Inilah Hobi yang Bagus untuk Dicantumkan Pada CV Anda!

Muthiatur Rohmah

13 March 2024

5446

Image Banner

Menulis hobi atau minat pada CV merupakan hal yang penting, apalagi jika Sobat MinDi seorang fresh graduate yang minim pengalaman kerja.

Mencantumkan hobi yang bagus pada CV akan menunjukkan sisi produktivitas diri untuk selalu bertumbuh dan berkembang tiap harinya.

Lalu apa saja hobi yang bagus untuk CV agar terlihat menarik? Simak penjelasannya pada artikel ini.


Apa Perbedaan Antara Hobi dan Minat?


Baik hobi maupun minat adalah kegiatan yang dilakukan individu pada waktu senggang, seringkali tidak secara profesional dan tanpa bayaran. Mereka bisa dipilih untuk kesenangan, hiburan, atau pengembangan pribadi.

Hobi biasanya terkait dengan aktivitas seperti olahraga, mengoleksi barang, terlibat dalam usaha kreatif dan artistik, bermain alat musik, dll. Mereka sering melibatkan partisipasi aktif, latihan, dan komitmen.

Minat adalah subjek yang memikat Anda dan membuat Anda ingin belajar lebih banyak tentang mereka karena rasa ingin tahu atau pengembangan karier. Mereka mencakup penemuan ide, konsep, dan pengetahuan, dan tidak selalu memerlukan keterlibatan aktif.


Seberapa Penting Menulis Hobi di CV?


Source: Rencanamu.id

Menulis hobi atau minat di CV dapat memberikan nilai tambahan, terutama jika hobi tersebut relevan dengan pekerjaan yang dilamar. 

Hobi yang ditulis pada CV akan memberi gambaran lengkap tentang kepribadian, kemampuan berinteraksi, kepemimpinan, dan tanggung jawab. 

Hob atau minat yang tertulis pada CV bisa menjadi titik percakapan menarik oleh recruiter saat interview, sehingga dapat mempertimbangkan kecocokan Sobat MinDi dengan budaya perusahaan. 

Namun, penting untuk memilih hobi yang bagus dan relevan dengan posisi yang dilamar. Menulis hobi pada CV bukanlah keharusan, namun bisa menjadi tambahan yang dapat membedakan diri Anda dari kandidat lain.


Kapan Hobi Disertakan dalam CV?


Sebagian besar hobi yang Anda cantumkan dalam CV akan mengatakan sesuatu tentang Anda kepada manajer perekrutan. Berikut adalah kapan Anda akan mencantumkan hobi dalam CV:


1. Ruang kosong dalam CV Anda


Jika Anda telah mengisi bagian-bagian kunci CV dan masih ada ruang kosong di akhir dokumen Anda, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa hobi dan minat yang relevan.


2. Pengalaman dan keterampilan terbatas


Jika Anda baru lulus dari perguruan tinggi atau universitas dan menulis CV tanpa pengalaman kerja, tambahkan hobi dan minat untuk menampilkan keterampilan dan hasrat unik Anda.


3. Hobi yang sesuai dengan pekerjaan


Memasukkan hobi yang relevan menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang sesuai dan sangat tertarik serta terlibat dalam apa yang mereka lakukan.


4. Kesesuaian budaya Perusahaan


Mengeksplorasi budaya dan nilai-nilai perusahaan dan menyebutkan hobi dan minat yang sejalan dengan mereka dapat membuat Anda lebih menarik bagi perekrut.


Cara Menulis Hobi atau Minat pada CV


Setelah memahami betapa pentingnya menulis hobi yang bagus untuk CV Anda, langkah selanjutnya adalah memahami cara membuatnya.

Menulis hobi atau minat pada CV bertujuan untuk menunjukkan sisi pribadi kepada recruiter. Berikut adalah lima cara menulis hobi atau minat pada CV secara efektif:


1. Pilih Hobi yang Relevan


Pilihlah hobi yang dapat memberikan gambaran tentang keterampilan atau sifat positif yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. 

Misalnya, jika melamar posisi yang memerlukan kerja tim, tulislah pada CV hobi bermain sepak bola atau kegiatan komunitas.


2. Tulis Hobi yang Meningkatkan Keterampilan


Saat menulis hobi pada CV, jangan lupa untuk sertakan deskripsi singkat tentang bagaimana hobi tersebut dapat mengembangkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan.


3. Tampilkan Hobi yang Unik atau Menarik


Menyebutkan hobi yang unik dan menarik dapat membuat CV mudah diingat recruiter, dan tentunya akan menimbulkan kesan awal yang positif.


