Blog

/

Data Science

/

Belajar Data Science Secara Mandiri Dengan Tips Ini!

Belajar Data Science Secara Mandiri Dengan Tips Ini!

Dibimbing.id

25 February 2022

8445

Image Banner

Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Pemula Saat Belajar Data Science Secara Mandiri

Jangan lakukan kesalahan dalam belajar data science secara mandiri

Photo by tirachardz from Freepik

 

Sebelum masuk ke pembahasan tentang tips belajar data science, MinDi mau kasih beberapa informasi dulu tentang kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan seseorang saat belajar secara mandiri. Beberapa kesalahan tersebut di antaranya adalah:

  1. Kurang tau apa aja hal yang perlu dipelajari
  2. Gak punya sumber atau platform yang tepat buat belajar data science
  3. Gak menemukan sumber yang tepat dan membantu proses belajar
  4. Belum belajar secara detail dan mendalam
  5. Gak punya target dan gak melakukan tracking terhadap proses belajar
  6. Belajar hanya dari buku dan bacaan aja

 

Kesalahan-kesalahan di atas sering banget dilakukan pemula yang belajar secara mandiri atau otodidak. Gak adanya orang yang membimbing dan teman yang memberikan support bakalan berdampak banget sama performa saat belajar.

Hal ini bakalan bikin proses belajar jadi gak maksimal, terasa susah dan bahkan melelahkan. Karenanya gak heran banget kalau pada akhirnya orang-orang yang melakukan kesalahan di atas kebanyakan berakhir berhenti belajar data science di tengah jalan. Sayang banget, kan?

 

Tips Belajar Data Science Secara Mandiri

Banyak tips untuk belajar data science secata otodidak

Photo by bristekjegor from Freepik

 

Dari kesalahan-kesalahan yang MinDi udah kasih tau sebelumnya, MinDi udah merangkum beberapa tips dan tahapan yang bisa Sobat MinDi lakukan ketika mau belajar data science secara mandiri di rumah. Beberapa tips tersebut antara lain adalah:

 

1. Menetapkan Tujuan Belajar

Agar kegiatan belajar Sobat MinDi lebih terarah, ada baiknya kalau kamu menetapkan lebih dulu tujuanmu belajar data science. Kira-kira apa sih yang pengen kamu raih dengan belajar ilmu yang satu ini? Apa titik tertentu yang bisa kamu tetapkan sebagai “sukses” dalam belajar?

 

Dengan menetapkan tujuan belajar, hal ini gak cuma bikin kamu tau titik apa yang perlu kamu capai. Tapi, kamu juga bisa mendapatkan motivasi buat meraih dan mencapai titik tersebut.

 

Jadi, misalnya nih, kamu bertujuan pengen memulai karier sebagai seorang Data Scientist. Dengan adanya tujuan ini, secara otomatis kamu jadi tau kalau tujuanmu belajar adalah buat mencapai cita-citamu tersebut. Dan apabila nantinya kamu mendadak malas buat belajar, ada wake up call di otakmu yang bakal membantumu buat mendapatkan kembali semangatmu belajar. Karena kalau kamu gak belajar, otomatis kamu gak bakal bisa meraih cita-citamu tersebut.

 

 

2. Membuat Perencanaan Belajar

Hal utama untuk belajar data science secara mandiri itu membuat planning

Photo by Freepik

 

Gak cuma harus menetapkan tujuan belajar, tips selanjutnya kamu bisa juga membuat perencanaan belajar. Mirip seperti zaman sekolah atau kuliah, kamu bisa menjadwalkan kegiatanmu belajar. Misalnya, bulan ini kamu akan belajar bahasa pemrograman Python, lalu bulan depannya belajar mengelola data.

 

Perencanaan belajar gak cuma bikin kegiatan belajarmu jadi lebih rapi dan terjadwal aja. Tapi, juga membantumu buat tetap konsisten dan fokus dalam belajar.

 

Seperti yang MinDi sebutkan sebelumnya, salah satu kesalahan yang sering terjadi saat belajar secara mandiri adalah pembelajarannya kurang detail dan mendalam. Dengan adanya penjadwalan seperti ini, kamu jadi bisa lebih fokus lagi dalam belajar. Dan kamu bisa benar-benar fokus mempelajari satu topik hingga mendetail dan mendalam. Alhasil, nantinya hasil belajarmu bisa jadi lebih baik dan mudah juga buat kamu pahami.

 

3. Pelajari Data Science secara Praktik Juga

Yang sering banget dilupakan oleh orang yang belajar secara otodidak adalah: mereka gak belajar juga materi yang dipelajari secara praktik. Alhasil, seringkali kondisinya orang tersebut cuma paham secara materi aja, tapi gak bisa benar-benar mempraktikkan materi yang ia pahami.

 

Karenanya, tips selanjutnya yang bisa Sobat MinDi praktikkan dalam belajar data science adalah mencoba buat mempelajarinya secara praktik juga. Atau bahasa kerennya sih, Sobat MinDi bisa coba juga buat learning by doing.

Dengan begini, kamu jadi paham bagaimana mengaplikasikan ilmu dan materi yang kamu dapat dalam bekerja. Alhasil, nantinya kamu bisa lebih mudah juga buat memulai kariermu sebagai seorang Data Scientist.

 

Nah, itulah beberapa tips belajar data scientist buat kamu yang pengen belajar secara mandiri dari rumah. Nyatanya, belajar secara mandiri itu emang gak mudah. Bakalan ada banyak banget hal yang bikin kegiatanmu belajar jadi susah buat benar-benar diselesaikan karena bisa jadi kamu kehilangan “arah” dalam belajar. Karenanya, buat kamu yang pengen belajar data science dengan lebih mudah, kamu bisa coba ikutan aja program Bootcamp Data Science dari dibimbing.id!

 

Photo by Freepik

 

Dengan ikutan program bootcamp ini, udah pasti kegiatan belajarmu bakalan lebih teratur, terarah dan konsisten karena kamu bakal diajar langsung oleh mentor-mentor yang berpengalaman. Selain itu, dengan adanya teman-teman lain di “kelas”-mu, hal ini bisa bikin semangatmu buat belajar jadi lebih besar karena adanya support antara satu dan lain.

Seperti tips-tips yang MinDi udah bilang sebelumnya, bootcamp ini juga bakal dilengkapi juga dengan latihan praktik hingga bahkan proyek. Jadi, tentunya kegiatan belajarmu jadi lebih interaktif, mudah dipahami dan membantumu buat siap berkarier sebagai seorang Data Scientist.

 

Gak cuma itu aja, kamu juga bisa berkonsultasi secara pribadi dengan mentor berpengalaman kalau kamu mengalami kesulitan saat belajar, lho! Ini nih, salah satu hal yang bakalan susah kamu dapatkan kalau kamu belajar secara mandiri. Dengan adanya bantuan dari mentor, gak bakal ada yang namanya “salah paham” ketika kamu mencoba buat belajar dan memahami suatu materi yang baru.

 

Oh iya, jangan lupa juga kalau di akhir program bootcamp-nya, bakalan ada program penyaluran kerja juga, lho! Jadi, kamu gak perlu khawatir lagi bakalan susah dan bingung mencari kerja setelah program ini berakhir. Nantinya, kamu bisa segera terjun dan berkarier di bidang data science dengan adanya program ini.

 

Tertarik buat ikutan programnya? Kamu bisa langsung mendaftar atau cek informasi lengkap tentang Bootcamp Data Science dibimbing.id, ya!

 

Hope to see you around, Sobat MinDi!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait