Engagement Social Media Adalah: Manfaat, Jenis, & Strategi

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

09 January 2024

265

Image Banner

Dengan perkembangan platform digital, engagement social media adalah kunci dari keberhasilan pemasaran serta komunikasi online


Bukan sekadar mengumpulkan likes, engagement social media adalah pondasi interaksi antara merek, individu, atau organisasi dengan audiensnya.


Oleh sebab itu, engagement social media yang bagus menjadi tolak ukur dari keberhasilan pemasaran digital.


Bagi Sobat MinDi yang ingin mempelajari apa itu engagement social media hingga strateginya, simak artikel ini sampai habis ya!


Pengertian Engagement Social Media


Secara umum, engagement social media adalah konsep yang merujuk pada interaksi dan keterlibatan antara pengguna dan konten dalam platform sosial.


Pada dasarnya, engagement social media adalah indikator penting untuk menentukan seberapa aktif dan responsif suatu akun di media sosial. Selain itu, engagement juga bisa diukur dengan jumlah pengikut yang terlibat dalam interaksi konten.


Semakin tinggi tingkat engagement, maka makin besar pula pengaruh dan jangkauan yang dimiliki oleh akun atau merek di media sosial. Hal tersebut tentu berdampak besar pada kesuksesan bisnis.


Manfaat Engagement Social Media


Engagement social media adalah konsep yang memiliki berbagai manfaat, khususnya pada bisnis. Berikut adalah manfaat utama dari engagement social media:


1. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Pertama, manfaat engagement social media adalah untuk meningkatkan visibilitas bisnis. Dengan berinteraksi secara aktif dengan audiens, kamu dapat meningkatkan visibilitas kontenmu. 


Semakin banyak orang yang berinteraksi dengan postingan-mu, maka makin besar pula kemungkinan konten muncul di feed pengikut dan menarik perhatian banyak orang.


Baca Juga: Strategi Social Media Marketing: Pengertian, Contoh, dan Tips


2. Meningkatkan Kesadaran Merek


Berikutnya, manfaat engagement social media adalah meningkatkan kesadaran merek. Dengan interaksi positif bersama audiens, kamu juga bisa bangun citra merek yang kuat. Hal ini bisa dicapai dengan membagikan konten relevan serta berinteraksi dengan audiens.


3. Memperkuat Loyalitas Pelanggan


Selanjutnya, kamu juga bisa memperkuat loyalitas pelanggan dengan membangun engagement lewat pemasaran media sosial. Pasalnya, engagement adalah cara paling efektif untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan.


Kamu bisa mencapai hal tersebut dengan memberikan respons cepat terhadap pertanyaan maupun komentar audiens.


4. Meningkatkan Konversi


Terakhir, manfaat engagement social media adalah untuk meningkatkan konversi. Sebab, engagement yang baik bisa mendorong audiens untuk mengambil tindakan lanjut.


Beberapa tindakan tersebut bisa berupa klik ke tautan, pendaftaran pada layanan, maupun pembelian produk yang ditawarkan. Tindakan tersebutlah yang bisa meningkatkan konversi serta pendapatan bisnismu.



Jenis Engagement Social Media


Setelah mempelajari pengertian social media, berikutnya mari kita gali lebih dalam soal jenisnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis engagement social media pada umumnya:


1. Likes atau Suka


Pertama, ada likes (suka) sebagai salah satu jenis engagement social media. Likes adalah salah satu tindakan paling umum dalam social media engagement


Dengan fitur likes, audiens dapat menunjukkan bahwa mereka menyukai atau menyetujui postingan yang dibagikan oleh akun bisnismu.


2. Komentar Audiens


Selanjutnya, jenis engagement social media adalah komentar audiens. Dengan ini, audiens dapat memberikan tanggapan terhadap foto, video, atau konten yang dibagikan oleh akun bisnismu.


Komentar ini dapat berupa pertanyaan, pendapat, pujian, atau diskusi lebih lanjut soal topik yang dibahas dalam konten.


3. Shares (Konten yang Dibagikan Audiens)


Jenis engagement social media berikutnya adalah shares. Dengan fitur ini, audiens bisa membagikan konten yang dianggap relate atau bermanfaat ke profil mereka atau pengguna lain.


Hal ini bermanfaat untuk menyebarkan konten ke jangkauan yang lebih luas dan bahkan membantu peningkatan kesadaran merek.


4. Mentions (Penyebutan)


Selanjutnya, ada mentions sebagai salah satu jenis engagement social media lainnya. Dengan fitur ini, audiens bisa menyebutkan atau merujuk ke pengguna lain dalam postingan yang dibagikan.


Hal ini bisa bermanfaat untuk memperkenalkan bisnismu ke jangkauan lebih luas selain pengikutmu. 


5. Reactions (Reaksi dari Audiens)


Berikutnya, jenis engagement social media adalah reactions. Di beberapa media sosial seperti Facebook atau Instagram, terdapat reaksi atau emoji yang dapat digunakan oleh audiens.


Reaksi tersebut bisa berupa emoji hati, ketawa, sedih, ataupun marah. Dengan fitur ini, kamu bisa tahu apa yang dirasakan audiens terhadap konten yang dibagikan.


6. Direct Messages (Pesan Langsung)


Selanjutnya, ada direct messages. Fitur ini bisa digunakan oleh audiens untuk mengirimkan pesan langsung ke akun bisnismu. Pesannya bisa berupa tanggapan terhadap unggahan atau percakapan pribadi.


Dengan ini, kamu bisa membangun interaksi yang lebih kuat dengan audiens dan terkoneksi secara langsung pada mereka.


Baca Juga: 5 Fungsi Custom Audience dalam Pemasaran Digital


Strategi Mengembangkan Engagement Social Media


Engagement social media adalah salah satu faktor penting dalam kesuksesan pemasaran digital. Oleh karena itu, untuk mengembangkan engagement dibutuhkan strategi yang baik.


Berikut adalah beberapa strategi yang dapat meningkatkan engagement di media sosial:


1. Kenali dan Pahami Audiens


Pertama, strategi engagement social media adalah mengenali dan memahami audiens. Di langkah ini, beberapa langkah yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Lakukan riset untuk mengenal siapa pengikutmu, apa minat mereka, serta hal yang dicari audiens di media sosial.

  • Manfaatkan platform analitik untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku pengikutmu.


2. Buat Konten Berkualitas


Setelah kamu memahami audiensmu, strategi yang bisa diterapkan adalah membuat konten berkualitas. Untuk menghasilkan konten berkualitas, hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Buat konten strategi untuk menciptakan tulisan informatif, menarik, dan relevan untuk audiensmu.

  • Ciptakan konten dalam berbagai format, seperti teks, gambar, video, dan infografik.

  • Tulis konten dengan bahasa yang mudah dimengerti dan sesuai dengan preferensi audiens.


3. Konsistensi Posting Konten


Sembari membuat konten berkualitas, pastikan untuk mengunggah konten secara konsisten. Hal yang perlu kamu perhatikan untuk menerapkan strategi ini, meliputi:

  • Buat jadwal untuk unggah konten.

  • Manfaatkan kalender editorial untuk merencanakan postingan.


4. Gunakan Hashtags dan Kata Kunci yang Relevan


Saat membuat atau menggunggah konten, pastikan untuk menggunakan hashtags atau kata kunci yang relevan. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan jangkauan ke target yang tepat sasaran.


5. Berinteraksi dengan Pengikut


Terakhir adalah strategi engagement social media paling penting yaitu berinteraksi dengan pengikut. Untuk melakukan ini, beberapa hal yang bisa dikerjakan adalah:

  • Memberikan respons cepat terhadap komentar, pertanyaan, atau pesan pribadi dari pengikut.

  • Aktif berkomunikasi dan mengikuti percakapan di komunitas yang relevan dengan bisnismu.


Baca Juga: Mau Promosi Produk? Ikuti Cara Efektif Pemasaran Media Sosial


Nah, itulah ulasan lengkap tentang apa itu engagement social media hingga strateginya. Dapat disimpulkan bahwa engagement social media merupakan faktor penting dalam digital marketing.


Jadi kalau mau engagement tinggi, pastikan kamu sudah menerapkan strategi pemasaran digital marketing terbaik!


Tapi, jangan khawatir! Buat yang baru mulai berkarir di digital marketing dan masih bingung menerapkan strategi terbaik, kamu bisa ikuti program Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id.


Lewat program ini, Sobat MinDi bisa dapatkan materi paling update di industri digital marketing. Bukan hanya itu, kamu juga bisa kembangkan portofolio dengan real-case project.


Terlebih lagi, kamu akan berkesempatan untuk menikmati layanan job connection ke 500+ companies. Yuk, daftarkan dirimu dan tingkatkan keahlianmu di digital marketing bersama Dibimbing.id!


Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!