dibimbing.id - Mengenal Apa itu First Contentful Paint & Cara Tingkatkannya

Mengenal Apa itu First Contentful Paint & Cara Tingkatkannya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

12 January 2024

•

174

Image Banner

First contentful paint adalah salah satu aspek yang memiliki dampak kepada user experience. Sebab, first contentful paint adalah komponen yang berkaitan dengan kecepatan situs web.


Hal ini membuat first contentful paint sebagai kunci dari performa situs web dan pengalaman pengguna. Oleh sebab itu, kamu wajib paham cara optimasi first contentful paint.


Untuk mempelajarinya, simak penjelasan konsep serta cara meningkatkan first contentful paint di bawah ini!


Apa itu First Contentful Paint?


Seperti yang disebutkan di atas, first contentful paint adalah aspek yang berpengaruh pada user experience dan berkaitan dengan kecepatan situs web.


Di dalam pengembangan web, first contentful paint adalah konsep yang mengacu pada waktu yang dibutuhkan untuk membuat bagian pertama konten pada browser pengguna.


Misalnya, saat pengguna sedang menunggu sebuah halaman web dimuat. First contentful paint adalah momen saat pengguna melihat teks, gambar, atau elemen lainnya yang muncul di layar.


Hal ini memiliki dampak signifikan pada user experience. Sebab, first contentful paint adalah komponen yang memberikan kesan pertama pengguna tentang kecepatan situs web.


Oleh karena itu, semakin cepat first contentful paint terjadi, makin baik pula pengalaman pengguna.


Cara Meningkatkan First Contentful Paint


First contentful paint sangat berpengaruh pada user experience, makin besar skornya makin tinggi juga pengalaman pengguna. Untuk meningkatkan skor first contentful paint, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.


Berikut adalah beberapa cara meningkatkan first contentful paint yang bisa diterapkan:


1. Optimalkan File


Langkah pertama untuk meningkatkan first contentful paint adalah dengan mengoptimalkan file. Berikut adalah cara-caranya:


  • Kompresi Gambar: Gunakan format gambar yang efisien seperti WebP. Lalu, pastikan juga gambar yang dikompres tetap memiliki kualitas bagus.

  • Minifikasi dan Penggabungan File: Minifikasi file CSS, JavaScript, dan HTML untuk mengurangi ukurannya. Gabungkan file menjadi satu agar jumlah permintaan HTTP bisa dikurangi.


Baca Juga: 12+ Cara Mempercepat Website WordPress, Terampuh!


2. Gunakan Cache Browser


Berikutnya, kamu bisa gunakan cache browser. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan sumber daya yang sering digunakan. Dengan begitu, konten bisa dimuat lebih cepat di kunjungan berikutnya.


3. Optimalkan Pengiriman CSS dan JavaScript


Selanjutnya, cara untuk tingkatkan first contentful paint adalah dengan optimasi pengeriman CSS dan JavaScript. Sertakan CSS yang diperlukan saja untuk rendering bagian atas halaman (above-the-fold content).


Selain itu, kamu juga harus menunda pemrosesan JavaScript yang tidak penting untuk rendering awal.




4. Manfaatkan Content Delivery Network (CDN)


Berikutnya adalah gunakan content delivery network. Layanan ini berfungsi untuk mengurangi latensi dengan menyediakan konten dari server terdekat dengan pengguna.


5. Optimalkan Server


Lalu, kamu juga bisa optimalkan server untuk tingkatkan first contentful paint. Kamu bisa melakukan ini dengan meningkatkan responsivitas server. Beberapa caranya adalah dengan menggunakan HTTP/2, memperbaiki konfigurasi server, atau meningkatkan sumber dayanya.


6. Hindari Redirect Berlebihan


Berikutnya, cara untuk meningkatkan skor first contentful paint adalah dengan menghindari redirect berlebihan. Sebab, redirect tambahan bisa menambah waktu muat. Jadi, hindari penggunaan redirect yang tidak perlu.


7. Prioritaskan Konten Above-the-Fold


Lalu, kamu juga bisa prioritaskan konten above-the-fold sebagai bentuk optimasi. Pastikan konten yang penting muncul dan dimuat lebih dulu dibanding elemen lainnya.


Baca Juga: 9 Cara Membuat Web Responsif dan User Friendly


8. Pakai Teknik Lazy Loading


Selanjutnya, gunakan teknik lazy loading untuk meningkatkan first contentful paint. Teknik ini bisa digunakan untuk gambar dan konten media. Dengan teknik ini, konten hanya akan dimuat apabila pengguna menggulir ke bagian tersebut.


9. Optimalkan Web Fonts


Cara selanjutnya untuk meningkatkan first contentful paint adalah dengan mengoptimalkan web fonts. Hal ini bisa berguna untuk mengurangi waktu muat.


10. Gunakan Accelerated Mobile Pages


Terakhir adalah dengan menggunakan Accelerated Mobile Pages (AMP). Fitur ini bisa digunakan apabila banyak target audiens yang menggunakan mobile. Ini bisa berguna untuk tingkatkan kecepatan muat di perangkat mobile.


Demikian informasi seputar first contentful paint yang mencakup pengertian serta cara meningkatkannya. Kesimpulannya, first contentful paint adalah bagian dari pengembangan web yang bisa berdampak pada user experience dan keberhasilan pemasaran.


Sebab user experience yang baik bisa meningkatkan minat audiens untuk mengunjungi situs web serta berinteraksi di situ. Dengan begitu, pemasaran konten bisa sampai ke mereka dan bisa meningkatkan potensi dari keberhasilan digital marketing.


Meski performa web penting di digital marketing, ada banyak hal lain yang harus dieksplorasi untuk capai kesuksesan pemasaran. Misalnya, pembuatan konten berkualitas, riset tren dan audiens, serta strategi pemilihan channel marketing.


Bagi Sobat MinDi yang masih bingung untuk memulai darimana, kamu bisa ikuti Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id. Di sini, kamu bisa berkesempatan untuk eksplor semua channel digital marketing dengan materi terupdate dan lifetime access.


Di samping itu, kamu juga bisa mendapatkan hands-on experience lewat real-case project yang diberikan selama masa pembelajaran. Terlebih lagi, kamu juga bisa dapatkan pekerjaan lewat job connection ke 500+ companies.


Nggak usah tunggu lama, yuk daftarkan dirimu sekarang dan eksplor digital marketing di Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!