4. Tunjukkan Hobi yang Positif


Saat menulis CV, sertakan hobi yang menunjukkan keaktifan dan energi positif yang memberikan gambaran bahwa Anda adalah orang yang bersemangat dan memiliki gaya hidup sehat.


5. Sertakan Hobi yang Mendukung Nilai Perusahaan


Cari tahu nilai atau inisiatif perusahaan yang dilamar, lalu tulis hobi yang sejalan dengan hal tersebut dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki kesamaan nilai.

Baca Juga: Apa saja Perbedaan CV dan Portofolio? Yuk pelajari Selengkapnya!



Apa Saja Hobi yang Bagus untuk CV Anda?


Menyertakan hobi di CV bisa memberikan gambaran lebih personal tentang diri sendiri kepada perekrut. Lalu apa saja hobi yang bagus untuk CV agar terlihat menarik?

Yuk simak macam-macam hobi yang dapat dicantumkan pada CV, jangan lupa untuk menulis yang relevan dengan posisi yang ingin dilamar.


1. Olahraga


Hobi olahraga akan menampilkan kesan positif karena menunjukkan kemampuan bekerja sama dengan orang lain, kepemimpinan, dan komunikasi. Hal tersebut adalah skill penting di setiap pekerjaan.


2. Kegiatan Sukarelawan


Kegiatan sukarelawan atau volunteer akan menunjukkan empati, dedikasi, dan kemauan untuk memberi kontribusi kepada masyarakat. 

Menulis kegiatan volunteer sebagai hobi pada CV, menandakan bahwa Anda memiliki inisiatif dan mampu bekerja dalam lingkungan.


3. Hobi yang Berhubungan dengan Teknologi


Jika Sobat MinDu melamar posisi yang berhubungan dengan teknologi, menyebutkan hobi seperti coding bisa menunjukkan dedikasi diri terhadap bidang tersebut.


4. Kegiatan Kreatif (Fotografi, Melukis, Menulis)


Jika Sobat MinDi bisa menghubungkan hobi kreatif dengan pekerjaan yang dilamar, hal itu bisa menambah nilai tambah Anda di mata recruiter.


5. Puzzle dan Permainan Strategi


Menulis hobi seperti seperti bermain catur atau sudoku menunjukkan kemampuan analitis dan strategis, keterampilan penting dalam perencanaan, pengambilan keputusan, dan dalam beberapa kasus, pengelolaan sumber daya.


6. Travelling


Hobi travelling menunjukkan sikap terbuka terhadap pengalaman baru dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah.

Hobi travelling menandakan keterampilan organisasi yang baik, terutama jika sering merencanakan perjalanan sendiri.


Contoh Hobi yang Bagus untuk CV, Berdasarkan Pekerjaannya


Jika Sobat MinDi masih bingung mengenai penulisan hobi yang bagus untuk CV, berikut akan MinDi berikan contoh Hobi yang cocok ditulis pada CV berdasarkan jenis pekerjaannya.

Berikut ini adalah contoh hobi yang bagus untuk dicantumkan dalam CV berdasarkan jenis pekerjaannya:


Hobi Untuk Pekerjaan di Bidang Kreatif (Desainer, Penulis, dsb.)

  1. Fotografi
  2. Blogging
  3. Melukis atau menggambar
  4. DIY (Do It Yourself) atau kerajinan tangan
  5. Memainkan alat musik


Hobi Untuk Pekerjaan Teknologi (Programmer, Analis Data, dsb.)

  1. Coding untuk proyek pribadi
  2. Mengikuti kompetisi hackathon
  3. Merakit PC sendiri
  4. Berpartisipasi dalam proyek open source
  5. Blogging tentang teknologi


Hobi Untuk Pekerjaan Bisnis (Manajer Proyek, Analis Bisnis, dsb.)

  1. Golf
  2. Catur
  3. Networking melalui klub sosial atau profesional
  4. Membaca buku tentang pengembangan diri dan bisnis
  5. Berinvestasi atau trading


Hobi Untuk Pekerjaan di Bidang Pendidikan (Guru, Dosen, dsb.)

  1. Sukarelawan mengajar
  2. Membaca buku pendidikan
  3. Menulis artikel atau blog tentang pendidikan
  4. Kegiatan luar ruangan dengan anak-anak
  5. Kerajinan tangan sebagai media pembelajaran


Hobi Untuk Pekerjaan di Bidang Kesehatan (Dokter, Perawat, dsb.)

  1. Olahraga, seperti lari atau yoga
  2. Kegiatan relawan di bidang kesehatan
  3. Membaca jurnal kesehatan terbaru
  4. Memasak makanan sehat
  5. Meditasi atau mindfulness


Hobi Untuk Pekerjaan di Bidang Administrasi (Staff Admin, Sekretaris, dsb.)

  1. Menulis cerpen
  2. Membaca
  3. Mengelola blog atau media sosial 
  4. Scheduling waktu mandiri 
  5. Gemar Mengolah data menggunakan aplikasi Excel


Hobi Untuk Pekerjaan di Bidang Akuntansi (Akuntan, Konsultan Bisnis, dsb.)

  1. Mencatat pengeluaran mandiri
  2. Bermain permainan angka
  3. Mengikuti berita seputar ekonomi
  4. Menyusun anggaran pengeluaran mandiri


Hobi Untuk Melamar Pekerjaan di Bank 

  1. Mengikuti trend saham dan investasi
  2. Suka melakukan analisis keuangan
  3. Volunteer di bidang pelayanan masyarakat 
  4. Mengikuti webinar keuangan


Contoh Minat dan Hobi Untuk Fresh Graduate


Jika Sobat MinDi adalah seorang fresh graduate yang kebingungan untuk menulis minat dan hobi pada CV, berikut akan MinDi berikan contoh Hobi yang cocok ditulis pada CV untuk fresh graduate

Berikut ini adalah contoh hobi yang bagus untuk dicantumkan dalam CV fresh graduate

  1. Mengikuti kelas online dan webinar 
  2. Gemar mengikuti kegiatan sosial
  3. Bermain alat musik
  4. Membuat design menggunakan software design adobe
  5. Menulis
  6. Menggambar
  7. Menyanyi
  8. Membuat rencana kegiatan
  9. Menulis lagu
  10. dsb


Mencantumkan hobi yang bagus untuk CV bertujuan untuk memberikan gambaran kepribadian diri menjadi keahlian profesional yang penting.

Jangan lupa untuk selalu mencantumkan hobi yang relevan dengan posisi yang dilamar serta nilai atau budaya perusahaan. Tulis hobi yang unik agar CV yang dibuat dapat menarik perhatian recruiter.

Baca Juga: 20++ Skill yang Wajib dimiliki Oleh Fresh Graduate, Dijamin Cepat diterima Kerja!

Setelah memahami hobi yang bagus untuk CV, seorang mahasiswa juga perlu mempersiapkan dunia karir dengan baik, misalnya melalui pelatihan atau sertifikasi khusus.

Meningkatkan skill dan potensi mahasiswa untuk mempersiapkan diri mereka dalam dunia kerja, merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan universitas. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya SDM universitas yang nantinya akan berdampak baik.

Segera ikuti bimbingan persiapan karier dibimbing.id, sebuah pelatihan mahasiswa berkualitas dan profesional yang bertujuan untuk mempersiapkan karir mereka secara matang dan inovatif.

Dengan dibekali LMS canggih, pembelajaran dibimbing.id siap diakses dimanapun dan kapanpun.

Buruan daftarkan universitas Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.


FAQ (Frequently Ask Question)


1. Apa kesalahan paling umum saat mencantumkan hobi & minat dalam CV Anda?


Sekarang Anda tahu bagaimana cara mencantumkan hobi dan minat Anda, mari kita lihat kesalahan paling umum yang sebaiknya dihindari:


2. Jangan mencantumkan aktivitas yang kurang produktif


Menyebutkan bahwa Anda menikmati menonton Netflix dan tidur siang selama 4 jam di tengah hari atau bermain video game selama 8 jam secara langsung adalah kesalahan besar. Ini menunjukkan kepada para pengusaha bahwa Anda malas dan tidak memiliki nilai tambah untuk ditambahkan ke perusahaan mereka.


3. Hindari keyakinan yang kontroversial


Misalnya minat politik akan membuat para pengusaha enggan, dan ini tidak benar-benar profesional. Jadi, hindari membicarakannya.


4. Jangan mencantumkan hobi yang menyampaikan informasi negatif


Setiap aktivitas antisosial dan berbahaya, atau lelucon yang mungkin tidak dipahami oleh para pengusaha, hanya akan merugikan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.


5. Jangan mencantumkan sesuatu yang terlalu umum


Bagian ini terutama tentang menjadi berbeda dan kreatif. Cobalah menjadi beda dan kreatif hindari menulis sesuatu yang membosankan dan sama seperti semua orang.

Referensi:

  1. 120+ Hobbies and Interests for Your Resume in 2024 - Buka
  2. 14+ Hobbies & Interests for CV (Including Examples & Ready-To-Use Template) - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!