dibimbing.id - Gaji Social Media Specialist: Freelance, Part Time & Pemula

Gaji Social Media Specialist: Freelance, Part Time & Pemula

Muthiatur Rohmah

•

23 January 2024

•

2080

Image Banner

Di era digital ini, semakin banyak pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial. Manusia pada era digital ini tidak dapat lepas dari social media, baik dalam kehidupan sehari- hari maupun kehidupan bisnis atau karir.


Dari besarnya pengaruh social media saat ini, diperlukan strategi bisni yang tepat dalam mengelolanya. Salah satunya adalah social media marketing. Dalam mengelola social media marketing diperlukan profesi yang handal dan profesional, pekerjaan ini disebut Social Media Specialist.


Social media specialist merupakan pekerjaan yang banyak diminati, jenis pekerjaanya pun beragam, seperti social media specialist freelance, sosmed specialist part time, serta sosmed specialist pemula.


Beberapa jenis pekerjaan sosmed specialist ini memiliki besaran gaji yang berbeda, lalu berapa estimasi gaji freelance social media specialist, pemula dan part time? Manakah yang cocok untuk Sobat MinDi?


Yuk mari simak pembahasannya berikut ini!



Apa itu Social Media Specialist?



Social media specialist adalah orang yang bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan kehadiran media sosial suatu organisasi atau merek.


Peran social media specialist, tidak hanya menciptakan konten menarik untuk berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn, namun juga merancang strategi media sosial yang sesuai dengan tujuan pemasaran dan komunikasi perusahaan. 


Tugas social media specialist dapat meliputi penjadwalan dan posting konten, mengelola kampanye, analisis data untuk mengukur efektivitas strategi, serta berinteraksi dengan audiens melalui komentar dan pesan. 


Sosmed specialist harus memantau tren terkini di media sosial, beradaptasi dengan perubahan algoritma platform, dan terus menerus inovatif dalam cara mereka berkomunikasi dengan audiens secara online.


Seorang social media specialist berperan dalam membangun dan memelihara citra brand, meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan, dan pada akhirnya, membantu mendorong pertumbuhan bisnis. 


Dengan dunia digital marketing yang terus berkembang, social media specialist memiliki peran penting, sehingga memerlukan skill kreatif, analitik, dan komunikatif yang tajam.


Social Media Specialist Freelance, Partime dan Pemula, Yuk Kenali Perbedaannya



Perbedaan antara seorang spesialis media sosial freelance, part-time, dan pemula terletak pada jenis pengaturan kerja, tingkat pengalaman, dan seringkali, lingkup tanggung jawab. Berikut adalah penjelasannya MinDi mengenai hal tersebut.


1. Freelance Social Media Specialist



Seorang sosmed specialist freelance bekerja secara mandiri, atau bersama klien secara bersamaan. Seorang freelance social media specialist biasanya tidak terikat secara eksklusif dengan satu perusahaan, memberi mereka fleksibilitas dalam memilih proyek dan jam kerja. 


Freelancer mengatur jadwal kerja mereka sendiri, menentukan tarif layanan mereka, dan biasanya bertanggung jawab untuk aspek bisnis mereka sendiri seperti pemasaran, negosiasi kontrak, dan pembukuan. 


Keterampilan manajemen waktu dan kemandirian sangat penting di sini. Freelancer social media specialist berbagai tingkatannya, ada yang pemula sampai tingkat senior.


2. Social Media Specialist Part-Time



Sementara itu, social media specialist part time bekerja untuk sebuah perusahaan dengan jam kerja yang lebih sedikit dibandingkan posisi full-time.  Part time sosmed specialist bekerja kurang dari 40 jam per minggu, dan karena itu, jumlah proyek atau tanggung jawab yang ditangani mungkin lebih terbatas. 


Posisi ini sering dipilih oleh seseorang yang ingin menyeimbangkan pekerjaan dengan komitmen lain seperti studi, hobi, atau tanggung jawab pribadi. Meskipun bekerja part-time, mereka tetap menjadi bagian dari perusahaan dan memiliki peran yang jelas dalam strategi social media perusahaan.


