7 Jenis Konten Instagram & Ide Untuk Tingkatkan Engagement

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

30 April 2024

947

Image Banner

Mau mulai bangun akun bisnis di Instagram? Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah memahami semua jenis konten Instagram. Karena Instagram bukan hanya tentang memposting foto atau video, kamu harus tau format apa yang paling sesuai dengan target audiens.


Penasaran tipe konten apa saja yang bisa dibuat di Instagram? Pelajari beragam jenisnya supaya bisa meningkatkan engagement dan mempromosikan akun dengan baca penjelasan di bawah ini!



Jenis-Jenis Konten Instagram



Seperti yang sudah kita tahu, Instagram saat ini sudah berkembang jadi platform yang menawarkan berbagai jenis konten. Mulai dari video pendek reels hingga stories.


Supaya Sobat MinDi gak bingung tentang jenis-jenisnya, kali ini MinDi bakalan rangkum 7 macam konten yang ada di Instagram. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya:



1. Reels



Konten Reels Dibimbing.id (Sumber: Instagram)


Jenis konten pertama adalah Reels. Ini adalah video pendek yang mirip dengan TikTok. Reels lebih berfokus pada penjangkauan audiens baru dibanding interaksi dengan pengikut udah ada. 


Makanya, reels adalah salah satu strategi paling cocok buat Sobat MinDi yang mau menarik perhatian audiens baru.


Baca Juga: 5 Content Pillar Instagram yang Cocok untuk Strategi Konten Brand Kamu!





2. Postingan Foto Tunggal



Postingan Konten Tunggal Dibimbing.id (Sumber: Instagram)


Jenis konten Instagram ini adalah cara paling sederhana untuk terhubung dengan audiens. Meskipun penggunaan hashtag masih bisa menjangkau audiens yang lebih luas, fokus utama dari konten ini adalah berbagi dengan pengikut yang sudah ada.


Untuk Sobat MinDi yang mau meningkatkan engagement, postingan foto tunggal bisa jadi pilihan terbaik.



3. Postingan Carousel




Postingan Carousel Dibimbing.id (Sumber: Instagram)


Berikutnya adalah Carousel. Konten ini memungkinkanmu mengunggah hingga 10 gambar dalam satu postingan. Ini adalah pilihan ideal untuk menampilkan berbagai foto dari satu sesi.


Selain itu, kamu juga bisa pakai jenis konten ini untuk berbagi informasi edukatif lewat grafik. Bukan hanya itu, postingan jenis carousel bisa menarik perhatian lebih karena algoritma Instagram mungkin menampilkan gambar berbeda dari postingan yang sama.



4. Postingan Video



Postingan Video Dibimbing.id (Sumber: Instagram)


Selanjutnya adalah postingan video. Mengikuti jejak IGTV, kini platform ini menyederhanakannya menjadi video Instagram. Meskipun konten ini bisa menjangkau audiens yang lebih luas dengan hashtag, ini tetap tidak seefektif reels.




5. Siaran Langsung



Sumber: Meta


Salah satu cara paling interaktif di platform ini, memungkinkan kamu berkomunikasi secara langsung dengan pengikut saat itu juga. Video ini sangat baik untuk membangun relasi dalam komunitas bisnismu.


Selain itu, siaran langsung bisa disimpan sebagai postingan video untuk ditonton ulang.



6. Guides


Jenis konten berikutnya adalah guides. Konten ini berfungsi seperti blog mini di Instagram. Selain itu, ini memudahkan pengumpulan konten yang terkait dengan topik tertentu dalam satu tempat. 


Guides juga sangat berguna untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan dan menyediakan nilai tambah bagi audiens.



7. Stories



Stories Dibimbing.id (Sumber: Instagram)


Jenis konten Instagram terakhir adalah stories. Jenis konten ini terkenal dengan interaktivitasnya. Selain itu, stories mendukung banyak engagement melalui pesan langsung. Meskipun tidak dirancang untuk menjangkau audiens baru, ini adalah cara yang efektif untuk mempererat koneksi komunitas.


