dibimbing.id - 7 Rekomendasi Sertifikasi HR Online, Fleksible & Terpercaya

7 Rekomendasi Sertifikasi HR Online, Fleksible & Terpercaya

Muthiatur Rohmah

•

15 May 2024

•

719

Image Banner

Sobat MinDi ingin jadi master di bidang Human Resource? Ingin membuktikan kemampuan mengelola SDM perusahaan secara efektif? Yuk ikuti sertifikasi HR.


Sertifikasi HR adalah dokumen resmi yang dibuat untuk meningkatkan kredibilitas karyawan atau individu di bidang Human Resource. Dengan sertifikasi HR, ilmu dan kemampuanmu akan diterima dan dihargai di dunia kerja secara profesional.


Gimana? Tertarik mengikuti sertifikasi HR? Kabar baiknya, Sobat MinDi bisa mengikuti sertifikasi HR online, dengan waktu yang fleksibel, dimanapun dan kapanpun.


Bingung cari rekomendasi sertifikasi HR online yang trusted? Yuk simak penjelasan MinDi mengenai rekomendasi sertifikasi HR Online yang fleksibel dan terpercaya, berikut ini.



Apa itu Sertifikasi Human Resource?



Sertifikasi Human Resources adalah dokumen resmi yang memverifikasi penyelesaian kursus atau program yang mengajarkan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di bidang HR. 


Sertifikasi HR menunjukkan bahwa pemegangnya memiliki pengetahuan dan kualifikasi untuk bekerja sebagai profesional HR. 


Sertifikasi HR dapat diperoleh melalui studi atau bootcamp online, hingga perguruan tinggi atau sekolah kejuruan. Sertifikasi HR menunjukkan bahwa Sobat MinDi memiliki keterampilan Human Resources dan memiliki kualifikasi tinggi untuk posisi tertentu.


Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi HR? Setiap sertifikasi HR memerlukan syarat yang berbeda. Ada yang harus menyelesaikan pelatihan dalam beberapa bulan atau cukup menyelesaikan ujian dalam satu waktu saja.


Sertifikasi HR ini penting bagi karir Sobat MinDi, sertifikasi ini berfungsi sebagai bukti kompetensi dan dedikasi Sobat MinDi dalam bidang HR, sehingga membantu diri kamu  terlihat menonjol dibanding kandidat lain saat proses perekrutan.


Baca Juga: 11 Pelatihan & Sertifikasi Project Management Gratis



7 Rekomendasi Sertifikasi HR Online, Fleksibel dan Terpercaya!



Bingung cari rekomendasi kursus sertifikasi Human Resource online yang fleksibel dan terpercaya? tenang saja, MinDi telah rangkumkan sertifikasi HR online terbaik dan terpercaya, stay tune dan simak sampai habis ya!



1. Bootcamp Human Resources Dibimbing.id


Bootcamp Human Resources Dibimbing.id


Dibimbing.id adalah platform pembelajaran dan persiapan karir digital yang menyediakan pelatihan skill untuk menyiapkan keterampilan digital yang sangat dibutuhkan industri pada saat ini. 


Salah satu layanan mereka adalah bootcamp human resources, yang ditunjukkan khusus buat kamu yang tertarik bekerja di bidang Human Resources, atau ingin memperdalam skill HR secara profesional.


Bootcamp Human Resources dirancang khusus untuk Sobat MinDi yang ingin menguasai skillset penting seperti Recruitment, Leadership, Communication, Data Analysis, Negotiation, Time Management, dan masih banyak lagi.


Program bootcamp ini akan berjalan selama 3 – 5 bulan, yang dibimbing langsung oleh mentor berpengalaman di bidangnya. Saat mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bisa mendapatkan Double Certification dengan sertifikasi BNSP untuk meningkatkan kredibilitas di bidang HR. Yuk daftar sekarang juga di sini!



2. SHRM Certified Professional (SHRM-CP) dan SHRM Senior Certified Professional (SHRM-SCP)


SHRM Certified Professional (SHRM-CP) dan SHRM Senior Certified Professional (SHRM-SCP)


Program sertifikasi ini diselenggarakan oleh Society for Human Resource Management (SHRM). Sertifikasi ini dirancang untuk HR profesional yang ingin membuktikan keahlian mereka dalam aspek-aspek teknis dan operasional HR. 


SHRM-CP fokus pada profesional HR di level operasional, sementara SHRM-SCP ditujukan untuk senior HR profesional yang beroperasi di tingkat strategis.


Apa saja yang akan dipelajari dalam kursus ini? Sobat MinDi bisa belajar mencakup kompetensi perilaku dan pengetahuan teknis, seperti People Management, Organizational Effectiveness & Development, dan Workplace Management.


Adapun persyaratan yang diperlukan, SHRM-CP membutuhkan pengalaman HR yang relevan dan tingkat pendidikan tertentu, sedangkan SHRM-SCP memerlukan pengalaman manajerial HR yang lebih ekstensif.


