Apa itu Data Scientist? Tugas, Skill, dan Contoh Pekerjaan

Syaukha Ahmad Risyad

Konten ini telah ditinjau oleh Fadhil Ghifari - Head of Content

25 May 2023

7915

Image Banner

Data scientist memang lagi menjadi salah satu profesi paling menjanjikan di dunia. Laporan dari World Economic Forum di tahun 2023 bahkan menunjukkan bahwa data scientist masuk ke dalam 10 pekerjaan paling cepat berkembang, dengan peningkatan demand hingga 35% dalam 5 tahun ke depan. Makanya nggak aneh kalau Sobat MinDi penasaran tentang pekerjaan ini.


Di artikel ini, MinDi mau jelasin nih, tentang apa itu data scientist. MinDi juga bakal jelasin tentang apa saja tugas-tugas dan skill yang dibutuhkan agar bisa menjadi seorang data scientist, sampai ke gaji dari pekerjaan ini. Bisa jadi kamu ikutan tertarik buat menjadi seorang data scientist.


Apa itu Data Scientist?

Data scientist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data sesuai kebutuhan dari perusahaan. Meskipun begitu, berbeda dengan data analyst yang memanipulasi dan memvisualisasikan data, seorang data scientist lebih berfokus kepada penelitian dan optimasi teknik pengumpulan data.


Umumnya, seorang data scientist harus menguasai matematika, statistika, dan programming. Keterampilan-keterampilan tersebut diperlukan karena data scientist banyak ikut serta dalam membangun model-model machine learning. Data scientist memilih dan merekomendasi data apa saja yang berguna dan dibutuhkan, agar kemudian dapat dikelola oleh data engineer.


Apa Saja Tugas Data Scientist?

Pada dasarnya, tugas seorang data scientist adalah mengelola data yang diperoleh, untuk mengembangkan infrastruktur perusahaan yang dapat membantu pengambilan keputusan. Data scientist melaporkan hasil olahan datanya kepada stakeholder, dan memberikan insight yang diperoleh dari olahan data tersebut. 


Lebih rinci nya, tugas data scientist adalah sebagai berikut

  • Mengumpulkan, memproses, dan membersihkan data-data yang diperoleh oleh perusahaan,

  • Menganalisis data yang diperoleh, dan menemukan temuan-temuan menarik dari data tersebut,

  • Merancang, membangun, dan menerapkan model machine learning yang dapat mengoptimasi teknik pengambilan data dan decision making,

  • Memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada stakeholder berdasarkan insight dari data yang diperoleh.


Apa Saja Skill yang Dibutuhkan Data Scientist?

Keterampilan, atau skill, utama yang dibutuhkan seorang data scientist adalah keterampilan dalam mengolah data dan melakukan penelitian. Sehingga, seorang data scientist harus mahir dalam matematika, statistika, dan programming seperti yang sudah disebutkan MinDi sebelumnya. 


Lebih lanjut lagi, karena data scientist banyak berkomunikasi dengan stakeholder, data scientist juga perlu memiliki pemahaman terkait bisnis, atau bidang yang berkaitan dengan posisi data scientist di perusahaannya.


Berikut ini adalah beberapa skill yang umumnya data scientist miliki.

  • Kemampuan dalam mengekstraksi data, beserta tools terkait seperti SQL,

  • Teknik analisis data, beserta program-program analisis data seperti Microsoft Excel,

  • Programming menggunakan berbagai bahasa pemrograman, seperti R dan Python,

  • Pemahaman terkait artificial intelligence, khususnya model machine learning dan deep learning,

  • Teknik penelitian,

  • Keterampilan memvisualisasikan dan menceritakan data.


Apa Contoh Pekerjaan Data Scientist?

Hampir semua bidang pekerjaan saat ini membutuhkan peran data scientist. Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan yang dilakukan data scientist.

  • Di bidang fintech, data scientist menganalisis karakteristik dari user (user behavior) untuk mendapatkan pola-pola dari user, kemudian memberikan rekomendasi yang relevan untuk produk dari perusahaan,

  • Di industri retail, data scientist bisa menganalisis tren dan kapabilitas dari tempat penyimpanan barang milik perusahaan, kemudian memberikan kesimpulan terkait manajemen penyimpanan yang efisien,

  • Di ranah healthcare, data scientist dapat menganalisis data-data dari pasien dan kebutuhan rumah sakit,

  • Di pemerintahan, data scientist dapat melakukan analisis terkait fokus-fokus yang dibutuhkan seperti pengaliran dana terkait pembangunan infrastruktur.


Peran data scientist dapat diterapkan di sektor-sektor lain dalam industri. Jadi Sobat MinDi bisa banget buat menjadi data scientist di bidang yang menarik Sobat MinDi.



Berapa Gaji Data Scientist?

Selain memiliki prospek yang luas, data scientist juga merupakan profesi dengan potensi gaji yang cukup besar. Berdasarkan Payscale, gaji pokok seorang data scientist di Indonesia berada di rentang 7 - 380 juta rupiah per bulan, dengan rata-rata di 31 juta rupiah per bulan.


Di samping gaji pokok, bayaran untuk seorang data scientist juga bisa berdasarkan proyek dan industri yang dia kerjakan. Gaji besar yang diterima oleh data scientist menjadikan profesi ini sebagai salah satu yang memiliki bayaran paling besar di antara profesi data lain.


Sekarang Sobat MinDi sudah tahu kan tentang pekerjaan sebagai data scientist? Data scientist ini merupakan profesi yang punya prospek cukup menjanjikan dengan bayaran yang oke juga. Karena data scientist dibutuhkan di banyak sektor industri, profesi ini jadi potensial banget nih buat Sobat MinDi tekuni.


Memang sih, tugas dan skill dari seorang data scientist ini cukup banyak, tapi Sobat MinDi nggak perlu khawatir. Sobat MinDi bisa belajar dan menguasai skill-skill yang dibutuhkan data scientist di Bootcamp Data Science yang disediakan oleh Dibimbing.id!


Sobat MinDi bakal belajar dan mendalami tools-tools yang digunakan data scientist, seperti SQL, Machine Learning, dan Python. Sobat MinDi juga bakal dibimbing oleh ahli-ahli yang sudah berpengalaman sebagai data scientist.


Di era digital yang semakin maju, profesi data scientist bakal semakin dicari dan dibutuhkan. Makanya, ayo bergabung buat mulai belajar jadi data scientist bersama Dibimbing.id!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!