Apa itu Freelance? Definisi, Kelebihan, Kekurangan & Tipsnya

Muthiatur Rohmah

21 May 2024

144

Image Banner

Dalam dunia kerja profesional, konsep freelance merupakan pekerjaan yang banyak diminati individu pada saat ini. Lantas apa itu freelance?


Freelance adalah bentuk pekerjaan di mana individu bekerja untuk diri sendiri dan tidak terikat secara tetap pada perusahaan tertentu. 


Freelance bersifat fleksibel, baik jam kerja maupun peraturannya, jadi Sobat MinDi dapat bekerja kapan saja, asal target dapat terpenuhi.


Gimana nih, tertarik mengikuti freelance? apa saja kelebihan dan kekurangan freelance? bagaimana tips memulai freelance? Yuk simak pembahasan lengkapnya pada artikel ini.



Apa itu Freelance?



Tunggu dulu Sobat MinDi, sebelum kita melangkah lebih jauh, pertama-tama yuk pahami apa itu freelance melalui beberapa pengertian berikut ini.


Dikutip dari N26, Freelance adalah jenis pekerjaan mandiri di mana individu tidak dipekerjakan oleh sebuah perusahaan, melainkan bekerja sebagai pekerja lepas yang menawarkan jasa mereka berdasarkan kontrak atau proyek. 


Berbeda dengan karyawan tetap, seorang freelancer bertanggung jawab untuk membayar pajak mereka sendiri, asuransi kesehatan, pensiun, dan kontribusi pribadi lainnya. Selain itu, mereka juga harus menanggung biaya liburan dan uang sakit mereka sendiri karena mereka bekerja untuk diri sendiri. 


Namun seorang freelancer memiliki kebebasan untuk mengatur jam kerja mereka dan membuat pengaturan kerja yang sesuai dengan gaya hidup mereka, entah itu bekerja dari rumah atau dari kantor klien mereka.


Lantas apa saja jenis pekerjaan freelance atau freelancing? Umumnya ada banyak pekerjaan freelance pada bidang tertentu, seperti desainer, penulis, pemrograman, penerjemah, manajer proyek, dan sebagainya. 


Freelance umumnya didominasi pada jenis pekerjaan yang mengandalkan internet, tanpa banyak komunikasi langsung dengan banyak orang.

Baca juga: Perbedaan Freelance dan Part Time, Manakah yang Lebih Baik


Mengapa Banyak Orang Memilih Bekerja Freelance?



Apa saja sih alasan orang-orang memilih bekerja freelance? Yuk pahami berikut ini.


Banyak orang memilih bekerja freelancing karena beberapa alasan yang menguntungkan, berikut ini.


alasan orang bekerja freelance



1. Waktu yang Lebih Fleksibel


Sebagai freelancer, individu memiliki kebebasan untuk mengatur jadwal kerjanya sendiri, sehingga  mereka dapat menyesuaikan waktu kerja dengan kebutuhan pribadi, keluarga, atau kepentingan lainnya.


Fleksibilitas waktu ini juga membuat freelancer dapat bekerja pada waktu yang paling produktif bagi mereka, entah itu pagi, siang, atau malam.



2. Bisa Mendapatkan Tambahan Uang


Freelancing sering dijadikan sebagai sumber pendapatan tambahan. Banyak yang memulai freelance sebagai pekerjaan sampingan, sehingga jenis pekerjaan ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penghasilan. 


Dalam freelance, Sobat MinDi dapat memilih proyek yang beragam dan berbeda, sehingga memberikan kesempatan besar untuk menambah penghasilan di samping pekerjaan tetap Sobat MinDi.



3. Membangun Portofolio Karir


Sebagai seorang freelancer, Sobat MinDi dapat bekerja pada berbagai jenis proyek, yang sangat berguna untuk membangun portofolio profesional. 


Portofolio yang kuat dan beragam merupakan hal penting, terutama pekerjaan Sobat MinDi di bidang desain, penulisan, dan pengembangan perangkat lunak. 


Portofolio yang baik akan meningkatkan keterampilan dan pengalaman Sobat MinDi, sehingga dapat meningkatkan daya tarik klien atau recruiter potensial di masa depan.


