Mengenal Google Adsense, Syarat, Cara Kerja dan Strategi

Nadia L Kamila

13 October 2023

5117

Image Banner

Apakah Sobat MinDi tahu darimana para YouTuber dan Blogger mendapatkan keuntungan selain dari endorse? Yup, mereka mendapatkan keuntungan dari Google Adsense. 

Google Adsense adalah layanan dari Google yang dikhususkan pada pemilik blog atau channel YouTube untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Jika Sobat MinDi tertarik untuk mendapatkan cuan dari Google Adsense, yuk simak artikel ini sampai selesai ya!


Pengertian Google Adsense


Google AdSense adalah sebuah layanan dari Google yang memungkinkan pemilik situs web atau blog untuk menghasilkan uang dengan menampilkan iklan. 

Misalnya, kamu memiliki sebuah blog dan mendaftarkan situsmu ke Google AdSense. Setelah disetujui, iklan dari berbagai perusahaan yang terkait dengan konten situsmu akan muncul di situsmu.

Ketika pengunjung situsmu mengklik iklan tersebut, kamu akan mendapatkan bayaran dari Google. Besaran bayaran ini bisa bervariasi, tergantung dari jenis iklan dan seberapa sering iklan tersebut diklik oleh pengunjung.

Singkatnya, Google AdSense adalah jembatan antara pemilik situs dan pengiklan yang ingin menampilkan iklannya di situs tersebut, dan sebagai gantinya, pemilik situs mendapatkan bayaran setiap kali iklan diklik. 


Apa Saja Syarat Bergabung ke Google Adsense


Untuk bergabung dengan Google AdSense dan memulai memonetisasi situs web atau konten, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi:


1. Konten Berkualitas


Kamu harus memiliki konten yang asli, berkualitas, dan mematuhi kebijakan konten Google AdSense. Jika blogger, maka artikelmu harus murni buatanmu sendiri. Begitu pula dengan video YouTube.


2. Usia Situs


Untuk beberapa wilayah, seperti negara-negara di Asia, situsmu harus aktif setidaknya selama 6 bulan sebelum bisa mendaftar ke AdSense.


3. Usia Pendaftar


Selain usia situs, usia pemilik situs juga dibatasi. Kamu harus berusia minimal 18 tahun untuk membuat akun Google AdSense.


4. Tidak Terlibat dalam Program Google Sebelumnya


Jika kamu pernah di-ban atau dikeluarkan dari program Google AdSense sebelumnya, kemungkinan besar situs kamu tidak akan diterima lagi.


5. Kebijakan Konten


Konten yang kamu buat tidak boleh melanggar kebijakan konten AdSense, seperti konten yang mengandung kebencian, diskriminasi, konten dewasa, konten yang menyesatkan, atau konten yang mempromosikan aktivitas ilegal.


6. Verifikasi Alamat


Sebelum kamu bisa menerima pembayaran, Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat yang sudah kamu daftarkan untuk memastikan identitas dan lokasimu.


7. Satu Akun per Orang


Kamu hanya boleh memiliki satu akun Google AdSense. Jika kamu punya lebih dari satu situs, bisa dinambahkan ke akun yang sudah ada.


8. Memiliki Pengunjung Aktif


Memiliki jumlah pengunjung yang signifikan akan meningkatkan kesempatan Anda untuk diterima dan mendapatkan keuntungan yang baik.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah membaca semua kebijakan Google AdSense dengan seksama dan memastikan situsmu mematuhi semua persyaratan tersebut. 


Cara Kerja Google Adsense


cara kerja Google Adsense

Sumber: Google.com


Google AdSense adalah layanan yang bekerja sebagai perantara antara pemilik situs dan pengiklan.  Berikut langkah-langkah bagaimana Google AdSense bekerja:


1. Pendaftaran


Pertama-tama, kamu harus mendaftar ke Google AdSense. Setelah situs diperiksa dan disetujui oleh Google, websitemu dapat mulai menampilkan iklan.


2. Seleksi Iklan


Google menggunakan teknologi khusus untuk memilih iklan yang relevan dengan isi dari situsmu. Jadi misalnya, jika situsmu membahas tentang tanaman, iklan yang muncul mungkin berkaitan dengan pupuk, pot, atau buku pertanian.


3. Penempatan Iklan


Setelah disetujui, kamu akan diberikan kode khusus untuk diletakkan di situsmu. Kode ini akan menampilkan iklan di tempat yang kamu pilih.


4. Klik dan Tampilan


Setiap kali pengunjung situsmu melihat atau mengklik iklan, kamu mendapatkan uang. Ada dua jenis pendapatan utama yang akan kamu dapatkan:

  1. CPC (Cost Per Click): Kamu dibayar setiap kali seseorang mengklik iklan.

  2. CPM (Cost Per Thousand Impressions): Kamu dibayar berdasarkan jumlah tampilan iklan, meskipun tanpa klik.


5. Pembayaran


Setelah mencapai batas minimum tertentu, kamu bisa mencairkan pendapatanmu. Google biasanya membayar melalui transfer bank, cek, atau metode pembayaran lainnya tergantung negara.


6. Optimasi Iklan


Kamu breksperimen dengan posisi iklan, warna, dan ukuran untuk meningkatkan pendapatan. Penting juga untuk memaksimalkan kontenmu supaya lebih banyak orang yang datang dan berpeluang untuk mengklik iklan. 

Kamu bisa belajar bagaimana membuat konten blog atau video yang baik dan mampu menarik banyak orang di Bootcamp Digital Marketing yang diadakan khusus oleh Dibimbing.


Bagaimana Strategi Memaksimalkan Hasil Google Adsense


Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Google AdSense, kamu perlu untuk mengoptimasi situs. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil Google Adsense secara maksimal: 


1. Konten Berkualitas


Mulailah dengan menyajikan konten yang berkualitas. Semakin menarik kontenmu, semakin banyak pengunjung yang datang, dan semakin besar kesempatan mereka mengklik iklan.


2. Desain Situs yang Responsif


Pastikan situs kamu mudah diakses dari berbagai perangkat, baik komputer, tablet, maupun smartphone. Iklan yang ditampilkan dengan baik di semua perangkat memiliki peluang klik yang lebih tinggi.


3. Penempatan Iklan


Letakkan iklan di lokasi yang strategis namun tidak mengganggu pengunjung. Area di atas lipatan (bagian yang terlihat tanpa harus scroll), di tengah artikel, atau di sidebar bisa menjadi pilihan.


4. Ukuran dan Format Iklan


Eksperimen dengan ukuran iklan yang berbeda. Iklan dengan ukuran 300x250, 336x280, dan 728x90 biasanya memiliki kinerja yang baik. Kamu juga bisa mencoba iklan dalam bentuk teks atau gambar.


5. Halaman dengan Bounce Rate Rendah


Bounce rate adalah persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman sebelum meninggalkan situs. Fokuslah pada halaman dengan bounce rate rendah, karena berarti pengunjung lebih terlibat dan lebih mungkin mengklik iklan.


6. Optimasi SEO


Optimalkan situs kamu agar mudah ditemukan di mesin pencari. Pengunjung yang datang dari mesin pencari seringkali lebih relevan dan lebih mungkin untuk berinteraksi dengan iklan.


7. Gunakan Blok Iklan Tepat


Google AdSense memungkinkan kamu untuk memblokir iklan dari kategori tertentu. Jika kamu merasa suatu kategori iklan tidak relevan dengan audiensmu, blok kategori tersebut.


8. Manfaatkan Laporan AdSense


Cek laporan di akun AdSense untuk memahami iklan mana yang berkinerja baik dan mana yang tidak. Dengan informasi ini, kamu bisa melakukan penyesuaian.


9. Hindari Pelanggaran


Selalu patuhi kebijakan Google AdSense. Jangan pernah klik iklanmu sendiri atau meminta orang lain untuk mengklik, karena bisa menyebabkan akunmu dibanned.


10. Hubungan dengan Pengunjung


Bangun hubungan baik dengan pengunjung situsmu. Ketika mereka mempercayai kontenmu, mereka juga lebih mungkin untuk mengklik iklan yang kamu sajikan.

Dengan mengikuti panduan di atas, kamu akan memaksimalkan potensi pendapatan dari Google AdSense. Ingatlah untuk selalu berfokus pada pengunjung dan memberikan konten terbaik.

Nah, apakah Sobat MinDi sudah siap untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui Google Adsense?

Namun, ada satu hal yang kamu perlu tahu, bahwa Google Ads adalah fitur yang selalu mendapatkan perbaikan dari Google. 

Oleh karena itu, jika kamu membutuhkan bantuan untuk belajar lebih lanjut terkait Google Adsense. Kamu bisa join program belajar yang diadakan khusus oleh Dibimbing, yaitu Bootcamp Digital Marketing.

Di bootcamp ini, kamu akan dibimbing oleh mentor berpengalaman dalam dunia adsense mengenai bagaimana membuat konten situs website yang mampu menarik banyak audiens, dan masih banyak lagi materi seru lainnya.

Tunggu apalagi, segera booking seatmu dan jangan sampai kehabisan kuota ya!



Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!