Apa itu Scrum Master? Job Desc, Peran, Tugas, Gaji & Skillnya

Muthiatur Rohmah

11 July 2024

317

Image Banner

Pada era perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, muncul berbagai peran atau pekerjaan mengenai IT yang berkembang pesat, salah satunya adalah profesi scrum master. Lantas apa itu?

Scrum Master adalah pemimpin proyek Scrum perusahaan yang bertanggung jawab memastikan seluruh anggota tim mengikuti aturan dan proses Scrum selama proyek berlangsung. 

Dalam sebuah proyek, bisa dikatakan bahwa scrum master adalah orang yang paling memahami metode scrum yang akan diterapkan pada proyek perusahaan.

Penasaran mengenai profesi scrum master lebih lanjut? Apa saja peran dan tanggung jawab scrum master? Berapa besaran gaji scrum master di Indonesia? Yuk simak pembahasannya berikut ini.


Apa itu Scrum Master?

Tunggu dulu Sobat MinDi, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai profesi scrum master, pertama-tama yuk pahami dulu siapa itu scrum master melalui beberapa pengertian berikut ini.

Dilansir dari Atlassian, Scrum Master adalah seorang profesional yang bertugas sebagai fasilitator dan pemimpin pelayan dalam tim yang menggunakan metodologi Scrum, sebuah kerangka kerja Agile. 

Peran utama Scrum Master adalah memastikan bahwa tim mengikuti praktik dan prinsip Scrum dengan benar. Mereka membantu tim untuk bekerja lebih efisien melalui iterasi terjadwal yang disebut sprints. Scrum Master bertindak sebagai pelatih yang mendukung tim dalam mengatasi hambatan dan menjaga alur kerja yang optimal. 

Selain itu, Scrum Master berkomitmen pada elemen dasar Scrum namun tetap fleksibel dan selalu mencari peluang untuk meningkatkan kinerja tim. Dengan memberikan bimbingan dan dukungan yang tepat, Scrum Master berperan penting dalam membantu tim mencapai tujuan proyek dengan efektif dan efisien.


Peran dan Tanggung Jawab Scrum Master


Lantas apa saja tugas dan tanggung jawab Scrum Master dalam proyek perusahaan? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Dikutip dari scrum.org, seorang Scrum Master memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yang penting dalam proyek perusahaan, meliputi:


1. Melatih dan Mendukung Tim

Scrum Master berperan sebagai pelatih bagi anggota tim, membantu mereka untuk bekerja secara mandiri dan menjadi lebih efektif dalam berbagai fungsi. Tugas ini termasuk memberikan bimbingan dalam pengelolaan mandiri, membantu tim mengembangkan keterampilan yang diperlukan, dan mempromosikan kolaborasi yang efektif. 

Selain itu, Scrum Master memastikan bahwa tim menghasilkan pekerjaan yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam definisi selesai (Definition of Done).


2. Menghapus Hambatan

Salah satu tugas utama Scrum Master adalah mengidentifikasi dan mengatasi hambatan yang menghalangi kemajuan tim. Hambatan ini bisa berupa masalah teknis, kesulitan komunikasi, atau hambatan lain yang mengganggu alur kerja. 

Dengan menghapus hambatan-hambatan ini, Scrum Master memastikan bahwa tim dapat bekerja dengan lancar dan efisien, tanpa terganggu oleh masalah yang tidak perlu.


3. Mendukung Product Owner

Scrum Master juga bekerja sama dengan Product Owner untuk memastikan manajemen backlog produk yang efektif. 

Tugas ini termasuk membantu Product Owner dalam mendefinisikan tujuan produk yang jelas dan realistis, mengelola backlog produk dengan baik, dan memastikan bahwa item-item backlog disusun dengan cara yang jelas dan ringkas. 

Dengan demikian, tim Scrum memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang harus dikerjakan dan dapat merencanakan pekerjaan mereka dengan lebih efektif.


4. Memfasilitasi Acara Scrum

Scrum Master bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua acara Scrum, seperti perencanaan sprint, daily stand-ups, review sprint, dan retrospektif, berjalan dengan baik. 

Mereka memastikan pertemuan-pertemuan ini produktif, tetap fokus pada agenda yang telah ditetapkan, dan selesai tepat waktu. 

Dengan memfasilitasi acara-acara ini, Scrum Master membantu tim untuk tetap terorganisir, mengevaluasi kemajuan secara berkala, dan terus-menerus mencari cara untuk meningkatkan proses kerja.

Dengan menjalankan tugas dan tanggung jawab Scrum Master dengan baik, mereka dapat bekerja dengan efisien dan efektif, menghasilkan produk berkualitas tinggi, dan terus meningkatkan kinerja.

Baca Juga: Metode Scrum: Definisi, Manfaat, Peran, Pilar, dan Kerangka Kerja


Apa Saja Skill yang dibutuhkan Scrum Master?

Ingin jadi scrum master di masa depan? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menguasai skill-skill yang dibutuhkan seorang scrum master.

Lantas apa saja skill yang dibutuhkan scrum master? Perhatikan penjelasannya berikut ini.


1. Kepemimpinan

Seorang Scrum Master harus menunjukkan kualitas kepemimpinan tanpa bersifat otoritatif. Mereka memimpin dengan melayani tim dan memfasilitasi organisasi mandiri tim. 

Hal ini berarti, scrum master harus mendorong tim untuk mengambil tanggung jawab dan membuat keputusan sendiri, sekaligus memberikan dukungan dan panduan yang dibutuhkan.


2. Komunikasi Efektif

Komunikasi yang jelas dan transparan sangat penting. Scrum Master memastikan bahwa semua anggota tim dan pemangku kepentingan memahami status proyek, tujuan, dan hambatan yang ada. 