Dengan alasan-alasan tersebut, banyak orang menemukan bahwa freelance menawarkan work life balance yang lebih baik, serta berpeluang besar dalam pertumbuhan dan pengembangan di masa depan.



Kelebihan Freelance



Sudah mulai tertarik untuk bekerja freelance? Yuk simak beberapa kelebihan freelance berikut ini.


Pekerjaan freelance memiliki banyak keuntungan yang membuat banyak orang tertarik, apa saja kelebihan freelance?


  • Flex your time: Salah satu kelebihan freelance adalah Sobat MinDi bisa mengatur jam kerjamu sendiri. Mau mulai kerja jam 10 pagi atau jam 2 siang? bebas banget.

Pekerjaan ini cocok buat kamu yang perlu waktu fleksibel, entah itu karena keluarga, sekolah, atau ingin me time lebih lama.


  • Bebas Pilih Proyek: Sebagai freelancer, Sobat MinDi bebas memilih dengan siapa dan kapan akan bekerja. Jika ada proyek yang tidak menarik, Sobat MinDi tidak wajib untuk mengambilnya. Ini berarti, kamu bisa fokus pada pekerjaan yang benar-benar kamu nikmati atau yang ingin kamu kembangkan.


  • Peluang penghasilan yang lebih besar: Tidak ada batas maksimum berapa banyak yang bisa dihasilkan sebagai freelancer. Semakin banyak dan semakin baik dalam bekerja, semakin banyak juga yang akan didapat. Plus, Sobat MinDi bisa menetapkan tarif sendiri berdasarkan keahlian yang kamu miliki.


  • Pengalaman Kerja yang Variatif: Bekerja freelance membuat Sobat MinDi dapat bekerja dengan banyak klien dari berbagai bidang. Hal ini akan menambah pengalaman dan mengasah skill, serta dapat membangun jaringan yang luas dan membuka lebih banyak peluang di masa depan.




Kekurangan Freelance



Sudah mantap untuk memulai bekerja freelance? Tunggu dulu Sobat MinDi, yuk simak beberapa kekurangan freelance berikut ini, yang dapat dijadikan bahan pertimbangan.


Freelancing memang punya banyak sisi positif, tapi ada juga beberapa kekurangan yang mungkin membuat kamu berpikir dua kali. Berikut adalah beberapa kekurangan freelance yang perlu Sobat MinDi perhatikan.


  • Kesepian: Bekerja freelance dapat membuat Sobat MinDi merasa kesepian. Jika Sobat MinDi tipe yang suka ngobrol dan berinteraksi dengan banyak rekan kerja, mungkin akan merasa agak terisolasi sebagai freelancer. 


  • Keamanan Kerja Tidak Terjamin: Pekerjaan freelance memiliki pendapatan yang tidak tetap, kadang Sobat MinDi akan memiliki banyak proyek dan menghasilkan keuntungan yang banyak, namun kadang akan sepi proyek, sehingga penghasilan menurun drastis.


  • Tanggung Jawab Administratif yang Berat: Sebagai freelancer, Sobat MinDi  harus mengurus segalanya mulai dari dokumen hukum, pembuatan faktur, hingga pemasaran. Belum lagi urusan pajak dan buku besar yang bisa memakan banyak waktu dan tenaga.


  • Tidak Ada benefit dari Perusahaan: Salah satu kekurangan freelance adalah tidak mendapat benefit seperti asuransi kesehatan atau dana pensiun yang biasanya disediakan oleh perusahaan. Sobat MinDi harus mengatur semuanya sendiri, yang bisa jadi rumit dan mahal.


Meskipun freelance menawarkan fleksibilitas dan potensi penghasilan yang menarik, ada beberapa kekurangan freelance yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk terjun sepenuhnya.


Baca Juga: Personal Branding di CV? Yuk Simak Cara Membuat dan Contohnya




Apa saja Tips Bekerja Freelance bagi Pemula?



Sobat MinDi ingin mulai bekerja freelance? Bingung harus mulai dari mana? Yuk simak tips bekerja freelance dengan efektif versi MinDi berikut ini.


Ingin memulai terjun ke dunia freelancing? Berikut ada beberapa tips yang bisa Sobat MinDi ikuti, agar perjalanan freelance kamu sukses.





