Apa Itu Backlink? Definisi & Tips Mendapatkannya (2024)

Muhammad Fazer Mileneo

22 April 2024

1079

Image Banner

Halo Sobat MinDi,

Kalo kamu sedang penasaran tentang apa itu backlink, maka kamu ada di tempat yang tepat.

Di artikel ini kami akan menjelaskan dengan lengkap mengenai pengertian backlink, manfaat, serta cara mendapatkannya. 

Buat kamu pemilik website, SEO Specialist, atau digital marketer, artikel ini wajib kamu baca sampai habis, sebab, selain definisi, kami juga akan menjelaskan trips dan trik mendapatkan backlink berkualitas.

Jadi, simak sampai habis yah!


Apa Itu Backlink?


Backlink adalah link yang berasal dari website lain yang mengarah ke website kita. Backlink penting sebab mesin pencari melihatnya sebagai sebuah indikator bahwa konten kamu penting dan berkualitas. Di SEO, backlink masuk ke dalam strategi off-page. 

Contoh backlink bisa kamu lihat di gambar di atas. Berikut merupakan gambar tautan balik (backlink) dari website Danacita ke Dibimbing.id.

Berbeda dengan internal link yang berasal dari dalam website yang sama, backlink berasal dari website orang lain yang ditujukan ke website milik kamu. 

Nah, seperti gambar di atas, Danacita dan Dibimbing merupakan dua website yang berbeda, maka link dari Danacita ke Dibimbing merupakan sebuah backlink. Dan itupun berlaku sebaliknya.

Baca juga: Apa itu SEO? Pengertian, Jenis & Cara Kerjanya (2024)


Tipe Backlink yang Perlu Kamu Tahu


Ada dua tipe backlink. Yang pertama adalah No Follow dan kedua adalah Do Follow. 

Berikut perbedaan keduanya: 


1. No Follow Link


Seperti yang kita tau bersama, salah satu cara mesin pencari seperti Google Bot menemukan halaman baru adalah melalui link. 

Mereka melakukan crawling terhadap satu halaman, dan berpindah ke halaman lain lewat link yang tertaut, baik itu internal link maupun backlink. 

Namun, tidak semua link bisa Google Bot ikuti. Ada beberapa link yang tidak bisa Google Bot kunjungi, yang mana link-link tersebut memiliki tag no-follow di dalamnya.

Nah, no-follow link adalah jenis tautan yang menggunakan atribut rel="nofollow" pada tag HTML-nya. 

Contoh tag no follow:

<a href="https://example.com" rel="nofollow">dibimbing.id</a>

Atribut ini memberi tahu mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan tersebut. Umumnya, no-follow link digunakan untuk menghindari spam dan untuk tautan yang tidak ingin diberi bobot SEO, seperti komentar blog atau iklan berbayar.


2. Do-Follow Link


Nah, berbeda dengan no follow, do-follow link adalah jenis tautan yang tidak memiliki atribut rel="nofollow" pada tag HTML-nya. 

Contoh tag no follow:

<a href="https://example.com">dibimbing.id</a>

Backlink dengan do-follow link merupakan yang bagus, sebab ia berfungsi sebagai “vote” terhadap website yang diberi backlink.

Ini artinya website tersebut punya informasi yang kredibel dan terpercaya.


Apa Ciri-Ciri Backlink yang Bagus?


Tidak semua backlink punya nilai yang sama. Untuk meningkatkan ranking dan traffic situs web kamu, penting untuk mengetahui ciri-ciri backlink yang bagus. 

Berikut merupakan 4 ciri-ciri backlink yang bagus!


1. Relevansi 


Jadi, apa sih yang membuat ciri-ciri backlink berkualitas? Nah, yang pertama adalah relevansi.

Relevansi mudahnya, jika website yang memberikan backlink punya niche yang sama dengan website kamu. .

Nah, backlink yang relevan berasal dari situs yang memiliki topik atau industri yang serupa dengan situs kamu bagus ya sobat.

Mesin pencari seperti Google memberikan nilai lebih pada backlink yang relevan karena ini menunjukkan bahwa konten kamu dianggap bermanfaat dalam konteks yang sama. 

