dibimbing.id - 5 Content Pillar Instagram yang Cocok untuk Strategi Konten Brand Kamu!

5 Content Pillar Instagram yang Cocok untuk Strategi Konten Brand Kamu!

Muthiatur Rohmah

•

24 January 2024

•

1026

Image Banner

Di era digital ini, social media memiliki pengaruh yang besar pada setiap orang, salah satunya dalam hal bisnis. Orang-orang tidak bisa lepas dari media sosial, hal ini menjadikan inovasi baru dalam dunia pemasaran, yaitu digital marketing.


Dalam dunia digital marketing, penting untuk merencanakan strategi menggunakan content pillar agar efektif dan berpengaruh pada social media perusahaan.


Salah satu social media yang sering digunakan untuk bisnis adalah instagram, bagaimana cara menerapkan content pillar untuk instagram? content pillar instagram apa saja yang cocok untuk strategi konten? Mari simak pembahasan MinDi berikut ini.


Seberapa Penting Content Pillar Instagram?


Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, menjadikannya salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Bagi perusahaan, instagram memiliki potensi besar bagi merek untuk menjangkau audiens yang luas.


Oleh sebab itu, sebuah perusahaan harus menjalankan strategi social media yang efektif di instagram. Hal ini sebab instagram memiliki pengaruh yang kuat untuk menjangkau konsumen lebih luas.


Salah satu strategi yang tepat dalam social media marketing di platform instagram adalah dengan membuat content pillar. Dengan membuat content pillar strategi konten instagram akan berjalan efektif sesuai tujuan pemasaran perusahaan.


Content pillar merupakan aspek penting strategi konten Instagram, yang berfungsi sebagai fondasi dalam menjaga konsistensi dan identitas brand. 


Konsistensi dan relevansi konten yang dihasilkan dari penggunaan content pillar juga berkontribusi dalam meningkatkan engagement, seperti likes, komentar, dan shares, yang esensial untuk visibilitas dan pertumbuhan di Instagram. 


Selain itu, content pillar memudahkan dalam analisis dan optimasi konten di instagram,dan menyesuaikan strategi sesuai dengan respon audiens. 


Kesimpulannya, content pillar instagram dapat membantu dalam membangun dan mempertahankan identitas brand di Instagram, dan menciptakan interaksi yang berarti dengan audiens dan meningkatkan efektivitas digital marketing.



5 Content Pillar Instagram yang Wajib diterapkan pada Strategi Kontenmu


Dalam membangun strategi konten untuk sebuah perusahaan di Instagram, ada lima content pillar utama yang sering diterapkan. 


Content pillar ini membantu dalam menciptakan konten yang konsisten, menarik, dan relevan dengan audiens target. Berikut content pillar tersebut.


1. Produk atau Layanan


Ini adalah content pillar dasar. Fokus pada menampilkan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Konten dapat berupa foto atau video produk, demo penggunaan, atau penjelasan fitur. Tujuannya  untuk menarik minat dan memberikan informasi kepada audiens tentang apa yang ditawarkan perusahaan.


Fitur yang dapat dimaksimalkan adalah Instagram Stories Dengan fitur swipe-up (untuk akun dengan pengikut lebih dari 10.000) atau link sticker bisa digunakan untuk mengarahkan pengikut langsung ke halaman produk.



2. Edukasi atau Informasi


Konten edukatif sangat berguna untuk meningkatkan nilai bagi audiens. Ini bisa berupa tips, tutorial, atau fakta-fakta menarik yang berkaitan dengan industri perusahaan. 


Content pillar instagram ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah dan mengedukasi audiens, sekaligus menunjukkan keahlian dan kredibilitas perusahaan di bidangnya.


Dalam content pillar ini dapat memanfaatkan IGTV untuk video panjang yang mendidik, seperti tutorial atau webinar. Instagram Carousel Posts juga efektif untuk mengemas informasi yang lebih panjang dan mendetail dalam format slide yang mudah diikuti.



3. Keterlibatan atau Engagement


Konten yang dirancang untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut. Ini bisa termasuk polling, kuis, pertanyaan, atau ajakan untuk berbagi pendapat. Tujuannya adalah untuk menciptakan komunitas yang aktif dan terlibat, serta memperkuat hubungan dengan audiens.


Instagram Polls, Quizzes, dan Questions dalam Instagram Stories dapat digunakan untuk mendorong interaksi langsung dan mengumpulkan feedback. Lakukan pula Live Sessions untuk Q&A atau diskusi langsung dengan audiens, membangun koneksi lebih dekat dan spontan.


Baca Juga: Content Planner: Definisi, Gaji dan Skill yang Dibutuhkan


4. Cerita Merek atau Brand Storytelling


Menggunakan konten untuk menceritakan kisah merek, termasuk sejarah perusahaan, misi dan visi, atau cerita di balik produk. Ini membantu dalam membangun koneksi emosional dengan audiens dan menunjukkan sisi manusiawi dari perusahaan.


Instagram Stories Highlights dapat digunakan untuk menyimpan dan menampilkan cerita merek secara permanen di profil. Gunakan juga Reels untuk membuat konten yang lebih dinamis dan menarik, menceritakan cerita merek dalam format yang lebih singkat dan kreatif.



5. Ulasan dan Testimoni Pelanggan


Konten ini berfokus pada pengalaman pelanggan dengan produk atau layanan perusahaan. Ini dapat berupa ulasan, testimoni, atau studi kasus. Konten jenis ini sangat berharga karena menambah kredibilitas dan membantu calon pelanggan dalam membuat keputusan pembelian.


Gunakan User-Generated Content (UGC) di feed atau stories, agar pelanggan dapat  membagikan pengalaman mereka dengan produk. Instagram Stories juga dapat digunakan untuk menampilkan testimoni pelanggan atau ulasan dapat meningkatkan kepercayaan dan validasi sosial.


Menerapkan content pillar instagram dalam strategi konten perusahaan dapat membantu dalam menciptakan konten yang beragam namun tetap terfokus pada tujuan utama, yaitu meningkatkan keterlibatan, membangun kepercayaan, dan pada akhirnya, mendorong penjualan.


Gimana nih? Sobat MinDi sudah paham mengenai content pillar instagram? Selanjutnya yuk simak contoh brand yang berhasil menerapkan content pillar instagram pada penjualan produknya. Penasaran? Yuk simak berikut ini.



Contoh Content Pillar Instagram dan Efektif


Berikut akan MinDi jelaskan mengenai contoh content pillar instagram yang terbuktif efektif meningkatkan dan memperluas jangkauan produk.


Nike adalah contoh brand yang berhasil menerapkan content pillar dengan efektif di Instagram. 


Dengan akun instagram @nike, mereka menggunakan akun untuk mempromosikan produk, dan mengedukasi audiens tentang inovasi dan teknologi produk terbaru. 


Nike memberikan wawasan di balik layar tentang proses pembuatan produknya, memperlihatkan cerita yang menarik dan transparansi kepada pengikutnya. Dengan menampilkan atlet profesional dan selebritas yang menggunakan produk mereka, Nike menyampaikan testimoni yang kuat dan membangun kredibilitas. 


Nike juga mendorong penggunaan User-Generated Content, memungkinkan pengikut untuk berbagi pengalaman mereka dengan produk Nike, sehingga menciptakan komunitas yang kuat. Nike aktif berinteraksi dengan audiens melalui Q&A, polling, dan fitur Instagram Stories, meningkatkan engagement dan keterlibatan pengikut.


Brand ini juga terkenal dengan storytellingnya yang inspiratif, sering kali membagikan cerita atlet yang mengatasi tantangan besar, yang tidak hanya mempromosikan produk tetapi juga nilai-nilai seperti ketekunan dan keberhasilan. 


Melalui Instagram, Nike mengumumkan rilis produk baru dan penawaran eksklusif, menarik perhatian dan minat pembeli. Nike selalu berada di garis depan tren dan sering menjadi pelopor dalam tren gaya hidup dan olahraga. 


Dengan tampilan visual yang menarik dan konsisten, Nike menampilkan fotografi berkualitas tinggi yang menonjolkan produk dan atlet dalam aksi. 


Nike juga berkolaborasi dengan atlet terkenal, desainer, dan brand lain menciptakan produk terbatas dan campaign menarik, untuk memperluas jangkauan dan daya tarik brandnya. 


Keseluruhan pendekatan Nike di Instagram adalah contoh dari penerapan content pillar instagram yang sinergis dan efektif untuk membangun dan memperkuat citra brand.


Gimana nih Sobat MinDi, tertarik untuk menyusun content pillar pada akun instagram untuk meningkatkan strategi social media?


Sebelum itu, Sobat MinDi harus mempelajari beberapa hal mengenai digital marketing, untuk memperkuat wawasan dan strategi dalam mengembangkan konten di media sosial. Sobat MinDi dapat melakukanya dengan mengikuti bootcamp atau pelatihan khusus.


MinDi ada rekomendasi nih, Yuk ikuti bootcamp digital marketing dibimbing.id. Dengan didampingi oleh para mentor berpengalaman dan profesional, siap menjadikanmu seorang yang sukses dan ahli dalam digital marketing.


Penasaran mengenai bootcampnya? Yuk daftar sekarang juga di sini! dapatkan potongan harga terbaik khusus hari ini! Raih karir yang sukses bersama dibimbing.id


Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!