Contoh Surat Lamaran Kerja Content Creator Lengkap & Tipsnya

Muthiatur Rohmah

29 May 2024

93

Image Banner

Pada saat ini, konten digital telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia, salah satunya di bidang bisnis. Oleh sebab itu pekerjaan content creator semakin dibutuhkan banyak perusahaan.


Hal ini juga berpengaruh pada persaingan kerja content creator yang semakin kompetitif. Jika Sobat MinDi hendak melamar sebagai content creator, kamu harus menonjol di mata recruiter. Lantas bagaimana caranya?


Salah satu cara menarik perhatian recruiter adalah surat lamaran kerja, Sobat MinDi bisa membuatnya dengan efektif dan lengkap, sehingga recruiter akan tertarik saat membacanya.


Lantas bagaimana cara membuat surat lamaran kerja content creator yang efektif? Bagaimana contoh surat lamaran kerja content creator yang lengkap dan menarik? Yuk simak selengkapnya pada artikel ini.



Pentingnya Surat Lamaran Kerja Content Creator



Surat lamaran kerja memiliki peranan penting, terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia konten kreatif. 


Bagi seorang content creator, surat lamaran bukan kerja hanya sekedar dokumen pengantar, melainkan sebuah alat untuk memperlihatkan kreativitas dan kemampuan mereka dalam merangkai kata dan ide. 


Jika Sobat MinDi menulis surat lamaran kerja content creator dengan baik, hal ini akan meningkatkan peluang recruiter melirik lamaran Sobat MinDi.


Sebab surat lamaran kerja juga menentukan bagaimana seorang recruiter memandang potensi kreatif dan profesionalisme seorang content creator.



Apa Saja Struktur Surat Lamaran Kerja Content Creator?



Ingin menulis surat lamaran kerja content creator dengan tepat? Yuk pahami dulu struktur surat lamaran kerja content creator berikut ini.


Struktur surat lamaran kerja  content creator haruslah disusun urut dengan baik sehingga dapat mencerminkan profesionalisme serta kreativitas pelamar. 


struktur surat lamaran kerja content creator


Berikut adalah komponen-komponen utama yang harus ada dalam surat lamaran kerja seorang content creator:



1. Header Surat Lamaran


Dalam surat lamaran kerja, header biasanya berisi informasi kontak pelamar dan tanggal pengiriman surat. Informasi ini termasuk nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Jika ada, tautkan juga profil LinkedIn atau portofolio online. 


Pastikan untuk menyertakan informasi kontak penerima surat, seperti nama perusahaan, nama kontak (jika diketahui), jabatan, dan alamat perusahaan.



2. Sapaan Surat Lamaran


Sapaan dalam surat lamaran haruslah sopan dan secara ideal menggunakan nama kontak penerima, seperti "Dear Mr./Ms. [Nama]." Jika nama tidak diketahui, gunakan sapaan umum seperti "Dear Hiring Manager."



3. Pengantar Surat Lamaran


Bagian pengantar surat lamaran kerja, merupakan hal yang menarik perhatian pembaca. Mulailah dengan menyatakan posisi yang dilamar dan di mana tempat menemukan informasi lowongan tersebut. 


Jelaskan secara singkat mengapa tertarik dengan posisi tersebut dan mengapa Sobat MinDi merupakan kandidat yang ideal.



4. Isi Surat Lamaran


Isi surat merupakan inti dari surat lamaran kerja, di dalam isi, Sobat MinDi dapat menjelaskan pengalaman, keterampilan, dan prestasi yang relevan dengan posisi yang dituju. 


Isi surat lamaran kerja, dapat dibagi menjadi beberapa paragraf sebagai berikut.

  • Paragraf pertama dapat menjelaskan pengalaman kerja sebelumnya yang relevan.

  • Paragraf kedua dapat fokus pada keterampilan khusus dan alat yang dikuasai dan relevan untuk pekerjaan tersebut.

  • Paragraf ketiga dapat menyebutkan contoh spesifik dari pencapaian atau projek yang pernah ditangani untuk  menunjukkan kemampuan Sobat MinDi dalam menciptakan konten yang efektif dan menarik.



5. Penutup Surat Lamaran


Penutup dalam surat lamaran kerja, biasanya menguatkan minat pada posisi tersebut dan mengungkapkan keinginan untuk melanjutkan diskusi tentang proses selanjutnya. 


Ajukan permohonan secara sopan untuk diundang pada wawancara atau seleksi lebih lanjut. Tutup dengan ucapan terima kasih atas pertimbangan lamaran dan sertakan salam penutup seperti "Hormat saya," diikuti dengan nama Sobat MinDi.



Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Content Creator yang Efektif



Sobat MinDi ingin menulis surat lamaran kerja content creator? Ngga tau harus mulai dari mana? Yuk simak cara menulis surat lamaran kerja content creator yang efektif berikut ini.


Menulis surat lamaran kerja sebagai content creator memerlukan kombinasi antara kreativitas dan profesionalitas. Berikut adalah langkah-langkah dan contoh surat lamaran untuk posisi content creator:



1. Buat Heading yang Menarik


Langkah pertama, Sobat MinDi bisa mulai dengan informasi kontak di bagian atas halaman, diikuti oleh tanggal, dan kemudian informasi kontak penerima surat. Hal ini mencakup nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda.


Contoh:


Nama Anda

 Alamat Anda

 Kota, Kode Pos

 Email: email@contoh.com

 Telepon: (123) 456-7890


 [Tanggal]



2. Tulis Alamat Perusahaan yang dilamar


Langkah selanjutnya, Sobat MinDi dapat menulis alamat perusahaan yang ingin dilamar, sertakan informasinya dengan lengkap dan jelas.



Sapaan yang tepat sangat penting. Dalam menulis alamat perusahaan, gunakan "Dear [Nama Hiring Manager]" jika namanya diketahui, atau "Dear Hiring Manager" sebagai alternatif jika tidak diketahui.


Contoh:


Dear Mr. John Smith,

Perusahaan

Alamat Perusahaan

Kota, Kode Pos



3. Tulis Pengantar Singkat Diri Sendiri


Mulailah menulis surat lamaran kerja dengan pengantar singkat tentang diri sendiri dan keahlian yang Sobat MinDi miliki. Jelaskan mengapa tertarik pada posisi tersebut dan perusahaan ini.


Contoh:


Dengan ini mengajukan lamaran untuk posisi Content Creator yang Bapak/Ibu informasikan melalui [sumber lowongan kerja]. Saya adalah seorang profesional kreatif dengan pengalaman lebih dari tiga tahun dalam pembuatan konten digital dan manajemen media sosial.



4. Tulis Isi Surat Lamaran Kerja dengan Detail


Tulislah detail pengalaman yang relevan, proyek khusus, atau pencapaian yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Hal ini adalah kesempatan untuk menjelaskan bagaimana keterampilan akan membawa nilai tambah kepada tim perusahaan.


Contoh:

  

Di posisi sebelumnya di [Nama Perusahaan Terdahulu], saya berhasil meningkatkan engagement media sosial sebesar 40% dengan mengimplementasikan strategi konten yang ditargetkan dan ide-ide kampanye yang inovatif. Saya menguasai berbagai alat pembuatan konten, termasuk Adobe Creative Suite dan Canva, serta memiliki rekam jejak dalam menciptakan konten visual yang menarik dan resonan dengan audiens yang beragam.



5. Tulis Call to Action yang Menarik


Tutup surat lamaran kerja dengan permintaan yang jelas untuk diundang ke wawancara atau diskusi lebih lanjut. Nyatakan keinginan Sobat MinDi untuk membahas kontribusi potensial lebih lanjut.


Contoh:


Saya sangat tertarik untuk membawa latar belakang saya dalam pembuatan konten dan ide-ide kreatif saya ke [Nama Perusahaan]. Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan bertemu dengan Bapak/Ibu untuk membahas lebih lanjut mengenai bagaimana saya dapat berkontribusi pada tim Anda. Silakan hubungi saya sesuai dengan kenyamanan Bapak/Ibu untuk menjadwalkan wawancara.



6. Akhiri Surat Lamaran dengan Sopan


Langkah terakhir, akhiri surat lamaran kerja dengan sopan dan sertakan tanda tangan Sobat MinDi jika surat dalam format cetak.


Contoh:

 

Terima kasih atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya berharap dapat menjadi bagian dari tim terhormat di [Nama Perusahaan].

Hormat saya,

[Nama Anda]


Pastikan surat lamaran kerja bebas dari kesalahan tata bahasa atau typo untuk meninggalkan kesan profesional. Setiap kata dalam surat lamaran harus dipilih dengan cermat untuk menunjukkan keahlian Sobat MinDi sebagai content creator.


Baca Juga: Inilah Hobi yang Bagus untuk Dicantumkan Pada CV Anda!





