Wajib Tahu! Pentingnya Komunikasi Efektif di Tempat Kerja

Anisa Fitri Maulida

•

26 October 2023

•

2164

Image Banner

Sobat MinDi, apakah kamu tahu? Ada beberapa skill yang penting untuk dikenali dan juga dikuasai, apapun itu profesinya. Salah satunya adalah mengenal pentingnya komunikasi efektif. 


Dengan menguasai kemampuan komunikasi efektif, kamu bisa mendapat kesempatan untuk meraih puncak karir impian dengan lebih mudah. Mengapa hal ini terjadi? Mari kita telusuri bersama mengapa keterampilan ini sangat penting dan bagaimana cara mengasahnya.


Apa Itu Komunikasi Efektif?


Beberapa dari Sobat MinDi mungkin mulai bingung dan bertanya-tanya setelah melihat judul artikel ini. Mengapa komunikasi menjadi skill yang perlu dilatih? Padahal umumnya, kita selalu berkomunikasi setiap harinya baik secara lisan maupun melalui media tertentu.


Tidak ada yang salah dengan pernyataan tersebut, Sobat MinDi! Tapi, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua orang bisa berkomunikasi secara efektif. Sementara dalam dunia kerja, baik itu atasan maupun rekan kerja pasti membutuhkan pekerja yang dapat berkomunikasi dengan efektif.


Nah, supaya Sobat MinDi tidak bingung dan salah kaprah. Akan lebih baik bila menyimak definisi dari komunikasi efektif itu sendiri, setuju? Baiklah, jadi komunikasi efektif adalah proses saling memberi dan menerima informasi dengan jelas, tepat, dan dipahami oleh semua pihak yang terlibat.


Dengan berkomunikasi yang efektif, setiap orang yang terlibat di dalamnya akan menerima informasi dengan bobot yang sama. Plus, mereka bisa mendapatkan informasi tersebut tanpa harus mengalami miss-communication atau yang akrab disebut sebagai miskom. 


Lalu, apa pentingnya komunikasi efektif di dunia kerja? Apakah sama dengan penjelasan di atas?


Pentingnya Komunikasi Efektif di Tempat Kerja


Betul, Sobat MinDi! Salah satu alasan mengapa kita harus bisa berkomunikasi secara efektif adalah untuk mengatasi adanya miskom saat bekerja. Tapi, tidak hanya itu! Ada alasan lain mengapa mengetahui pentingnya komunikasi efektif di tempat kerja adalah wajib. 


1. Meningkatkan Hubungan Interpersonal


Keterampilan komunikasi yang baik menciptakan hubungan antarpribadi yang kuat di tempat kerja. Hubungan yang baik antara rekan kerja, atasan, dan bawahan membangun lingkungan kerja yang positif dan mendukung.


2. Peningkatan Kolaborasi


Komunikasi efektif memungkinkan kolaborasi yang lancar antara anggota tim dan departemen dalam suatu organisasi. Dengan berkomunikasi dengan jelas, ide dan informasi dapat dipertukarkan dengan efisien, memperkuat kerja tim dan produktivitas keseluruhan.


3. Pemecahan Masalah yang Efisien


Komunikasi efektif memungkinkan identifikasi masalah dengan cepat dan memberikan solusi yang efisien. Dengan berkomunikasi secara terbuka, tim dapat bekerja sama untuk menemukan solusi yang tepat untuk tantangan-tantangan yang muncul.


4. Mengurangi Konflik


Komunikasi efektif dapat mencegah dan mengelola konflik di tempat kerja. Dengan menyampaikan pesan dengan jelas dan mendengarkan dengan seksama, kesalahpahaman dapat diminimalkan, mengurangi potensi konflik antar anggota tim.


5. Kemungkinan Mendapat Apresiasi


Sadarkah kamu, Sobat MinDi? Bahwa alasan-alasan di atas dapat memperbesar kemungkinan kamu mendapat apresiasi, bahkan promosi kerja? 


Bayangkan saja, jika kamu bisa menyampaikan ide brilianmu dengan komunikasi yang lebih efektif, baik karyawan maupun atasan akan 'melihatmu'. Terlebih lagi, jika ide tersebut direalisasikan dengan sukses. Tentu kemungkinan promosi bisa semakin besar.


Baca Juga: Pelatihan Komunikasi pada Perusahaan, Penting atau Tidak?


Dilihat dari alasan-alasan di atas, kita sekarang bisa memahami bahwa bisa berkomunikasi secara efektif adalah hal yang luar biasa penting. Tapi, sebenarnya seperti apa sih ciri-ciri komunikasi yang sudah dianggap efektif?


Ciri-ciri Komunikasi Efektif


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa setiap orang pasti bisa berkomunikasi baik secara lisan maupun menggunakan media tertentu. Sayangnya, tidak semua komunikasi bisa dianggap efektif. Itulah alasan mengapa miskom pun tercipta.


Lantas, seperti apa ciri-ciri komunikasi efektif?


1. Jelas dan Tepat Sasaran


Pesan yang disampaikan harus jelas, langsung to the point, dan mudah dimengerti oleh penerima pesan tanpa kebingungan atau interpretasi yang berlebihan.


