Pengertian Web Server dan Fungsi Pentingnya untuk Website

Syaukha Ahmad Risyad

•

05 September 2023

•

567

Image Banner

Sebagai developer situs web, web server memegang peran penting buat interaksi user terhadap situs kamu. Namun, apa, sih, pengertian web server ini?

Di era digital saat ini, web server punya fungsi yang esensial dalam memastikan situs web agar dapat diakses dan digunakan oleh pengguna dengan lancar, dari merespon berbagai request, hingga menjaga keamanan dan performa web. Di tulisan ini, MinDi mau menjelaskan tentang pengertian dari web server, serta menggambarkan peran signifikannya dalam dunia internet. Pastikan kamu baca sampai habis, ya!

Pengertian Web Server

Web server merupakan sebuah sistem komputer yang menyimpan, mengolah, dan memberikan konten web kepada user dari internet melalui web browser. Dalam operasinya, web server menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol), atau protokol lain, untuk merespon request dari user. Perangkat keras web server terhubung dengan internet dan memungkinkan terjadinya pertukaran data dengan perangkat-perangkat lain yang tersambung.

Fungsi Web Server

Web server tidak hanya tentang mengirimkan konten web kepada user, tapi juga berperan penting dalam menjaga keamanan, skalabilitas, dan kinerja situs web. Kecepatan akses, waktu unggah halaman, dan kemampuan untuk menangani banyak pengguna adalah beberapa aspek yang dapat dipengaruhi oleh web server.

Berikut adalah beberapa fungsi penting dari web server.

  • Menyimpan Konten Web:  Web server menjadi gudang digital yang menjaga teks, gambar, video, file, dan elemen lainnya, agar dapat diakses oleh user dengan cepat. Kemampuan untuk menyimpan konten dengan efisien adalah hal yang penting untuk kenyamanan pengalaman user.

  • Menangani Permintaan HTTPS: Web server mengelola sertifikat SSL/TLS yang memvalidasi identitas situs web dan memastikan transmisi data yang aman.

  • Menyediakan Akses Database Web: Web server bertindak sebagai perantara antara request dari situs web dan database, memastikan data dapat diambil dengan cepat dan efisien.

  • Mengendalikan Network Traffic: Dengan mengatur prioritas dan membatasi jumlah permintaan, web server membantu menjaga kinerja yang optimal dan menghindari kemungkinan overload atau downtime.

  • Virtual Hosting: Fungsi virtual hosting memungkinkan beberapa situs web untuk berbagi satu server fisik. Dalam hal ini, web server dapat mengenali request dari berbagai domain yang mengarah ke alamat IP yang sama, lalu mengarahkan pengguna ke situs web yang sesuai berdasarkan nama domain yang dimasukkan. Praktik ini memungkinkan banyak situs web untuk berjalan secara bersamaan pada satu server, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya.

Cara Kerja Web Server

Cara Kerja Web Server


Dalam praktiknya, ada tahapan yang dilalui ketika menggunakan web server. Berikut beberapa langkah-langkah yang menggambarkan web server secara umum.

1. Menerima Request

Terlebih dahulu, user mengakses alamat situs web ke dalam browsernya. Kemudian, browser akan mengirimkan request kepada web server, yang meng-hosting situs tersebut, untuk meminta konten dari situs web.

2. Mengidentifikasi Konten

Web server selanjutnya menerima request tadi, lalu mengolahnya dengan memeriksa ketersediaan halaman atau konten tersebut. Jika web server menemukan konten yang diminta, web server nanti akan mengambil kontennya, dan mengirimkannya kepada user. Namun jika konten tidak ditemukan, web server akan mengirimkan respon “eror” kepada user.

3. Eksekusi Kode

Baik ditemukannya konten ataupun tidak, web server akan menjalankan kode yang diperlukan untuk menghasilkan halaman atau konten yang diminta, ataupun respon “eror” tadi. Proses ini bisa mencakup pengambilan data dari database, pemrosesan skrip, atau proses-proses lainnya.

4. Mengirim Respons

Hasil dari eksekusi kode tadi selanjutnya dikirimkan kembali ke browser milik user. Browser ini kemudian menampilkan halaman atau konten dengan tampilan yang sesuai.

Memasang Web Server untuk Bisnis

Kamu bisa banget, nih, buat mengimplementasikan web server untuk keperluan bisnis kamu. Biar makin akurat, pastikan kalau kamu sudah berkonsultasi atau dibantu oleh profesional. Kamu juga bisa coba program corporate training yang ditawarkan oleh Dibimbing.id karena ada mentor-mentor dengan pengalaman lebih dari tiga tahun yang bisa membantu kamu.


Jenis-jenis Web Server yang Umum di Pasaran

Web server tersedia dalam beberapa jenis yang dibangun oleh developer yang beragam. Berikut adalah beberapa contoh jenis web server yang umum digunakan di pasaran.

Apache HTTP Server

Dibangun dan dikembangkan oleh Apache Software Foundation, Apache HTTP Server merupakan web server yang gratis dan bersifat open source untuk segala macam sistem operasi, termasuk Windows, Mac OS X, Unix, Linux, dan Solaris. Untuk menggunakannya, kamu memerlukan lisensi Apache.

Nginx

Nginx juga merupakan web server berbasis open source lain yang cukup populer karena memiliki skalabilitas yang tinggi. Nginx dapat menangani banyak sesi sekaligus.

Microsoft IIS

Internet Information Services (IIS) merupakan web server yang dikembangkan oleh Microsoft. Meskipun web server jenis ini tidak bersifat open source, namun masih banyak digunakan karena integrasinya dengan platform Microsoft lain.

Developed by Microsoft for Microsoft platforms; it is not open sourced, but widely used.

Lighttpd

Lighttpd adalah web server yang gratis dan banyak digunakan. Web server ini terkenal memiliki kecepatan dan keamanan yang baik, serta tidak mengonsumsi banyak tenaga dari CPU.

Oracle iPlanet Web Server

Dulu dikenal juga sebagai Sun Java System Web Server, ini adalah web server yang banyak digunakan untuk keperluan bisnis berskala besar.

Web Server dan Perkembangan Teknologi

Setelah membaca artikel ini, Sobat MinDi pasti sudah paham bagaimana pentingnya web server dalam ekosistem digital saat ini, dari merespon request hingga meningkatkan keamanan dan performa.

Nah, buat kamu yang lagi mengembangkan usaha kamu, up to date dengan perkembangan teknologi, seperti web server, sangatlah penting. Biar kamu bisa terus ikutin perkembangan teknologi, sekaligus belajar mengimplementasikan untuk bisnis kamu, kamu bisa banget buat pakai layanan Corporate Training dari Dibimbing.id!

Dibimbing.id punya banyak pilihan program pelatihan yang diisi oleh mentor-mentor berkualitas. Tim kamu juga bakalan dapet sertifikat internasional kalau sudah menyelesaikan program pelatihannya.

Yuk, upgrade tim kamu ke level yang lebih tinggi!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!