dibimbing.id - 5 Cara Agar Video YouTube Cepat Terindex Oleh Google, Yuk Praktik!

5 Cara Agar Video YouTube Cepat Terindex Oleh Google, Yuk Praktik!

Nadia L Kamila

•

06 October 2023

•

1964

Image Banner

Apakah ada Sobat MinDi yang suka bikin video dan upload di YouTube? Atau punya cita-cita ingin menjadi YouTuber nih? Waah, semoga selalu konsisten untuk bikin kontennya ya!

Tapi biasanya nih ada yang sering dikeluhkan, yaitu kenapa ya video aku nggak naik-naik? 

Untuk menjawab ini tentu ada banyak faktor yang harus diteliti. Tapi faktor yang paling terpenting adalah apakah Google sudah mengindex video YouTube milikmu? Kali ini kita akan bahas bagaimana cara agar video YouTube cepat terindex oleh Google. 


Mengapa Video YouTube Harus Terindex oleh Google?


Ketika sebuah video YouTube telah terindex di Google, maka video tersebut akan muncul saat pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci relevan. Ini tentunya bisa meningkatkan jumlah penonton dan engagement pada kontenmu.

Misalnya kamu membuat konten tentang masakan anak kos yang murah dan mudah. Saat ada pengguna yang mencari konten serupa, dan videomu muncul pada bagian atas pencarian YouTube, maka orang tersebut akan menonton kontenmu. 

Saat ini, YouTube memiliki miliaran pengguna dan menjadikannya adalah platform video terbesar di dunia. Ditambah lagi YouTube adalah bagian dari Google, hal ini membuat videomu pun bisa tayang pada hasil pencarian Google. 

Tentu sayang sekali jika kamu sudah mengeluarkan effort yang cukup besar dalam produksi sebuah video, namun tidak ada orang yang bisa menemukan videomu karena belum terindex oleh Google.

Baca Juga : 7 Cara Optimasi Video YouTube Agar Banyak Penonton, Ampuh!


Bagaimana Cara Agar Video YouTube Cepat Terindex?


Nah, ada beberapa cara agar video YouTube cepat terindex dan membuat video dapat direkomendasikan kepada pengguna yang tepat. 


1. Optimalisasi Judul Video


Judul yang sesuai dengan keyword yang ditargetkan sangat penting. Pastikan saat membuat video kamu sudah memiliki satu keyword utama tentang video yang kamu buat. Letakkan pula keyword pada awal judul.

Misalnya video yang kamu unggah berisi tutorial hijab pashmina, maka pastikan keyword utama ‘tutorial hijab pashmina’ ini ada di awal judul. Kamu bisa menggunakan judul seperti ‘7 Tutorial Hijab Pashmina untuk Pergi Ke Kampus’.

Dengan adanya keyword pada awal judul video, maka Google akan dengan mudah mengidentifikasi jenis konten seperti apa yang sudah kamu buat. Jadi, jangan asal-asalan lagi untuk bikin judul ya!


2. Deskripsi Video yang Rinci


YouTube menyediakan ruang untuk menulis deskripsi video. Manfaatkan fasilitas tersebut dengan menulis deskripsi yang mendetail dan berisi keyword relevan. Semakin detail deskripsi, semakin mudah bagi Google untuk mengenali konten video kamu.

Adanya keyword dalam paragraf deskripsi ini bisa kamu tambahkan dengan detail. Misalnya kamu bisa mendeskripsikan tutorial hijab dari bahan pashmina crinkle warna apa, beli di mana, dan lain sebagainya. 

Nah, Jangan lagi membiarkan kolom deskripsi video dalam keadaan kosong ya! Masukkan juga tag untuk mempermudah Google mengklasifikasikan videomu.


3. Bagikan Link Video Ke Media Sosial


Kamu bisa membagikan link dari video yang sudah diunggah ke media sosial seperti bio di Instagram atau mempromosikannya di Twitter. Saat sebuah video ditautkan pada website lain, kecepatan index video akan meningkat. Karena Google juga mengindex media sosial tersebut.

Namun kamu juga harus memperhatikan agar tidak share link video berlebihan dalam satu waktu. Karena bisa jadi Google malah menganggap link yang kamu bagikan sebagai spam!


4. Perhatikan Kualitas Video


Konten yang berkualitas tentu akan sangat disukai Google dan akan direkomendasikan pada penonton yang tepat. Maka, pastikan konten video yang kamu buat enak dilihat, pencahayaannya cukup, informatif, dan memiliki suara yang nyaman didengar.

Konten yang bagus adalah kunci, karena sejatinya kamu membuat konten agar dapat dinikmati oleh manusia dan bukan untuk mesin. 


5. Upload Video Konsisten


Google selalu mengindex video-video baru yang telah diunggah ke YouTube dengan perlahan. Lalu, berapa lama hingga video kita dapat muncul di pencarian Google dan halaman YouTube? 

Semakin sering kamu upload video, maka semakin cepat pula mesin pencari mengindex video tersebut. Lebih baik upload video sepekan sekali hingga sehari sekali tapi konsisten, daripada kamu langsung upload banyak video tapi hanya satu kali saja.

Itulah lima cara agar video YouTube cepat terindex Google. Jadi jangan asal unggah video kemudian ditinggal ya, tapi perhatikan beberapa tips di atas dan praktekkan.

Kamu juga bisa mendapatkan pendampingan karir bagaimana cara membesarkan akun YouTube di program Bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing lho! 

Disini kamu nggak cuma diajari strategi membuat konten dan mendapatkan banyak subscribers, tapi juga langsung praktek dengan real case project yang sudah disiapkan oleh mentor. Jangan lupa daftar ya!


Faktor Tambahan yang Mempengaruhi Index Google Pada Video YouTube


Selain kelima cara yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya ada beberapa faktor tambahan yang juga memberikan pengaruh terhadap index video YouTube. Apa saja?


1. Interaksi Pengguna


Semakin banyak pengguna yang interaksi dengan video kamu, seperti memberi like, komentar, atau berbagi, semakin tinggi kesempatan video untuk terindex. 


2. Durasi Penonton


Video yang ditonton dalam durasi yang panjang menandakan bahwa konten tersebut berkualitas. Sehingga kamu juga perlu memperhatikan berbagai angle atau hal yang membuat pengunjung betah untuk menonton hingga video selesai.


3. Trafik Eksternal

Jika banyak sumber eksternal, seperti media sosial, blog atau website yang mengarahkan ke video kamu, maka Google akan menganggap video tersebut relevan dan layak untuk diindeks.


4. Manfaatkan Thumbnail yang Menarik


Thumbnails adalah representasi visual pertama dari konten video kamu di YouTube. Sebuah thumbnail yang menarik tak hanya meningkatkan klik dan penonton, tapi juga memberi kesan positif kepada mesin pencari tentang relevansi dari video.


5. Analisa Performa Video


Kamu juga perlu untuk rutin memantau dan menganalisa performa video. YouTube Studio menyediakan berbagai alat analitik yang membantu kamu memahami bagaimana performa video kamu dan apa yang perlu ditingkatkan.

Itulah langkah-langkah dan cara agar video YouTube cepat terindex oleh mesin pencari Google. Semoga artikel ini membantu ya!

Kamu juga bisa mengikuti Bootcamp Digital Marketing yang diadakan oleh Dibimbing untuk mengetahui bagaimana pondasi untuk memasarkan video yang kamu miliki supaya dapat ditonton oleh banyak orang.

Dibimbing menyediakan silabus pembelajaran yang relevan dengan apa yang kamu butuhkan, So segera daftarkan diri kamu di sini ya!

Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!