Sertifikasi ini telah diakui secara global, sehingga membantu meningkatkan peluang kerja dan kredibilitas profesional di bidang Human resources. Yuk daftar sekarang di sini!



3. Professional in Human Resources (PHR)


Professional in Human Resources (PHR)


Pelatihan ini diselenggarakan oleh HR Certification Institute (HRCI) yang menekankan pada pengetahuan operasional HR, dan merupakan pilihan yang baik untuk Sobat MinDi yang berencana mengelola program HR sehari-hari.


Kursus ini meliputi pengelolaan pekerja, perencanaan tenaga kerja, kompensasi dan manfaat, serta kepatuhan hukum dan regulasi. Jika ingin mengikuti pelatihan ini, kandidat perlu memiliki pengalaman dalam HR yang relevan dan pendidikan tingkat tinggi tergantung pada pengalaman kerja mereka.


Tertarik? Yuk buruan daftar di sini!



4. Senior Professional in Human Resources (SPHR)


Kursus ini diselenggarakan oleh HR Certification Institute (HRCI) yang dirancang untuk HR professional di level senior yang bertanggung jawab atas perencanaan strategis HR.


Apa saja yang akan dipelajari? Pembelajaran meliputi manajemen strategis dan kebijakan, kepemimpinan dan pengembangan organisasi, serta manajemen risiko.


Syarat mengikuti kursus ini membutuhkan pengalaman manajerial HR yang lebih luas, secara tidak langsung, kursus ini ditunjukkan oleh HR yang telah memasuki tahap manager.


Ingin coba daftar sertifikasi HR SPHR? Yuk daftar sekarang di sini!



5. Associate Professional in Human Resources (aPHR)


Sertifikasi ini diselenggarakan oleh HR Certification Institute (HRCI). aPHR adalah sertifikasi level entry yang ideal bagi Sobat MinDi yang baru memulai karir HR.


Apa saja yang dapat dipelajari? Sobat MinDi akan fokus pada dasar-dasar HR, seperti praktik pengelolaan HR, riset operasional, dan prinsip-prinsip regulasi.


Mengikuti sertifikasi tidak ada prasyarat pengalaman kerja, menjadikannya pilihan yang terbaik bagi fresh graduate atau Sobat MinDi yang tertarik memulai karir di HR.


Ayoo segera daftarkan diri kamu di sini!



6. Udemy Certification Course in Human Resource Management


Udemy menyediakan beragam kursus HR untuk semua level keahlian, mulai dari kursus dasar hingga tingkat lanjut. Topik-topik meliputi administrasi HR, kepatuhan hukum dalam HR, dan teknik rekrutmen. 


Tenang saja, setelah lulus pelatihan, udemy akan memberikan sertifikasi HR yang kredibel dan diakui profesional bertaraf internasional. Tertarik? Buruan daftar di sini!



7. Alison Free Online Human Resource Management Courses


Alison menawarkan kursus gratis dalam bidang HR, yang membuatnya menjadi pilihan populer bagi Sobat MinDi yang mencari pendidikan tanpa biaya awal. 


Kursus-kursus di Alison meliputi dasar-dasar manajemen sumber daya manusia, teknik rekrutmen, dan lain-lain. Tenang saja, meskipun gratis, Alison menawarkan sertifikasi HR yang dapat dibeli setelah lulus kursus. Yuk daftar sekarang juga di sini!


Baca Juga: 8 Rekomendasi Pelatihan SEO Gratis Bersertifikat & Terbaik




Manfaat Sertifikasi Human Resources



Memiliki sertifikasi di bidang Human Resources akan memberikan banyak manfaat positif bagi perkembangan karir Sobat MinDi di bidang Human Resources perusahaan. Apa saja manfaatnya?


Yuk simak penjelasan MinDi mengenai beberapa manfaat Sertifikasi Human Resources (HR) berikut ini.


Manfaat Sertifikasi Human Resources



1. Prospek Pekerjaan


Sertifikasi HR dapat meningkatkan prospek pekerjaan Sobat MinDi dan memenuhi syarat untuk posisi di bidang ini. 


Banyak bidang pekerjaan HR yang membutuhkan sertifikasi tertentu, beberapa lowongan kerja bahkan tidak akan mempertimbangkan pelamar tanpa sertifikasi tersebut. 


Sertifikasi HR dapat menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Sobat MinDi memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bekerja dalam posisi tersebut dan dapat memungkinkan kamu untuk bernegosiasi gaji yang lebih tinggi. 


Banyak perusahaan membutuhkan dukungan HR, sehingga terdapat berbagai karir potensial bagi individu yang berkualitas khusus, yang dapat dibuktikan dengan sertifikasi HR.



2. Pengembangan Keterampilan


Program sertifikasi HR akan mengajarkan berbagai keterampilan yang diperlukan di bidang Human Resources. 


