5 Syarat Menjadi HR Manager & Tips Ampuh untuk Mencapainya

Muthiatur Rohmah

13 June 2024

1580

Image Banner

Sobat MinDi seorang Staff HRD perusahaan? Ingin mengembangkan karir sebagai HR manager? Lantas bagaimana caranya?

Sebelum itu, perlu dipahami bahwa HR manager adalah profesional yang mengatur kinerja staff HRD perusahaan. Oleh sebab itu, untuk menjadi HR manager, individu harus memiliki skill, pengalaman dan pengetahuan yang lebih tinggi dibanding staff HRD.

Ada beberapa syarat menjadi HR manager yang bisa Sobat MinDi pelajari, semuanya akan MinDi jelaskan pada artikel ini. Simak pula tips ampuh menjadi HR manager secara lengkap berikut ini.

Stay tune terus, dan segera wujudkan mimpimu menjadi HR manager perusahaan!


Apa itu Human Resources Manager?


Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai syarat menjadi HR manager, pertama-tama yuk pahami apa itu human resources manager melalui beberapa pengertian berikut ini.

Dikutip dari Indeed, HR Manager adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengawasi departemen human resources dalam sebuah perusahaan. Seorang HR manager fokus pada orang-orang yang bekerja untuk perusahaan tersebut. 

HR manager bertugas meningkatkan hubungan antara pemberi kerja dan karyawan, mereka juga memberikan kepemimpinan dan arahan untuk memastikan bahwa perusahaan beroperasi dengan efisien.

Adapun tugas dan tanggung jawab Human Resources manager meliputi:

  1. Mewawancarai dan Merekrut Karyawan Baru
  2. Mengelola Karyawan yang Ada
  3. Menciptakan Program Pelatihan dan Pengembangan
  4. Mengawasi Fungsi Departemen Lain


Seorang HR Manager biasanya memiliki pengetahuan HR seperti manfaat karyawan, hukum ketenagakerjaan, kepatuhan terhadap keselamatan, penggajian, penganggaran, dan manfaat karyawan.

Dalam sebuah perusahaan HR Manager berperan memastikan bahwa perusahaan memiliki tenaga kerja yang kompeten, termotivasi, dan bekerja dalam lingkungan yang aman serta mematuhi semua peraturan yang berlaku.


Perbedaan HR Manager dan Staff HRD


Sebenarnya apa saja perbedaan HR manager dan staff HRD perusahaan? Yuk ketahui perbedaan lengkapnya berikut ini.


HR Manager

HR Manager memiliki tanggung jawab yang lebih tinggi dibandingkan staf HRD. HR Manager mengawasi seluruh departemen HR, merancang dan mengimplementasikan strategi HR yang mendukung tujuan bisnis, serta memastikan kepatuhan terhadap hukum ketenagakerjaan. 

Mereka juga memberikan arahan, dukungan, dan mengelola tim HR, serta menangani masalah karyawan yang kompleks. 


Staff HRD Perusahaan

Sementara itu, staff Human Resources lebih fokus pada tugas operasional sehari-hari seperti rekrutmen, administrasi gaji, dan pelaksanaan program pelatihan. Mereka mendukung implementasi kebijakan yang dirancang oleh HR Manager dan menempati posisi junior hingga menengah dalam hierarki HR.

Itulah beberapa perbedaan HR manager dan staff HRD perusahaan yang dapat Sobat MinDi pahami.


5 Syarat Menjadi HR Manager Perusahaan


Setelah kita mengetahui peran penting HR manager, dapat disimpulkan bahwa posisi HR manager tidak boleh diisi oleh sembarang orang. Posisi HR Manager harus diisi seorang yang profesional dan berpengalaman di bidang human resources.

Sobat MinDi tertarik menjadi HR manager? Yuk simak beberapa syarat menjadi HR manager yang perlu diperhatikan berikut ini.


