Cara Menghitung Engagement Rate Instagram 2024

Raniah Fatimah

28 July 2023

21192

Image Banner

Engagement Rate (ER) adalah salah satu metrik penting dalam menilai keberhasilan kampanye pemasaran di Instagram. Dengan mempelajari cara menghitung Engagement Rate Instagram, Sobat MinDi bisa mengetahui seberapa efektif konten kamu dalam menarik perhatian dan interaksi pengguna.

Kabar baiknya, ternyata cara menghitung Engagement Rate post dan akun Instagram bisa dibilang cukup simpel, loh!

Nah, dalam artikel kali ini, MinDi akan membahas lebih dalam mengenai apa itu Engagement Rate beserta langkah-langkah sederhana untuk menghitungnya dengan akurat. Jadi, pastikan untuk simak tulisan ini sampai akhir, ya~


Apa Itu Engagement Rate?

Engagement Rate adalah metrik yang mengukur tingkat keterlibatan dan interaksi pengguna terhadap konten

Engagement Rate (ER) adalah metrik yang digunakan untuk mengukur tingkat keterlibatan atau interaksi pengguna terhadap konten yang dibagikan di platform media sosial, khususnya Instagram.

Indikator yang satu ini memang penting banget untuk dipelajari dalam Digital Marketing untuk menilai seberapa baik kinerja konten berdasarkan jumlah pengikutnya.

Engagement Rate pada Instagram biasanya menggambarkan seberapa aktif followers yang terlibat dalam suatu postingan melalui jumlah like, komentar, dan share yang diterima.

Nah, dengan menghitung Engagement Rate, Sobat MinDi bisa menilai sejauh mana konten kamu berhasil menarik perhatian dan melibatkan audiens, serta memahami efektivitas strategi pemasaran yang kamu terapkan.

Intinya, semakin tinggi Engagement Rate, semakin besar pengaruh dan interaksi yang terjadi antara konten dan audiens.


Faktor yang Mempengaruhi Engagement Rate

Faktor yang memengaruhi Engagement Rate Instagram adalah comment, like, share, mention, DM, dan lainnya

Ketika kamu baru saja mengunggah sebuah postingan dan langsung mendapat beberapa likes atau comment, maka kemungkinan besar postingan kamu akan tampil di lebih banyak feeds orang lain dan meningkatkan Engagement Rate.

Tapi, sebenarnya apa saja sih faktor yang mempengaruhi tingkat keterlibatan ini? Di Instagram, Engagement Rate diukur dengan berbagai metrik ini:

  • Comment

  • Share

  • Like

  • Save

  • Mention

  • Penggunaan Hashtag

  • Click-through

  • Direct Message

  • Akun yang terlibat

Penting untuk mengukur Engagement Rate secara teratur untuk memahami kinerja konten di media sosial dan mengidentifikasi strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dengan audiens kamu. Nah sekarang, yuk kita pelajari bagaimana cara menghitungnya!


Kenapa Penting Mengetahui Engagement Rate?

Sederhananya, jumlah pengikut dan tingkat engagement yang Sobat MinDi dapatkan adalah penilaian jujur yang menentukan kualitas konten kamu.

Misalnya nih, ada sebuah brand yang memiliki jutaan followers, tapi mereka cuma menerima belasan likes atau komentar per postingannya. Berarti, kemungkinan besar mereka tidak membagikan konten yang berkualitas tinggi.

Coba bandingkan dengan akun yang hanya memiliki beberapa ribu pengikut, tapi akun tersebut mendapat lebih banyak shares dan komentar setiap saatnya. Tandanya, akun tersebut akan memiliki Engagement Rate yang lebih tinggi.

Engagement Rate juga bisa menjadi indikasi ketidakcocokan antara konten dan audiens kamu. Kalau Engagement Rate kamu rendah, mungkin saja konten yang kamu bagikan kurang sesuai dengan karakter target audiensmu.

Makanya, menghitung Engagement Rate adalah hal yang penting banget untuk kamu lakukan supaya bisa tahu apakah konten-konten yang dibuat sudah efektif dan relevan dengan para pengikutnya.


Cara Menghitung Engagement Rate Post Instagram

Cara menghitung Engagement Rate post Instagram perlu memperhatikan jumlah interaksi dan jumlah pengikut

Untuk cara menghitung Engagement Rate sebuah postingan di Instagram, Sobat MinDi perlu memperhatikan dua faktor utama: jumlah interaksi dan jumlah pengikut. Nah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan akun Instagram kamu adalah akun bisnis

  • Selanjutnya, pilih salah satu postingan yang ingin kamu cek

  • Lihat jumlah komentar dan likes yang tertera pada postingan

  • Kemudian, gunakan rumus berikut ini:

Engagement Rate = (Likes + Comments) ÷ Followers x 100

Contohnya, kamu memiliki sebuah postingan dengan 1000 likes, 50 comments, serta jumlah followers sebanyak 20.000.

(1000 + 50) ÷ 20.000 = 1050 ÷ 20.000 = 0,0525 x 100 = 5,25. Berarti, Engagement Rate post Instagram kamu adalah 5,25%.


Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram


Selain menghitung Engagement Rate untuk setiap postingan, Sobat MinDi juga bisa menghitung Engagement Rate secara keseluruhan untuk akun Instagram kamu. Yuk, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, buka akun Instagram bisnis kamu

  • Klik menu “Professional Dashboard”

  • Kemudian, pilih opsi “See all”

  • Pada bagian waktu, pilih opsi “Last 30 Days”

  • Kemudian, gunakan rumus berikut ini:

Engagement Rate = Accounts Reached ÷ Account Engaged x 100

Misalnya, 25.000 ÷ 300.000 x 100 = 8,3. Berarti, Engagement Rate akun Instagram kamu adalah 8,3%. Gampang banget kan cara menghitungnya?


Siap Tingkatkan Performa Konten Media Sosialmu?

Nah, itu dia cara menghitung Engagement Rate Instagram yang bisa kamu coba untuk menilai efektivitas strategi pemasaran dan membangun hubungan kuat dengan pengikutmu.

Tapi, menghitung Engagement Rate saja ternyata belum cukup untuk mengoptimalkan media sosialmu, loh! Masih banyak tools lainnya yang perlu digunakan untuk menguraikan semua metrik penting di media sosial.

Untungnya, kamu bisa mendapatkan pemahaman selengkapnya mulai dari nol dengan belajar di Bootcamp Social Media Marketing dibimbing.id!

Hanya dalam 12 minggu, kamu akan menguasai strategi media sosial organik sepenuhnya mulai dari channel media sosial, copywriting, content marketing, tools analytics, dan AI bersama mentor profesional berpengalaman!

✨ Kuasai Segalanya seputar Social Media Marketing dan Dapatkan Panduan Belajar Terlengkap dengan Klik di Sini

Oke deh, sampai ketemu di artikel selanjutnya ya, Sobat MinDi~

Share

Author Image

Raniah Fatimah

Raniah is a copywriter and content writer with 2 years experiences who thrives on crafting compelling messages. With a knack for weaving SEO magic into blogs, social media copy, and beyond, she's a dedicated wordsmith who's always eager to learn and grow.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!