Mereka bertindak sebagai jembatan komunikasi antara tim dan pemangku kepentingan untuk memastikan informasi yang akurat dan tepat waktu disampaikan kepada semua pihak.


3. Empati

Memahami dan berempati terhadap tantangan yang dihadapi oleh tim adalah keterampilan penting. Scrum Master perlu mendukung dan memotivasi anggota tim selama masa-masa sulit, membantu mereka mengatasi stres dan menjaga semangat kerja tetap tinggi. 

Empati memungkinkan Scrum Master untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif dan inklusif.


4. Pemecahan Masalah

Scrum Master seringkali harus menangani hambatan dan konflik. Mereka harus mahir dalam pemecahan masalah dan menemukan solusi untuk menjaga tim tetap pada jalur. 

Ini melibatkan kemampuan analisis yang kuat, berpikir kreatif, dan mengambil tindakan proaktif untuk mengatasi isu-isu yang muncul.


5. Pengetahuan Metode Scrum

Memiliki latar belakang mengenai metode scrum dapat sangat bermanfaat bagi seorang Scrum Master, terutama ketika bekerja dengan tim pengembangan. 

Pengetahuan teknis membantu Scrum Master lebih memahami tantangan yang dihadapi tim, berkomunikasi lebih efektif mengenai isu-isu teknis, dan memberikan dukungan yang lebih relevan. Pengetahuan ini juga membantu dalam mengidentifikasi dan mengatasi hambatan teknis dengan lebih cepat.

Skill-skill tersebut dibutuhkan Scrum Master untuk memimpin tim dengan efektif, memastikan komunikasi yang lancar, mendukung anggota tim secara emosional, mengatasi masalah yang muncul, dan tetap adaptif terhadap perubahan. 

Dengan demikian, scrum master dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan kolaboratif, serta mendorong kesuksesan proyek.


Berapa Gaji Scrum Master di Indonesia?

Sobat MinDi penasaran mengenai besaran gaji scrum master di Indonesia? Yuk simak nominal lengkapnya berikut ini.

Dikutip dari Salary Explorer, Di Indonesia, rata-rata gaji Scrum Master di Indonesia sekitar Rp. 17.708.333 per bulan. Selain gaji pokok, mereka juga berpotensi menerima tambahan kompensasi tunai rata-rata sebesar Rp.2.708.333. 

Besaran gaji Scrum Master ini sangat bervariasi bisa tergantung pada perusahaan dan pengalaman individu. Besaran nominal tersebut hanya rata-rata saja, gaji di tempatmu mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.


Perbedaan Scrum Master dan Project Manager

Setelah memahami tentang profesi scrum master, pasti Sobat MinDi bertanya-tanya, lantas apa bedanya scrum master dan project manager? Yuk langsung saja simak perbedaan scrum master dan project manager berikut ini.

Perbedaan utama antara Scrum Master dan Project Manager terletak pada fokus dan pendekatan mereka dalam mengelola tim dan proyek.


Scrum Master

Scrum Master berperan sebagai fasilitator dan pelatih dalam kerangka kerja Agile, khususnya Scrum. Mereka fokus pada memastikan bahwa tim Scrum mengikuti prinsip-prinsip dan praktik Scrum dengan benar. 

Scrum Master membantu tim menjadi mandiri dan lintas fungsi, menghilangkan hambatan, dan memastikan pertemuan Scrum berjalan efektif. 

Mereka tidak memiliki otoritas langsung dalam menetapkan tugas atau menentukan arah proyek, tetapi lebih berperan dalam memfasilitasi proses dan membantu tim untuk terus berkembang dan meningkatkan kinerja.


Project Manager

Sebaliknya, Project Manager memiliki peran yang lebih umum dengan otoritas dan tanggung jawab yang lebih luas. Mereka bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan penyelesaian proyek, termasuk manajemen sumber daya, anggaran, dan jadwal. 

Project Manager menetapkan tujuan proyek, mengalokasikan tugas kepada anggota tim, dan memastikan bahwa proyek diselesaikan sesuai dengan waktu dan anggaran yang ditetapkan. Mereka sering kali memiliki wewenang untuk membuat keputusan strategis yang mempengaruhi arah dan hasil proyek.

Secara singkat, Scrum Master berfokus pada peningkatan proses dan kinerja tim melalui prinsip-prinsip Agile, sementara Project Manager berfokus pada pengelolaan keseluruhan proyek dengan pendekatan yang lebih top-down dan struktural.

Baca Juga: Metode Agile: Definisi, Kelebihan & Kekurangan


Ingin Jadi Scrum Master Profesional? Yuk Ikuti Bootcamp Dibimbing.id

Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai profesi scrum master secara lengkap dan rinci.

Kesimpulannya, Scrum Master adalah fasilitator yang memastikan tim mengikuti prinsip dan praktik Scrum, menghilangkan hambatan, serta mendukung tim dalam mencapai kinerja optimal melalui pendekatan Agile.

Tertarik menjadi scrum master profesional? Ingin belajar lebih dalam mengenai project management? Bingung harus mulai dari mana?

Yuk ikuti bootcamp product and project management dibimbing.id. Bootcamp terbaik dengan pembelajaran inovatif dan intensif. Bootcamp ini didampingi oleh para mentor profesional dan berpengalaman di bidangnya, yang bakal bantu kamu jadi project manager yang sukses.

Belum memiliki pengalaman di bidang product dan project management sama sekali?

Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly

Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.

Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Reference:

  1. What is a scrum master & their responsibilities? - Buka
  2. What is a Scrum Master? - Buka


Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!