dibimbing.id - First Input Delay Adalah: Esensinya di SEO & Optimasinya

First Input Delay Adalah: Esensinya di SEO & Optimasinya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

12 January 2024

•

169

Image Banner

User experience adalah salah satu kunci utama dalam menentukan kesuksesan suatu situs web. Untuk mengukur pengalaman pengguna, First input delay adalah salah satu elemen yang digunakan.


Secara garis besar, first input delay adalah salah satu metrik penting dalam mengukur pengalaman pengguna di situs web. Oleh sebab itu, memahami konsep first input delay menjadi hal penting apabila kamu melakukan pemasaran konten lewat situs web.


Untuk membantumu memahami konsep first input delay, kami telah menyiapkan penjelasan secara lengkap di bawah ini. Baca artikel ini sampai habis untuk pahami lengkapnya!


Apa Itu First Input Delay?


Seperti yang disebutkan di atas, first input delay adalah aspek penting untuk meningkatkan user experience. Lebih detailnya, first input delay adalah alat ukur untuk menilai pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan halaman web.


Istilah first input delay seringkali digunakan dalam konteks pengembangan web dan peningkatan performa situs.


Secara lebih sederhana, first input delay adalah situasi dimana laman web mengalami jeda pada saat pengguna melakukan tindakan di situs. Misalnya, saat pengguna mengklik sebuah tombol di laman, namun halaman tersebut tiba tiba terjeda.


Dapat dikatakan bahwa semakin rendah first input delay, maka performa situs web bisa dikatakan bagus. Pasalnya, first input delay yang rendah menandakan bahwa web bisa merespons dengan cepat.


Sebaliknya, first input delay tinggi menandakan kinerja situs web yang buruk.


Esensi First Input Delay di SEO


Di search engine optimization, first input delay adalah komponen yang memiliki peran penting. Sebab, first input delay memiliki dampak besar pada pengalaman pengguna yang bisa memengaruhi peringkat situs web di mesin pencari.


Berikut adalah beberapa esensi first input delay di search engine optimization:


1. Memengaruhi User Experience


Esensi first input delay di search engine optimization pertama berkaitan dengan pengalaman pengguna. Pasalnya, first input delay adalah aspek yang bisa memperburuk pengalaman pengguna saat berkunjung situs web.


Jeda yang terjadi apabila pengguna mengklik tombol atau link bisa membuat mereka merasa frustrasi. Sebaliknya, jika respons cepat, pengguna bisa memiliki pengalaman menyenangkan di web.


Rendahnya first input delay bisa membuat pengunjung merasa senang mengunjungi web dan kembali lagi ke laman.


2. Faktor Core Web Vitals


Esensi first input delay di SEO berikutnya berkaitan dengan fakta bahwa komponen ini merupakan salah satu faktor core web vitals yang ditetapkan Google.


Artinya, kecepatan respons situs juga merupakan aspek yang memiliki peran dalam menentukan peringkat situs di hasil pencarian Google.


Situs dengan first input delay yang rendah akan lebih disukai oleh Google dan mendapatkan peringkat tinggi. 


3. Memengaruhi Bounce Rate


Berikutnya, dalam SEO esensi first input delay adalah konsep dimana komponen ini bisa memengaruhi bounce rate. Tingginya first input delay memiliki arti bahwa situs lambat dan bisa membuat pengguna meninggalkan laman tanpa ada interaksi lanjut.


4. Faktor Peningkatan Traffic Organic


Berikutnya adalah ukuran first input delay bisa menjadi faktor peningkatan traffic organik. Fist input delay yang rendah menandakan bahwa situs responsif, sehingga ini bisa membuat pengguna menghabiskan waktu lebih lama lagi.


5. Faktor Bahwa Situs Web Kompetitif


Terakhir, first input delay adalah faktor yang menunjukkan bahwa situs web mampu bersaing di Google. Sebab situs yang responsif bisa meningkatkan rangking di Google.



Cara Optimasi Untuk Kurangi First Input Delay


Untuk mengurangi first input delay, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk situs web-mu. Berikut adalah cara optimasinya:


1. Kompress Gambar


Pertama, cara mengurangi first input delay adalah mengompres gambar. Sebab, gambar dengan ukuran besar bisa memperlambat waktu muat halaman. 


Dengan ukuran lebih kecil dan kualitas yang bagus, waktu muat halaman serta pengalaman pengguna bisa ditingkatkan.


Baca Juga: 6 Cara Melihat Traffic Website Secara Gratis, Tanpa Ribet!


2. Gunakan Caching


Berikutnya, cara mengoptimasi situs web untuk kurangi first input delay adalah dengan meggunakan caching.


Caching merupakan penyimpanan sementara data seperti file HTML, JavaScript, dan CSS. Hal ini bermanfaat untuk menyimpan data pengguna yang berkunjung.


Dengan begitu, ketika pengguna kembali lagi ke situs web, browser tidak perlu memuat ulang seluruh konten.


Caching bisa secara signifikan mengurangi waktu muat halaman dan memperbaiki first input delay


3. Gunakan Layanan CDN


Untuk mengurangi first input delay, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan layanan Content Delivery Network (CDN). Layanan ini membantu proses distribusi konten situs web ke server di berbagai lokasi geografis.


Dengan CDN, konten dapat dimuat lebih cepat dari server terdekat dengan pengguna. Layanan ini sangat efektif untuk situs web dengan audiens global.


Pasalnya, layanan ini bisa mengurangi kecepatan muat halaman dan pada akhirnya menurunkan first input delay.


4. Manfaatkan Alat Pemantauan Kinerja Web


Berikutnya adalah dengan memanfaatkan alat pemantauan kinerja web seperti Google PageSpeed Insights atau Lighthouse. Alat tersebut itu bisa membantu identifikasi masalah yang mempengaruhi first input delay


Demikian informasi seputar first input delay, mulai dari pengertian hingga cara optimasi web untuk menguranginya. 


Bisa dikatakan bahwa, first input delay adalah hal penting yang harus diperhatikan pada situs web untuk meningkatkan user experience guna mencapai kesuksesan pemasaran organik.


Meski first input delay penting dalam optimasi pemasaran organik lewat situs web, ada banyak hal lain yang harus dilakukan guna mencapai kesuksesan digital marketing.


Eksplor aspek-aspek yang harus dipelajari di digital marketing lewat Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id.


Di program tersebut, kamu bisa mengeksplor semua channel digital marketing serta strateginya dengan materi ter-update di industri. Kamu juga akan mendapatkan lifetime access ke materi pembelajarannya.


Tidak berhenti di belajar teori, kamu juga akan mendapatkan hands-on experience lewat real-case project yang diberikan semasa program. Terlebih lagi, kamu juga bisa dapatkan pekerjaan lewat layanan job-connection ke 500+ companies.


Segera gabung di program ini dan eksplor digital marketing bersama Dibimbing.id



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!