Fungsi dan Pedoman Menentukan Font Size dalam UI Design

Hudita A. R. Lubis

15 June 2023

15102

Image Banner

Dalam dunia desain User Interface (UI) dan User Experience (UX), Font Size memegang peran yang sangat penting dalam menciptakan desain yang efektif dan memastikan pengalaman pengguna yang sukses. Pemilihan Font Size yang tepat gak hanya berdampak pada keterbacaan teks, tetapi juga mempengaruhi navigasi, hirarki visual, dan keseluruhan estetika desain.


Mendalami tentang fungsi kritis dari Font Size dalam UI/UX Design dan bagaimana penggunaannya secara cerdas dapat meningkatkan keterbacaan dan keberhasilan pengalaman pengguna. MinDi akan ajak kamu menjelajahi berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memilih Font Size yang tepat untuk tujuan desain yang diinginkan.


Apa itu Font Size?


Dalam konteks desain UI/UX, Font Size merujuk pada pengaturan ukuran teks yang digunakan untuk berbagai elemen antarmuka pengguna (UI). Font Size mengacu pada ukuran fisik dari karakter huruf dalam teks yang ditampilkan di layar.


Font Size dalam desain UI/UX memiliki peran penting dalam mempengaruhi legibilitas, hierarki informasi, penekanan, dan tata letak secara keseluruhan. UI/UX Designer menggunakan ukuran teks yang tepat untuk memastikan bahwa informasi dapat dengan jelas dibaca oleh pengguna dan mengkomunikasikan hierarki serta fokus yang diinginkan.


Ukuran teks yang digunakan dalam desain UI/UX biasanya diukur dalam piksel (px) atau dalam satuan yang relatif seperti persentase (%). Ukuran teks yang diukur dalam piksel memberikan pengaturan yang lebih spesifik dan presisi, sedangkan satuan relatif memungkinkan ukuran teks untuk beradaptasi dengan ukuran layar yang berbeda atau perubahan skala desain.


Tapi sebenarnya dalam Desain UI/UX, terdapat beberapa satuan pengukuran yang umum digunakan untuk menentukan ukuran font.


Baca juga: Yuk Kupas Tuntas Pekerjaan UI/UX Designer


Satuan Font Size Apa yang Biasa Digunakan?


Berikut adalah penjelasan singkat tentang empat satuan pengukuran yang umum digunakan: Px, pt, sp, dan dp.


1. Px (Pixel)

Px adalah satuan pengukuran yang paling umum digunakan dalam desain digital. Satu piksel mewakili titik terkecil pada layar. Ukuran font dalam piksel (px) akan secara langsung mempengaruhi ukuran dan tampilan font pada layar. Satuan piksel bersifat absolut, artinya ukuran font yang ditentukan dalam piksel akan tetap sama pada berbagai perangkat dengan kerapatan piksel yang berbeda.


2. Pt (Point)

Pt adalah satuan pengukuran yang sering digunakan dalam desain cetak. Satu poin setara dengan 1/72 inch. Meskipun pt juga digunakan dalam desain digital, ukuran font dalam pt biasanya akan dikonversi menjadi piksel saat diterapkan pada layar. Karena pt tidak tergantung pada kepadatan piksel, ukuran font dalam pt akan terlihat lebih konsisten di berbagai perangkat.


3. Sp (Scalable Pixels)

Sp adalah satuan pengukuran yang digunakan dalam pengembangan aplikasi Android. Sp adalah satuan relatif yang didasarkan pada ukuran font default sistem. Sp mempertimbangkan preferensi ukuran font yang dipilih oleh pengguna di perangkat mereka. Sp memungkinkan ukuran font untuk mengikuti pengaturan ukuran font yang dipilih oleh pengguna pada perangkat mereka.


4. Dp (Density-independent Pixels)

Dp adalah satuan pengukuran yang digunakan dalam pengembangan aplikasi Android untuk mengatasi perbedaan kepadatan piksel pada berbagai perangkat. Dp adalah satuan relatif yang memungkinkan ukuran font untuk tetap konsisten secara visual pada berbagai perangkat dengan kepadatan piksel yang berbeda. Dp diterjemahkan menjadi piksel pada perangkat dengan mengambil kepadatan piksel perangkat (dpi) sebagai referensi.


Dalam praktiknya, keputusan untuk menggunakan satuan pengukuran yang mana tergantung pada kebutuhan dan konteks desain. Px umumnya digunakan dalam desain web dan aplikasi, sementara pt, sp, dan dp lebih sering digunakan dalam pengembangan aplikasi untuk mencapai fleksibilitas dan konsistensi antarmuka di berbagai perangkat.


