8 Hal yang Harus Dipelajari Untuk Menjadi UI/UX Designer

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

05 April 2024

•

203

Image Banner

Ingin memulai karir sebagai seorang UI/UX designer? Well, kamu bisa mulai perjalananmu dengan mengeskplorasi apa saja yang harus dipelajari untuk menjadi UI/UX designer.


Dengan mempelajari hal tersebut, kamu bisa memiliki landasan pemahaman yang kuat. Untuk mempelajarinya, simak artikel ini sampai habis ya!



Apa Saja yang Harus Dipelajari untuk Menjadi UI/UX Designer?




Menjadi seorang UI/UX designer membutuhkan kombinasi pemahaman tentang desain, psikologi pengguna, dan keterampilan teknis. Berikut adalah beberapa aspek penting yang harus dipelajari:


1. Dasar-dasar Desain


Hal pertama yang harus dipelajari untuk jadi UI/UX designer adalah dasar-dasar desain. Adapun beberapa dasar desain yang harus dikuasai antara lain:


  • Prinsip Desain: 

Pelajari prinsip-prinsip desain fundamental seperti keseimbangan, kontras, hierarki, repetisi, proporsi, dan kesatuan. Tujuannya adalah untuk menciptakan tata letak yang harmonis dan efektif.

  • Teori Warna: 

Mengerti psikologi warna dan bagaimana itu dapat digunakan untuk memandu emosi dan tindakan pengguna. Pelajari cara memilih dan mengkombinasikan warna untuk menciptakan palet yang menarik dan aksesibel.

  • Tipografi: 

Memahami pentingnya pemilihan font. Ini termasuk keterbacaan, kecocokan dengan mood desain, dan bagaimana tipografi dapat mempengaruhi keseluruhan pengalaman pengguna.



2. Desain Interaksi


Berikutnya, desain interaksi adalah hal lain yang harus dikuasai oleh UI/UX designer. Berikut adalah beberapa cakupan dari desain interaksi:


  • Wireframing dan Prototyping:

Kemampuan ini melibatkan pembuatan wireframe dan prototipe dengan alat seperti Adobe XD, Sketch, atau Figma. Ini membantu dalam menguji dan menyempurnakan ide-ide desain sebelum pengembangan.

  • Alur Pengguna (User Flow): 

Mendesain alur yang logis dan efisien untuk pengguna melalui aplikasi atau situs web. Hal ini memastikan tugas dapat diselesaikan dengan mudah.

  • Responsiveness dan Accessibility: 

Pastikan desain berfungsi dengan baik di semua ukuran layar dan dapat diakses oleh pengguna dengan berbagai kemampuan.


Baca Juga: Contoh dan Tips Mengoptimalkan CV UI/UX Designer




3. Penelitian Pengguna (User Research)


Hal berikutnya untuk dipelajari oleh UI/UX designer adalah cara melakukan penelitian pengguna. Berikut adalah uraian lengkapnya:


  • Metode Penelitian: 

Mereka harus menguasai berbagai metode penelitian seperti survei, wawancara, pengujian kegunaan. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan insight tentang pengguna.

  • Persona Pengguna: 

Buat persona berdasarkan penelitian untuk mewakili pengguna target dan membantu memandu keputusan desain.

  • Pemetaan Perjalanan Pengguna (User Journey Mapping): 

Visualisasikan perjalanan pengguna secara keseluruhan. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi titik-titik sentuh dan kesempatan untuk peningkatan.



4. Alat Desain


Hal lain yang harus dikuasai oleh UI/UX designer adalah alat desain. Berikut penjelasan lengkapnya


  • Perangkat Lunak Desain: 

UI/UX designer harus mahir menggunakan alat desain seperti Adobe XD, Sketch, dan Figma untuk membuat desain visual dan prototipe.

  • Prinsip Animasi: 

Menggunakan animasi secara efektif dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan umpan balik visual dan memandu fokus pengguna.



5. Dasar-dasar Pengembangan Front-End


Selanjutnya, hal yang harus dikuasai oleh UI/UX designer adalah dasar-dasar pengembangan front-end. Berikut adalah komponen yang harus dikuasai:


  • HTML & CSS: 

Memiliki pemahaman dasar tentang HTML dan CSS untuk mengerti bagaimana desain diimplementasikan pada web.

  • JavaScript: 

Pengetahuan dasar JavaScript membantu dalam merancang interaksi yang lebih kompleks dan memahami batasan teknis.



6. Keterampilan Lunak (Soft Skills)


Berikutnya, hal yang harus dikuasai oleh UI/UX designer adalah keterampilan lunak atau soft skills. Hal ini mencakup:


  • Komunikasi: 

UI/UX designer harus mampu mengembangkan kemampuan untuk menyampaikan ide desain secara efektif kepada tim dan stakeholder.

  • Kerja Sama Tim: 

Mereka harus bekerja dengan developer, manajer produk, dan stakeholder lainnya dalam lingkungan kolaboratif.

  • Pemecahan Masalah: 

Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah pengguna dan merancang solusi kreatif dan efektif.



7. Memahami Tren dan Praktik Terbaik


Hal lain yang harus dipelajari oleh UI/UX designer adalah bagaimana cara memahami tren dan praktik terbaiknya. Berikut uraian lengkapnya:


  • Mengikuti Tren Desain: 

Mereka harus tetap terinformasi dengan tren desain terbaru untuk inspirasi dan inovasi.

  • UX Writing: 

Mereka harus mengembangkan keterampilan dalam menulis copy yang jelas dan efektif untuk UI. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterbacaan dan persuasi.


Baca Juga: Cek Perbedaan Desain UI dan UX, Lewat Hal-Hal Ini!



8. Portofolio Desain


Hal terakhir adalah mereka harus membangun portofolio. Hal ini bisa dilakukan dengan mulai kumpulkan proyek desain dalam portofolio. Ini harus menunjukkan keterampilan, proses pemikiran, dan pemecahan masalah. Portofolio penting untuk menarik klien atau perekrut.



Itulah beberapa hal yang harus kamu pelajari untuk menjadi UI/UX designer. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa untuk menjadi UI/UX designer kamu juga harus mengembangkan pengetahuan dan keahlian secara terus menerus.


Bagi yang tertarik belajar, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut Bootcamp UI/UX Design Dibimbing.id. Lewat program ini, kamu bisa belajar teori dasar UI/UX hingga praktik dengan real-case study.


Program ini dirancang dengan kurikulum beginner-friendly. Jadi, pemula atau para career-switcher yang baru belajar juga tidak akan kesulitan mengikuti pembelajarannya.


So, nggak usah ragu lagi! Segera daftar dan kembangkan keahlianmu di UI/UX bareng Dibimbing.id!




Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!