Contoh Surat Lamaran Kerja Content Creator



Penasaran bagaimana contoh surat lamaran kerja content creator yang baik dan efektif? Yuk langsung saja simak beberapa contohnya berikut ini.



1. Contoh Surat Lamaran Kerja Content Creator Bahasa Indonesia


Jessica Mila Agnesia

Jl. Merpati No. 12, Bandung, Jawa Barat\

Email: jessicamila@gmail.com\

Telepon: (022) 7894561


28 Mei 2024


Bapak Arif Rahman

Manajer HRD PT Kreatif Media

Jl. Karya Utama No. 88, Jakarta Selatan, DKI Jakarta


Yth. Bapak Arif Rahman,


Dengan hormat,


Saya, Jessica Mila Agnesia, menulis surat ini untuk melamar posisi Content Creator yang Bapak umumkan pada website Karir.com tanggal 20 Mei 2024. Dengan latar belakang pendidikan S1 Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran dan pengalaman kerja selama dua tahun sebagai Content Creator di PT Dinamika Digital, saya merasa memiliki kualifikasi yang tepat untuk bergabung dengan PT Kreatif Media.


Selama bekerja di PT Dinamika Digital, saya bertanggung jawab dalam mengelola konten untuk berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Saya berhasil meningkatkan followers Instagram perusahaan dari 5.000 menjadi 20.000 dalam waktu satu tahun melalui strategi konten kreatif dan kampanye interaktif. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan dalam penggunaan software desain grafis seperti Adobe Photoshop dan Adobe Premiere, yang memungkinkan saya untuk menghasilkan konten visual yang menarik dan efektif.


Saya sangat bersemangat dengan prospek bergabung dengan tim PT Kreatif Media dan berkontribusi dengan kemampuan serta kreativitas saya. Saya yakin dapat membantu meningkatkan visibilitas dan engagement PT Kreatif Media di media sosial. Saya berharap dapat mendiskusikan lebih lanjut mengenai potensi saya dalam sebuah wawancara.


Terima kasih atas pertimbangan Bapak terhadap lamaran saya. Saya menantikan kesempatan untuk dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai kontribusi yang dapat saya berikan untuk PT Kreatif Media. Silakan menghubungi saya kapan saja di nomor atau email yang telah saya sertakan.


Hormat saya,


Jessica Mila Agnesia



2. Contoh Surat Lamaran Kerja Content Creator Bahasa Inggris


Jessica Mila Agnesia 

Jl. Merpati No. 12, Bandung, Jawa Barat  

Email: jessicamila@gmail.com  

Phone: (022) 7894561


May 28, 2024


Mr. Arif Rahman

HR Manager  

PT Kreatif Media  

Jl. Karya Utama No. 88, Jakarta Selatan, DKI Jakarta


Dear Mr. Rahman,


I am writing to express my interest in the Content Creator position listed on Karir.com on May 20, 2024. With a Bachelor’s degree in Communication Science from Universitas Padjadjaran and two years of professional experience at PT Dinamika Digital, I am eager to bring my skills in digital content management and creation to PT Kreatif Media.


During my tenure at PT Dinamika Digital, I was responsible for managing and enhancing content across various social media platforms such as Instagram, Facebook, and Twitter. My initiatives and content strategies increased our Instagram followers from 5,000 to 20,000 within a year. My proficiency with Adobe Photoshop and Adobe Premiere has enabled me to produce visually appealing and engaging multimedia content that significantly boosts online presence and audience engagement.


I am enthusiastic about the opportunity to contribute to PT Kreatif Media and am confident in my ability to generate innovative and compelling content that aligns with your company’s objectives. I am particularly impressed by your company’s commitment to creative storytelling and digital innovation, and I am eager to bring my creative vision and detailed-oriented skills to your esteemed team.


Thank you for considering my application. I am looking forward to the possibility of discussing how my background, skills, and enthusiasms align with the goals of PT Kreatif t Media. Please feel free to contact me at your convenience to schedule an interview.


Warm regards,


Jessica Mila Agnesia



3. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Magang Content Creator


Dian Sastrowardoyo

Jl. Kembang Api No. 21, Surabaya, Jawa Timur  

Email: diansastro@gmail.com  

Telepon: (031) 8845210


27 Mei 2024


Bapak/Ibu HRD

PT Innovasi Digital  

Jl. Teknologi No. 5, Jakarta Pusat, DKI Jakarta


Yth. Bapak/Ibu di PT Innovasi Digital,


Dengan hormat,


Perkenalkan, nama saya Dian Sastrowardoyo, mahasiswa semester enam Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Airlangga. Saya menulis surat ini untuk mengajukan diri sebagai calon peserta magang pada posisi Content Creator di PT Innovasi Digital, yang saya temukan informasinya melalui pengumuman di website resmi Universitas Airlangga.


