dibimbing.id - Engagement Instagram Adalah: Fungsi, Strategi, & Cara Hitung

Engagement Instagram Adalah: Fungsi, Strategi, & Cara Hitung

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

09 January 2024

•

785

Image Banner

Di era digital yang terus berkembang, Instagram sebagai salah satu media sosial visual telah menjadi kunci dalam strategi digital marketing. Engagement Instagram adalah salah satu alat ukur kesuksesan dari strategi tersebut.


Lebih lanjut, engagement Instagram adalah konsep yang merujuk pada tingkat interaksi antara akun dengan pengikutnya.Oleh sebab itu, semakin tinggi engagement-nya makin besar pula kemungkinan bisnis berkembang secara digital.


Agar Sobat MinDi tahu lebih detail soal engagement instagram, pastikan untuk baca artikel ini sampai habis ya!


Apa yang Dimaksud dengan Engagement Instagram?


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, engagement Instagram adalah bentuk interaksi yang diterima suatu akun dari pengikutnya.


Interaksi tersebut melibatkan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna terhadap konten yang diunggah oleh suatu akun. Alhasil, engagement Instagram adalah indikator yang menunjukkan seberapa baik konten diterima oleh audiens.


Beberapa bentuk engagement Instagram adalah likes, komentar, shares, saves, views, mentions, dan tags.


Bukan sekadar jumlah followers, engagement Instagram adalah elemen penting untuk menunjukkan kesuksesan konten dalam mengundang reaksi dan interaksi audiens.


Fungsi Engagement Instagram


Dengan tujuannya untuk melihat kesuksesan konten, engagement Instagram tentu memiliki berbagai fungsi penting bagi individu maupun bisnis. Fungsi utama dari engagement meliputi:


1. Memahami Demografi dan Preferensi Audiens


Engagement Instagram adalah komponen yang dapat memberikan data tentang siapa yang berinteraksi dengan kontenmu. Berdasarkan komentar, likes, dan shares, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang demograsi audiens.


Demografi audiens itu bisa berupa umur, jenis, kelamin, lokasi, dan minat. Selain itu, kamu juga bisa memahami preferensi audiens. Mulai dari jenis konten, waktu posting efektif, hingga topik yang paling menarik bagi mereka.


Dengan memahami hal tersebut, kamu bisa menyusun strategi konten yang relevan dengan konsumen atau target audiensmu.


Baca Juga: Konsep dan Pentingnya Analisis Pasar untuk Bisnis


2. Meningkatkan Interaksi dengan Audiens


Selain memberikan data komprehensif, fungsi engagement adalah meningkatkan interaksi dengan audiens. Hal ini bisa kamu capai dengan aktif menjawab komentar, pesan langsung, bahkan memberikan umpan balik.


Bukan hanya meningkatkan interaksi dengan konsumen, kamu juga bisa menciptakan komunitas online yang lebih kuat melalui engagement Instagram.


3. Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)


Berikutnya, engagement Instagram juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kesadaran merek. Dengan engagement yang tinggi, kemungkinan kontenmu muncul di explore Instagram juga semakin besar.


Hal itu bisa meningkatkan jangkauan dan visibilitas bisnismu. Lalu pada akhirnya, kesadaran terhadap merek usahamu juga akan semakin meningkat dalam seiring waktu.


4. Meningkatkan Konversi


Berikutnya, engagement Instagram juga berfungsi untuk meningkatkan konversi. Pasalnya, ketika audiens terlibat dengan kontenmu, maka mereka berpotensi untuk mengambil tindakan lanjut.


Beberapa tindakan tersebut bisa meliputi kunjungan ke situs web, pendaftaran ke newsletter, bahkan juga pembelian produk.


Baca Juga:  5 Kesalahan yang Umum dalam Membuat Newsletter


5. Alat Ukur Kinerja Kampanye


Terakhir, fungsi engagement Instagram adalah alat ukur kinerja kampanye. Dengan menganalisis tingkat engagement seperti jumlah likes, komentar, dan shares, kamu bisa mengevaluasi seberapa baik kampanye diterima audiens.


Hal ini bermanfaat guna menyesuaikan strategi secara real-time, membuat keputusan terbaik untuk kampanye selanjutnya, dan memastikan alokasi sumber daya yang lebih efektif.


Strategi untuk Meningkatkan Engagement Instagram


Berikutnya, hal yang wajib diketahui ketika belajar engagement Instagram adalah strategi untuk meningkatkannya. Berikut adalah strategi meningkatkan engagement Instagram:


1. Posting Konten Berkualitas dengan Konsisten


Pertama, strategi meningkatkan engagement Instagram adalah dengan mengunggah konten berkualitas dengan konsisten. Strategi konten yang baik dengan produksi tulisan menarik dan informatif berpotensi untuk mendapatkan respons dari audiens.


Selain itu, konsistensi juga membantu dalam membangun ekspektasi pengikut terhadap konten yang akan kita unggah. Untuk melakukan hal ini dengan baik, pastikan kamu membuat jadwal posting yang teratur.


2. Manfaatkan Hashtag Sebaik Mungkin


Setelah membuat konten berkualitas, strategi yang bisa diterapkan adalah menggunakan hashtag dengan bijak. Hashtag yang relevan dan ditargetkan dapat mengarahkan konten ke audiens yang sesuai dan lebih spesifik.


Pastikan untuk menggunakan hastag yang sesuai dengan niche market-mu dan sedang trending.


3. Gunakan Fitur Cerita dan Live Video


Lalu, kamu juga bisa manfaatkan fitur cerita atau live video untuk mendapatkan engagement yang baik di Instagram. 


Pasalnya, dengan dua fitur tersebut kamu bisa berkomunikasi langsung dengan audiens secara interaktif dan spontan. Dengan menggunakan kedua fitur tersebut, kamu bisa meningkatkan koneksi dengan audiens melalui cara yang personal dan autentik.


4. Buat Caption Panjang


Selain itu, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuat caption panjang. Dengan caption panjang yang menarik, kamu bisa mengundang audiens untuk menghabiskan lebih banyak waktu di postinganmu.


Lebih lanjut, kamu bisa gunakan call-to-action (CTA) untuk mengajak pengguna untuk tinggalkan komen atau berbagi pengalaman yang relevan dengan kontenmu.


5. Manfaatkan Alat Analitik


Terakhir,strategi engagement Instagram adalah menggunakan alat analitik Instagram untuk mendapatkan wawasan mengenai kinerja kontenmu. 


Alat ini bisa membantumu mengidentifikasi jenis konten yang paling disukai, waktu terbaik untuk posting, dan demografi audiensmu.


Dengan informasi ini, kamu bisa menyesuaikan strategi konten yang lebih menyasar ke target audiens. 


Bagaimana Cara Menghitung Engagement Rate Instagram?


Setelah menerapkan strategi engagement Instagram terbaik, kamu bisa menghitung engagement rate untuk mengecek keberhasilannya. Berikut adalah cara umum untuk menghitungnya:


1. Hitung Total Engagement


Pertama, hitung total engagement Instagram melalui salah satu unggahanmu. Engagement yang bisa kamu hitung pada tahap ini meliputi likes, komentar, save, dan shares.


2. Hitung Jumlah Followers


Cara mengitung engagement rate berikutnya adalah lihat jumlah followers atau pengikut yang kamu miliki pada saat itu.


3. Gunakan Rumus untuk Menghitung Engagement Rate


Berikutnya, kamu bisa gunakan rumus berikut untuk menghitung engagement rate per post. Di bawah ini adalah rumus yang bisa kamu gunakan:

engagement rate instagram

Misalnya, kamu mendapatkan total engagement sebesar 500 dengan followers sebanyak 10.000 orang, maka:


engagement rate instagram



4. Hitung Rata-Rata untuk Periode Tertentu


Terakhir, guna dapatkan gambaran yang lebih baik tentang kinerja umum, kamu bisa hitung rata-rata engagement rate dalam periode tertentu.


Hal ini bisa kamu lakukan dengan menghitung rata-rata engagement rate dari beberapa unggahan dalam seminggu atau sebulan.


Baca Juga: Mau Buat Social Media Report? Ini Panduannya


Demikian penjelasan mengenai engagement Instagram, mulai dari pengertian hingga cara menghitung ratenya. Dapat disimpulkan bahwa, engagement Instagram adalah tingkat interaksi audiens dengan akun.


Engagement Instagram ini juga dapat dikatakan sebagai alat ukur kesuksesan pemasaran digital. Apabila kamu ingin memasarkan bisnismu di Instagram, pastikan bahwa kamu memahami strategi terbaik untuk mendapatkan engagement yang tinggi!


Untuk kembangkan keahlianmu dalam pemasaran digital, termasuk lewat Instagram, kamu bisa ikuti program Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id.


Selain belajar strategi terbaik dalam pemasaran lewat materi ter-update, kamu juga bisa bangun portofolio melalui real-case project.


Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan melalui layanan job-connection yang terhubung ke 500+ companies, lho!


Jangan tunggu lama-lama, yuk segera daftar dan kembangkan keahlianmu bersama Dibimbing.id.




Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!