Panduan SEO Lokal untuk Bisnis, Strategi Jitu Dapatkan Klien

Nadia L Kamila

•

08 October 2023

•

937

Image Banner

Selama beberapa tahun terakhir, perkembangan digital telah mempengaruhi cara bisnis beroperasi. Terutama untuk bisnis yang berfokus pada pasar lokal, maka kamu perlu panduan SEO lokal untuk bisnis agar menjangkau audiens yang berkualitas. 

Kalau Sobat MinDi punya bisnis lokal dan ingin mengembangkan bisnis di area tempat kamu tinggal atau sedang mengerjakan project menghandle bisnis lokal milik klien maka wajib untuk optimasi SEO lokal ini.

Sebelum membahas lebih jauh tentang panduan SEO lokal untuk bisnis, buat kamu pemilik bisnis atau yang ingin belajar lebih jauh tentang SEO dan seluk beluk dunia digital marketing, Dibimbing punya program Bootcamp Digital Marketing lho!

Selain live session dengan mentor, kamu juga berkesempatan untuk membangun portofolio kece dari hasil weekly project dan final project selama program ini. Seru banget kan, daftar langsung di sini ya!


Baca juga: Apa itu SEO? Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya di 2024

Apa Itu SEO Lokal?


SEO lokal adalah upaya untuk memastikan bisnis yang kamu punya agar muncul di hasil pencarian mesin pencari (seperti Google) ketika orang mencari produk atau jasa di daerah tertentu. 

Misalnya jika kamu memiliki toko bunga di Surabaya, lalu ada seseorang mencari "toko bunga di Surabaya" di Google, maka SEO lokal akan membantu tokomu muncul di hasil pencarian tersebut. 


Mengapa SEO Lokal Penting?


Kenapa butuh panduan SEO lokal untuk bisnis? Apakah bedanya dengan SEO biasanya? 


1. Konsumen Mencari Informasi Lokal


Terdapat riset yang menunjukkan bahwa sekitar 46% dari semua pencarian di Google adalah pencarian lokal. Itu artinya hampir setengah dari semua pengguna internet mencari informasi atau bisnis di sekitar mereka.


2. Konversi Tinggi


Riset juga menyatakan bahwa sebanyak 29% dari pencarian lokal ini menghasilkan konversi lho! Jadi wajib banget kamu optimasi SEO lokal supaya calon customer yang ada di wilayah sekitar bisa terjaring.

Bisnis yang muncul di hasil pencarian lokal memiliki potensi konversi yang tinggi. Misalnya, seseorang yang mencari "oleh-oleh di Bandung" kemungkinan besar sedang membutuhkan informasi tersebut dan siap untuk bertransaksi.


3. Kompetisi Lebih Sedikit


Dibandingkan dengan SEO pada skala nasional atau internasional, kompetisi di SEO lokal cenderung lebih sedikit. Hal ini memberikan peluang besar bagi bisnis lokal untuk mendominasi pasar di area mereka.


Bagaimana Google Menentukan Ranking untuk Pencarian Lokal?

Sebelum membahas lebih jauh tentang panduan SEO lokal untuk bisnis, cari tahu dulu yuk bagaimana cara Google bisa menentukan ranking untuk pencarian lokal.


1. Relevansi


Jika seseorang mencari "salon rambut di Jakarta", Google akan mengecek apakah kamu memiliki salon rambut di Jakarta dan informasi apa yang kamu berikan tentang salon tersebut.

Jika informasi bisnismu sesuai dengan apa yang dicari seseorang, maka Google akan memunculkan bisnismu pada hasil pencarian orang tersebut.


2. Jarak


Google akan melihat di mana lokasi pengguna yang melakukan pencarian dan seberapa dekat bisnismu dengan pengguna tersebut. Jika ada dua salon rambut di Jakarta, salon yang lebih dekat dengan pengguna mungkin akan muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian.


3. Prominensi


Ini adalah kombinasi dari reputasi bisnis yang kamu miliki secara online dan offline. Google akan melihat ulasan yang kamu terima dari pelanggan, berapa banyaknya, dan seberapa baik ulasannya. 

Selain itu, jika banyak situs web lain yang menyebut atau menghubungkan ke bisnismu, itu bisa meningkatkan prominensi.

Jadi, untuk mendapatkan peringkat yang baik di pencarian lokal Google, pastikan informasi bisnismu relevan, letakkan dengan benar di Google Maps, dan bangun reputasi baik baik di dunia nyata maupun online.