3. Social Media Specialist Pemula



Social media specialist pemula  adalah seseorang yang baru memulai karir di bidang social media. Seorang pemula mungkin belum memiliki banyak pengalaman dan masih dalam proses pembelajaran aspek-aspek sebagai seorang social media specialist


Sosmed specialist pemula fokus pada tugas-tugas dasar seperti membuat konten, menjadwalkan posting, dan memantau akun media sosial, sambil secara bertahap mempelajari strategi yang lebih kompleks, analisis data, dan manajemen kampanye.


Dari beberapa perbedaan jenis pekerjaan social media specialist, mereka memiliki peran dasar dan tujuan sama, yaitu mengelola dan mengoptimalkan kehadiran media sosial suatu perusahaan.


Gimana nih? Sobat MinDi sudah paham mengenai perbedaan tingkatan freelance, part time dan pemula dalam pekerjaan social media specialist? selanjutnya, yuk simak besaran gaji yang diterima oleh social media specialist freelance, part time dan pemula.


Besaran Gaji Social Media Specialist Freelance, Part time dan Pemula



Di Indonesia, besaran gaji untuk social media specialist freelance, part-time, dan pemula bervariasi berdasarkan beberapa faktor seperti pengalaman, jenis industri, dan cakupan pekerjaan. Berikut akan MinDi jelaskan perkiraan nominal gaji untuk masing masing.


1. Gaji Freelance Social Media Specialist



Gaji freelance social media specialist biasanya dihitung berdasarkan proyek atau jam. Tarifnya bisa sangat bervariasi tergantung pada kompleksitas pekerjaan, reputasi dan pengalaman freelancer, serta anggaran klien.


Secara umum, freelance social media specialist dapat mematok tarif mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per jam, atau menetapkan harga tetap per proyek, yang bisa berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 10 juta atau lebih, tergantung pada lingkup proyek tersebut.

Baca Juga: Contoh Tagline Personal Branding Diri Sendiri di Media Sosial yang Menarik


2. Gaji Social Media Specialist Part-Time



Gaji untuk posisi social media specialist part time biasanya dihitung berdasarkan jam atau gaji bulanan dengan jumlah jam kerja yang ditentukan. 


Secara umum, social media specialist part-time di Indonesia mendapatkan gaji sekitarRp 2 juta hingga Rp 5 juta per bulan, tergantung pada jam kerja dan tanggung jawab yang diambil.


3. Gaji Social Media Specialist Pemula



Seorang social media specialist pemula atau fresh graduate biasanya memulai dengan gaji yang lebih rendah, dan akan meningkat seiring dengan peningkatan pengalaman dan keahlian.


Untuk posisi pemula, gaji bulanan bisa berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. Ini bisa lebih rendah di perusahaan kecil atau start-up dan lebih tinggi di perusahaan besar atau multinasional.


Perlu diperhatikan bahwa gaji tersebut hanyalah perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi geografis, ukuran dan jenis perusahaan, serta negosiasi individu. Selain itu, bagi freelancer dan part-time, pendapatan total juga tergantung pada jumlah proyek atau jam kerja yang diambil.


Sobat MinDi, itulah kisaran gaji freelance social media specialist, part time dan pemula. Gimana nih? Sobat MinDi tertarik untuk menjadi seorang social media specialist?


Agar menjadi sosmed specialist yang profesional, Sobat MinDi harus mempelajari social media marketing dengan baik, kamu bisa ikutan bootcamp, pelatihan khusus atau webinar tentang social media specialist.


MinDi ada rekomendasi nih, Yuk ikuti digital marketing dibimbing.id. Dengan didampingi oleh para mentor profesional dan berpengalaman, siap untuk mewujudkan karirmu sebagai social media specialist yang sukses.


Tunggu apalagi? Yuk segera ikuti bootcampnya di sini! Dapatkan potongan harga menarik khusus hari ini dan raih cita-cita mu menjadi social media specialist profesional bersama dibimbing.id!



Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!