9 Cara Membuat Web Responsif dan User Friendly

Suci Wulandari

•

13 August 2023

•

1495

Image Banner

Website yang responsif dan user friendly akan meningkatkan kredibilitas sebuah company. Untuk itu, mempelajari cara membuat web responsif menjadi hal penting. Web yang responsif dapat memastikan pengalaman pengguna yang optimal, terlepas dari perangkat yang digunakan, mulai dari desktop hingga ponsel. 


Seringkali orang mengira bahwa untuk mendapatkan web responsif dibutuhkan kemampuan programer tingkat tinggi. Padahal, kenyataannya tidaklah serumit itu. Terdapat berbagai cara mudah dan sederhana yang bisa membantu web menjadi responsive dan user friendly. Dalam artikel ini, MinDi akan membahas 9 cara membuat web responsif dan user friendly yang bisa kamu ikuti. Simak artikelnya sampai selesai, ya! 

  1. Buat Rencana Desain yang Sesuai

Buat Rencana Desain yang Sesuai

 Dibimbing.id - Buat Rencana Desain yang Sesuai

Langkah pertama dalam cara membuat web responsif adalah merencanakan desain yang sesuai. Kamu perlu mempertimbangkan berbagai perangkat yang digunakan oleh pengunjung website. Umumnya perangkat yang digunakan yaitu desktop, tablet, dan ponsel. 

Pertimbangkan ukuran layar, orientasi, dan kemampuan layar sentuh pada perangkat tersebut ketika merancang desain web. Perencanaan yang matang akan membantu Sobat MinDi mengatur elemen-elemen desain dengan baik di setiap perangkat.

  1. Tentukan Struktur HTML

Selanjutnya, kamu bisa fokus pada struktur HTML. Penting untuk menentukan struktur tersebut yang biasanya terdiri dari header, content, sidebar, dan juga footer. Umumnya, header memiliki ukuran sesuai kebutuhan website. Sementara content dan sidebar akan ditentukan secara spesifik. Misalnya content dibuat dengan lebar 660px beserta sidebar 300px. Lebar keseluruhannya pun menjadi 960px. Untuk footer ukurannya juga disesuaikan dengan kebutuhan web seperti header.

  1. Manfaatkan Framework Responsif

Salah satu cara termudah membuat web responsif adalah dengan memanfaatkan framework yang juga responsif. Framework yang bisa dicoba misalnya Bootstrap atau Foundation. Framework ini menyediakan komponen-komponen yang sudah dioptimalkan untuk berbagai ukuran layar. 

Kamu bisa menggunakan grid system yang disediakan oleh framework untuk mengatur tata letak elemen secara responsif. Dengan memanfaatkan framework responsive, Sobat MinDi jadi bisa bekerja dengan lebih efisien. Saat proses pengembangan web menjadi responsive, kamu akan hemat waktu dan tenaga. 

  1. Gunakan CSS Media Queries

Gunakan CSS Media Queries

Dibimbing.id - Gunakan CSS Media Queries

CSS Media Queries adalah salah satu alat yang sangat berguna saat membuat web responsif. Media Queries memungkinkan Sobat MinDi mengatur tampilan elemen berdasarkan ukuran layar perangkat. 

Kamu dapat menentukan perubahan tata letak, ukuran font, atau pengaturan lainnya untuk setiap ukuran layar tertentu. Dengan menggunakan CSS Media Queries, elemen-elemen di web pun dapat dipastikan terlihat dan berfungsi dengan baik pada setiap perangkat.

  1. Perhatikan Ukuran Gambar

Gambar juga bisa menjadi faktor penentu sebuah web responsif atau tidak, lho! Salah satu cara membuat web responsif adalah dengan mengoptimalkan ukuran gambar. Mengapa demikian? 

Gambar-gambar yang terlalu besar dapat mempengaruhi kecepatan loading web, terutama pada perangkat dengan koneksi internet yang lambat. Oleh karena itu, kamu perlu mengkompres gambar-gambar berukuran besar. Akan tetapi perlu diingat bahwa kamu sebaiknya tidak mengorbankan kualitas gambar meski ukuran diperkecil. 

