dibimbing.id - Apa itu Anaconda Python? Pengertian & Cara Downloadnya

Apa itu Anaconda Python? Pengertian & Cara Downloadnya

Muthiatur Rohmah

•

13 April 2024

•

595

Image Banner

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang open source, banyak cara untuk mendownload bahasa pemrograman python, salah satunya menggunakan anaconda.


Anaconda merupakan distribusi Python yang paling populer di kalangan para ilmuwan data, pengembang, dan peminat data science.


Keunggulan utama Anaconda python adalah manajemen paket dan lingkungan kerja virtualnya yang mempermudah pengelolaan versi dan dependensi perangkat lunak.


Penasaran mengenai Anaconda python? Bagaimana cara install anaconda python? Yuk pelajari selengkapnya pada artikel ini.



Apa itu Anaconda Python?



Anaconda Python adalah sebuah distribusi open source dari bahasa pemrograman Python dan R, yang dirancang khusus untuk komputasi ilmiah, analisis data, dan pembelajaran mesin.


Anaconda python berbagai paket yang diperlukan untuk pengolahan data, prediksi analitik, dan algoritma pembelajaran mesin, menjadikannya alat yang sangat berguna bagi ilmuwan data, pengembang, dan peneliti di berbagai bidang. 


Anaconda dapat menyederhanakan manajemen paket dan deployment, dengan menyediakan lingkungan yang terisolasi untuk setiap proyek yang memungkinkan instalasi paket tanpa konflik dan ketergantungan yang mudah dikelola. 


Anaconda python dilengkapi sistem manajemen paket dan lingkungan yang memudahkan penginstalan, pengelolaan paket, dan pengelolaan lingkungan kerja. 


Melalui antarmuka grafis pengguna yang ramah pengguna dan komando baris yang efisien, Anaconda mempromosikan praktik pengembangan perangkat lunak yang baik untuk mengotomatiskan proses analitik dan memanfaatkan potensi penuh dari data perusahaan.


Baca Juga: Memahami Pemrograman Python untuk Data Science, Yuk Simak!




Cara Mendownload Anaconda Python



Mendownload Anaconda Python adalah proses yang sederhana dan mudah.


Yuk simak cara mengunduh anaconda python berikut ini.


Source: anaconda.com



1. Kunjungi Situs Web Resmi Anaconda


Langkah pertama, buka browser web dan kunjungi situs web resmi Anaconda DI SINI . Halaman ini menyediakan informasi tentang Anaconda Individual Edition, yang dirancang untuk penggunaan pribadi dan akademik.



2. Pilih Versi yang Sesuai


Scroll ke bawah sampai menemukan bagian download. Di sini, kamu akan menemukan versi Anaconda untuk berbagai sistem operasi, termasuk Windows, macOS, dan Linux. Pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi komputer.



3. Unduh Installer


Klik pada tautan download untuk sistem operasi, lalu kamu akan diberi pilihan antara installer 64-bit dan 32-bit (jika tersedia). 


Sebagian besar komputer modern menggunakan arsitektur 64-bit, tetapi jika kamu tidak yakin, periksa dulu spesifikasi sistem operasi komputer, lalu sesuaikan. Setelah memilih yang sesuai, proses download akan dimulai.



4. Jalankan Installer


Setelah file telah terdownload sepenuhnya, buka file tersebut untuk memulai proses instalasi. Pada Windows, ini biasanya berupa file .exe, pada macOS berupa file .pkg, dan pada Linux, file installer berupa script .sh.



5. Ikuti Langkah-langkah Instalasi


Installer akan memandu kamu melalui proses instalasi. Sobat MinDi akan diminta untuk menyetujui lisensi penggunaan, memilih lokasi instalasi, dan mengkonfigurasi beberapa opsi.


Opsi tersebut seperti apakah ingin Anaconda ditambahkan ke PATH sistem disarankan untuk pengguna lanjutan). Pilihan default biasanya cukup bagi kebanyakan pengguna.



6. Selesaikan Instalasi


Setelah proses instalasi selesai, kamu akan memiliki opsi untuk membuka Anaconda, lalu mulai gunakan Anaconda melalui Command Prompt atau Terminal dengan mengetik conda untuk memeriksa apakah instalasi berhasil.


Dalam proses instalasi anaconda python, pastikan untuk memilih versi Anaconda yang kompatibel dengan perangkat keras dan sistem operasi, dan selalu download dari sumber yang terpercaya untuk menghindari masalah keamanan.



Kelebihan dan Kekurangan Anaconda Python



Gimana nih? tertarik menggunakan anaconda python untuk analisis data perusahaan? Yuk pahami kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.


Kelebihan Anaconda Python


  • Mempermudah manajemen paket dan lingkungan kerja dengan menyediakan alat yang intuitif dan efisien untuk pengelolaan yang kompleks.

  •  Menawarkan akses ke perpustakaan yang luas, mencakup lebih dari 1.500 paket open source yang mendukung berbagai kebutuhan matematika, sains, dan rekayasa.

  • Didesain untuk berjalan di lintas platform, termasuk Windows, macOS, dan Linux, memberikan fleksibilitas yang besar untuk pengembangan.

  • Memfasilitasi kerja sama tim dengan memungkinkan penggunaan lingkungan yang bisa direproduksi dengan mudah, mendukung standar kerja yang konsisten di antara anggota tim.

  • Menghadirkan Anaconda Navigator, sebuah antarmuka pengguna grafis yang ramah bagi pengguna, untuk pengelolaan paket dan lingkungan yang lebih mudah.



Kekurangan Anaconda Python


  • Membutuhkan ruang penyimpanan yang signifikan karena ukuran instalasi yang besar.

  • Dapat mengalami kinerja yang lebih lambat dalam hal instalasi dan pembaruan paket dibandingkan dengan alat manajemen paket Python lainnya, terutama di koneksi internet yang kurang optimal.

  • Bisa terasa berlebihan untuk proyek-proyek yang lebih sederhana atau lebih kecil.

  • Memerlukan waktu dan usaha untuk memahami dan menguasai pengelolaan lingkungan dan paket melalui Conda.

  • Mengalami keterlambatan dalam pembaruan paket terbaru.


Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan anaconda python yang wajib dipahami sebelum memilih distribusi pemrograman yang tepat untuk data perusahaan.


Sobat MinDi, itulah beberapa penjelasan mengenai anaconda python yang wajib dipahami dan dipertimbangkan untuk mengelola data perusahaan agar lebih efisien.


Baca Juga: 6 Macam Library Python yang Digunakan Untuk Web Scraping



Ingin belajar lebih lanjut tentang analisis data perusahaan? Tertarik switch career di bidang data analyst perusahaan?


Sebagai langkah awal, yuk ikuti bootcamp data science dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif dengan pembelajaran inovatif dan terbaik.


Bootcamp dibimbing.id didampingi oleh mentor berpengalaman dan profesional di bidangnya. Kami siap mengantarkan Sobat MinDi menjadi data analyst sukses.


Gimana? tertarik mendaftar bootcamp? Yuk segera daftarkan diri kamu di sini! Jangan khawatir ngaggur setelah lulus bootcamp, karena dibimbing.id menyediakan job connect ke ratusan perusahaan ternama buat kamu! 


Apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.


Referensi :

1, Anaconda Download - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!