Konsep dan Pentingnya Analisis Pasar untuk Bisnis

Coriena Lathifa Dewi

22 August 2023

2860

Image Banner

Dikutip dari Coursera, analisis pasar adalah proses penting untuk mengidentifikasi dan memahami karakteristik pasar, pelanggan, pesaing, serta tren dan peluang bisnis yang ada. 


Dengan melakukan analisis pasar yang komprehensif, kamu akan mendapatkan wawasan yang berharga untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat.


Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang pentingnya analisis pasar dan bagaimana menerapkannya untuk mengoptimalkan strategi bisnis. Tanpa basa-basi, mari kita mulai dengan mengenal apa itu analisis pasar.

Pentingnya Analisis Pasar untuk Bisnis Kamu

Sebagai pengusaha atau pebisnis, kamu perlu memahami bahwa analisis pasar adalah pondasi strategi bisnis yang sukses. 


Dengan memiliki informasi yang tepat tentang pasar, kamu dapat:


1.Mengidentifikasi Segmentasi Pasar

Kamu dapat membagi pasar menjadi kelompok-kelompok berdasarkan karakteristik tertentu, sehingga kamu dapat menyesuaikan produk atau layanan dengan kebutuhan masing-masing kelompok.

  1. Memahami Keinginan Pelanggan

Dengan mengumpulkan data dari analisis pasar, kamu dapat mengetahui apa yang diinginkan dan diharapkan oleh pelanggan potensialmu, membantumu menciptakan nilai tambah yang sesuai.

  1. Mengenali Pesaing dan Peluang

Dengan menganalisis pesaing dalam pasar, kamu dapat mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan mereka. Informasi ini akan membantu kamu dalam mencari peluang untuk bersaing lebih baik.

  1. Mengembangkan Strategi Pemasaran

Dengan pemahaman yang mendalam tentang pasar, kamu dapat merancang strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau target audiens dengan tepat.

  1. Mengurangi Risiko

Analisis pasar membantu kamu meminimalkan risiko dalam pengambilan keputusan bisnis, karena semua keputusan didasarkan pada data dan wawasan yang akurat.


Langkah-Langkah dalam Melakukan Analisis Pasar

Langkah  Analisis Pasar


1.Penentuan Tujuan Analisis Pasar

Sebelum memulai analisis, kamu harus menentukan tujuan dari analisis pasarmu. 

Apa yang ingin kamu ketahui atau capai dari analisis ini? Apakah untuk mengenali peluang baru, meningkatkan pangsa pasar, atau memperbaiki produk atau layananmu? Tentukan tujuan dengan jelas untuk mengarahkan analisismu.


  1. Kumpulkan Data Primer dan Sekunder

Ada dua jenis data yang dapat kamu kumpulkan untuk analisis pasar: data primer dan data sekunder. 

Data primer adalah data yang kamu kumpulkan secara langsung dari sumber seperti survei, wawancara, atau observasi. 

Sedangkan data sekunder adalah data yang sudah ada dan dikumpulkan oleh pihak lain, seperti laporan riset pasar atau statistik industri.


  1. Analisis Demografi dan Segmen Pasar

Setelah mengumpulkan data, identifikasi dan analisis demografi dari target audiensmu. 

Apakah mereka berada di kawasan perkotaan atau pedesaan, usia mereka, pendapatan, minat, dan kebutuhan mereka? Ini akan membantu kamu dalam menentukan segmen pasar yang relevan.


  1. Evaluasi Pesaing

Lakukan analisis mendalam terhadap pesaing dalam pasar. Identifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, serta strategi pemasaran dan penjualan yang mereka gunakan. Dengan begitu, kamu dapat mencari celah di pasar untuk membedakan bisnismu.


  1. Tren dan Peluang Pasar

Tentukan tren dan peluang yang ada di pasar. Apa yang sedang tren saat ini dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi bisnismu? 

Temukan juga peluang yang belum dimanfaatkan oleh pesaing dan pertimbangkan bagaimana kamu dapat mengambil keuntungan dari situasi tersebut.


  1. Analisis SWOT

Lakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk bisnismu. 

Identifikasi kekuatan dan kelemahan internal bisnis, serta peluang dan ancaman eksternal. Analisis SWOT akan membantu kamu dalam merumuskan strategi yang lebih baik.


Dengan melakukan analisis pasar yang komprehensif, kamu akan dapat mengidentifikasi peluang, memahami pelanggan, mengenali pesaing, dan mengoptimalkan strategi pemasaran bisnismu. 


Ingatlah bahwa analisis pasar adalah proses berkelanjutan, sehingga pastikan kamu selalu memperbarui data dan informasi untuk tetap berada di depan persaingan.



Faktor-faktor yang Mempengaruhi Analisis Pasar



Analisis pasar adalah suatu proses yang kompleks dan sangat penting dalam merumuskan strategi bisnis yang efektif. Dalam melakukan analisis pasar, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan karena faktor-faktor ini memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil dari analisis tersebut. 


1.Perubahan Ekonomi

Keadaan ekonomi yang dinamis dapat memiliki dampak besar pada analisis pasar. Ketika ekonomi sedang tumbuh dan stabil, konsumen cenderung lebih percaya diri untuk menghabiskan uang, sehingga permintaan pasar bisa meningkat. 


Sebaliknya, dalam situasi ekonomi yang lesu, permintaan bisa menurun. Oleh karena itu, memahami perubahan ekonomi sangat penting dalam analisis pasar.


  1. Tren Sosial dan Budaya

Tren sosial dan budaya juga dapat mempengaruhi perilaku konsumen dan preferensi mereka terhadap produk atau layanan tertentu. 


Misalnya, perubahan tren gaya hidup atau nilai-nilai sosial dapat memicu perubahan dalam permintaan pasar. 


Sebagai contoh, meningkatnya kesadaran tentang keberlanjutan dapat meningkatkan permintaan untuk produk ramah lingkungan.


  1. Inovasi Teknologi

Kemajuan teknologi dapat mengubah lanskap pasar dengan cepat. Perusahaan yang menggunakan teknologi terbaru untuk mengembangkan produk atau menyediakan layanan yang lebih efisien dapat mengambil keuntungan dari pasar. 


Sebaliknya, perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan teknologi dapat tertinggal dalam persaingan.


  1. Hukum dan Regulasi

Hukum dan regulasi pemerintah juga memiliki dampak pada pasar. Perubahan kebijakan atau aturan yang mengatur suatu industri dapat mempengaruhi operasional perusahaan dan mengubah dinamika pasar. Penting bagi bisnis untuk memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku.


  1. Persaingan Industri

Tingkat persaingan dalam industri dapat mempengaruhi strategi bisnis dan pangsa pasar suatu perusahaan. 


Jika persaingan ketat, perusahaan harus menemukan cara untuk membedakan diri dan menarik pelanggan. 


Sementara jika persaingan rendah, perusahaan mungkin memiliki keuntungan dalam menguasai pasar.


  1. Perubahan Demografi

Perubahan dalam struktur demografi, seperti pertumbuhan populasi, distribusi usia, dan komposisi etnis, dapat mempengaruhi permintaan pasar. 


Perusahaan harus memahami profil demografis pelanggan mereka untuk mengidentifikasi segmen pasar yang potensial.


  1. Faktor Geografis

Lokasi geografis dapat berpengaruh pada analisis pasar. Faktor-faktor seperti iklim, kepadatan populasi, dan infrastruktur dapat mempengaruhi cara konsumen berbelanja dan menggunakan produk atau layanan.


  1. Kondisi Politik dan Keamanan

Kondisi politik dan tingkat keamanan suatu negara atau wilayah juga dapat mempengaruhi analisis pasar. Ketidakstabilan politik dapat menciptakan ketidakpastian di pasar dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.


Dalam melakukan analisis pasar, penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan semua faktor ini secara holistik. 


Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pasar, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih baik dan merumuskan strategi bisnis yang sukses. 


Analisis pasar yang cermat akan membantu perusahaan tetap beradaptasi dengan perubahan pasar dan mengungguli pesaing dalam industri.



Metode Analisis Pasar



1. Focus Group Discussion (FGD)


Metode ini melibatkan diskusi kelompok kecil konsumen yang mewakili target pasar tertentu. Metode ini sangat efektif ketika diperlukan data dari kelompok konsumen spesifik.


Focus Group Discussion (FGD) membantu mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang preferensi, pandangan, dan persepsi konsumen terhadap suatu produk atau layanan.



2. Survei Market Research


Untuk mendapatkan gambaran mendalam tentang pengalaman pelanggan saat menggunakan dan membeli barang, biasanya dilakukan survei.


Survei yang terstruktur membantu perusahaan mengumpulkan data kuantitatif yang dapat diolah secara statistik dan memberikan gambaran menyeluruh tentang preferensi konsumen.



3. Field Trial


Cara yang efektif untuk mengetahui bagaimana pelanggan merespons barang atau jasa baru adalah dengan melakukan uji coba produk kepada mereka secara langsung.


Trial di lapangan membantu perusahaan menemukan fitur dan kekurangan produk dengan meminta umpan balik langsung dari pengguna potensial.



4. Social Media Engagement


Dalam era internet saat ini, keterlibatan di media sosial menjadi komponen penting dari analisis pasar. 


Perusahaan dapat mengetahui seberapa sering konsumen berinteraksi dengan merek dan bagaimana mereka melihat barang atau jasa melalui interaksi mereka di situs web seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.



5. Wawancara Individual


Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pelanggan, wawancara individu dan interaksi satu-satu memungkinkan bisnis untuk mengetahui lebih banyak tentang pandangan, kebutuhan, dan preferensi pelanggan.



6. Observasi


Metode ini berbeda karena melibatkan pengumpulan data melalui pengamatan langsung terhadap perilaku dan pengalaman pelanggan.


Observasi dapat memberikan wawasan yang tak terduga dan lebih mendalam tentang bagaimana konsumen berinteraksi dengan produk atau layanan.


Dengan memilih metode analisis pasar yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis, perusahaan dapat mengumpulkan informasi yang bernilai untuk membimbing keputusan strategis mereka.



Manfaat Analisa Pasar



Secara umum, keuntungan menggunakan analisis pasar adalah bahwa itu memungkinkan kamu untuk menentukan tujuan pemasaran untuk produk yang dijual.


Selanjutnya, perusahaan dapat membuat posisi produk dan strategi pemasaran untuk setiap produk.


Sangat penting untuk dicatat bahwa langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan analisa pasar menghasilkan keuntungan yang signifikan, berikut adalah manfaat analisa pasar :  



1. Mendapatkan Konsumen


Karena produk yang kamu jual sudah sesuai dengan kebutuhan pelanggan, kamu akan lebih mudah mendapatkan pelanggan dengan melakukan analisa pasar yang benar.



2. Mengawasi Persaingan


Kamu dapat mengalahkan bisnis yang sudah ada dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis kamu.



3. Memanfaatkan Peluang


Membedakan produk yang sudah ada di pasaran adalah salah satu cara untuk memanfaatkan peluang bisnis saat ini. Ini memungkinkan kamu untuk mengetahui peluang apa yang masih jarang dilihat oleh persaingan dan melihat prospek yang bagus untuk masa depan.



4. Sebagai Rencana Jangka Panjang


Kamu akan tahu apa yang akan terjadi dalam jangka panjang ketika Anda menjalankan bisnis sehingga Anda tidak akan bingung bagaimana mencapai kesuksesan.



5. Membuka Kesempatan Tren Bisnis


Bisnis juga mendapat manfaat dari melakukan analisis pasar, terutama jika kamu menemukan ide-ide baru yang dapat membuat bisnis kamu menjadi contoh bagi pebisnis lainnya. Jika kamu sudah menjadi contoh, penjualan kamu akan meningkat dengan cepat.



Pelajari Lebih Analisis Pasar Bersama Mentor Terbaik Dibimbing.id!



Ingin dibimbing lebih dalam penerapan langkah-langkah analisis pasar? Bootcamp Product Management pilihan terbaik untukmu! Selain langkah analisis pasar, kamu juga mendapatkan pengetahuan lebih tentang product management melalui metode belajar yang menarik! Dibimbing.id sangat menanti kehadiranmu! 


Referensi : 

1. Market Analysis: What It Is and How to Conduct One - Buka

Share

Author Image

Coriena Lathifa Dewi

Seorang lulusan Psikologi yang juga memiliki ketertarikan dalam bidang menulis

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!