dibimbing.id - Cara Membuat Konten YouTube yang Menghasilkan Uang - dibimbing.id

Cara Membuat Konten YouTube yang Menghasilkan Uang - dibimbing.id

Kezia Margaretha

07 December 2022

1597

Image Banner

Pasti kalian semua disini udah pernah denger pepatah “Uang bisa dicari dimanapun dan kapanpun,” bukan? Nah, pepatah tersebut benar banget, MinDi! Sekarang kalian ga cuma bisa menghasilkan uang melalui pekerjaan formal, freelance, atau magang. Tetapi, juga bisa membuat konten YouTube yang menghasilkan uang, lho!


Saat ini, udah banyak banget nih contoh dari beberapa orang yang berhasil membuat konten YouTube yang menghasilkan uang. Ada nama-nama terkenal seperti Jerome Polin, Jess No Limit, Atta Halilintar, dan masih banyak lagi. 


Melihat kesuksesan mereka, kalian mungkin jadi terdorong untuk mengikuti jejak mereka dalam membuat konten YouTube yang menghasilkan uang. Namun, tentunya terdapat beberapa cara nih biar kamu bisa membuat konten Youtube yang menghasilkan uang dengan maksimal. Ada apa aja tuh? Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya sobat MinDi!


  1. Bergabung dengan program YouTube Partner


Cara membuat konten Youtube yang menghasilkan uang dengan bergabung menjadi YouTube Partner

Cara membuat konten Youtube yang menghasilkan uang dengan bergabung menjadi YouTube Partner/Sumber: ATP Holdings


Langkah pertama yang paling penting untuk kamu lakukan sebelum melakukan yang lainnya adalah bergabung dengan program Youtube Partner. Dengan bergabungnya ke dalam Youtube Partner, video yang kamu hasilkan bisa mendapatkan uang dari iklan-iklan yang tersedia. 


Untuk bergabung, kamu perlu menyetujui kebijakan monetisasi dari YouTube serta tinggal di wilayah yang tercakup dalam program YouTube Partner tersebut. Terdapat juga dua syarat yang perlu dipenuhi yaitu memiliki 1000 subscribers dan telah ditonton selama 4000 jam dalam waktu satu tahun. 


Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan monetisasi di YouTube:

  1. Sign in akun Youtube yang ingin kamu pilih untuk dimonetisasi

  2. Klik fitur for your account di bagian atas kanan 

  3. Pilih YouTube Studio 

  4. Di bagian kiri menu, pilih Other Features > Monetization

  5. Baca dan setujui kebijakan dan ketentuan untuk program YouTube Partner

  6. Buat baru akun Google AdSense atau hubungkan dengan akun anda

  7. Atur preferensi monetisasi akun-mu


Setelah selesai, balik ke bagian dashboard dan coba periksa analitik akunmu di bagian kiri. Kamu harus mengklik Revenue dan scroll sampai kebawah di bagian Monthly Estimated Revenue untuk mengetahui prediksi pendapatan YouTube-mu. 


  1. Buat berbagai merchandise untuk dijual


Contoh merchandise milik Youtubers Tara Arts Gaming

Contoh merchandise milik Youtubers Tara Arts Gaming/Sumber: Gendamgundam


Mungkin disini kalian udah pernah liat atau bahkan beli merchandise dari para YouTuber kesayangan-mu. Nah, merchandise bisa dikatakan sebagai salah satu sumber penghasilan yang bisa didapatkan dari YouTube. 


Penjualan merchandise sendiri dilakukan oleh dua tipe orang yang menggunakan YouTube. Pertama, content creator yang memutuskan untuk menjual sebuah produk. Kedua, seorang yang menjual produk dan memutuskan untuk mempromosikan produk tersebut ke YouTube. Nah, untuk itu kamu bisa menjadi salah satunya apabila kamu ingin menjual sebuah produk di YouTube. 


Cara membuat merchandise bisa dikatakan cukup lama dan membutuhkan waktu yang mungkin tidak singkat. 


Pertama, kamu perlu membayangkan dan mendesain produk yang ingin kamu jadikan sebagai merchandise YouTube kamu. Merchandise tersebut perlu menunjukkan karakteristik dari akun YouTube-mu atau memiliki rasa keterkaitan yang erat dengan para penonton. 


Misalnya, merchandise milik Tara Arts Gaming dibawah ini memiliki keunikan dan kekhasan yang menggambarkan YouTube channel dari Tara Arts itu sendiri. 


Kedua, setelah berhasil mendesain produk-mu, langkah selanjutnya yang perlu diambil tentu mencari tempat produksi, supplier, atau orang-orang yang bisa mewujudkan merchandise tersebut. Biasanya, kamu akan melakukan survey yang cukup lama agar bisa mendapatkan tempat produksi sesuai keinginanmu.  


Ketiga, untuk menjual merchandise tersebut, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi atau website lain yang difokuskan pada penjualan barang. Kamu bisa memanfaatkan Shopee, Tokopedia, Instagram, Whatsapp, atau aplikasi lainnya. 


Keempat, aktifkan YouTube Partner merchandise shelf. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menjual merchandise akunmu. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu mengikuti dan memenuhi syarat dari YouTube. 


Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan link pembelian tersebut di video atau akun YouTube-mu agar penonton tahu dimana mereka bisa membeli produk tersebut. Kamu juga bisa konten YouTube yang menghasilkan uang dengan mempromosikannya di bagian akhir video-mu.


3. Bekerjasama dengan berbagai brand 


Kerjasama Fore dengan Titan Tyr

Kerjasama Fore dengan Titan Tyra/Sumber: Antara


Untuk membuat konten YouTube yang menghasilkan uang selanjutnya, kamu bisa bekerjasama dengan para brand sebagai brand ambassador atau influencer yang mempromosikan produk mereka. 


Saat ini, semakin banyak brand yang tertarik untuk mempromosikan barang mereka atau bahkan berkolaborasi membuat sebuah produk dengan para influencer. Nah, dengan demikian kesempatanmu untuk membuat konten YouTube yang menghasilkan uang tentunya juga akan semakin terbuka lebar. 


Sebelum bekerja sama dengan brand, kamu perlu untuk menetapkan fee atau bayaran yang kamu terima dari brand tersebut sesuai dengan hasil dari konten YouTube yang menghasilkan uang tersebut. Misalnya, kamu akan mendapatkan Rp. 10.000,- setiap 100 views atau ketentuan-ketentuan lainnya. 


Saat ini, terdapat beberapa brand yang memiliki ketentuan berbeda-beda seperti membayar berdasarkan fee, memberikan produk gratis, atau bahkan bentuk-bentuk keuntungan lainnya. 


Biaya fee setiap Youtubers biasanya juga berbeda-beda sesuai dengan jumlah subscriber nya sendiri. Semakin banyak subscriber, biaya yang dibayarkan tentunya akan lebih mahal dan sebaliknya. 


Bisa dikatakan, bekerja sama dengan brand merupakan salah satu konten Youtube yang menghasilkan uang paling menjanjikan saat ini. Sudah tersedia banyak sekali contoh YouTubers yang menghasilkan jumlah uang yang tidak sedikit melalui metode satu ini. Dalam pembuatan satu video YouTube, Youtuber seringkali dibayar ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah. 

        4. Tergabung sebagai affiliator


Cara membuat konten Youtube yang menghasilkan uang dengan bergabung menjadi affiliator

Cara membuat konten Youtube yang menghasilkan uang dengan bergabung menjadi affiliator/Sumber: Suara.com

“Murah banget!” Frasa yang satu ini sangat sering diucapkan oleh salah satu affiliator terkenal di Indonesia. Nah, konten Youtube yang menghasilkan uang berikutnya adalah dengan menjadi affiliator


Sistem affiliator sendiri bisa dikatakan cukup menjanjikan, dimana kamu bisa mendapatkan bagian persentase penjualan melalui tautan afiliasi. Sebelumnya, kamu harus berhasil membuat para penonton-mu mengunjungi toko online dari produk tersebut. 


Konten YouTube yang menghasilkan uang satu ini sebaiknya kamu lakukan apabila kamu memiliki subscriber yang tidak terlalu banyak, namun sangat loyal terhadap akunmu. 


Sebagai affiliator, kamu juga sebaiknya jujur kepada para penonton-mu bahwa konten Youtube yang menghasilkan uang kali ini merupakan bagian dari kemitraan-mu sebagai affiliator. Hal ini bisa membangun semakin erat kepercayaanmu dengan para penonton serta tidak merusak hubungan yang telah ada. 


            Dalam memilih mitra affiliator, kamu sebaiknya juga tidak sembarangan memilih dan harus menyelidiki terlebih             dahulu perusahaan tersebut. Ingat! Hubunganmu dengan para pengikutmu tentunya lebih penting dan jangan             sampai mengabaikan hal tersebut demi konten Youtube yang menghasilkan uang semata.


        5. Mendapat Fan Funding 


Fan funding di YouTube/Sumber: Hootsuite


Strategi menghasilkan konten Youtube yang menghasilkan uang selanjutnya adalah dengan mendapatkan fan funding dari para subscribers-mu. Dalam hal ini, kamu harus berhasil untuk membuat fans bisa memberikan apresiasi mereka dalam memberikan beberapa peser uang kepada dirimu. 


Cara yang perlu dilakukan pun bisa dibilang tidak terlalu sulit namun proses meyakinkannya lah yang membutuhkan waktu yang panjang. 


Pertama, selenggarakan live chat sehingga penontonmu bisa menggunakan fitur Super Chat. Fitur yang satu ini hanya bisa digunakan apabila kamu sedang melakukan live stream. 


Kedua, ajak fansmu untuk menjadi anggota channel. Saat ini, YouTube menyediakan sebuah fitur dimana para penonton bisa membayar keanggotaan channel untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Misalnya, mereka memiliki akses untuk emoji khusus dan Live Chat


            Ketiga, dorong para penggemarmu untuk menjadi anggota YouTube Premium. Ketika anggota YouTube Premium             menonton video milikmu, kamu juga akan mendapat keuntungan dengan mendapatkan biaya tambahan.

Berikut beberapa konten YouTube yang menghasilkan uang. Dengan membuat konten Youtube yang menghasilkan uang, kamu bisa mengeksplor keinginanmu serta menghasilkan sebagian uang dari kegiatan tersebut. 


Sebenarnya, konten YouTube yang menghasilkan uang juga bisa termasuk ke dalam Digital Marketing, lho!


“Apa sih Digital Marketing?”


Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut, yuk pelajari selanjutnya di bootcamp Digital Marketing Dibimbing.id. 


Disini kalian bisa mempelajari jenis-jenis digital marketing dan bahkan cara memaksimalkannya bersama dengan mentor-mentor terpercaya. 


Bukan hanya itu, kalian juga bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan penyaluran kerja lho!


Yuk, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di Dibimbing.id!



Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!