Cara Membuat Query di PostgreSQL untuk Pemula dengan SELECT

Syaukha Ahmad Risyad

21 June 2023

3264

Image Banner

Sebagai pekerja di bidang data, SQL adalah teman terbaik kamu. SQL memungkinkan kamu untuk mengakses dan memanipulasi data secara efisien sesuai kebutuhan kamu. Kalau Sobat MinDi baru mulai perjalanan menguasai SQL, kamu harus pertama-tama memahami apa itu query dan bagaimana kamu mengimplementasikannya pada SQL.

PostgreSQL adalah titik awal yang baik bagi pemula untuk menguasai SQL. Jika Sobat MinDi pernah atau ingin mempelajari RDBMS (relational database management system) yang lain, seperti MySQL, memahami PostgreSQL bukanlah pengalaman yang terlalu berbeda. Keduanya menggunakan sintaksis standar SQL, terutama untuk sintaksis SELECT yang bakal kamu pelajari di artikel ini. PostgreSQL adalah tools yang baik kalau Sobat MinDi mau menempuh karir di bidang data, seperti data scientist, data analyst, ataupun business analyst.

Yuk, pelajari cara membuat query dasar di PostgreSQL bersama Dibimbing.id! Kita bakal membahas tentang sintaksis paling dasar di SQL, yaitu SELECT. Kemudian kita bakal membahas juga beberapa klausa yang umum digunakan untuk mengambil data di SQL

Apa itu Query?

Query dapat kita artikan sebagai komando atau request spesifik yang kita sampaikan pada SQL untuk mengambil, memanipulasi, atau memodifikasi data dari database. Ada beberapa sintaksis yang dapat digunakan oleh kamu dalam kamu menulis query.

Satu query dapat tersusun atas satu ataupun banyak klausa, bergantung pada kebutuhan dari penggunanya. Contohnya adalah klausa-klausa yang akan dibahas di artikel ini.

Memanggil Data dengan SELECT

Perintah SELECT adalah perintah yang paling dasar digunakan mengambil data dari suatu tabel yang ada di dalam database. Struktur perintah SELECT umumnya adalah seperti berikut.

SELECT nama_kolom
FROM nama_tabel;

Dalam query tersebut, kamu mengambil data dari kolom tertentu yang tersimpan dalam tabel yang ingin kamu ambil.

Untuk mengambil data dari banyak kolom, kamu dapat menulis query

SELECT nama_kolom1, nama_kolom2, …, nama_kolomn
FROM nama_tabel;

Sedangkan untuk mengambil semua kolom yang ada pada tabel, kamu dapat menulis query

SELECT *
FROM nama_tabel;

Lambang * menandakan semua pada bahasa SQL.


Contoh Perintah SELECT

SELECT nama_produk, tipe_produk
FROM produk;

Artinya, kamu menampilkan data untuk kolom ‘ nama produk ’ dan ‘ tipe produk ’ dari tabel ‘ produk ’ di database .


Menyaring Data dengan WHERE

Dalam banyak keadaan, kamu ingin mengambil data hanya yang memenuhi kondisi tertentu. Klausa WHERE pada PostgreSQL memungkinkan kamu untuk menspesifikasi kondisi yang kamu butuhkan untuk menyaring data.

Struktur umum dari klausa WHERE adalah sebagai berikut.

SELECT nama_kolom
FROM nama_tabel
WHERE kondisi;

Artinya, kamu mengambil data dari kolom tertentu dengan syarat kondisi yang kamu tuliskan terpenuhi.


Contoh Klausa WHERE

SELECT *
FROM produk
WHERE nama_produk = ‘Plastik’;

Artinya, kamu menampilkan semua data dari tabel ‘produk’ di database , namun hanya yang isi dari kolom ‘nama_produk’ adalah ‘Plastik’. Selain itu, data lain tidak ditampilkan.

Menyortir Data dengan ORDER BY

Di PostgreSQL, kamu juga bisa menyortir data yang kamu tampilkan secara otomatis menggunakan klausa ORDER BY. Klausa ini akan mengurut baris di tabel kamu berdasarkan kondisi yang kamu inginkan.

Struktur ORDER BY adalah seperti berikut

SELECT nama_kolom
FROM nama_tabel
ORDER BY nama_kolom;

Kondisi ORDER BY bergantung pada kolom yang ada pada tabel. Jika kamu ingin menyortir data berdasarkan lebih dari satu kolom, kamu dapat menulisnya secara sekuensial.

Secara default, data akan diurutkan secara ascending. Sedangkan secara spesifik, kamu dapat menuliskan ‘ASC’ untuk mengurut data secara ascending, dan ‘DESC’ untuk secara  descending.


Contoh Klausa ORDER BY

SELECT *
FROM produk
ORDER BY nama_produk ASC, tipe_produk DESC;

Di query ini, kamu menampilkan semua data pada tabel ‘produk’ yang disortir berdasarkan ‘nama produk’ secara ascending , kemudian ‘tipe produk’  secara descending .


Membatasi Keluaran dengan LIMIT

Kalau data dari tabel yang punya ternyata sangat banyak, kadang kamu ingin membatasi banyak data yang ditampilkan. Untuk itu, kamu dapat menggunakan klausa LIMIT pada PostgreSQL.

Struktur klausa LIMIT adalah seperti berikut.

SELECT nama_kolom
FROM nama_tabel
LIMIT angka;


Contoh Klausa LIMIT

SELECT nama_produk
FROM produk
LIMIT 1000;

Artinya, kamu akan menampilkan data pada kolom ‘nama produk ’ dari tabel ‘produk’ , namun hanya 1000 baris dari tabel yang ditampilkan.

Menambah Baris Baru dengan INSERT

Jika kamu ingin menambahkan baris baru ke dalam tabel yang kamu punya, kamu dapat menggunakan perintah manipulasi data, yaitu INSERT.

Struktur klausa INSERT adalah seperti berikut.

INSERT INTO nama_tabel (nama_kolom1, nama_kolom2, …)
VALUES (nilai1, nilai2, …);

Pada sintaksis di atas, kamu memasukkan tabel baru dengan nama-nama yang sesuai pada tiap kolom. Kemudian kamu memasukkan nilai-nilainya pada VALUES.


Contoh Klausa INSERT

INSERT INTO produk (nama_produk, tipe_produk)
VALUES (‘Kertas’, ‘Perkakas’);

Artinya, kamu akan memasukan baris baru ke dalam tabel ‘produk’ yang berisi ‘nama produk’ dan ‘tipe_produk’ masing-masing sebagai ‘Kertas’ dan ‘Perkakas’.


Mengubah Data dengan UPDATE

Terkadang, kamu ingin mengubah nilai dari suatu data yang ada dalam tabel kamu. Untuk itu, kamu dapat memanfaatkan perintah UPDATE.

Struktur klausa UPDATE adalah seperti berikut.

UPDATE nama_tabel
SET nama_kolom1 = nilai1, namam_kolom2 = nilai2, …
WHERE kondisi;

Pada struktur komando UPDATE, kamu memilih tabel yang ingin dimodifikasi, kemudian mengubah nilai pada kolom tertentu yang memenuhi kondisi yang kamu tentukan.


Contoh Klausa UPDATE

UPDATE produk
SET tipe_produk = ‘Lain-lain’
WHERE nama_produk = ‘Plastik’;

Pada perintah di atas, kamu mengubah ‘tipe_produk’ milik ‘Plastik’ dari yang awalnya, misalkan, adalah ‘Perkakas’ menjadi ‘Lain-lain’.

Perlu diperhatikan, bahwa pada contoh di atas, semua tipe_produk’ dari kolom ‘ nama_produk’ bernilai ‘Plastik’ akan ikut berubah.


Menghapus Data dengan DELETE

Jika kamu ingin menghapus satu baris yang ada dari tabel kamu, kamu dapat menggunakan perintah DELETE.

Struktur klausa DELETE adalah seperti berikut.

DELETE FROM nama_tabel
WHERE kondisi;


Contoh Klausa DELETE

DELETE FROM produk
WHERE nama_produk = ‘Plastik’;

Setelah query dijalankan, semua data dari tabel ‘produk’yang memiliki ‘nama_produk’ berisi ‘Plastik’ akan dihapuskan, termasuk nilai pada kolom tipe_produk’dan kolom lainnya.

Nah, itu tadi dasar-dasar pembuatan query di PostgreSQL. Klausa-klausa di atas adalah fungsi yang mungkin bakal sering banget Sobat MinDi gunakan.

Kalau Sobat MinDi sudah menguasai klausa-klausa tadi, Sobat MinDi siap buat mempelajari PostgreSQL maupun RDBMS lain lebih dalam.

PostgreSQL adalah tools yang sangat membantu dalam proses pengolahan dan analisis data. Mengingat pentingnya penggunaan data dalam bisnis zaman kini, menguasai fungsi-fungsi PostgreSQL menjadi sangat berguna buat Sobat MinDi mengejar karir di bidang data science.


Kalau Sobat MinDi mau belajar lebih lanjut, Sobat MinDi bisa banget ikutan Bootcamp Data Science yang diadakan oleh Dibimbing.id!

Nanti kamu bakal dilatih secara mendalam untuk menguasai tools yang ada di SQL.

Selain itu, kamu juga bakal belajar skills lain yang dibutuhkan profesional di bidang data science, seperti Python dan Tableau. Sobat MinDi bakal dibimbing oleh ahli-ahli yang sudah berpengalaman, sehingga Sobat MinDi bisa belajar lebih banyak lagi!

Ayo kejar karir kamu di data science bersama Dibimbing.id!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!