Surat Lamaran Kerja Staff HRD Lengkap serta Tips & Contohnya
Muthiatur Rohmah
•
29 May 2024
•
3393
Sobat MinDi, perusahaan pasti memerlukan seorang profesional Human Resource untuk mengelola karyawan perusahan dengan baik. Oleh sebab itu, lowongan pekerjaan staff HRD pasti selalu ada yang makin bertambah.
Di tengah banyaknya peluang menjadi staff HRD, hal itu berarti pekerjaan ini memiliki tingkat persaingan yang cukup ketat. Jika Sobat MinDi ingin diterima kerja sebagai staff HRD, kamu harus terlihat menonjol di mata recruiter. Bagaimana caranya?
Salah satu cara menarik perhatian recruiter saat melamar kerja adalah membuat surat lamaran kerja yang baik dan efektif, sebab kesan pertama merupakan hal yang penting.
Lantas bagaimana cara menulis surat lamaran kerja staff HRD secara lengkap dan baik? Apa saja struktur surat lamaran kerja yang perlu dipahami? Bagaimana contoh surat lamaran kerja staff HRD yang baik dan benar?
Yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.
Pentingnya Surat Lamaran Kerja Staff HRD
Surat lamaran kerja berperan penting, terutama untuk posisi staff HRD, surat lamaran kerja staff HRD dapat menjadi kesempatan pertama bagi pelamar untuk memberikan kesan yang baik.
Keterampilan komunikasi yang efektif, sangat penting dalam Human Resources, hal ini dapat Sobat MinDi tunjukkan dalam isi surat lamaran kerja. Surat ini juga dapat berisi motivasi dan kecocokan individu dengan budaya perusahaan, serta menyoroti pengalaman relevan seperti perekrutan dan pengembangan karyawan.
Surat lamaran kerja membantu membedakan Sobat MinDi dari pelamar lain dengan menunjukkan pengetahuan tentang industri dan perusahaan, hal ini berarti, surat lamaran kerja yang baik akan menarik perhatian recruiter.
Apa Saja yang Harus Ada dalam Surat Lamaran Kerja HRD?
Sobat MinDi penasaran apa saja yang harus ada dalam surat lamaran kerja HRD, agar calon pelamar dilirik recruiter? Yuk simak jawabannya berikut ini.
Dikutip dari Indeed, berikut adalah beberapa komponen penting yang harus ada dalam surat lamaran kerja Human Resources:
1. Latar Belakang Pendidikan
Surat lamaran kerja HRD harus menjelaskan secara singkat latar belakang pendidikan yang relevan dengan posisi Human Resources. Hal ini bisa termasuk gelar sarjana psikologi, administrasi bisnis, manajemen sumber daya manusia, atau bidang terkait lainnya.
Sebutkan kualifikasi atau sertifikasi khusus yang telah Sobat MinDi peroleh dan mendukung peran HRD, seperti sertifikat dalam hukum ketenagakerjaan atau manajemen SDM.
2. Pengalaman Kerja yang Relevan
Surat lamaran kerja untuk staff HRD harus menjelaskan mengenai pengalaman kerja yang relevan dengan HRD, hal ini termasuk peran pencapaian Sobat MinDi dalam bekerja sebelumnya.
3. Aspirasi Karir
Surat lamaran kerja yang efektif biasanya berisi tujuan jangka panjang dalam karir HR dan kesesuaian karir dengan potensi diri. Hal ini akan menunjukkan bahwa Sobat MinDi memiliki visi dan semangat untuk berkembang bersama perusahaan.
Struktur Surat Lamaran Kerja Human Resources
Sebelum menulis surat lamaran kerja HRD yang efektif, Sobat MinDi harus memahami struktur surat lamaran kerja secara urut dan benar. Lantas apa saja strukturnya?
Yuk pahami struktur surat lamaran kerja HRD secara detail dan urut berikut ini.
1. Header
Header surat lamaran kerja berisi informasi pribadi pelamar dan informasi kontak penerima, yang memudahkan perusahaan untuk menghubungi pelamar dan memberikan kesan awal bahwa surat lamaran kerja bersifat profesional dan ditujukan secara spesifik.