Selama masa studi, saya telah aktif terlibat dalam beberapa projek membuat konten digital baik dalam bentuk tulisan, grafis, dan video. Saya juga memiliki keahlian dalam menggunakan beberapa software seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, dan Canva. Pengalaman ini, saya yakin, akan sangat bermanfaat dalam membantu tim Content Creation di PT Innovasi Digital.


Saya terdorong untuk magang di PT Innovasi Digital karena reputasi perusahaan Bapak/Ibu dalam inovasi digital dan penggunaan strategi konten yang kreatif untuk meningkatkan engagement dengan pengguna. Melal I magang ini, saya berharap dapat memperdalam keterampilan saya dan memberikan kontribusi positif bagi tim Bapak/Ibu.


Terlampir saya sertakan resume dan portofolio yang berisi beberapa karya saya. Saya sangat berharap dapat membahas lebih lanjut tentang kesempatan ini dalam wawancara. Saya dapat dihubungi melalui telepon atau email yang telah saya cantumkan.


Terima kasih atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya menantikan kesempatan untuk menjadi bagian dari PT Innovasi Digital.


Hormat saya,


Dian Sastrowardoyo


Baca Juga: Contoh CV Freelance Lengkap dengan Cara Menulis & Tipsnya



Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Content Creator



Sobat MinDi, sebelum memulai menulis surat lamaran kerja content creator, yuk pahami beberapa tips dari MinDi berikut ini.


Menurut Indeed, ada tiga tips yang perlu Sobat MinDi perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja content creator:



1. Riset tentang Perusahaan yang dilamar


Lakukan riset mendalam tentang perusahaan tempat melamar. Pahami visi, misi, serta nilai-nilainya agar Sobat MinDi dapat menyesuaikan isi surat dengan apa yang perusahaan cari. Cari tahu juga tentang produk-produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, serta target pasar dan strategi kontennya. 


Hal ini tidak hanya akan membantu untuk menulis surat yang relevan tetapi juga menunjukkan kepada recruiter bahwa Sobat MinDi memiliki ketertarikan dan dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan tersebut.



2. Tunjukkan Kepercayaan Diri


Tunjukkan kepercayaan diri dalam surat lamaran kerja Sobat MinDi, hal ini akan menunjukkan keahlian, pencapaian, dan nilai Sobat MinDi kepada perusahaan. 


Gunakan contoh konkret yang menunjukkan kemampuan Sobat MinDi. Jangan ragu untuk menyatakan dengan jelas mengapa kamu adalah kandidat terbaik untuk posisi tersebut.



3. Cek Ulang Tata Bahasa Surat Lamaran Kerja


Kualitas surat lamaran kerja merupakan refleksi dari keterampilan seorang content creator. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa surat lamaran kerja bebas dari kesalahan tata bahasa, ejaan, atau pemformatan. 



Ingin Membuat Surat Lamaran Kerja Profesional? Yuk Ikuti Career Preparation Dibimbing.id



Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai contoh surat lamaran kerja content creator, informasi ini sangat berguna Jika Sobat MinDi hendak melamar pekerjaan sebagai content creator, dan harus menulis surat lamaran kerja yang efektif.


Jika Sobat MinDi seorang mahasiswa, mempelajari surat lamaran kerja ini merupakan hal yang penting untuk mempersiapkan diri demi karir yang baik di masa depan.


Menulis surat lamaran kerja merupakan hal yang tidak diajarkan dalam perkuliahan pada umumnya. Namun Sobat MinDi bisa mengikuti career preparation dibimbing.id.


Pihak universitas atau sekolah wajib memperhatikan ini, dengan adanya pelatihan intensif mahasiswa, SDM dan lulusan akan berkualitas yang tentunya akan berdampak baik bagi universitas.


Ikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id, sebuah pelatihan atau kursus intensif bagi mahasiswa yang fokus mempersiapkan skill dan potensi mereka agar siap menjalani dunia karir secara profesional.


Kelas dibimbing.id selalu didampingi para mentor berpengalaman dan profesional, sehingga pembelajaran berjalan inovatif. Dengan LSM yang canggih, peserta dapat mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun.


Tunggu apalagi? Segera daftarkan universitas Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.


Reference:

  • Social Media Content Creator Cover Letter Example - Buka

  • How to write a content creator cover letter (With example) - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved