Meskipun tautan di platform media sosial umumnya adalah "nofollow," upaya ini tetap berharga karena membantu membangun kesadaran merek. Selain itu, ini bisa mendorong lalu lintas ke situsmu. 


Interaksi ini juga bisa dilihat oleh mesin pencari sebagai indikator kepercayaan dan popularitas.



3. Guest Post


Guest posting adalah proses menulis dan menerbitkan artikel di blog atau situs web orang lain. Ini tidak hanya memberikan backlink berkualitas tetapi juga membantu membangun hubungan dengan pemilik situs lain dalam industri bisnismu.


Hal tersebut dapat membawa manfaat jangka panjang dalam hal jaringan dan kerjasama. Guest post juga merupakan cara efektif untuk menjangkau audiens baru dan memperluas jangkauan merek.



4. Forum


Berpartisipasi dalam forum yang relevan dengan niche dapat membantu membangun reputasimu sebagai pemimpin pemikiran dan sumber informasi yang terpercaya. Dengan menyediakan jawaban yang berguna dan informatif, kamu dapat membangun kredibilitas.



5. Media Sosial


Media sosial tidak hanya tentang mempromosikan konten tetapi juga tentang menciptakan dan memelihara hubungan dengan pengikutmu. Kehadiran aktif di media sosial membantu meningkatkan visibilitas merek.


Ini juga mendukung upaya SEO dengan menghasilkan lalu lintas tidak langsung melalui tautan yang dibagikan dan interaksi. 



Keunggulan SEO Off Page



Sumber: Freepik


Berikut adalah beberapa keunggulan dari SEO Off Page:


  • Peningkatan Otoritas

Dengan mendapatkan tautan berkualitas, situs Sobat MinDi dianggap lebih berharga oleh mesin pencari, yang dapat meningkatkan peringkat.

  • Diversifikasi Sumber Traffic

Melalui tautan dari berbagai sumber, Sobat MinDi dapat menjangkau beragam audiens dan mengurangi ketergantungan pada satu saluran.

  • Peningkatan Kredibilitas dari Sitasi Bisnis

Kehadiran konsisten di berbagai direktori bisnis membantu meningkatkan kredibilitas bisnis Sobat MinDi di mata mesin pencari.

  • Peningkatan Brand Awareness

Aktivitas di media sosial dan berbagi konten membantu meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) di kalangan audiens target Sobat MinDi.

  • Peningkatan Interaksi Komunitas

Berpartisipasi dalam forum dan komunitas membantu membangun hubungan dengan kalangan sesama dalam industri Sobat MinDi.



Kekurangan SEO Off Page



Sumber: Freepik


Selain keunggulan, terdapat pula kekurangan dari teknik SEO Off Page:


  • Kontrol Terbatas

Sobat MinDi memiliki sedikit kendali atas bagaimana interaksi dengan situs lain. 

  • Ketergantungan Eksternal dan Pengukuran Sulit

Keberhasilan teknik SEO Off Page bergantung pada tindakan pihak ketiga, seperti perubahan dalam tautan atau kebijakan. Selain itu, mengukur dampak pasti dari taktik Off Page juga cukup rumit.

  • Risiko Tautan Rendah

Tautan dari situs berkualitas rendah bisa merugikan reputasi dan performa SEO kamu.

  • Waktu yang Dibutuhkan

Memanfaatkan teknik Off Page membutuhkan waktu untuk membangun tautan dan interaksi online yang berharga

  • Perubahan Algoritma

Algoritma mesin pencari sering berubah, bisa membuat teknik Off Page yang efektif saat ini tidak lagi berfungsi di masa depan.



FAQ Tentang SEO Off Page



Sumber: Freepik


Untuk menambah pengetahuanmu tentang SEO Off Page, MinDi akan berikan jawaban lengkap dari pertanyaan umum terkait ini. Berikut adalah pertanyaannya:


Bagaimana Cara Mencari Kesempatan Guest Blogging?


Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan guest blogging yang bisa kamu kerjakan:


  • Riset Blog dalam Niche Serupa: Cari blog yang relevan dengan industri bisnismu melalui pencarian Google.

  • Periksa Pedoman Guest Post: Banyak blog memiliki halaman 'Write for Us' atau 'Contribute' yang menjelaskan bagaimana kamu dapat mengajukan guest post.

  • Jaringan Profesional: Gunakan LinkedIn dan konferensi industri untuk menjalin hubungan dengan pemilik blog dan editor.

  • Kirim Pitch yang Menarik: Buat proposal yang menonjolkan manfaat untuk blog tuan rumah dan ide konten yang unik dan berkualitas tinggi.



Bagaimana Cara Mengukur Kesuksesan dari SEO Off Page?


Ada beberapa faktor yang bisa mengukur kesuksesan dari SEO Off Page. Berikut adalah faktornya:


  • Peringkat dan Lalu Lintas Organik

  • Kualitas dan Jumlah Backlink

  • Kinerja di Media Sosial

  • Peningkatan Kesadaran Merek



Berapa Lama Hasil SEO Off Page Bisa Dilihat?


SEO Off Page adalah proses jangka panjang, biasanya membutuhkan beberapa bulan hingga satu tahun untuk melihat perubahan yang signifikan.


Waktu yang dibutuhkan dapat bervariasi berdasarkan industri, kompetisi, dan kualitas strategi yang diimplementasikan. Oleh sebab itu, penting untuk terus memantau dan menyesuaikan strategi karena SEO adalah proses dinamis yang terus berubah.



Belajar SEO di Dibimbing.id


Secara keseluruhan, SEO Off Page adalah sebuah strategi yang cocok di era digital ini. Hal ini terutama berlaku bila memang ingin meningkatkan visibilitas situs web. 


Apabila Sobat MinDi tertarik untuk berkarir di SEO, MinDi sarankan kamu untuk daftar Bootcamp Digital Marketing. Lewat bootcamp ini, kamu bukan hanya akan belajar SEO. Melainkan, kamu juga bisa belajar media sosial, email marketing, hingga paid advertising.


Selain itu, kurikulumnya paling lengkap di antara pilihan program lainnya dan sangat user-friendly. Sehingga, ini cocok untuk career-switchers atau para pemula.


Di sini, kamu juga berpeluang besar untuk dapatkan pekerjaan. Hal ini telah dibuktikan bahwa 94% alumni berhasil dapat pekerjaan seusai program selesai.


Tunggu apa lagi? Segera gabung dan wujudkan impianmu bareng Dibimbing.id!



Referensi : 


What Is Off-Page SEO? A Guide to Off-Page SEO Strategy - Buka

OFF-PAGE SEO:The Definitive Guide - Buka

Unlocking the Power of Off-Page SEO - Buka

On-Page vs. Off-Page SEO: What’s the Difference? - Buka

Difference Between ON Page vs OFF Page SEO - Buka







Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!