2. Sapaan
Sapaan kepada penerima surat lamaran kerja dapat ditulis dengan nama spesifik menunjukkan bahwa pelamar telah melakukan riset dan serius dalam melamar, sehingga menciptakan kesan pertama yang baik.
3. Pendahuluan
Pendahuluan dalam surat lamaran kerja berfungsi untuk menjelaskan tujuan dari surat tersebut, yaitu melamar posisi tertentu, dan menyebutkan tempat pelamar menemukan informasi lowongan.
Pendahuluan yang baik memberikan konteks kepada perekrut tentang asal-usul lamaran dan keaktifan pelamar dalam mencari peluang.
4. Isi
Isi adalah bagian utama surat lamaran kerja, isi surat menjelaskan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja yang relevan, dan kompetensi yang menjadikan pelamar sebagai kandidat yang ideal.
Bagian isi surat digunakan untuk menjelaskan pengalaman sebelumnya telah mempersiapkan pelamar untuk peran yang ditawarkan dan untuk menonjolkan nilai tambah yang dapat mereka bawa ke perusahaan.
5. Penutup
Penutup merupakan kesimpulan dari surat lamaran kerja, di mana pelamar menyatakan keinginan untuk berdiskusi lebih lanjut dalam wawancara, menunjukkan inisiatif mereka, dan mengucapkan terima kasih atas pertimbangan aplikasi.
Bagian kesimpulan penting untuk meninggalkan kesan akhir yang positif dan mengkonfirmasi minat pelamar pada posisi tersebut.
Baca Juga: Contoh CV Data Scientist Menarik, Dijamin HRD Terpikat!
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Staff HRD secara Baik & Efektif
Ingin memulai membuat surat lamaran kerja untuk posisi HRD? Bingung harus mulai dari mana? Yuk simak cara menulis surat lamaran kerja HRD versi MinDi berikut ini.
1. Menulis Header dan Salam Pembuka
Langkah awal, Sobat MinDi bisa mulai menulis dengan menuliskan informasi pribadi Anda termasuk nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Setelah itu, cantumkan tanggal pengiriman surat dan informasi pribadi penerima, termasuk nama, jabatan, dan alamat perusahaan.
Pastikan Sobat MinDi menggunakan salam yang sopan dan profesional, mengacu secara langsung kepada penerima jika nama mereka diketahui.
Contoh:
2. Tambahkan Paragraf Pembuka yang Menarik
Langkah selanjutnya, dalam paragraf pembuka Sobat MinDi harus menyebutkan posisi yang dilamar serta dari mana mengetahui lowongan tersebut.
Tulis juga alasan singkat mengapa Sobat MinDi tertarik dengan perusahaan tersebut. Cantumkan penelitian atau pengamatan tentang perusahaan yang menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.
Contoh:
3. Tulis Paragraf Isi yang Lengkap & Profesional
Isi adalah bagian terpenting dari surat lamaran kerja. Gunakan paragraf ini untuk memperinci keterampilan, pengalaman, dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang dilamar.
Sertakan contoh spesifik yang menunjukkan keberhasilan Sobat MinDi dalam peran sebelumnya dan pengalaman yang dapat diterapkan pada posisi baru. Ini akan membantu recruiter melihat nilai nyata yang bisa Sobat MinDi bawa.
Contoh:
4. Cantumkan Paragraf Penutup yang Sopan
Tutup surat lamaran kerja dengan mengajukan diri untuk interview atau pertemuan lebih lanjut. Nyatakan kesediaan Sobat MinDi untuk memberikan informasi tambahan atau dokumen yang mungkin diperlukan.
Penutup surat lamaran kerja yang baik menunjukkan inisiatif dan antusiasme terhadap peluang yang ditawarkan.
Contoh:
Dengan mengikuti cara menulis surat lamaran kerja yang rapi dan profesional seperti ini, Sobat MinDi akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan perhatian dari recruiter dan mendapatkan kesempatan wawancara.
