Apa itu Teknik Pomodoro? Pengertian, Langkah & Manfaatnya

Muthiatur Rohmah

13 May 2024

3187

Image Banner

Sobat MinDi sedang memiliki banyak tugas, namun merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikannya? Atau kamu juga mudah terganggu dan sulit fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan?


Tenang saja, itu tandanya kamu perlu menerapkan teknik pomodoro dalam menyelesaikan tugas. Apa itu? Teknik Pomodoro adalah metode pengelolaan waktu  untuk membagi pekerjaan menjadi interval fokus selama 25 menit, diselingi dengan istirahat pendek.


Metode ini bisa membantu menjaga fokusmu dan meningkatkan produktivitas tanpa membuatmu merasa kelelahan. Teknik pomodoro mampu mengubah cara orang mengelola waktu mereka dengan cara yang sederhana tapi efektif. 


Penasaran lebih lanjut mengenai teknik pomodoro? Yuk simak penjelasannya pada artikel ini.



Apa itu Teknik Pomodoro?



Sebelum melangkah lebih jauh, pertama-tama yuk simak apa itu teknik pomodoro melalui beberapa pengertian berikut ini.


Menurut TechTarget, Teknik Pomodoro adalah metode pengelolaan waktu berdasarkan interval kerja fokus selama 25 menit yang diikuti dengan istirahat lima menit. Istirahat lebih panjang, biasanya 15 hingga 30 menit, diambil setelah empat interval kerja berturut-turut. 


Teknik pomodoro diciptakan oleh Francesco Cirillo pada akhir 1980-an, Ia menciptakan teknik ini menggunakan timer dapur berbentuk tomat untuk mengorganisir jadwal belajarnya. 


Awalnya, ia mencoba berbagai interval kerja mulai dari dua menit hingga satu jam, namun kemudian menyadari bahwa interval yang terlalu panjang membuatnya sulit untuk tetap fokus. Akhirnya, Cirillo memutuskan bahwa 25 menit adalah waktu yang optimal untuk konsentrasi.


Setiap interval kerja disebut sebagai "pomodoro," yang berarti tomat dalam bahasa Italia. Teknik Pomodoro bertujuan untuk meningkatkan fokus dan produktivitas dengan membatasi durasi fokus pada tugas dan memastikan istirahat pemulihan.


Teknik pomodoro ini juga membantu mengatasi kecenderungan untuk menunda-nunda waktu  atau multitasking lain yang dapat mengurangi produktivitas.



Cara Melakukan Teknik Podomoro



Lantas bagaimana cara menerapkan teknik pomodoro dalam aktivitas sehari-hari? Bagaimana cara menerapkannya dalam tugas pekerjaan?




Tenang Sobat MinDi, berikut akan MinDi jelaskan mengenai langkah-langkah melakukan teknik pomodoro secara efisien dan efektif.



1. Pilih Satu Tugas untuk Difokuskan


Mulailah dengan menentukan satu tugas spesifik yang ingin dikerjakan. Pastikan tugas tersebut memiliki tujuan yang jelas sehingga kamu dapat fokus penuh selama sesi Pomodoro.



2. Atur Timer Selama 25-30 Menit


Gunakan timer dan atur selama 25 hingga 30 menit. Pilih durasi yang paling sesuai dengan tingkat konsentrasi dan jenis tugas Anda. Selama waktu ini, kamu harus fokus  bekerja tanpa gangguan.



3. Ambil Istirahat Produktif Selama 5 Menit


Setelah timer berbunyi, ambil istirahat selama 5 menit. Gunakan waktu ini untuk beraktivitas, seperti berjalan sebentar, mengambil camilan, atau sekadar rileks. Hal ini akan membantu memulihkan energi dan mempersiapkan diri untuk sesi fokus berikutnya.



4. Ulangi Langkah 2 dan 3 Selama 4 Ronde


Lakukan siklus kerja 25-30 menit dan istirahat 5 menit ini sebanyak empat kali. Setiap periode kerja fokus diikuti oleh istirahat singkat dapat membantu mempertahankan konsentrasi dan efektivitas tanpa merasa kelelahan.



