dibimbing.id - AdSense YouTube: Pengertian, Cara Kerja, & Syarat Daftarnya

AdSense YouTube: Pengertian, Cara Kerja, & Syarat Daftarnya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

23 February 2024

•

504

Image Banner

YouTube telah menjadi platform utama bagi jutaan kreator konten untuk berbagi karya serta mencari penghasilan. AdSense YouTube adalah salah satu peluang bagi kreator untuk mendapatkan penghasilan di platform ini.


Pasalnya, kreator bisa memonetisasi video mereka dengan AdSense YouTube. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini!


Apa Itu AdSense YouTube?


AdSense YouTube adalah program monetisasi yang disediakan platform bagi para kreator konten. AdSense YouTube adalah salah satu kesempatan kreator untuk memperoleh penghasilan dari konten yang mereka unggah.


Artinya, kreator tidak hanya membangun audiens dan komunitas mereka sendiri. Akan tetapi, mereka juga memiliki kesempatan untuk menghasilkan pendapatan secara langsung dari kreativitasnya.


Cara Kerja AdSense YouTube


Cara kerja AdSense YouTube melibatkan beberapa langkah yang melibatkan kreator, audiens, dan pengiklan. Beberapa langkah-langkahnya yang menggambarkan cara kerja AdSense YouTube adalah:


  1. Kreator mengunggah video ke kanal YouTube mereka.

  2. YouTube secara otomatis menempatkan iklan di dalam atau di sekitar video tersebut.

  3. Audiens mengakses video kreator dan melihat iklan yang ditampilkan di dalamnya.

  4. Pendapatan yang dihasilkan dari iklan dibagi antara YouTube dan kreator konten. Umumnya, YouTube mengambil sebesar 45% dari pendapatan iklan.

  5. Kreator konten bisa menarik pendapatan mereka melalui Google AdSense ketika penghasilan sudah mencapai jumlah minimum penarikan.


Kapan Uang YouTube Masuk ke AdSense?


Uang yang diperoleh dari iklan biasanya masuk ke akun AdSense pada awal bulan berikutnya. Ini terjadi apabila penghasilannya sudah mencapai jumlah minimumnya. Target penghasilan minimum yang ditetapkan berkisar di $100.


Baca Juga: Cara Membuat Konten YouTube yang Menghasilkan Uang 


Apa Syarat AdSense YouTube?


Ada beberapa syarat yang ditetapkan oleh Google untuk memenuhi kualifikasi program AdSense YouTube. Hal ini bisa berubah sewaktu-waktu. Beberapa syarat umum AdSense YouTube adalah:


1. Syarat Monetisasi


Pertama, syarat AdSense YouTube berkaitan dengan ketetapan monetisasi. Kreator konten harus memenuhi syarat-syarat tertentu untuk dianggap memenuhi kualifikasi.


Syarat-syarat tersebut sering kali mencakup jumlah subscriber, yakni sekitar 1000 orang. Selain itu, juga ada jumlah tayang minimum dalam 12 bulan terakhir, yakni sebanyak 4000 jam.


2. Mengikuti Pedoman Konten


Kedua, syarat AdSense YouTube adalah mengikuti pedoman konten. Video yang akan dimonetisasi harus mematuhi pedoman komunitas YouTube dan kebijakan monetisasi. 


Hal ini termasuk memastikan video tidak melanggar hak cipta atau mengandung konten tak pantas, serta mematuhi aturan dan regulasi lainnya.


3. Mempertahankan Integritas Akun


Berikutnya, syarat AdSense YouTube adalah dengan mempertahankan integritas akun. Artinya, kreator tidak melakukan kegiatan yang melanggar kebijakan YouTube. Misalnya, membeli tayangan atau pelanggan.


Selain itu, kreator juga tidak boleh terlibat dalam praktik penipuan atau manipulatif lainnya.


4. Mengatur Akun AdSense


Terakhir, syarat AdSense YouTube adalah memiliki akun Google AdSense yang aktif. Kreator perlu mengatur akun AdSense mereka dengan benar dan memverifikasinya sesuai prosedur.


Bagaimana Cara Daftar AdSense YouTube?


Berikut adalah langkah-langkah umum untuk daftar program AdSense YouTube:


1. Penuhi Persyaratan Monetisasi


Langkah pertama untuk daftar AdSense YouTube adalah dengan memenuhi persyaratan monetisasi. Berikut tahapannya:


  • Pastikan kanal sudah memenuhi jumlah subscriber, yakni sekitar 1000 orang.

  • Pastikan akun sudah memenuhi jam tayang minimum, yakni sekitar 4000 jam.


2. Persiapkan Akun Google AdSense


Berikutnya, langkah mendaftar AdSense YouTube adalah persiapkan akun Google AdSense. Beberapa tahapannya adalah sebagai berikut:


  • Buat akun Google AdSense apabila kamu belum memilikinya.

  • Kunjungi situs web AdSense.

  • Ikuti langkah-langkah untuk membuat akun baru.

  • Isi informasi dengan benar dan lengkap.


3. Aktifkan Monetisasi di Kanal YouTube


Langkah selanjutnya untuk mendaftar AdSense YouTube adalah mengaktifkan monetisasi. Berikut tahapannya:


  • Masuk ke akun YouTube milikmu.

  • Buka YouTube Studio.

  • Pilih Monetisasi dari menu di sebelah kiri.

  • Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengaktifkan monetisasinya.


4. Verifikasi Alamat dan Informasi Pembayaran


Setelah itu, YouTube akan memintamu untuk memverifikasi alamat dan informasi pembayaran. Ini mencakup pemberian alamat tempat tinggal dan informasi pembayaran.


5. Tunggu Persetujuan


Setelah permohonan diajukan, kamu bisa aktifkan monetisasi. Pada tahap ini, YouTube akan meninjau kanal untuk memastikan bahwa kamu mematuhi semua pedoman dan kebijakan mereka.


Baca Juga: Mengenal Online Advertising dan Pemanfaatannya untuk UMKM


6. Terima Konfirmasi


Terakhir, kamu akan menerima konfirmasi apabila permohonan disetujui. Konfirmasi akan kamu terima melalui email milikmu. Setelah itu, kamu akan mulai menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di video.


Itulah pembahasan lengkap mengenai AdSense YouTube. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa AdSense YouTube adalah hal yang bisa membawa keuntungan bagi kreator dan pengiklan.


Selain AdSense YouTube, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan lewat konten digital di platform lain. Apakah kamu ingin mempelajarinya?


Jika iya, MinDi rekomendasikanmu untuk ikut program Bootcamp Digital Marketing Dibimbing.id. Program ini cocok banget buat kamu yang mau belajar hal berkaitan dengan pemasaran digital.


Pembelajarannya lengkap dan didasari dengan silabus beginner-friendly. Di sini, kamu bisa belajar konsep dasar, beragam strategi pemasaran digital, scope of work digital marketer, hingga praktik dengan real-case project.


Pokoknya, kamu bakal dibimbing sampai jadi! So, nggak usah ragu! Segera gabung dan mulai karir yang lebih baik bareng Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!