dibimbing.id - Kurir Freelance: Apa itu? Gaji & Bedanya dengan Kurir Tetap

Kurir Freelance: Apa itu? Gaji & Bedanya dengan Kurir Tetap

Muthiatur Rohmah

•

24 May 2024

•

1046

Image Banner

Sobat MinDi ingin memiliki penghasilan tambahan, namun tidak ingin mengganggu aktivitas utama, seperti kerja full time maupun kuliah? Jawabannya adalah freelance.


Freelance merupakan jenis pekerjaan yang menawarkan fleksibilitas waktu, sehingga Sobat MinDi dapat mengatur kapan waktu bekerja sesuai dengan preferensi pribadi. Saat ini, banyak bidang pekerjaan freelance, salah satunya adalah kurir freelance. Lantas apa itu?


Kurir freelance adalah individu yang bekerja mengantarkan barang atau dokumen tanpa terikat kontrak tetap dengan perusahaan pengiriman tersebut. Pekerjaan ini cocok untuk Sobat MinDi yang ingin mengatur jam kerja sendiri.


Tertarik bekerja sebagai kurir freelance? Yuk ketahui apa itu kurir freelance, bagaimana sistem gaji kurir freelance, hingga perbedaannya dengan kurir tetap. Stay tune terus ya!



Apa itu Kurir Freelance?



Sobat MinDi, sebelum kita melangkah lebih jauh, yuk pahami itu kurir freelance melalui beberapa pengertian berikut ini. Simak selengkapnya!


Kurir freelance adalah seseorang yang bekerja mengantarkan barang atau dokumen dari satu tempat ke tempat lain tanpa terikat kontrak kerja tetap dengan sebuah perusahaan logistik atau pengiriman. 


Kurir freelance biasanya menerima tugas pengiriman dari berbagai sumber atau platform yang mempertemukan kurir dengan klien yang membutuhkan layanan pengiriman. Sehingga mereka bisa bekerja dengan banyak platform pengiriman sekaligus.


Seorang kurir freelance memiliki fleksibilitas dalam memilih jam kerja dan jenis pengiriman yang diinginkan, hal ini membuat pekerjaan ini banyak diminati sebagai side job untuk menambah penghasilan tambahan.


Menjadi kurir freelance juga dapat membuka kesempatan untuk bekerja dengan berbagai klien, yang bisa meningkatkan jaringan profesional karir di masa depan.


Gimana Sobat MinDi, tertarik menambah penghasilan dengan menjadi kurir freelance?



Bagaimana Sistem Gaji Kurir Freelance?



Setelah memahami pengertian kurir freelance, pasti Sobat MinDi bertanya-tanya mengenai bagaimana sistem gaji mereka? apakah dihitung perbulan atau per paket? Yuk pahami selengkapnya berikut ini.


Kurir freelance biasanya digaji berdasarkan per pengiriman atau per tugas yang diselesaikan, bukan berupa gaji tetap bulanan atau mingguan. Hal ini berarti bahwa pendapatan mereka tergantung pada jumlah pengiriman yang mereka lakukan. 


Sistem pembayaran kurir freelance beragam, ada yang dibayar berdasarkan jarak tempuh, jenis barang yang dikirim, atau kesulitan pengiriman,ada pula kurir freelance yang memiliki tarif tetap per paket yang telah dikirimkan. 


Dalam pekerjaannya, kurir freelance bisa menerima tips dari klien atas pelayanan yang cepat dan aman. Biasanya kurir freelance bekerja melalui platform atau aplikasi pengiriman yang akan mengambil persentase dari biaya pengiriman sebagai komisi. 


Sistem pembayaran ini memberikan fleksibilitas kepada kurir freelance untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan mengambil lebih banyak tugas pengiriman. Namun hal ini juga berarti bahwa pendapatan mereka tidak tetap tergantung banyaknya pengiriman yang masuk.



Perbedaan Kurir Freelance dan Kurir Tetap



Agar Sobat MinDi paham dengan jelas, yuk simak perbedaan kurir freelance dan kurir tetap pada penjelasan berikut.



1. Status Kepegawaian


Seorang kurir freelance bekerja secara independen dan tidak terikat kontrak kerja tetap dengan perusahaan pengiriman. Kurir freelance biasanya mendaftar melalui platform online atau bekerja secara langsung dengan klien untuk tugas-tugas pengiriman tertentu.


Kurir tetap adalah karyawan dari sebuah perusahaan pengiriman dan memiliki kontrak kerja yang tetap. Mereka menerima gaji bulanan atau mingguan, dan pekerjaan serta diatur oleh perusahaan tersebut.



2. Fleksibilitas Waktu


Kurir freelance memiliki fleksibilitas tinggi dalam menentukan jam kerja dan hari kerja mereka. Kurir freelance dapat memilih tugas yang ingin mereka kerjakan dan biasanya bebas menetapkan jadwal mereka sendiri.


Kurir tetap bekerja pada jadwal yang ditetapkan oleh perusahaan, yang mungkin termasuk jam kerja reguler atau shift. Fleksibilitas mereka dalam menentukan jadwal biasanya terbatas.



3. Pendapatan


Pendapatan kurir freelance biasanya berbasis per tugas atau per pengiriman, dan mereka mungkin juga mendapat tips dari pelanggan. Pendapatan kurir freelance dapat bervariasi berdasarkan jumlah pengiriman yang dilakukan dan tarif yang ditetapkan oleh platform atau perjanjian dengan klien.


Sedangkan kurir tetap biasanya menerima gaji tetap yang konsisten, bersama dengan manfaat lain seperti asuransi kesehatan, cuti yang dibayar, dan lain-lain, yang tergantung pada kebijakan perusahaan.



4. Jaminan Pekerjaan


Kurir Freelance tidak memiliki jaminan pekerjaan atau kestabilan penghasilan karena mereka bekerja berdasarkan tugas yang tersedia. Mereka juga bertanggung jawab atas biaya operasional seperti bahan bakar dan pemeliharaan kendaraan.


Kurir tetap memiliki kestabilan pekerjaan yang lebih besar dengan dukungan perusahaan, termasuk kompensasi untuk biaya operasional dan kendaraan yang seringkali disediakan oleh perusahaan.


Yuk simak tabel perbedaan kurir freelance dan kurir tetap berikut ini, agar Sobat MinDi lebih mudah memahaminya!


perbedaan kurir freelance dan kurir tetap


Baca Juga: Gaji Social Media Specialist: Freelance, Part Time & Pemula




Keuntungan Menjadi Kurir Freelance?



Yuk simak beberapa keuntungan yang bisa Sobat MinDi dapatkan jika menjadi kurir freelance berikut ini.


Beberapa keuntungan menjadi kurir freelance meliputi:


  • Fleksibilitas dalam menentukan jam dan hari kerja.

  • Kesempatan untuk bekerja dengan berbagai klien dan di berbagai lokasi.

  • Kontrol penuh atas beban kerja dan jenis pengiriman yang diterima.

  • Potensi untuk mendapatkan penghasilan lebih tinggi berdasarkan jumlah dan jenis pengiriman.

  • Tidak terikat dengan rutinitas kantor atau atasan.

  • Kesempatan untuk memperluas jaringan profesional melalui interaksi dengan berbagai klien.

  • Kemampuan untuk menyesuaikan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi.

  • Peluang untuk membangun bisnis pengiriman pribadi.



Apa Saja Tantangan Menjadi Kurir Freelance?



Mesikup kurir freelance memiliki fleksibilitas waktu kerja, ada beberapa tantangan kurir freelance yang harus diperhatikan, sebelum Sobat MinDi memutuskan bekerja.


Lantas apa saja tantangan kurir freelance? Yuk pahami bersama berikut ini.


Beberapa tantangan menjadi kurir freelance meliputi:


  • Tidak adanya jaminan pekerjaan tetap atau pendapatan stabil.

  • Kewajiban menanggung biaya operasional sendiri, seperti bahan bakar, pemeliharaan kendaraan, dan asuransi.

  • Kesulitan dalam mengelola waktu kerja dan memprioritaskan tugas karena fleksibilitas yang tinggi.

  • Persaingan tinggi dengan kurir lain dan perusahaan pengiriman besar.

  • Risiko keamanan dalam mengantarkan paket, terutama ke lokasi yang kurang aman.

  • Ketidakpastian penghasilan dan fluktuasi pendapatan tergantung pada musim dan permintaan.

  • Keterbatasan akses ke manfaat kerja seperti asuransi kesehatan dan cuti yang dibayar.

  • Kewajiban menjaga reputasi dan mendapatkan ulasan positif dari klien untuk mendapatkan lebih banyak tugas.



Bagaimana Cara Menjadi Kurir Freelance?



Sobat MinDi sudah memutuskan ingin menjadi kurir freelance? Namun belum tahu caranya? Yuk simak cara menjadi kurir freelance versi MinDi berikut ini.


cara menjadi kurir freelance



1. Daftar di Platform Pengiriman Online


Langkah pertama adalah mendaftar di platform pengiriman seperti Gojek, Grab, atau aplikasi lokal lainnya yang ada di daerahmu. Biasanya, prosesnya cukup simpel, Sobat MinDi cukup isi data pribadi, unggah dokumen yang diperlukan, dan ikuti training singkat dari platform tersebut.



2. Siapkan Perlengkapan


Pastikan Sobat MinDi punya semua yang dibutuhkan untuk mulai mengantar barang. Ini termasuk kendaraan yang layak jalan, ponsel dengan aplikasi navigasi seperti Google Maps, dan tas pengiriman yang sesuai untuk menjaga barang tetap aman dan utuh selama di perjalanan.



3. Tetapkan Jadwal Kerja


Salah satu keuntungan jadi kurir freelance adalah Sobat MinDi bisa tentukan sendiri kapan kamu mau kerja. Tentukan jam kerja yang cocok dengan kehidupan pribadimu. 


Misalnya, jika Sobat MinDi morning person, mungkin bisa mulai antar barang dari pagi sampai siang. Atur jadwal dengan baik, sehingga pekerjaan tetap efisien dan tetap nyaman.



4. Jaga Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan


Ketika kamu sudah mulai mengantar barang, pastikan komunikasi yang baik dengan pelanggan. Beri tahu mereka perkiraan waktu kedatangan, dan jika ada keterlambatan atau masalah, beritahu sesegera mungkin. 


Pelanggan yang puas bisa jadi pelanggan tetap atau bahkan merekomendasikan layanan Sobat MinDi ke orang lain.


Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Sobat MinDi bisa mulai langkah pertama sebagai kurir freelance. Semangat mencoba dan selamat mengantar!


Baca Juga: 7 Cara Freelance Desain Grafis Termudah, Pemula Wajib Tahu!



Ingin Coba Freelance saat Kuliah? Yuk ikuti Career Preparation Dulu!



Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai kurir freelance, mulai dari pengertian, sistem gaji, bedanya dengan kurir tetap, hingga cara menjadi kurir freelance.


Kesimpulannya, kurir freelance adalah individu yang bekerja mengantarkan barang atau jasa namun tidak terikat secara tetap pada perusahaan tertentu. Pekerjaan ini cocok dijadikan side job untuk menambah penghasilan Sobat MinDi.


Jika Sobat MinDi seorang mahasiswa, freelance dapat dijadikan kesempatan untuk menambah pengalaman dan memperkaya portofolio untuk perkembangan karir yang lebih sukses kedepannya.


Namun untuk mengikuti freelance, mahasiswa harus memahami beberapa keahlian penting yang mungkin tidak diajarkan dalam perkuliahan. Terus gimana solusinya? mahasiswa dapat mengikuti bimbingan persiapan karir intensif dari dibimbing.id.


Pihak universitas atau sekolah wajib memperhatikan ini, dengan adanya pelatihan intensif mahasiswa, SDM dan lulusan akan berkualitas yang tentunya akan berdampak baik bagi universitas.


Ikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id, sebuah pelatihan atau kursus intensif bagi mahasiswa yang fokus mempersiapkan skill dan potensi mereka agar siap menjalani dunia karir secara profesional.


Kelas dibimbing.id selalu didampingi para mentor berpengalaman dan profesional, sehingga pembelajaran berjalan inovatif. Dengan LSM yang canggih, peserta dapat mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun.


Tunggu apalagi? Segera daftarkan universitas Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.



FAQ Kurir Freelance



  • Apa saja yang diperlukan untuk menjadi kurir freelance?


Untuk menjadi kurir freelance, kamu memerlukan kendaraan yang dapat diandalkan, seperti sepeda, motor, atau mobil, sebuah smartphone dengan akses ke aplikasi navigasi dan platform pengiriman, serta dokumen yang valid untuk membuktikan identitas dan status berkendara kamu.


  • Berapa penghasilan yang bisa saya dapatkan sebagai kurir freelance?


Penghasilan seorang kurir freelance bervariasi berdasarkan jumlah pengiriman yang dilakukan, jarak pengiriman, dan tarif yang ditetapkan oleh platform atau negosiasi langsung dengan klien. Beberapa kurir juga mendapatkan tips dari pelanggan.


  • Apakah saya memerlukan asuransi khusus sebagai kurir freelance?


Ya, sangat disarankan untuk memiliki asuransi kendaraan dan asuransi kecelakaan pribadi yang memadai, karena kamu akan banyak menghabiskan waktu di jalan dan risiko kecelakaan atau kerusakan kendaraan bisa terjadi.


Reference:

  • What Is a Freelance Courier and How to Become One - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!