Sobat MinDi dapat belajar bagaimana menyelesaikan tugas-tugas spesifik, seperti mengelola manfaat karyawan, merancang proses perekrutan yang efektif, dan melatih karyawan baru. 


Program sertifikasi HR mengajarkan Sobat MinDi untuk mengembangkan kebiasaan kerja yang baik dan menunjukkan pengetahuan melalui tes dan ujian. Program ini dapat membantu memperoleh keterampilan baru yang bermanfaat di tempat kerja.



3. Networking


Mengikuti kursus sertifikasi HR dapat membantu membangun jaringan dan memulai karir di bidang Human Resources. 


Sobat MinDi juga dapat membangun hubungan dengan sesama peserta yang dapat membantu  dalam karir. Mengikuti kursus sertifikasi HR adalah cara yang tepat untuk memulai di bidang Human Resources.



4. Memperbarui Pengetahuan


Praktik dan pendekatan Human Resources dapat berubah dengan cepat, dan ada banyak cara bisnis dapat meningkatkan metodologinya untuk meningkatkan retensi karyawan dan kepuasan kerja. 


Melalui kursus sertifikasi HR, Sobat MinDi dapat memperoleh pengetahuan tentang pendekatan dan teknik baru di bidang Human Resources. Hal ini akan membantu memperbarui praktek yang menguntungkan perusahaan.



Dapatkan Sertifikasi HR Profesional melalui Bootcamp HR Dibimbing.id



Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai sertifikasi Human Resources, mulai dari pengertian, rekomendasi hingga manfaatnya. Jika Sobat MinDi ingin prospek karir yang bagus di bidang HR, memiliki sertifikasi HR merupakan hal yang penting.


Tertarik mengikuti sertifikasi HR professional? Cari platform online yang terpercaya dan fleksibel?


Yuk ikuti bootcamp Human Resources dibimbing.id, sebuah bootcamp terbaik dengan pembelajaran inovatif dan intensif. Kuasai tools HRIS dan seluruh aspek Human Resources yang akan diajarkan pada bootcamp ini.


Bootcamp HR dibimbing.id didampingi oleh mentor profesional dan terbaik yang bakal bantu kamu jadi Human Resources sukses.


Belum memiliki pengalaman di bidang human resources sama sekali?

Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly


Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.


Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.



FAQ Sertifikasi HR



  • Mengapa sertifikasi HR penting?


Sertifikasi HR penting karena menunjukkan bahwa profesional HR memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola sumber daya manusia secara efektif. Ini meningkatkan kredibilitas profesional, membantu dalam kemajuan karir, dan sering kali diperlukan oleh perusahaan saat merekrut untuk posisi HR strategis dan senior.


  • Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi HR?


Untuk mendapatkan sertifikasi HR, Anda perlu memenuhi prasyarat pendidikan dan pengalaman kerja yang ditetapkan oleh lembaga pemberi sertifikasi, mendaftar untuk ujian, dan lulus ujian tersebut. Setelah mendapatkan sertifikasi, profesional HR biasanya harus memperbarui sertifikasi mereka setiap beberapa tahun melalui pendidikan berkelanjutan.


  • Berapa biaya untuk mendapatkan sertifikasi HR?


Biaya untuk sertifikasi HR bervariasi tergantung pada program dan lembaga yang menyediakannya. Biaya bisa mencakup pendaftaran ujian, materi persiapan, dan biaya kursus yang relevan. Sering kali, perusahaan akan menanggung biaya sertifikasi sebagai bagian dari pengembangan profesional karyawan.


  • Berapa lama sertifikasi HR berlaku?


Umumnya, sertifikasi HR berlaku selama dua hingga tiga tahun. Profesional harus memperbarui sertifikasinya melalui pendidikan berkelanjutan, kegiatan profesional, atau mengulangi ujian untuk menjaga sertifikasi tetap aktif dan relevan.


  • Apakah sertifikasi HR diakui secara internasional?


Beberapa sertifikasi HR seperti SHRM-CP, SHRM-SCP, dan SPHR diakui secara internasional. Namun, penting untuk memeriksa dengan lembaga sertifikasi spesifik untuk memastikan bahwa sertifikasi mereka diakui di negara atau industri tempat Anda berencana untuk bekerja.


  • Bagaimana sertifikasi HR dapat mempengaruhi prospek karir saya?


Sertifikasi HR dapat secara signifikan meningkatkan prospek karir Anda dengan menunjukkan keahlian dan dedikasi Anda terhadap bidang HR. Hal ini dapat membuat Anda lebih menonjol di antara kandidat lain saat melamar pekerjaan dan dapat membuka peluang untuk posisi yang lebih tinggi dan gaji yang lebih baik.


Reference:

  • A Guide to HR Certifications (With Definition and Benefits) - Buka

  • What Is Human Resource Certification, and Do I Need It? - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!