Baca Juga: Jenis-jenis Content Pillar: Jadi Mudah Bikin Konten



Ide Konten Instagram Untuk Tingkatkan Engagement



Sumber: Freepik


Selain tau apa aja jenis konten Instagram, Sobat MinDi tentu harus punya ide menarik yang bisa tingkatkan engagement. Eitss, tapi nggak perlu khawatir! Berikut adalah 5 contoh ide konten Instagram yang bisa Sobat MinDi pakai:


1. Sesi Tanya Jawab (Q&A)


Ide pertama adalah konten sesi tanya jawab atau QnA. Dengan mengadakan sesi tanya jawab secara rutin, kamu bisa tingkatkan interaksi dengan audiens dengan efektif.


Untuk lakukan ini, kamu bisa gunakan fitur stories atau live untuk melakukannya secara real-time. Kamu juga bisa minta pengikut untuk mengirim pertanyaan melalui fitur komentar atau DM.


Kemudian, kamu bisa jawab pertanyaannya melalui postingan video atau carousel. Bukan hanya menjaga audiens tetap terlibat, tetapi QnA juga bisa memberikan konten yang informatif dan personal.


Secara keseluruhan, konten ini dapat memperkuat hubungan dengan pengikut.



2. Tutorial dan How-to


Berikutnya adalah konten tutorial atau how-to. Untuk membuat konten ini, kamu bisa bagikan langkah-langkah mendetail tentang cara melakukan sesuatu yang berkaitan dengan produk. 


Saat membuat kontennya, pastikan untuk menyertakan keterangan yang jelas dan mudah diikuti. Jangan lupa untuk cantumkan tips atau trik yang mungkin berguna.



3. Polls dan Survei


Ide berikutnya adalah konten polls dan survei. Untuk melakukan ini, kamu bisa gunakan fitur interaktif seperti polling atau kuis di Instagram stories.


Tujuannya adalah untuk mengajukan pertanyaan cepat kepada pengikutmu. Pertanyaannya bisa terkait pilihan produk, preferensi konten, hingga pendapat umum tentang topik tertentu. 


Fitur ini memberikan kesempatan bagi pengikut untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembuatan kontenmu. Selain itu, ini juga berfungsi untuk memberi kamu data yang dapat digunakan untuk memperbaiki atau menyesuaikan strategi konten.



4. Kontes dan Giveaway


Selanjutnya adalah kontes dan giveaway. Mengorganisir kontes atau giveaway adalah cara yang terbukti efektif untuk meningkatkan engagement


Saat membuat konten ini, kamu bisa buat aturan yang mengharuskan peserta untuk mengomentari postingan, membagikannya, atau mengikuti akunmu. Jelaskan secara detail hadiah yang menarik dan cara untuk berpartisipasinya. 


Kemudian, pastikan untuk menggunakan hashtag khusus untuk melacak entri dan mempromosikan kontes secara luas. Ini tidak hanya meningkatkan visibilitas akun tetapi juga membangun antusiasme dan partisipasi dari pengikut.




Itu dia beberapa jenis konten Instagram yang perlu kamu tahu saat membangun akun bisnis. Dengan mengetahui jenisnya, kamu bisa menentukan tipe konten apa yang paling sesuai dengan target audiensmu.


Selain pahami jenis kontennya, pastikan kamu tahu strategi pemasaran media sosial terbaik untuk akunmu. Apabila masih ragu strategi yang tepat, kamu bisa ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id.


Lewat program ini, Sobat MinDi bakal diajarin semua hal berkaitan media sosial. Mulai dari konsep dasar, tools penunjang, sampai praktik dengan real-case project.


Bukan cuma itu, kamu juga bakal didampingi sama mentor berpengalaman di industri. Jadi, kamu bisa langsung tanya-tanya praktik media sosial terbaik di industri ke mereka.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri di sini! Apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!