1. Pilih Platform Freelancing Terpercaya


Mulailah dengan memilih platform freelancing yang sudah terkenal dan terpercaya. Pilih platform terpercaya seperti Upwork, Freelancer, atau Fiverr yang menawarkan banyak peluang kerja dari klien yang beragam dan memiliki sistem pembayaran yang aman.



2. Tentukan Mau Freelance di Bidang Apa


Pikirkan baik-baik keahlian apa yang Sobat MinDi miliki dan apa yang diminati. Apakah itu menulis, desain grafis, pemrograman, atau sesuatu yang lain? Fokus pada bidang yang diminati dan dikuasai akan membuat pekerjaan freelance terasa lebih menyenangkan.



3. Bangun Profil dan Portofolio yang Menarik


Profil dan portofolio yang menarik adalah kunci untuk menarik klien. Pastikan profil Sobat MinDi menonjolkan keahlian, pengalaman, dan pencapaianmu. Portofolio harus memperlihatkan contoh terbaik dari pekerjaanmu, jadi klien bisa langsung melihat kualitas pekerjaanmu.

Selain portofolio, jangan lupa untuk menyiapkan CV yang lengkap dan bagus. Untuk sobat MinDi yang baru ingin memulai karir freelancing, berikut contoh CV freelance lengkap dan cara menulisnya.



4. Pelajari Bahasa Inggris


Dalam dunia freelance, banyak klien internasional di platform-platform freelancing, oleh sebab itu, kemampuan berbahasa Inggris yang baik sangatlah penting. 


Kemampuan bahasa inggris yang baik akan membantu dalam berkomunikasi dengan klien, memahami brief proyek, dan menegosiasikan kontrak.



5. Pelajari Kontrak Kerja dan Hak-Hak Kamu sebagai Freelancer


Sebelum memberi persetujuan, pahami isi kontrak kerja untuk melindungi hak-hakmu sebagai freelancer. 


Ketahui apa saja yang menjadi tanggung jawabmu dan apa yang harus klien lakukan. Jangan ragu untuk bertanya atau bahkan meminta bantuan hukum jika perlu.



6. Share Hasil Freelance ke Sosial Media


Manfaatkan sosial media untuk membagikan hasil kerja merupakan cara efektif untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dan klien. Hal ini akan membantu membangun reputasi Sobat MinDi sebagai freelancer yang handal dan kreatif.



7. Minta Feedback dan Terus Belajar


Setiap selesai proyek, mintalah feedback dari klien, hal ini akan membantu Sobat MinDi memahami hal yang sudah baik dan hal yang perlu diperbaiki. Jangan lupa untuk terus belajar dan mengembangkan keahlian sebagai seorang freelancer.


Dengan mengikuti tips ini, Sobat MinDi bisa memulai perjalanan freelance dengan langkah yang lebih mantap dan siap untuk sukses dalam jangka panjang. Selamat mencoba!


Baca Juga: Contoh Tagline Personal Branding Diri Sendiri di Media Sosial yang Menarik



Platform Freelance di Indonesia



Sobat MinDi bingung mencari platform freelance yang efektif dan beragam? Yuk langsung saja simak beberapa rekomendasi situs freelance yang efektif berikut ini.

  • Sribulancer: Merupakan platform freelance terkenal di  Indonesia, ada banyak jenis pekerjaan seperti desain, penulisan, pemasaran digital, dan pengembangan web. Sribulancer menyediakan sistem yang memudahkan freelancer dan klien untuk berkomunikasi dan bertransaksi dengan aman.

  • Projects.co.id: Platform ini menyediakan wadah bagi freelancer untuk menawarkan jasa mereka dalam berbagai bidang, termasuk desain grafis, pemrograman, dan pemasaran digital. Selain itu, Projects.co.id juga menyediakan fitur untuk kontes desain, sehingga freelancer dan klien dapat berinteraksi dengan baik.


  • Fastwork.id: Platform ini mudah digunakan freelancer di berbagai bidang seperti penulisan, desain, dan pengembangan teknologi. Fastwork.id memfasilitasi freelancer untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat berkat sistem penilaian dan review yang transparan.


  • Freelancer.co.id: Melalui situs ini, freelancer Indonesia dapat mengakses pasar kerja global dan lokal. Freelancer.co.id menawarkan berbagai pekerjaan dari desain grafis hingga pengembangan web.