5. Ambil Istirahat Lebih Panjang (20-30 Menit)


Setelah menyelesaikan empat ronde Pomodoro, ambil istirahat yang lebih panjang, antara 20 hingga 30 menit. Istirahat ini sangat penting untuk memberikan waktu rileks bagi otak, sehingga tubuh dapat mempertahankan tingkat energi dan fokus yang tinggi sepanjang hari.


Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara konsisten, Sobat MinDi dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam menyelesaikan tugas. 


Teknik Pomodoro ini  membantu mempertahankan fokus dan menjaga keseimbangan antara bekerja dan beristirahat, yang sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik jangka panjang.


Baca Juga: 10 Pelatihan Soft Skill Karyawan: Meningkatkan Produktivitas




Manfaat Menerapkan Teknik Pomodoro



Setelah memahami pengertian dan cara melakukan teknik pomodoro, pasti Sobat MinDi bertanya-tanya, lantas apa saja manfaat teknik tersebut?




Tenang saja, berikut telah MinDi rangkumkan penjelasan mengenai beberapa manfaat menerapkan teknik pomodoro yang penting dan perlu diperhatikan.


Teknik Pomodoro menawarkan beberapa manfaat signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, baik secara individu maupun tim:



1. Membantu Kamu Fokus dalam Pekerjaan


Teknik Pomodoro membantu kamu untuk fokus dengan membagi waktu kerja menjadi blok yang lebih pendek (25 menit).


Pembagian ini membantu meningkatkan konsentrasi dan membatasi peluang untuk kelelahan mental, sehingga membuat setiap sesi kerja menjadi lebih produktif.



2. Mengurangi Distraksi saat Mengerjakan Tugas


Dengan teknik pomodoro, interval kerja menjadi terstruktur, sehingga dapat mengurangi interupsi dan distraksi. Jika setiap sesi kerja berisi waktu istirahat, kita akan lebih fokus setidaknya sampai alarm istirahat berbunyi.


Teknik pomodoro merupakan cara yang efektif untuk membatasi kecenderungan untuk memeriksa media sosial, email, atau interaksi lain yang dapat mengganggu waktu bekerja.



3. Meningkatkan Produktivitas Tim secara Keseluruhan


Jika dalam bentuk tim, Teknik Pomodoro membantu menyinkronkan jadwal kerja anggota tim sehingga mereka bekerja bersama secara fokus dan beristirahat pada waktu yang sama. 


Hal ini akan meningkatkan koordinasi dan memaksimalkan waktu seluruh anggota tim. Kekompakan membuat pembagian tugas menjadi lebih mudah, sehingga semua anggota tim mendapatkan waktu untuk istirahat yang sama. Nggak ada lagi deh drama kelelahan saat bekerja!


Secara keseluruhan, Teknik Pomodoro membantu memperkuat dinamika tim dengan menciptakan lingkungan kerja yang lebih terfokus dan terorganisir.


Baca Juga: Mengenal Apa itu KPI dalam Manajemen Produk hingga Contohnya



Tips Melakukan Teknik Pomodoro Versi MinDi



Gimana nih? Sobat MinDi ingin melakukan teknik pomodoro untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja?


Jangan buru-buru Sobat MinDi, sebelum itu, yuk simak tips melakukan teknik pomodoro yang perlu Sobat MinDi perhatikan terlebih dahulu.



1. Kurangi Faktor-faktor yang Bisa Menimbulkan Distraksi


Sebelum memulai teknik Pomodoro, pastikan untuk menyiapkan lingkungan kerja yang kondusif. Sobat MinDi membersihkan meja dari barang-barang yang tidak diperlukan, mematikan notifikasi di ponsel dan komputer, atau memberitahu rekan kerja atau keluarga bahwa kamu tidak ingin diganggu selama periode waktu tertentu.


Gunakan aplikasi atau alat yang dapat membantu memblokir situs web yang mengganggu selama waktu kerja.



2. Jangan Gunakan Aktivitas Istirahat 5 Menit untuk Bermain Gawai


Hindari kebiasaan memeriksa ponsel atau media sosial selama istirahat pendek. Meskipun mungkin terasa seperti relaksasi, bermain medsos dapat memperpanjang distraksi dan membuat lebih sulit untuk kembali fokus.

