dibimbing.id - 5 Jurusan Kuliah untuk Berkarier di Bidang UI/UX, Yuk Simak!

5 Jurusan Kuliah untuk Berkarier di Bidang UI/UX, Yuk Simak!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

11 April 2024

•

646

Image Banner

UI/UX adalah salah satu industri yang cukup populer di era teknologi ini. Dengan potensi karir yang menjanjikan, industri ini jadi impian banyak kreatif muda. Lantas, apa sih jurusan kuliah yang cocok untuk UI/UX?


Untuk membantu kamu menemukan passion dan jurusan yang pas, MinDi sudah siapkan 5 daftar jurusan UI/UX. Simak rekomendasinya di bawah ini ya!



5 Jurusan UI/UX yang Bisa Kamu Pilih


Sumber



1. Desain Komunikasi Visual (DKV)


Jurusan UI/UX pertama adalah desain komunikasi visual atau DKV. Ini adalah studi yang menggabungkan prinsip seni rupa, desain, ilustrasi, fotografi, dan komunikasi visual multimedia.


Kombinasi prinsip tersebut bertujuan untuk menciptakan desain yang menarik secara visual, komunikatif, dan interaktif. 


Jurusan ini sangat relevan dengan UI/UX karena inti dari bidang ini adalah membuat produk yang estetik serta mudah digunakan dan meningkatkan pengalaman pengguna.


Beberapa keahlian yang akan didapatkan dari jurusan ini antara lain:


  • Mahasiswa DKV akan mengasah kemampuan dalam menggunakan berbagai alat desain, seperti software Adobe Creative Suite.

  • Memahami prinsip desain visual, tipografi, komposisi, dan warna.

  • Keterampilan komunikasi visual dan storytelling melalui desain.


Lulusan DKV dapat berkarier sebagai UI designer, UX researcher, visual designer, brand designer, dan art director. Secara umum, mereka akan mampu bekerja dalam berbagai industri, termasuk teknologi, pemasaran, media, dan periklanan.

Baca Juga: Kupas Tuntas Tentang Pekerjaan UI/UX Designer, Yuk!



2. Desain Grafis



Jurusan UI/UX berikutnya adalah desain grafis. Jurusan ini berfokus pada pembuatan logo, gambar, desain geometrik, dan komunikasi visual lainnya. 


Keterampilan ini esensial dalam UI/UX karena elemen visual yang kuat mempengaruhi bagaimana pengguna berinteraksi dengan sebuah produk atau website.


Beberapa keahlian yang bisa kamu dapatkan dari jurusan ini adalah:


  • Pemahaman tentang prinsip desain grafis.

  • Keahlian dalam menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop dan Illustrator.

  • Kemampuan untuk membuat identitas visual serta aplikasi desain web dan mobile.


Lulusan jurusan ini bisa menjadi graphic designer, UI designer, creative director, atau brand identity designer. Mereka juga bisa bekerja di agensi desain, startup teknologi, atau sebagai freelancer.


3. Sistem Informasi


Jurusan UI/UX berikutnya adalah sistem informasi. Studi ini menekankan pada pemahaman dasar pemrograman dan aplikasi internet dalam masyarakat. 


Ilmu ini berguna dalam membuat prototype UI/UX. Hal ini yang memungkinkan pengujian dan iterasi desain berdasarkan feedback pengguna.


Keahlian yang didapatkan dari jurusan ini antara lain: 

  • Pengembangan software.

  • Manajemen basis data.

  • Analisis sistem.

  • Pemahaman tentang bagaimana teknologi informasi diterapkan untuk memecahkan masalah bisnis.


Lulusan jurusan ini dapat menjadi system analyst, UX designer, information system manager, atau UX researcher. Mereka juga bisa bekerja di perusahaan teknologi, e-commerce, atau sebagai konsultan IT.



4. Ilmu Komputer


Jurusan UI/UX selanjutnya adalah ilmu komputer. Studi ini mempelajari algoritma, pemrograman, dan sistem komputer. 


Keahlian ini penting untuk memahami back-end dari desain UI/UX. Ini juga penting untuk memfasilitasi komunikasi yang lebih efektif antara designer dan developer.


Beberapa keahlian yang didapatkan dari sini adalah: 


  • Pemahaman tentang pemrograman serta pengembangan web dan aplikasi mobile.

  • Pengetahuan akan keamanan siber.

  • Pengetahuan teknis mendalam tentang arsitektur sistem.


Potensi karier jurusan ini front-end developer, full stack developer, UX designer yang juga memahami kode, atau technical product manager.

Baca Juga: Skill, Peran, Tugas dan Tanggung jawab Jadi UI/UX Designer



5. Psikologi



Jurusan UI/UX terakhir adalah psikologi. Ini merupakan studi tentang perilaku manusia dan proses mental. Memahami perilaku pengguna sangat kritikal dalam mendesain UX yang intuitif dan memenuhi kebutuhan serta kenyamanan pengguna.


Keahlian yang didapatkan dari jurusan ini antara lain:


  • Riset perilaku pengguna.

  • Pengujian usability.

  • Analisis data perilaku.

  • Pembuatan persona dan skenario pengguna.


Potensi karier lulusannya adalah UX researcher, behavioral scientist, dan user research analyst. Ini juga cocok untuk roles yang menggabungkan psikologi dengan desain untuk meningkatkan pengalaman pengguna.


Itulah beberapa jurusan UI/UX yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai kariermu di industri ini. Apabila kamu ingin belajar UI/UX dari pendidikan non-formal, bootcamp bisa jadi pilihanmu.


Bagi yang tertarik, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut Bootcamp UI/UX Design Dibimbing.id. Lewat program ini, kamu bisa belajar teori dasar UI/UX hingga praktik dengan real-case study.


Program ini dirancang dengan kurikulum beginner-friendly. Jadi, pemula atau para career-switcher yang baru belajar juga tidak akan kesulitan mengikuti pembelajarannya.


So, tunggu apa lagi? Segera daftar dan kembangkan kariermu di UI/UX bareng Dibimbing.id! Apapun tujuanmu, Dibimbing siap #BimbingSampaiJadi karier impianmu!

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!