Misalnya, jika kamu memiliki situs tentang teknologi, backlink dari blog teknologi akan lebih bernilai daripada backlink dari situs yang tidak terkait, seperti situs kuliner. 


2. Otoritas Domain 


Yang kedua adalah domain authority. Backlink dari situs dengan otoritas domain tinggi memiliki dampak yang lebih besar pada SEO kamu. 

Domain Authority atau DA adalah metrik yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik sebuah situs web akan diberi peringkat di halaman hasil mesin pencari (SERP). 

Situs dengan DA tinggi umumnya memiliki profil backlink yang kuat dan banyak konten berkualitas tinggi, sehingga backlink dari situs-situs ini dianggap lebih berharga.


3. Tautan Dofollow 


Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya, mesin pencari menemukan halaman lewat link yang ia ikuti. Dan, tautan dofollow adalah jenis backlink yang memungkinkan mesin pencari mengikuti tautan tersebut dan mengalirkan "nilai" SEO ke situs yang ditautkan. 

Bisa dibilang “dofollow adalah kunci”. Sebab, backlink dofollow memberikan lebih banyak manfaat SEO karena mereka membantu meningkatkan otoritas domain situs yang menerima backlink. 

Sebaliknya, tautan nofollow tidak memberikan manfaat SEO yang sama karena mesin pencari tidak mengikuti atau mengalirkan nilai melalui tautan tersebut. 

Google sendiri menyatakan bahwa tautan dofollow berperan dalam menentukan peringkat halaman di hasil pencarian.


3. Alami, Tidak Dibuat-buat!


Backlink yang ditempatkan secara alami dalam konten menunjukkan bahwa situs lain merekomendasikan konten kamu karena relevansi dan kualitasnya. 

Ini karena Google sangat menghargai backlink yang alami karena ini menunjukkan bahwa konten kamu secara organik dianggap berguna dan informatif oleh situs lain. 

Backlink yang ditempatkan secara paksa atau dalam konteks yang tidak relevan dapat dianggap sebagai praktik manipulatif dan dapat dikenai penalti oleh Google.

Contohnya adalah membeli backlink PBN. Backlink dari PBN merupakan backlink yang dianggap jelek oleh Google, sebab berasal dari situs website yang kontennya campuran. tidak punya fokus, atau bahasa lainnya “Gado-Gado”.


4. Anchor Text yang Relevan 


Anchor text adalah teks yang digunakan sebagai tautan, dan relevansi anchor text dapat mempengaruhi nilai SEO dari backlink tersebut. 

Anchor text yang mengandung kata kunci yang relevan dengan halaman yang dituju dapat memberikan sinyal positif kepada mesin pencari tentang topik halaman tersebut. 

Namun, penting untuk menggunakan anchor text yang bervariasi dan alami untuk menghindari penalti dari Google karena over-optimization. 

Nah, misalnya, kamu menulis tentang apa itu SEO, kamu dapat menggunakan anchor text seperti:

“Berikut pengertian SEO dan strateginya” untuk mengarahkan pembaca ke artikel yang membahas tentang definisi SEO dan strateginya”. 

Jangan menggunakan kata-kata seperti “klik disini” atau “baca lengkap artikel ini” sebab kurang memberikan konteks yang dimaksud baik untuk pembaca atau mesin pencari. 


Manfaat Backlink untuk Rangking Website


Selain mempengaruhi peringkat pencarian, backlink juga memiliki manfaat lain:


1. Meningkatkan Ranking Halaman


Backlink sering diibaratkan sebagai "vote" atau "suara" untuk halaman web kamu dalam konteks SEO. 

Semakin banyak backlink berkualitas, artinya halaman kamu semakin dipercaya oleh orang lain. 

Gak mungkin, bukan, kamu memberi referensi ke website yang tidak dipercaya? 

Nah, backlink dari situs-situs yang otoritatif dan terpercaya membantu membangun kepercayaan dan reputasi situs Sobat MinDi di mata mesin pencari dan pengguna.


Contohnya bisa dilihat dari case study milik Ahrefs. Dari konten tentang SEO Statistic, mereka berhasil mendapatkan 35 backlink yang mengarah ke halaman tersebut. 


