Konsep Big Data: Pengertian, Jenis, Hingga Manfaat

Syaukha Ahmad Risyad

•

04 August 2023

•

5059

Image Banner

Ketika mendalami data science, kamu mungkin sering mendengar istilah big data. Namun, apa sih big data, dan mengapa ia penting? Baca lengkap artikel berikut ya, karena kita bakal bahas tuntas konsep big data, dari pengertian, jenis, hingga manfaatnya!

Di era data yang melimpah dan terus bertambah, urgensi data bagi perusahaan tentunya ikut membesar. Data yang banyak ini akan dikumpulkan, kemudian kita menyebutnya sebagai big data dalam data science. Tugas  data scientist adalah untuk mengelola dan mengolah big data tersebut. Makanya, penting buat Sobat MinDi memahami konsep dari big data ini.

Di artikel ini, MinDi mau jelasin tentang konsep big data! Dari pengertian, mengapa ia penting, manfaat dari big data, hingga cara kerja big data dalam data science. Terakhir, kita juga bakal bahas bagaimana kamu bisa belajar menguasai big data!


Apa itu Big Data?

Big data mengacu pada kumpulan data dalam volume yang sangat besar dan berasal dari dari berbagai sumber sekaligus. Jumlah data yang dihasilkan secara terus-menerus bertambah dan berkembang, sehingga membutuhkan infrastruktur dan teknik tertentu untuk mengelola dan mengolahnya.

Ada beberapa karakteristik spesifik yang membedakan big data dengan jenis data tradisional. Kita bakal bahas di bagian karakteristik berikutnya.

Mengapa Big Data Penting?

Big data memiliki potensi besar untuk mengubah cara kita memahami dan mengambil keputusan. Dengan menganalisis data dalam skala besar, kita dapat menemukan pola dan tren yang dapat membantu perusahaan mengidentifikasi peluang baru, memperbaiki proses bisnis, meningkatkan pengambilan keputusan, dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Implementasi big data juga tidak terbatas kepada kebutuhan bisnis saja. Big data sudah banyak dipakai dalam berbagai sektor lain, seperti penelitian, kesehatan, dan lingkungan.

Manfaat Big Data

Penggunaan big data dalam operasi dan pengambilan keputusan akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan mengolah big data.

  • Pengambilan keputusan yang lebih baik: Big data memungkinkan analisis yang lebih akurat dan terperinci, sehingga memberikan keputusan yang lebih baik dan mengurangi risiko.

  • Identifikasi peluang bisnis: Melalui analisis Big data, perusahaan dapat mengidentifikasi tren pasar, kebutuhan pelanggan, dan peluang baru yang dapat meningkatkan daya saing.

  • Peningkatan efisiensi operasional: Dengan menganalisis data operasional, perusahaan dapat mengurangi biaya produksi, meningkatkan rantai pasokan, atau mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

  • Peningkatan layanan pelanggan: Big data memungkinkan perusahaan untuk menganalisis data perilaku dan preferensi pelanggan sehingga perusahaan dapat menyediakan layanan yang lebih personal, memprediksi kebutuhan pelanggan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Karakteristik Big Data

Seperti yang MinDi singgung tadi, ada beberapa karakteristik penting yang membuat big data berbeda dengan data pada biasanya. Karakteristik ini biasa dikenal sebagai 3V dari big data. Berikut adalah karakteristik tersebut.

  • Volume: Big data memiliki volume yang sangat besar, hingga mencapai zettabyte. Volume yang besar tersebut membuat big data membutuhkan infrastruktur tertentu untuk menyimpan, mengelola, dan menganalisis data.

  • Velocity: Big data juga membutuhkan kecepatan tinggi dalam memperoleh, menyimpan, dan mengelola data baru.

  • Variety: Data-data yang tercakup ke dalam big data berasal dari banyak sumber, alias heterogen. Jenis-jenis data yang termasuk ke dalam big data meliputi teks, gambar, audio, video, dan banyak lagi.


Karakteristik Lain Big Data

10V Big Data



Selain 3V, kamu juga seringkali menemukan V lain dalam big data. Tergantung sumber yang kamu baca, kamu bisa menemukan bahwa big data memiliki 5V, 7V, atau 10V. Berikut adalah beberapa karakteristik lain yang juga dapat mendeskripsikan big data.