1. Memiliki Gelar Sarjana atau Magister yang Relevan

Untuk menjadi seorang HR manager, individu harus meraih gelar sarjana atau magister dalam bidang yang relevan dengan SDM. 

Gelar sarjana dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Psikologi, Bisnis, atau bidang terkait lainnya akan memberikan landasan yang kuat dalam prinsip-prinsip dasar HR. 

Jika Sobat MinDi memiliki, gelar magister dalam bidang Sumber Daya Manusia atau bidang yang relevan, dapat memperkuat kesempatan kamu untuk diangkat sebagai HR manager perusahaan.


2. Memiliki Sertifikasi HR yang diakui

Memiliki sertifikasi HR yang diakui secara umum dapat meningkatkan kredibilitas dan menunjukkan kompetensi profesional dalam bidang Human Resources. Hal ini bisa meningkatkan peluang karir menjadi HR manager.

Beberapa sertifikasi yang umum di antaranya adalah PHR dan SPHR yang diberikan oleh HRCI, serta SHRM-CP yang diberikan oleh SHRM. 

Sertifikasi HR menunjukkan bahwa seorang profesional memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola berbagai aspek HR secara efektif.


3. Memiliki Pengalaman Kerja HR Lebih dari 5 Tahun

Selain itu, pengalaman kerja di lapangan sangat penting dalam menentukan apakah seseorang layak menjadi HR manager. Pengalaman praktis dalam berbagai peran HR dapat memberikan wawasan praktis tentang proses departemen HR beroperasi dan cara menghadapi tantangan sehari-hari. 

Pengalaman ini membantu membangun keterampilan yang dibutuhkan untuk HR manager dan meningkatkan pemahaman tentang dinamika tempat kerja.


4. Memiliki Skill Management & Leadership yang Tinggi

Salah satu syarat menjadi HR manager lainnya adalah memiliki keterampilan manajerial dan kepemimpinan. 

HR Manager harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kepemimpinan yang efektif, keterampilan pemecahan masalah yang kuat, dan kemampuan analisis data. 

Keterampilan ini berguna bagi HR Manager untuk mengelola tim, membuat keputusan strategis, dan mengatasi masalah yang kompleks dengan cara yang efisien.


5. Mendapat Promosi Jabatan & Lulus Tes

Syarat menjadi HR manager yang paling penting adalah mendapatkan promosi jabatan.

Seseorang yang mendapatkan promosi jabatan sebagai HR manager berarti memiliki kinerja luar biasa dan telah dianggap siap untuk tanggung jawab yang lebih besar. 

Beberapa perusahaan juga mensyaratkan calon HR Manager untuk lulus tes tertentu. Tes ini mengukur pengetahuan tentang hukum ketenagakerjaan, kebijakan HR, keterampilan manajerial, dan kemampuan analisis. 

Tes ini memastikan bahwa kandidat memiliki kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan tugas HR Manager dengan efektif.

Dengan memenuhi syarat menjadi HR manager ini, seseorang dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk peran sebagai HR Manager, sehingga mampu mengelola SDM secara efektif serta mendukung operasi perusahaan secara keseluruhan.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Pelatihan Human Resources Bagi Perusahaan


Tips Menjadi HR Manager Profesional


Setelah kita membahas mengenai syarat menjadi HR manager, Sobat MinDi pasti bertanya-tanya mengenai bagaimana cara mencapai syarat tersebut?

Tenang saja, berikut akan MinDi jelaskan mengenai tips menjadi HR manager profesional yang penting untuk disimak!


1. Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan di Bidang HR

Jika Sobat MinDi ingin menjadi HR manager, teruslah belajar dan kembangkan pengetahuan di bidang HR. 

Ambil pelatihan HRD, ikuti seminar, dan dapatkan sertifikasi seperti PHR atau SHRM-CP. Pengetahuan yang mendalam tentang hukum ketenagakerjaan, manajemen kinerja, rekrutmen, dan pelatihan akan sangat membantu mewujudkan mimpimu menjadi HR manager profesional.