Dan ketika dicek tepat saat tulisan ini dibuat, halaman ini ada di posisis pertama untuk keyword SEO Stats”. 


2. Meningkatkan Trafik


Kecil kemungkinan orang akan mengklik halaman website kamu jika posisinya ada di lima terbawah. 

Maka dari itu, semakin tinggi ranking semakin banyak potensi klik. Atau, istilahnya adalah click through rate. 

Memang, untuk ranking sendiri, Google mempunyai banyak aspek yang menjadi pertimbangan mereka. 

Dari mulai kualitas konten, topik yang dipilih, kecepatan halaman, hingga performa website itu sendiri. Dari semua aspek tersebut backlink adalah satu di antaranya.

Misalnya, Backlinko. Trafik mereka naik 2 kali lipat dalam 14 hari, setelah menulis konten dengan metode Skyscraper.

Melansir dari Backlinko, konten tersebut mendapatkan banyak tautan balik dari website lain, dan berhasil menaikan trafik sebanyak dua kali lipat di halaman tersebut. 


3. Membantu Google Menemukan Konten Kamu


Nah jadi sobat MinDi, Google sendiri menggunakan bot yang disebut Googlebot untuk menjelajahi internet dan menemukan halaman-halaman baru. 

Dan ketika Googlebot menemukan backlink yang mengarah ke halaman di website kita, bot tersebut akan mengikuti link tersebut dan mengunjungi halaman yang dituju. 

Proses ini membantu Google untuk menemukan halaman-halaman baru yang mungkin belum terindeks sebelumnya.


5 Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas


Backlink membantu mesin pencari mengukur otoritas dan kualitas konten Sobat MinDi.

Namun, ingatlah bahwa bukan hanya jumlah backlink yang penting, tetapi juga kualitasnya. Tautan dari situs web yang otoritatif dan relevan akan memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan dengan tautan dari situs web yang kurang berharga.

Berikut adalah beberapa strategi untuk backlink:


1. Buat Konten yang “Link-able”


Gak ada cara untuk mendapatkan backlink yang lebih baik selain membuat konten yang berkualitas, enak dibaca dan kaya akan data.

Hal ini berguna agar orang-orang dengan senang hati memberikan tautan balik dari website mereka ke website kamu. 

Biasanya, jenis konten yang cocok untuk cara ini merupakan konten seperti hasil riset, atau ultimate guide. Sebab orang-orang umumnya memberikan backlink pada sumber-sumber yang bisa menjadi penguat artikel mereka, yang umumnya berbentuk data. 

Nah, contohnya adalah konten milik Calm di bawah. Dilansir dari foundations, terdapat banyak link dari website luar yang menuju halaman tersebut.



Hal ini karena konten yang dibuat calm merupakan konten bertema guide yang panjang dan mendalam, dan banyak dijadikan referensi bagi mereka yang menulis tentang “Self-Care Guide untuk HR professional”.


2. Bertukar Backlink dengan Website Lain


Cara berikutnya adalah dengan bertukar backlink, seperti yang sering kami lakukan. 

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Kamu tinggal meminta orang lain untuk memberikan tautan backlink ke website kamu, dan sebaliknya. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan platform Linkedin atau komunitas-komunitas SEO di luar sana. 

Umumnya, SEO Specialist akan senang bertukar backlink sebab hal tersebut juga akan menguntungkan mereka. Namun, tidak semua backlink itu berkualitas ya sobat. 

Pertama tama, pilih yang sesuai niche kamu. Kalo website teknologi, backlink yang berasal dari website di niche yang sama jauh lebih berguna dibanding yang berasal dari website memasak. 

Kalo kamu mau mencoba cara ini, kamu bisa menggunakan template kata-kata yang bisa kamu jadikan approach seperti dibawah: 

“📢 Panggilan untuk semua Blogger, Penulis Konten, dan Jurnalis!

Apakah kamu mencari link-building partnership?