Jenis Big Data

jenis big data



Big data dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis utama, yaitu:

Cara Kerja Big Data

Untuk memanfaatkan big data secara optimal, ada beberapa langkah umum yang dapat dilakukan, dari pengumpulan data hingga analisis dan interpretasi data. Berikut adalah langkah-langkah tersebut:

  1. Pengumpulan data: Data dikumpulkan dari berbagai sumber.

  2. Penyimpanan data: Data kemudian disimpan dalam infrastruktur yang dapat menangani volume, kecepatan, dan keberagaman data yang tinggi. Hal ini mungkin melibatkan penggunaan database atau penyimpanan cloud.

  3. Pemrosesan data: Agar bisa diolah dan dianalisis, data perlu dikonversi ke dalam format yang sesuai. Dalam pemrosesan data pula, dilakukan manipulasi data, seperti pembersihan dan deduplikasi data.

  4. Analisis data: Data kemudian dianalisis menggunakan metode yang sesuai, seperti analisis statistik, pemodelan prediktif, dan machine learning, untuk memperoleh insight yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan.

  5. Visualisasi dan interpretasi: Hasil analisis data diinterpretasikan dan disajikan melalui visualisasi yang mudah dipahami, seperti grafik, diagram, dan peta, untuk membantu pengambilan keputusan.

Contoh Big Data dalam Bisnis

Bisnis adalah salah satu ranah yang banyak menggunakan big data untuk keperluannya. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan big data dalam bisnis:

Menguasai Big Data

Setelah mengetahui dan memahami konsep dan manfaat dari big data, kamu mungkin jadi tertarik buat menguasai big data, tapi bagaimana, sih, caranya biar bisa belajar big data lebih dalam?

Nah, MinDi mau ngerekomendasiin kamu, nih, buat ikutan Bootcamp Data Science yang diadakan oleh Dibimbing.id!

Kamu bakal belajar tentang konsep-konsep dan teknologi terkait big data, serta bagaimana cara mengolahnya! Kamu bakal dilatih oleh ahli-ahli berpengalaman untuk menggunakan tools data science, seperti PostgreSQL, Python, dan Tableau.

Kuasai big data dan data science bareng Dibimbing.id!
MinDi mau ngerekomendasiin kamu, nih, buat ikutan Bootcamp Data Science yang diadakan oleh Dibimbing.id!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Artikel Terkait

5 Contoh Soal SQL Query beserta Jawabannya untuk Pemula

Data Science

5 Contoh Soal SQL Query beserta Jawabannya untuk Pemula

Lihat dan ikut jawab soal-soal SQL query ini untuk melatih kemampuan data science kamu! Ayo jadi da...

Image Author

Syaukha Ahmad Risyad

•

22 June 2023

14 Tools Data Science Buat Kamu yang Mau Jadi Profesional

Data Science

14 Tools Data Science Buat Kamu yang Mau Jadi Profesional

Menguasai data science artinya menguasai tools yang biasa dipakai. Makanya, cek 7 tools data scienc...

Image Author

Syaukha Ahmad Risyad

•

16 August 2023

10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Data Analyst 2024

Data Science

10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Data Analyst 2024

Kenali rekomendasi laptop untuk Data Analyst berikut ini. Temukan laptop yang tepat untuk kebutuhan...

Image Author

Syaukha Ahmad Risyad

•

08 September 2023

Jenjang Karir Data Analyst: Gaji hingga Skill yang Dimiliki

Data Science

Jenjang Karir Data Analyst: Gaji hingga Skill yang Dimiliki

Tertarik dengan profesi data analyst? Yuk simak jenjang karir data analyst hingga skill yang dibutu...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

04 April 2024

Analisis Regresi: Pengertian, Rumus, Fungsi & Manfaatnya

Data Science

Analisis Regresi: Pengertian, Rumus, Fungsi & Manfaatnya

Analisis regresi adalah metode penelitian kuantitatif untuk menentukan hubungan sebab akibat antar ...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

04 April 2024

Rumus Kuartil Data Kelompok: Cara Mencari & Contohnya

Data Science

Rumus Kuartil Data Kelompok: Cara Mencari & Contohnya

Yuk cari tahu rumus kuartil data kelompok beserta cara menghitung dan contohnya pada artikel ini.

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

16 April 2024