dibimbing.id - Simak 8 AI Edit Video yang Canggih, Cocok untuk Content Creator!

Simak 8 AI Edit Video yang Canggih, Cocok untuk Content Creator!

Muthiatur Rohmah

•

20 March 2024

•

342

Image Banner

Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah kecerdasan buatan yang digunakan untuk membantu aktivitas manusia. 


Pada era teknologi yang semakin canggih ini, AI telah berkembang menjadi beberapa aplikasi yang berguna, salah satunya adalah aplikasi edit video.


Edit Video menggunakan AI, adalah salah satu langkah praktis  yang dapat memudahkan pekerjaan content creator.


Penasaran mengenai apa saja aplikasi edit video yang menggunakan Artificial Intelligence? Yuk simak rekomendasi AI edit video terbaik, versi MinDi berikut ini.



8 Aplikasi AI untuk Edit Video, Terbaik dan Efisien!


Artificial Intelligence (AI) terus berkembang, salah satunya dalam aplikasi edit video.


Dengan AI, sebuah aplikasi edit video dapat memiliki kemampuan yang lebih canggih dan efisien dalam pengolahan konten visual. 


Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi video yang memanfaatkan AI, yang wajib untuk Sobat MinDi pahami!



1. Adobe Premiere Pro


Adobe Premiere Pro merupakan bagian dari Adobe Creative Cloud, yang terkenal dengan fitur Adobe Sensei, yaitu  sebuah framework AI yang mengotomatisasi tugas-tugas seperti pemilihan adegan, pengoptimalan audio, dan penyesuaian warna. 


Adobe Sensei juga dapat membuat transkrip dialog secara otomatis dan membuat subtitle yang akurat, hal ini memudahkan dalam edit dialog atau wawancara. 


Teknologi AI pada Adobe sensei dapat  menghemat waktu editor, sehingga dapat fokus lebih pada aspek kreativitas pengeditan.



2. Final Cut Pro


Untuk pengguna macbook, Final Cut Pro adalah salah satu aplikasi edit video yang menggunakan AI terbaik.


Final Cut Pro memanfaatkan AI untuk beberapa fitur penting, seperti termasuk pengenalan wajah untuk pengaturan frame yang lebih akurat dan pengoptimalan konten untuk media sosial, untuk menyesuaikan aspek rasio dan framing berdasarkan komposisi adegan. 


Ini sangat berguna untuk pembuat konten yang ingin menyesuaikan video untuk berbagai platform dengan efisiensi yang tinggi.



3. DaVinci Resolve


DaVinci Resolve dikenal luas karena kemampuan color grading-nya yang superior, dan penggunaan AI yang canggih dan kreatif. 


Fitur seperti face recognition memudahkan pengaturan warna pada wajah, sementara scene cut detection otomatis membantu mengidentifikasi perubahan adegan yang mempercepat proses pengeditan. 


Hal ini membuat DaVinci Resolve menjadi pilihan terbaik bagi content creator yang membutuhkan kontrol mendetail atas aspek visual video mereka.



4. CapCut


Sebagai aplikasi edit video populer, CapCut menggunakan AI untuk memperkaya fitur pengeditannya. 


Capcut memanfaatkan AI untuk penghilang background otomatis, efek visual cerdas, dan rekomendasi musik yang disesuaikan dengan mood atau tema video. 


Dengan antarmuka pengguna yang ramah, CapCut merupakan salah satu alat edit video berbasis AI dapat diakses oleh pemula.


Baca Juga:

7 Cara Optimasi SEO YouTube agar Banyak Penonton, Ampuh!




5. Lumen5


Lumen5 dirancang untuk membantu bisnis dan profesional media sosial mengubah teks artikel atau posting blog menjadi video menarik. 


Lumen5 merupakan aplikasi edit video yang menggunakan AI, platform ini secara otomatis menyarankan gambar, video klip, dan musik yang paling relevan berdasarkan konten teks yang diberikan. 


Hal ini memudahkan pembuatan video promosi atau edukatif yang menarik, dengan langkah yang praktis dan mudah.



6. Magisto


Magisto merupakan aplikasi edit video menggunakan AI yang berfungsi untuk menganalisis dan mengedit klip video, gambar, dan musik. 


Berdasarkan gaya pengeditan yang dipilih pengguna, Magisto bisa menghasilkan video yang terlihat profesional dalam waktu singkat. 


Aplikasi ini cocok untuk bisnis kecil atau individu yang ingin membuat video promosi atau sosial media dengan waktu yang singkat.



7. Wondershare Filmora


Wondershare Filmora menyediakan serangkaian fitur pengeditan video berbasis AI yang mempermudah proses kreatif. 


AI dalam Filmora membantu dengan berbagai fitur, seperti penghapusan background tanpa green screen hingga pengenalan wajah dan penyesuaian audio otomatis. 


Hal ini menjadikan Filmora sebagai pilihan yang bagus untuk pengguna yang mencari solusi pengeditan video yang mudah dan praktis.




8. Clipchamp


Clipchamp adalah alat pengeditan video berbasis web yang menggunakan AI untuk menawarkan transkripsi video dan pengoptimalan konten untuk berbagai platform. 


Dengan antarmuka yang intuitif dan pilihan template video, Clipchamp memungkinkan pengguna untuk membuat konten video dengan cepat dan pratik sehingga terlihat menarik dan relevan untuk audiens mereka.


AI edit video dapat mempermudah bagi setiap content creator, termasuk pemula untuk menciptakan karya yang menarik dan berkualitas. 


Dengan perkembangan teknologi yang terus menerus, kita dapat mengharapkan fitur dan kemampuan AI yang lebih inovatif di masa depan.


Baca Juga:

5 Cara Agar Video YouTube Cepat Terindex Oleh Google, Yuk Praktik!



Skill editing video merupakan keterampilan kreatif yang dibutuhkan dalam berbagai profesi, salah satunya di bidang social media marketing.


Dengan skill editing video yang mumpuni, tampilan konten dan social media perusahaan akan terlihat menarik dan berpotensi menjangkau lebih banyak audiens target.


Ingin belajar lebih dalam tentang social media marketing? Tertarik switch career di bidang social media marketing?


Yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, pelatihan intensif yang memiliki sistem pembelajaran terbaik dan inovatif. Bootcamp ini didampingi oleh para mentor berpengalaman dan profesional yang siap wujudkan karir Anda sebagai social media specialist sukses.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri di sini! lalu nikmati layanan job connect ke ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.



Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!