2. Kembangkan Keterampilan Komunikasi secara Efektif

Langkah selanjutnya, jika Sobat MinDi ingin jadi HR manager adalah meningkatkan keterampilan komunikasi. 

Sobat MinDi harus mampu menyampaikan kebijakan perusahaan dengan jelas, menengahi konflik, dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Keterampilan ini juga membantu dalam membangun hubungan yang kuat dengan karyawan dan manajemen.


3. Jalin Hubungan yang Baik dengan Karyawan dan Manajemen

Tertarik menjadi HR manager? Sobat MinDi harus mampu menjalin hubungan yang baik dengan karyawan dan manajemen perusahaan.

Sebagai penghubung antara karyawan dan manajemen, penting untuk memiliki hubungan yang baik dengan kedua belah pihak. 

Dengarkan kebutuhan dan kekhawatiran karyawan, serta pastikan manajemen memahami perspektif mereka. Hal ini akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.


4. Bersikap Adaptif dan Fleksibel

Senantiasa bersikap adaptif dan fleksibel adalah kunci untuk menjadi HR manager profesional. Dunia kerja terus berubah, jadi penting untuk bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi, peraturan, dan dinamika pasar tenaga kerja. 

Bersikap terbuka terhadap inovasi dan selalu siap untuk belajar hal-hal baru akan membuat kamu tetap relevan dan efektif dalam peran HR manager.

Dengan menerapkan tips-tips ini, Sobat MinDi bisa menjadi HR Manager yang profesional, yang mampu mengelola sumber daya manusia dengan efektif, dan memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Baca Juga: Aspek Perbedaan Human Capital dan Human Resource


Berapa Gaji Human Resources Manager di Indonesia?


Mengapa banyak orang tertarik menjadi HR manager? salah satu alasannya adalah karena jenjang karir yang menjanjikan di masa depan, serta penghasilan yang lebih tinggi. Lantas berapa gaji HR manager di Indonesia?

Dikutip dari Payscale, gaji seorang HR Manager di Indonesia pada tahun 2024 adalah sekitar Rp 181.188.674 per tahun atau sekitar Rp 15.099.056 per bulan. 

Namun, gaji ini bisa berkisar dari Rp 4 juta hingga Rp 350 juta per tahun, tergantung pada pengalaman dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Perlu dipahami bahwa gaji HR manager di Indonesia bersifat fleksibel dan sangat dipengaruhi oleh posisi spesifik, tingkat pengalaman, dan perusahaan tempat bekerja. Gaji HR manager di tempat kalian mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.


Ingin Jadi HR Manager Profesional? Yuk Ikuti Bootcamp HR Dibimbing.id


Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai syarat menjadi HR manager. Jika Sobat MinDi benar-benar menginginkan posisi ini, sebaiknya mulai latih keterampilan HR kamu mulai dari sekarang.

Salah satu tips menjadi HR manager profesional adalah mengikuti pelatihan HRD profesional dan terbaik. Dimana kita dapat menemukannya? Tentu saja dengan mengikuti bootcamp Human Resources dibimbing.id

Yuk ikuti bootcamp Human Resources dibimbing.id, sebuah bootcamp terbaik dengan pembelajaran inovatif dan intensif. Kuasai tools HRIS dan seluruh aspek Human Resources yang akan diajarkan pada bootcamp ini.

Bootcamp HR dibimbing.id didampingi oleh mentor profesional dan terbaik yang bakal bantu kamu jadi Human Resources sukses.

Belum memiliki pengalaman di bidang human resources sama sekali?

Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly

Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.

Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Reference:

  1. How to Become a Human Resource Manager - Buka
  2. How To Become an HR Manager (Duties, Salary and Skills) - Buka
  3. Average Human Resources (HR) Manager Salary in Indonesia - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!