  • Upwork: Upwork sangat populer di kalangan freelancer Indonesia yang ingin menjangkau klien internasional. Platform ini menawarkan berbagai proyek di bidang-bidang seperti penulisan, pengembangan software, desain, dan banyak lagi.



Rekomendasi Pekerjaan untuk Freelancing


Sobat MinDi, pekerjaan freelance sendiri banyak ragamnya, dari mulai sales, marketing, design, hingga programming. 


MinDi sendiri telah merangkum beberapa pekerjaan yang paling banyak dipilih orang untuk freelancing. MinDi juga sudah menambahkan penjelasan singkatnya, hingga tips memulainya. 


Nah, penasaran apa aja kerjaan yang dipilih orang untuk freelance? Yuk simak disini!


1. Freelance Writer


Freelance adalah penulis lepas yang bekerja sendiri untuk berbagai klien tanpa terikat kontrak. Dari mulai nulis artikel, blog, konten media sosial, iklan, press release, hingga artikel ilmiah.


Nah, ada beberapa jenis-jenis freelance writer, dari mulai content writer yang menulis untuk website dan blog, copywriter yang menulis copy di sosmed atau landing page, technical writer yang membuat dokumentasi teknis, dan ghostwriter yang menulis untuk orang lain.


Menurut pengalaman MinDi, gaji freelance writer sendiri berkisar antara Rp25.000 sampai Rp 200.000 per artikel, sementara penulis berpengalaman bisa mendapatkan jutaan rupiah per proyek. 


Kebetulan banget nih, MinDi udah nulis tentang definisi, pekerjaan dan gaji freelance writer disini. Kuy baca sampai habis!



2. Freelance Social Media


Dikutip dari rockcontent, Freelance social media adalah seseorang yang ahli dalam bidang pemasaran media sosial yang menawarkan layanan secara on demand untuk berbagai klien atau perusahaan tanpa terikat kontrak yang tetap.


Nah, umumnya, orang yang melakukan freelance social media, biasanya memiliki pekerjaan tetap di bidang pemasaran digital atau media sosial perusahaan.Mereka melakukan freelance untuk menambah pendapatan hingga pengalaman di bidang marketing yang baik untuk kesuksesan karir mereka kedepannya.


Buat kamu yang udah jadi social media marketer, dan pengin nyobain freelance, nih MinDI kasih tips di artikel “Freelance Social Media: Apa itu? Tugas, Skill, Gaji & Tipsnya”



3. Freelance Data Entry


Dilansir dari ZipRecruiter, Freelance data entry adalah pekerjaan lepas memasukkan atau menginput informasi ke dalam perangkat lunak atau spreadsheet untuk berbagai klien berdasarkan kontrak. 


Tugas freelance data entry bisa berbeda tergantung pada kebutuhan klien, namun selalu meliputi mengetik dan memasukkan data. Freelancer data entry biasanya bekerja dari lokasi yang jauh (remote). 


Skill-skill yang diperlukan antara lain, adalah kemampuan mengetik cepat dan akurat, skill Microsoft Excel, detail, serta kemampuan adaptasi dan komunikasi yang baik. 


Kebetulan buat kamu yang mau ambil freelancing data entry, kami telah membuat panduannya di artikel pengertian dan tugas freelance data entry.



4. Freelance Marketing


Dikutip dari daskera, Marketing freelance adalah seorang bertanggung jawab pada serangkaian aktivitas pemasaran dengan tujuan mempromosikan pembelian produk atau layanan, namun tidak terikat secara permanen dengan perusahaan tersebut.


Para freelancer marketing dapat bekerja dengan satu atau lebih klien secara bersamaan, seringkali secara remote atau dari lokasi mana pun yang mereka pilih.


Nah, kalo kamu pengin tau tugas-tugasnya, yuk baca artikel lengkap kami di “Marketing Freelance: Apa itu? Jenis, Skill, Gaji & Tipsnya”



5. Freelance Kurir


Yang terakhir ada profesi kurir. Jadi sobat MinDi, Kurir freelance adalah seseorang yang bekerja mengantarkan barang atau dokumen dari satu tempat ke tempat lain tanpa terikat kontrak kerja tetap dengan sebuah perusahaan logistik atau pengiriman. 


Kurir freelance biasanya menerima tugas pengiriman dari berbagai sumber atau platform yang mempertemukan kurir dengan klien yang membutuhkan layanan pengiriman. Sehingga mereka bisa bekerja dengan banyak platform pengiriman sekaligus.


Kalo kamu ingin tau lebih lanjut tentang tugas-tugasnya, yuk baca artikel kami tentang freelance kurir disini.



Mulai Freelance untuk Work Life Balance yang Efektif



Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai freelance, mulai dari pengertian, alasan, kelebihan dan kekurangan hingga tips bekerja freelance. Kesimpulannya, freelance merupakan pekerjaan lepas yang tidak terikat, jenis pekerjaan ini cocok dijadikan side jobs disamping pekerjaan utama Sobat MinDi.


Jika Sobat MinDi seorang mahasiswa, freelance dapat dijadikan kesempatan untuk menambah pengalaman dan memperkaya portofolio untuk perkembangan karir yang lebih sukses kedepannya.


Namun untuk mengikuti freelance, mahasiswa harus memahami beberapa keahlian penting yang mungkin tidak diajarkan dalam perkuliahan. Terus gimana solusinya? mahasiswa dapat mengikuti bimbingan persiapan karir intensif dari dibimbing.id.


Pihak universitas atau sekolah wajib memperhatikan ini, dengan adanya pelatihan intensif mahasiswa, SDM dan lulusan akan berkualitas yang tentunya akan berdampak baik bagi universitas.


Ikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id, sebuah pelatihan atau kursus intensif bagi mahasiswa yang fokus mempersiapkan skill dan potensi mereka agar siap menjalani dunia karir secara profesional.


Kelas dibimbing.id selalu didampingi para mentor berpengalaman dan profesional, sehingga pembelajaran berjalan inovatif. Dengan LSM yang canggih, peserta dapat mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun.


Tunggu apalagi? Segera daftarkan universitas Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.



FAQ Freelance



  • Apa itu freelance?


Freelance adalah bentuk pekerjaan di mana seseorang bekerja untuk diri sendiri, bukan sebagai karyawan tetap pada satu perusahaan. Seorang freelancer menawarkan jasa profesionalnya, seperti desain grafis, penulisan, pemrograman, dan lain-lain, kepada berbagai klien tanpa terikat kontrak jangka panjang.


  • Bagaimana cara memulai karier sebagai freelancer?

Untuk memulai, buatlah portofolio yang menunjukkan pekerjaan terbaik dan tentukan bidang keahlian. Daftarkan diri di platform freelance populer dan mulailah mencari proyek yang sesuai dengan keahlian. Pastikan untuk mengatur aspek hukum dan finansial seperti pajak dan fakturasi dengan benar.


  • Bagaimana cara menemukan klien sebagai freelancer?


Sobat MinDi dapat menemukan klien dengan mendaftar di platform freelancing, jaringan melalui media sosial, dan menghadiri acara atau konferensi industri. Membangun jaringan yang baik dan mendapatkan referensi dari klien sebelumnya juga sangat membantu.


  • Bagaimana cara menentukan tarif sebagai freelancer?


Tarif bisa ditentukan berdasarkan jenis proyek, pengalaman, dan tingkat keahlian yang dibutuhkan. Lakukan riset untuk mengetahui tarif pasar untuk jasa yang ditawarkan. Sobat MinDI bisa menetapkan tarif per jam atau tarif tetap per proyek tergantung pada preferensi dan standar industri.


  • Apa saja tips untuk sukses sebagai freelancer?


Penting untuk selalu profesional, tepat waktu dalam pengiriman pekerjaan, dan komunikatif dengan klien. Selain itu, terus kembangkan keahlian dan tetap up-to-date dengan perkembangan terbaru di industri. Jangan lupa untuk mengatur keuangan dan waktu secara efisien.


  • Bagaimana freelancer mengatasi sepi job?


Penting untuk mengelola keuangan dengan bijak dan menyimpan uang selama periode sibuk untuk menutupi masa-masa sepi. Networking yang aktif dan diversifikasi layanan juga bisa membantu mendapatkan proyek baru secara konsisten.


Reference:

  • What is freelancing and how does it work? - Buka

  • What Is Freelancing? Basics, Examples, and Popular Jobs in 2024 - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!