Contoh Surat Lamaran Kerja HRD
Ingin mengetahui bagaimana contoh surat lamaran kerja HRD yang baik dan profesional? Yuk simak beberapa contoh surat lamaran kerja HRD yang efektif berikut ini.
1. Contoh Surat Lamaran Kerja HRD Bahasa Indonesia
2. Contoh Surat Lamaran Kerja HRD Bahasa Inggris
3. Contoh Surat Lamaran Kerja Magang Human Resources
Baca Juga: Contoh CV Freelance Lengkap dengan Cara Menulis & Tipsnya
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja HRD secara Profesional
Tunggu dulu Sobat MinDi, sebelum memulai menulis surat lamaran kerja, yuk perhatikan tips menulis surat lamaran kerja untuk posisi Human Resources secara profesional, berikut ini.
1. Tunjukkan Pemahaman Tentang Perusahaan dan Industri
Sebelum menulis surat lamaran kerja, lakukan riset mendalam tentang perusahaan dan sektor industrinya. Pahami nilai, misi, dan visi perusahaan serta tantangan-tantangan khusus yang mungkin dihadapi oleh industri tersebut.
Gunakan informasi ini untuk menyesuaikan surat lamaran kerja, sehingga menunjukkan bahwa Sobat MinDi memiliki keterampilan yang diperlukan oleh perusahaan.
2. Tulis Kompetensi dan Pengalaman Relevan dengan Detail
Sebagai calon staff HRD, penting untuk menjelaskan dengan jelas kompetensi dan pengalaman Anda yang relevan. Fokuslah pada keterampilan khusus yang akan langsung berkontribusi pada peran tersebut, seperti manajemen konflik, pengembangan karyawan, atau analisis kebutuhan pelatihan.
Gunakan contoh konkret yang menunjukkan pencapaian dan cara dalam mengatasi tantangan di tempat kerja sebelumnya.
3. Tunjukkan Keahlian Komunikasi
Dalam HR, kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif sangat penting. Pastikan surat lamaran kerja tidak hanya bebas dari kesalahan gramatikal dan ejaan, tapi juga jelas, ringkas, dan langsung pada poinnya.
Gunakan bahasa yang profesional dan hormat untuk mencerminkan kemampuan Sobat MinDi berkomunikasi dengan baik di semua tingkatan organisasi.
Mengikuti ketiga tips ini akan membantu Sobat MinDi menyusun surat lamaran kerja yang profesional dan menarik bagi recruiter, serta menjadikan Sobat MinDi sebagai kandidat yang ideal untuk posisi tersebut.
Ingin Membuat Surat Lamaran Kerja Profesional? Yuk Ikuti Career Preparation Dibimbing.id
Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai surat lamaran kerja HRD, informasi ini sangat berguna Jika Sobat MinDi hendak melamar pekerjaan sebagai HR perusahaan, dan harus menulis surat lamaran kerja yang efektif.
Jika Sobat MinDi seorang mahasiswa, mempelajari surat lamaran kerja ini merupakan hal yang penting untuk mempersiapkan diri demi karir yang baik di masa depan.
Menulis surat lamaran kerja merupakan hal yang tidak diajarkan dalam perkuliahan pada umumnya. Namun Sobat MinDi bisa mengikuti career preparation dibimbing.id.
Pihak universitas atau sekolah wajib memperhatikan ini, dengan adanya pelatihan intensif mahasiswa, SDM dan lulusan akan berkualitas yang tentunya akan berdampak baik bagi universitas.
Ikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id, sebuah pelatihan atau kursus intensif bagi mahasiswa yang fokus mempersiapkan skill dan potensi mereka agar siap menjalani dunia karir secara profesional.
Kelas dibimbing.id selalu didampingi para mentor berpengalaman dan profesional, sehingga pembelajaran berjalan inovatif. Dengan LSM yang canggih, peserta dapat mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun.
Tunggu apalagi? Segera daftarkan universitas Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.
Reference:
Tags
Muthiatur Rohmah
Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.