2. Dapat Dipahami oleh Penerima


Pesan yang disampaikan harus dapat dipahami oleh penerima pesan sesuai dengan maksud dan tujuan komunikator. Bahasa dan istilah yang digunakan harus sesuai dengan pemahaman audiens.


3. Responsif


Komunikator (yang diberi informasi) dapat merespons dengan cepat terhadap pesan yang diterima, menunjukkan pemahaman yang baik, dan memberikan tanggapan yang sesuai dengan isi pesan.


4. Aktif Mendengarkan


Komunikator mendengarkan dengan seksama, memberikan perhatian penuh pada pembicara, dan menunjukkan minat pada isi pesan yang disampaikan oleh orang lain.


5. Bebas dari Gangguan dan Hambatan


Komunikasi efektif terjadi ketika tidak ada gangguan atau hambatan yang menghalangi penyampaian atau penerimaan pesan, seperti kebisingan, gangguan sinyal, atau bahasa yang sulit dimengerti.


Bagaimana, Sobat MinDi? Dari ciri-ciri di atas, apakah kamu sudah yakin bahwa kamu bisa berkomunikasi secara efektif dengan orang di sekitarmu? Kalau belum, jangan sedih! MinDi akan berikan tips untuk membantu kamu mengembangkan skill komunikasi yang efektif.


Tips Melatih Kemampuan Berkomunikasi Secara Efektif


Untuk menunjang kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif, MinDi akan berikan tips sebagai berikut:


1. Pahami Siapa yang Kamu Ajak Bicara


Saat berkomunikasi, sangat penting untuk memahami siapa yang menjadi pendengarmu. Sesuaikan bahasamu dengan mereka, agar pesan mudah dipahami. 


Misalnya, saat berbicara dengan teman sebaya, kamu dapat menggunakan bahasa yang lebih santai dan informal. Sebaliknya, ketika berbicara dengan atasan atau klien, gunakan bahasa yang lebih profesional dan formal. 


Oh, ya! Memahami latar belakang, minat, dan kebutuhan mereka akan membantumu menyampaikan pesan dengan lebih efektif.


2. Baca Artikel atau Buku Tentang Komunikasi


Buku dan artikel adalah sumber pengetahuan yang tak ternilai. Kedua sumber tersebut dapat memberi pandangan baru, teknik-teknik praktis, dan wawasan mendalam tentang berbagai aspek komunikasi.


Kamu bisa membaca artikel lewat internet, seperti yang kamu lakukan atau membeli buku di toko buku favoritmu.


3. Ikuti Kelas untuk Menambah Keterampilan


Mengikuti kelas tentang komunikasi dan keterampilan interpersonal dapat memberimu wawasan baru dan memperkaya keterampilan komunikasi. Pelajari teknik-teknik baru dan aplikasikan dalam interaksi sehari-harimu.


Jika kamu belum tahu kelas yang sesuai dengan kebutuhanmu, menghubungi tim dibimbing.id untuk mengikuti Career Preparation for Campus adalah opsi yang bisa kamu gunakan.


Dibimbing.id memahami bahwa transisi dunia kuliah ke dunia kerja bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan persiapan matang, yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan. Itulah yang menjadikan kelas ini ada.


Program kelas ini, sudah dipercayai oleh banyak kampus negeri maupun swasta terbaik di Indonesia. Kamu pun bisa ajak pihak kampus dan teman-teman kamu, untuk ikut kelas ini! Sebab, kamu bisa belajar soft skill dan hard skill lainnya bersama mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya.


Selain itu, kamu juga bebas memilih jadwal kelas, Sobat MinDi! Sehingga, kamu tidak perlu khawatir bentrok dengan jadwal pribadi.


4. Praktek Berbicara di Depan Umum


Berbicara di depan umum adalah cara terbaik untuk mengatasi ketakutan berbicara di hadapan orang banyak. Praktekkan pidato atau presentasi di depan teman, keluarga, atau di kelompok kecil terlebih dahulu. 


Latihan ini akan membantu kamu membangun kepercayaan diri dan meningkatkan keterampilan berbicara. 


5. Berlatih dengan Kawan


Jika kamu terlalu takut untuk berbicara di depan umum. Maka, kamu bisa gunakan cara ini. Yaitu, berlatih dengan kawan.


Berlatih komunikasi dengan teman atau rekan kerja adalah cara efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Ajak mereka berperan sebagai pendengar kritis yang memberikan feedback membangun.


Baca Juga: Peran Penting Edukasi Kampus dalam Membentuk Masa Depan


Sekali lagi, Sobat MinDi. Memahami pentingnya komunikasi efektif serta menguasainya adalah hal yang penting, bahkan akan sangat terpakai di dunia kerja. Sebab, kamu akan banyak berkomunikasi dengan orang-orang untuk menghasilkan inovasi baru bagi perusahaan. 


Gunakan tips di atas untuk membantu kamu belajar berkomunikasi, jangan ragu juga untuk meminta bantuan yang lebih ahli seperti mentor di kelas Career Preparation for Campus, supaya kamu bisa lebih mudah mencari solusi jika merasa kesulitan. 



Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!