Langkah-Langkah dan Panduan SEO Lokal untuk Bisnis


Bagaimana panduan SEO lokal untuk bisnis? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Sobat MinDi ikuti.


1. Daftarkan Bisnis di Google My Business


Langkah pertama adalah mendaftarkan bisnismu di Google My Business. Setelah mendaftar maka nama bisnismu akan muncul di Google Maps dan bagian "Bisnis Lokal" di hasil pencarian Google.

Google My Business adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan pemilik bisnis menampilkan informasi bisnisnya di Google Search dan Google Maps. 

Dengan mendaftarkan bisnis di sini, pelanggan akan lebih mudah menemukan lokasi, jam operasional, serta ulasan dari bisnismu saat mereka mencarinya di Google. 

Prosesnya pun mudah dan sederhana, kamu hanya perlu mendaftar, mengisi detail bisnis, dan memverifikasi kepemilikan. Setelah diverifikasi, nama bisnis Sobat MinDi akan muncul saat orang mencari di Google. 


2. Optimalkan Informasi di Situs Website

Untuk optimasi SEO lokal, berikut ini beberapa informasi bisnis yang harus ada dalam situs web:

  1. Nama Bisnis: Nama lengkap dan resmi bisnis.

  2. Alamat: Lokasi fisik bisnis. Ini penting agar pelanggan tahu di mana kamu berada dan bisa mengunjungi lokasi bisnismu.

  3. Nomor Telepon: Nomor kontak yang aktif dan bisa dihubungi, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menghubungi untuk pertanyaan atau pemesanan.

  4. Jam Operasional: Waktu kapan bisnis buka dan tutup setiap harinya.

  5. Deskripsi Bisnis: Gambaran singkat tentang apa yang kamu tawarkan, sejarah hingga visi-misi dari bisnismu.

  6. Ulasan Pelanggan: Ulasan positif dari pelanggan dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan lainnya.

  7. Foto-foto: Gambar interior, eksterior, produk, atau layanan yang ditawarkan. Foto berkualitas tinggi dapat meningkatkan kredibilitas dan daya tarik bisnis.

  8. Layanan atau Produk: Daftar lengkap produk atau layanan yang ditawarkan, beserta deskripsinya.

  9. Harga: Jika memungkinkan, tampilkan daftar harga untuk produk atau layanan yang ditawarkan.

  10. Informasi Tambahan: Seperti keahlian khusus, sertifikasi, penghargaan, atau asosiasi bisnis yang relevan.

  11. Google Maps: Tanamkan peta lokasi bisnis agar pengunjung mudah menemukan Anda.

Dengan menyediakan beberapa informasi bisnis tersebut di situs web, akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui lebih detail tentang bisnismu dan bagaimana cara berinteraksi dengan pemilik bisnisnya.


3. Kumpulkan Ulasan dari Pelanggan


Ulasan pelanggan memainkan peran penting dalam SEO lokal. Ketika bisnis memiliki ulasan positif, ini menunjukkan kredibilitas dan kepercayaan yang membuat Google melihat bisnis tersebut sebagai pilihan yang baik untuk ditampilkan di hasil pencarian.

Selain itu, banyaknya ulasan dan kata kunci yang mungkin disebut dalam ulasan (seperti "makanan enak" atau "pelayanan ramah") bisa meningkatkan relevansi bisnismu untuk pencarian tertentu. 

Jadi, semakin banyak ulasan positif yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan bisnis Anda muncul di posisi atas hasil pencarian lokal di Google. 

Jangan segan meminta pelanggan untuk memberikan review mereka ya. Dan juga sempatkan untuk membalas ulasan mereka, supaya pelanggan tahu bahwa kamu memperhatikan saran dan kritik yang diberikan.


4. Buat Konten Lokal dari Keyword yang Relevan



Membuat konten lokal dengan kata kunci atau keyword bisa lokal meningkatkan relevansi situs bisnismu untuk pencarian di daerah tertentu. Kamu bisa bermain di keyword lokal seperti rekomendasi makanan enak di Jogja, rekomendasi cafe murah di Malang, dan lainnya.

Keyword lokal membantu Google mengerti bahwa bisnismu menawarkan sesuatu yang spesifik untuk area tersebut. Dengan demikian, optimasi konten dengan kata kunci lokal meningkatkan visibilitas bisnismu di hasil pencarian lokal dan menarik lebih banyak pelanggan dari daerah sekitar.