Selain itu, Sobat MinDi juga bisa menggunakan teknik responsive image. Dengan teknik tersebut, gambar yang ditampilkan akan disesuaikan dengan ukuran layar perangkat.

  1. Uji Web Responsif pada Berbagai Perangkat

Uji Web Responsif

Dibimbing.id - Uji Web Responsif pada Berbagai Perangkat

Setelah melakukan langkah pertama sampai keempat sesuai petunjuk di atas, bisa dikatakan bahwa kamu sudah memiliki web yang responsif. Hanya saja, belum berhenti di situ. Masih ada beberapa cara tambahan yang bisa meningkatkan kualitas web Sobat MinDi. 

Cobalah untuk melakukan uji web responsif di berbagai perangkat yang berbeda. Pastikan web yang sudah dibuat berfungsi dengan baik pada desktop, tablet, dan ponsel. Kamu juga perlu menguji elemen interaktif pada web seperti tombol, formulir, dan menu navigasi. 

Selama proses pengujian dilakukan, biasanya kamu akan menemukan kekurangan dan masalah yang membuat kinerja web kurang responsif serta tidak terlalu user friendly. Nah, kamu bisa mencoba memperbaiki masalah tersebut dengan menggunakan CSS Media Queries atau teknik lain yang diperlukan.

  1. Pertimbangkan Kecepatan Loading

Website yang responsif bukan sekedar ramah saat dipakai pengguna. Kecepatan loading web juga menjadi bagian dari responsif tersebut. Pengalaman pengguna bisa menjadi sangat buruk jika web yang Sobat MinDi hadirkan memiliki loading yang lambat. 

Lalu, apa solusinya agar loading web tetap cepat? Pastikan untuk mengoptimalkan kode dan file pada web untuk mempercepat loading web. Gunakan kompresi file, caching, dan teknik lainnya untuk mengurangi waktu loading web. Hasilnya, pengguna yang mengakses web dari perangkat dengan koneksi internet yang lambat akan menghargai upaya meningkatkan kecepatan loading yang kamu lakukan. 

  1. Definisikan Meta Tag

Untuk membuat web tampil bagus di layar mobile maka perlu diatur skala halaman HTML sesuai dengan lebar viewport. Untuk itu, Sobat MinDi bisa menggunakan tag meta viewport untuk melakukan reset ulang. 


Tag viewport yang dipakai bertujuan untuk menonaktifkan skala awal. Meta tag yang disertakan di bargain <head> yaitu 

<meta name=”viewport” content=”width=device-width, initial-scale=1.0”>


Khusus untuk internet explorer versi 8 atau lebih rendah bisa menggunakan bantuan media-queries.js atau respond.js dengan tag seperti berikut: 

<!--[if lt IE ]> <script src=”


  1. Sederhanakan Navigasi

Sederhanakan Navigasi

Dibimbing.id - Sederhanakan Navigasi

Navigasi yang sederhana dan intuitif sangat penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna web. Pastikan menu navigasi di web mudah diakses dan digunakan pada berbagai perangkat. Pertimbangkan penggunaan menu hamburger pada perangkat ponsel untuk menghemat ruang tampilan. Selain itu, perhatikan tautan-tautan dan tombol navigasi lainnya agar mudah diidentifikasi dan ditemukan oleh pengguna.


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat MinDi dapat membuat web yang menarik, responsif, dan user friendly pada berbagai perangkat. Pastikan juga untuk selalu menguji web yang dibuat dan memperbaiki masalah yang mungkin muncul. Dengan web responsif, kamu dapat menjangkau pengguna yang lebih luas dan memberikan pengalaman yang optimal. 


Jika tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang web development, bootcamp Programmer dari Dibimbing.id bisa jadi pilihan tepat. Melalui program tersebut, kamu bisa belajar dari mentor berpengalaman serta mendapat materi berkualitas. Tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu untuk ikut bootcamp online dibimbing,id, ya! Jangan sampai kehabisan kuota.



Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!