Kami menawarkan guest post, backlink exchange, dan content placement dengan [nama website kamu 🚀

Website kami mengkhususkan diri pada topik seputar digital marketing, Bisnis Digital, SEO, dan lebih banyak lagi. 🎊

Dengan berkolaborasi dengan kami, kamu dapat menjangkau audiens baru dan meningkatkan peringkat mesin pencari serta lalu lintas kamu 📈

Punya website dengan performa tinggi? DM saya sekarang & mari kita saling meningkatkan! ✨”

Setelah itu, kamu bisa mengesharenya ke komunitas-komunitas SEO atau di platform Linkedin.


3. Mendapat Backlink Lewat Guest Post


Untuk melakukan hal ini, pertama-tama, cari blog atau website yang relevan dengan niche atau industri kamu. Pastikan mereka menerima kontribusi dari penulis tamu dan punya website yang kredibel yah.

Ada banyak kok website-website yang membuka guest post, seperti kanal-kanal media besar, hingga blog-blog di niche tertentu.

Umumnya, mereka merupakan situs yang memang terbuka untuk penulis dari luar. Mereka menerima kontribusi tulisan dari para penulis dan mempostingnya di website mereka. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk memasang backlink ke tulisan kamu. Jadi, kamu cari dulu web dengan niche sejenis, lalu kirimkan tulisan di topik tertentu, dan di dalam tulisan tersebut kamu sematkan backlink menuju situs kamu.


4. Bekerja sama dengan Pihak Media


Cara lainnya untuk mendapatkan backlink adalah bekerja sama dengan media. Yang pertama, cari media yang relevan dengan industri atau niche kamu. Fokus pada media yang memiliki audiens besar dan reputasi yang baik. 

Media ini bisa berupa situs berita, blog populer, majalah online, atau portal informasi khusus. Lalu, mulailah dengan membangun hubungan baik dengan jurnalis, editor, atau penulis yang bekerja di media tersebut.

Nah, biasanya jurnalis terkadang membutuhkan data yang bisa mendukung tulisan yang sedang mereka buat. Nah, disitulah kesempatan kamu. Kamu bisa membuat laporan, tulisan mendalam yang dibutuhkan mereka yang sesuai dengan bisnis yang kamu miliki. 


5 Tools untuk Mengaudit Backlink dan Mendapatkannya


Sebelum Sobat MinDi mulai mengembangkan strategi backlink, sangat penting untuk memeriksa backlink yang telah ada dan memantau pertumbuhannya. 

Di bawah ini merupakan rekomendasi tools untuk mengaudit backlink milik website sendiri hingga milik kompetitor. Yuk simak!


1. Ahrefs

Ahrefs adalah sebuah platform SEO yang menyediakan berbagai alat untuk membantu SEO Specialist, Digital Marketing, atau pemilik situs web dalam mengerjakan kerja-kerja SEO. 

Nah, Ahrefs ini sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan, terutama untuk mengaudit backlink baik pada situs kamu sendiri maupun milik kompetitor.

Yang pertama, ia menyediakan data yang sangat mendetail tentang backlink, termasuk sumber backlink, anchor text, URL target, dan metrik seperti Domain Rating (DR). Nah, ini bisa digunakan melihat backlink di situs kita sendiri atau backlink milik kompetitor. 

Selain itu, keunggulan kedua, Ahrefs juga punya fitur untuk menganalisis profil backlink kompetitor. kamu bisa melihat backlink mana yang membantu kompetitor kamu mendapatkan peringkat tinggi, dan menggunakan informasi ini untuk membangun strategi backlink yang lebih baik.


2. Hunter.io

Hunter.io adalah extensi yang digunakan untuk menemukan alamat email profesional yang terkait dengan domain tertentu. 

Nah sobat MinDi, Ini adalah alat yang sangat berguna banget loh untuk kegiatan seperti pemasaran email, perekrutan, dan berbagai bentuk outreach bisnis.

Extensi ini bisa kamu gunakan untuk aktifitas backlink outreach. Backlink outreach adalah strategi dalam SEO yang melibatkan menjangkau pemilik situs web atau blogger untuk meminta mereka memberikan tautan balik (backlink) ke situs kamu. 

Untuk melakukan backlink outreach menggunakan Hunter.io, pertama-tama, identifikasi situs atau blog yang relevan dengan niche atau industri kamu. 

Setelah itu, gunakan fitur Domain Search di Hunter.io untuk mendapatkan daftar alamat email yang terkait dengan domain target. 

Ini akan memberi kamu akses ke berbagai kontak yang relevan. 

Setelah kamu memiliki daftar kontak yang valid, buat pesan outreach yang dipersonalisasi berdasarkan informasi yang kamu dapatkan tentang situs target. 

Jelaskan mengapa konten kamu layak mendapatkan backlink dan bagaimana konten tersebut dapat memberikan nilai tambah bagi audiens mereka. 


3. Google Alerts

Selanjutnya ada Google Alerts. Google Alerts dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk strategi backlink kamu. 

Dengan mengatur Google Alerts untuk nama merek kamu, kamu dapat dengan cepat mengetahui kapan dan di mana merek kamu disebutkan secara online. 

Ini memungkinkan kamu untuk memeriksa apakah sebutan tersebut sudah menyertakan backlink ke situs kamu, dan jika tidak, kamu bisa menghubungi pemilik situs untuk meminta mereka menambahkan backlink


FAQ Backlink


Berikut merupakan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan yang berkaitan dengan backlink.

Mengapa backlink itu penting?

Backlink sangat penting untuk SEO karena mereka memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa sumber lain menilai konten pada halaman kamu cukup berharga untuk dihubungkan. 

Semakin banyak backlink berkualitas tinggi yang dimiliki sebuah halaman, semakin besar kemungkinan halaman tersebut akan berperingkat baik di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Apa yang membuat backlink berkualitas tinggi?

Backlink berkualitas tinggi biasanya berasal dari situs terkemuka dalam industri kamu yang memiliki otoritas domain tinggi. Halaman yang menautkan juga harus relevan dengan konten situs web kamu agar memiliki dampak signifikan.

Bisakah backlink mempengaruhi situs saya secara negatif?

Ya, jika tautan berasal dari situs spam atau tidak relevan, mereka dapat mempengaruhi SEO situs kamu secara negatif. Algoritma Google, terutama Penguin, berfokus pada penalti situs yang memiliki backlink berkualitas rendah.

Berapa banyak backlink yang saya butuhkan?

Jumlahnya tidak seberapa penting dibandingkan dengan kualitas tautan. Bahkan beberapa backlink berkualitas tinggi dapat lebih efektif daripada banyak tautan berkualitas rendah. Fokuslah pada mendapatkan tautan dari situs otoritas tinggi dalam niche kamu.

Apakah backlink masih penting di tahun 2024?

Ya, backlink tetap menjadi faktor kritis dalam SEO di tahun 2024. Meskipun algoritma telah berkembang untuk mencakup berbagai sinyal peringkat yang lebih luas, backlink terus menjadi indikator kuat dari kualitas dan relevansi konten.

Dengan memahami aspek-aspek ini dari backlink, Sobat MinDi dapat lebih baik menavigasi kompleksitas SEO dan meningkatkan visibilitas dan kredibilitas situs web.

Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai backlink beserta tips mendapatkannya. Sebagai seorang SEO specialist atau digital marketer, Sobat MinDi harus mempelajari ini untuk meningkatkan visibilitas website perusahaan.

Ingin belajar lebih lanjut tentang backlink hingga SEO? atau tertarik switch career di bidang digital marketing?

Yuk ikuti bootcamp digital marketing dibimbing.id, bootcamp terbaik dengan pembelajaran intensif dan inovatif. Didampingi dengan mentor berpengalaman dan profesional di bidangnya yang mampu membantu kamu sukses di dunia digital marketing.

Belum memiliki pengalaman tentang digital marketing sama sekali? Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly. Nggak usah minder, yuk jadi SEO hebat bersama dibimbing.id!

Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.

Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Referensi: 

1. [https://foundationinc.co/lab/calm-business-seo]

2. [https://moz.com/learn/seo/domain-authority]

Share

Author Image

Muhammad Fazer Mileneo

Buruh tulis digital fleksibel. Sekali-sekali main kamera, sekali-sekali ke sana kemari.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!