5. Optimalkan Pencarian Mobile Friendly



Banyak pengguna mencari informasi lokal melalui ponsel. Terutama turis atau wisatawan lokal saat mereka mencari rekomendasi makanan atau toko di sekitar hotel mereka.


Dengan memiliki situs yang mobile-friendly, pengalaman pengguna menjadi lebih baik, ditambah lagi pelanggan bisa langsung terhubung dengan Google Map saat mencari alamat tempat bisnismu.


6. Dapatkan Backlink Lokal



Mendapatkan backlink lokal bertujuan untuk meningkatkan otoritas situs bisnismu di mata Google untuk pencarian lokal. Ada beberapa cara untuk mendapatkannya seperti mendaftarkan bisnis di direktori lokal, menulis konten terkait topik lokal.

Menjalin kerjasama dengan bisnis lain di area yang sama, mensponsori event lokal, membangun hubungan dengan media setempat, dan bergabung dengan organisasi bisnis lokal juga menjadi beberapa upaya untuk mendapatkan backlink lokal.

Dengan mendapatkan backlink dari sumber-sumber terpercaya di area sekitar, maka bisnismu akan semakin dikenal dan dianggap relevan oleh mesin pencari untuk pencarian lokal


7. Pelajari Perilaku Konsumen Lokal



Dengan mengetahui apa yang dicari oleh konsumen lokal, bagaimana mereka mencarinya, dan apa kebutuhan spesifik mereka, kamu bisa menyesuaikan konten situs bisnis agar lebih relevan. 

Misalnya, jika warga di suatu kota suka makanan pedas, restoran di kota tersebut mungkin memasukkan kata "makanan pedas" ke dalam kontennya. Sehingga konten yang dihasilkan memang sesuai dengan karakter dan kebutuhan konsumen lokal.


8. Aktif di Media Sosial



Bisnis yang memiliki sosial media dan aktif membuat konten yang berkaitan dengan bisnis saat ini lebih mampu mendapatkan kepercayaan dari calon klien. Kamu bisa membuat konten hard selling atau soft selling seperti memberikan edukasi.

Kamu juga bisa mengunggah review, rating, atau foto-foto dari pelanggan di Google My Business ke media sosial. Lumayan untuk menambah bahan konten dan juga menambah kepercayaan dari pelanggan juga kan?


Tools SEO Lokal untuk Bisnis



Setelah mempelajari panduan SEO lokal untuk bisnis, MinDi akan memberikan rekomendasi beberapa tools optimasi SEO lokal untuk bisnis yang sedang kamu jalankan.


1. Google My Business (GMB)



Ini adalah platform gratis dari Google yang memungkinkan bisnis mengatur bagaimana mereka muncul di Google Search dan Google Maps. Mengoptimalkan GMB dapat meningkatkan visibilitas bisnis di hasil pencarian lokal.


2. Moz Local



Tool ini memastikan konsistensi informasi bisnis Anda di web, mulai dari direktori hingga situs pengulas. Konsistensi informasi sangat penting untuk SEO lokal.


3. BrightLocal



Menawarkan alat pelaporan peringkat lokal dan audit kutipan, memudahkan bisnis untuk memantau performa dan kutipan mereka di web.


4. Whitespark



Fokus pada pembangunan dan penelusuran kutipan. Kutipan yang konsisten dan berkualitas bisa meningkatkan otoritas bisnis di mata mesin pencari untuk pencarian lokal.

Google My Business adalah tools resmi dari Google, sedangkan ketiga tools lainnya bisa kamu kunjungi via web browser.

Nah, itulah panduan lengkap SEO lokal untuk bisnis agar dapat menjangkau audiens yang tepat di daerahmu. Setiap bisnis memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang dengan memanfaatkan kekuatan SEO sebagai bagian dari pemasaran digital.

Namun, untuk benar-benar memaksimalkan potensi tersebut, perlu pengetahuan yang mendalam dan praktik yang konsisten. Bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing menawarkan kesempatan mempelajari SEO dan pemasaran digital untuk bisnismu.

Selain mentor, ada juga fasilitator yang akan membantumu dalam setiap sesi belajar di kelas maupun saat latihan prakteknya. Sobat MinDi bisa tanya-tanya ataupun langsung daftar di sini ya!

Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!