Baca juga: Cari Tahu Bedanya UI UX Design Lewat 5 Hal Ini!


Pedoman Template Font Size untuk Desain UI

Dibimbing.id - Pedoman Template Font Size untuk Desain UI


Pedoman Template Font Size untuk Desain UI


Font Size untuk konten berbeda tergantung pada platform yang akan kamu gunakan. Berikut MinDi kasih template ukuran font dasar yang umumnya dipakai:


1. Pedoman Font Size UI Design di Desktop

  • Main Text: Ukuran font yang digunakan untuk teks paragraf atau konten utama dalam tampilan di antara 32/38/42px.

  • Display Text: Ukuran font yang lebih besar dan menonjol, digunakan bervariasi tergantung pada hierarki informasi dan kebutuhan desain adalah di antara 60/72/80px.

  • Heading 1 / Title Text: Ukuran font ini digunakan untuk judul utama atau bagian-bagian penting dalam tampilan. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 24px–32px.

  • Heading 2 / Subtitle: Ukuran font ini digunakan untuk subjudul atau bagian-bagian yang lebih kecil dari Heading 1. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 18px–24px.

  • Heading 3 / Subtitle: Ukuran font ini digunakan untuk subjudul yang lebih kecil dari Heading 2 atau sebagai judul bagian dalam konten. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 16px–20px.

  • Body Text: Ukuran font ini digunakan untuk teks paragraf dan konten utama. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 14px–16px.

  • Subtext: Ukuran font ini digunakan untuk teks yang lebih kecil dari Body Text, seperti keterangan atau informasi tambahan. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 12px–14px.

  • Caption / Smallest Text: Ukuran font ini digunakan untuk keterangan atau teks yang mendampingi gambar, ikon, atau elemen visual lainnya. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 10px–12px.


Font Size yang tepat dapat bervariasi tergantung pada jenis font yang digunakan, gaya desain, dan preferensi pengguna. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan kontras, keterbacaan, dan keselarasan dalam pemilihan ukuran font agar tampilan UI tetap estetis dan mud


2. Pedoman Font Size UI Design di Android

  • Title Text: Ukuran font ini digunakan untuk judul utama atau tajuk besar pada tampilan. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 20sp–28sp.

  • Subtitle / Text Input: Ukuran font ini digunakan untuk sub judul atau tajuk yang lebih kecil dari Title. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 16sp–20sp.

  • Body Text: Ukuran font ini digunakan untuk teks paragraf dan konten utama. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 14sp–16sp.

  • Caption / Paragraph Text: Ukuran font ini digunakan untuk keterangan atau teks yang mendampingi gambar, ikon, atau elemen visual lainnya. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 12sp–14sp.

  • Button: Ukuran font ini digunakan untuk teks pada tombol. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 14sp–16sp.

  • Tab: Ukuran font ini digunakan untuk label pada tab navigasi. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 14sp–16sp.

  • Smallest Text: Ukuran font ini digunakan untuk teks yang lebih kecil atau informasi tambahan. Ukuran font yang direkomendasikan adalah sekitar 12sp–14sp.


Harap dicatat bahwa ukuran font ini adalah pedoman umum yang direkomendasikan untuk pengembangan aplikasi Android. Dalam desain UI di platform Android, penggunaan ukuran font dengan satuan piksel (px) gak disarankan. Sebaliknya, penggunaan ukuran font dalam skala-independent pixel (sp) lebih disukai karena akan menyesuaikan dengan skala tampilan pengguna.


3. Pedoman Font Size UI Design di iOS

  • Large Title: Ukuran font ini digunakan untuk judul halaman yang besar, seperti judul utama pada tampilan. Ukuran font untuk Large Title adalah 34pt.

  • Title 1: Ukuran font ini digunakan untuk judul sejajar dengan Large Title atau sebagai judul utama dalam bagian tertentu. Ukuran font untuk Title 1 adalah 28pt.

  • Title 2: Ukuran font ini digunakan untuk judul yang lebih kecil dari Title 1, tapi masih menarik perhatian. Ukuran font untuk Title 2 adalah 22pt.

  • Title 3: Ukuran font ini digunakan untuk judul yang lebih kecil dari Title 2, digunakan untuk judul bagian atau subseksi. Ukuran font untuk Title 3 adalah 20pt.

  • Headline: Ukuran font ini digunakan untuk menyoroti berita atau informasi penting dalam tampilan. Ukuran font untuk Headline adalah 17pt.

  • Body Text: Ukuran font ini digunakan untuk teks paragraf dan konten utama. Ukuran font untuk Body adalah 17pt.

  • Callout: Ukuran font ini digunakan untuk keterangan atau teks yang perlu menonjol, seperti keterangan gambar atau deskripsi singkat. Ukuran font untuk Callout adalah 16pt.

  • Subhead: Ukuran font ini digunakan untuk subjudul atau teks yang lebih kecil dari Headline. Ukuran font untuk Subhead adalah 15pt.

  • Footnote: Ukuran font ini digunakan untuk catatan kaki atau informasi tambahan yang relevan. Ukuran font untuk Footnote adalah 13pt.

  • Caption: Ukuran font ini digunakan untuk keterangan atau teks yang mendampingi gambar atau elemen visual lainnya. Ukuran font untuk Caption adalah 12pt.


Harap dicatat bahwa ini adalah pedoman umum yang direkomendasikan oleh Apple untuk pengembangan aplikasi iOS. Ukuran font yang tepat dapat bervariasi tergantung pada konteks desain dan preferensi pengguna. Namun, penggunaan satuan font Point (pt) memang lebih disarankan dibanding menggunakan satuan lain.


Baca juga: Fungsi, Tujuan, dan 5 Fase Metode Design Thinking


Apa Fungsi dari Font Size dalam UI/UX Design?


Font Size dalam desain UI/UX adalah pengaturan ukuran teks yang digunakan dalam antarmuka pengguna. Font Size mempengaruhi legibilitas, penekanan, dan hierarki informasi dalam desain. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari Font Size dalam desain UI/UX:


1. Memudahkan teks untuk bisa dibaca pengguna

Ukuran teks yang terlalu kecil dapat menyulitkan pengguna untuk membaca dan memahami informasi, sementara ukuran yang terlalu besar dapat mengganggu tata letak dan membutuhkan pengguliran secara horizontal atau vertikal. Dengan memilih Font Size yang sesuai, desainer dapat memastikan bahwa teks mudah dibaca tanpa mengorbankan estetika desain.


2. Guna menciptakan hirarki visual dalam desain

Ukuran teks yang berbeda dapat digunakan untuk membedakan elemen-elemen penting atau informasi yang lebih signifikan dari yang lain. Misalnya, judul atau heading yang penting mungkin memiliki ukuran teks yang lebih besar daripada teks biasa atau teks yang gak begitu penting. Font Size membantu pengguna dalam mengidentifikasi informasi kunci dengan cepat dan memandu mereka dalam pengalaman pengguna.


3. Memperjelas penekanan untuk informasi penting

Dalam beberapa kasus, Font Size yang berbeda dapat digunakan untuk menekankan teks atau kata-kata penting dalam desain. Misalnya, dalam desain tombol tindakan, teks pada tombol yang paling penting atau yang diharapkan akan menarik perhatian pengguna mungkin memiliki ukuran teks yang lebih besar. Hal ini membantu mengarahkan perhatian pengguna ke elemen yang relevan dan mendorong tindakan yang diinginkan.


4. Memberikan kesan menarik pada pengguna

Font Size juga dapat mempengaruhi pengaruh emosional pada pengguna. Ukuran font yang lebih besar dapat memberikan kesan kuat, menarik perhatian, atau mengkomunikasikan pentingnya pesan tertentu. Sementara itu, ukuran font yang lebih kecil dapat memberikan kesan lebih ringan atau sekunder.


Pemilihan Font Size yang tepat dalam desain UI/UX sangat penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik dan efektif. Font Size harus disesuaikan dengan konteks penggunaan, jenis teks, hierarki informasi, dan tata letak secara keseluruhan. 


Dengan mempertimbangkan ukuran font yang tepat, desainer UI/UX dapat meningkatkan legibilitas, menciptakan hirarki visual yang jelas, dan mengkomunikasikan pesan dengan efektif kepada pengguna.


Memang untuk menguasai skill pengaturan font size dalam UI Design ini, Sobat MinDi butuh praktik. Nah, MinDi sarankan kamu untuk ikut Bootcamp UI/UX Designer, karena kamu berkesempatan dapat practical exercises setiap pertemuan dengan real problems berdasarkan final project, dan ekstra 20+ live session dan video learning lainnya untuk menunjang pembelajaran kelas. Klaim early-bird promo kamu sekarang di sini.




Share

Author Image

Hudita A. R. Lubis

Hudita merupakan penulis lepas di berbagai topik. Dengan pengalaman lebih dari 2 tahun, ia terkenal dengan tulisannya yang padat dan jelas di topik-topik Project Management dan UI/UX design. Hudita juga merupakan seseorang yang punya rasa ingin tahu yang tinggi dan hobi menulis.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!