 

Sebagai gantinya, manfaatkan waktu tersebut untuk meregangkan badan, meditasi singkat, atau hanya dengan menutup mata dan bersantai.



3. Gunakan Waktu Istirahat untuk Beraktivitas Fisik


Beraktivitas fisik ringan seperti berjalan-jalan sebentar, melakukan peregangan, atau yoga singkat dapat sangat membantu. Hal ini akan merilekskan tubuh dan membantu menyegarkan pikiran dan energi.


Aktivitas fisik tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang penting untuk menjaga fungsi otak dan konsentrasi.



4. Konsisten dan Terus Berlatih


Lakukan teknik pomodoro secara konsisten, dan usahakan untuk terus berlatih. Jangan berkecil hati jika awalnya sulit untuk beradaptasi dengan interval waktu yang ketat.


Jadikan teknik pomodoro bagian dari rutinitas harian Sobat MInDi dan sesuaikan durasi sesi kerja jika diperlukan untuk menemukan waktu yang paling cocok.


Catat dan evaluasi kinerja Sobat MinDi secara berkala untuk melihat kemajuan dan menyesuaikan pendekatan teknik pomodoro ini.



Gunakan Teknik Pomodoro untuk Efektivitas Kinerja Tim Anda



Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai teknik pomodoro, mulai dari pengertian, langkah, manfaat hingga tips melakukannya. Teknik ini sangat penting dipelajari untuk meningkatkan produktivitas diri di berbagai bidang.


Jangan salah, teknik pomodoro ini juga penting dilakukan dalam aktivitas tim Sobat MinDi. Jika kamu seorang project manager, manfaatkan teknik pomodoro ini untuk mengatur tim selama proyek perusahaan berlangsung.


Gimana ingin mempelajari teknik pomodoro lebih lanjut? Tertarik menjadi project manager sebuah perusahaan? Sebagai langkah awal, Sobat MinDi bisa mengikuti bootcamp sebagai pelatihan intensif.


Yuk ikuti bootcamp product and project management dibimbing.id. Bootcamp terbaik dengan pembelajaran inovatif dan intensif. Bootcamp ini didampingi oleh para mentor profesional dan berpengalaman di bidangnya, yang bakal bantu kamu jadi project manager yang sukses.


Belum memiliki pengalaman di bidang product dan project management sama sekali?

Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly


Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.


Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.



FAQ Teknik Pomodoro



  • Mengapa harus menggunakan Teknik Pomodoro?


Teknik ini efektif untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dengan mengurangi kelelahan mental. Dengan interval kerja dan istirahat yang terstruktur, teknik ini membantu mempertahankan fokus dan motivasi, serta mengurangi potensi stres dan kelelahan.


  • Bagaimana cara memulai Teknik Pomodoro?


Mulailah dengan memilih satu tugas yang ingin diselesaikan. Atur timer selama 25 menit, dan fokus bekerja pada tugas tersebut sampai timer berbunyi. Istirahatlah selama 5 menit, kemudian ulangi siklus. Setelah empat siklus kerja, ambil istirahat lebih panjang.


  • Bisakah saya menyesuaikan durasi Pomodoro?


Ya, beberapa orang menemukan bahwa menyesuaikan durasi Pomodoro dapat lebih efektif. Misalnya, jika tugas membutuhkan konsentrasi yang lebih lama atau lebih pendek, Sehingga Sobat MinDi harus menyesuaikan durasi sesi kerja dan istirahat sesuai dengan kebutuhan.


  • Apa yang harus saya lakukan jika saya terganggu selama Pomodoro?


Jika terjadi gangguan yang tak terhindarkan, coba untuk menanganinya dengan cepat dan kembali ke tugas. Jika gangguan menghabiskan waktu yang signifikan, reset timer dan mulai ulang Pomodoro tersebut.


  • Bagaimana Teknik Pomodoro dapat membantu dalam pekerjaan tim?


Dalam pengaturan tim, Teknik Pomodoro dapat digunakan untuk sinkronisasi jadwal kerja, memastikan semua anggota tim bekerja dan beristirahat pada waktu yang sama. Ini dapat meningkatkan koordinasi dan efektivitas kerja tim.


Reference:

  • What is the Pomodoro Technique? - Buka

  • Pomodoro Technique - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved